Redakan Stres Anak Karena Belajar Dengan Berolahraga


Assalaamualaiakum pa, bu, pernahkah anak anda mengeluh karena cape belajar? Salut deh buat orangtua yang belum pernah mendengar anaknya mengeluh seperti ini, karena dua anak saya pernah dan mungkin sering mengeluh Karena cape belajar atau karena pelajaran yang sulit. 

“Umi, kenapa sih harus belajar terus, kan cape.”

Pernah si sulung Kakak Za, berkata seperti ini sama saya. Saya pun Cuma bisa memberikan pengertian padanya, bahwa belajar adalah usaha agar ia bisa sukses menempuh Ujian Nasional yang akan ditempuhnya tahun depan. Saya dan suami memang mengajari sendiri anak kami di rumah, tidak mengikutkan anak les. Tapi ternyata belajar dengan orangtua sendiri tidak selalu rileks, terutama karena mata pelajaran yang sulit dan kadang kami sendiri yang kurang sabar mengajarinya.

redakan stres anak karena belajar dengan berolahraga
pixabay.com

Lain halnya dengan anak kedua, Ra, yang kadang-kadang menangis saat ia butuh bantuan untuk memahami satu mata pelajaran. Menangis salah satu artikel kesehatan di media online, menangis dan mengeluh bisa jadi menunjukkan stress anak yang salah satunya disebabkan Karena belajar. Selain itu, gejala stress lainnya pada anak ditunjukkan dengan perasaan mudah takut, menarik diri dari pergaulan, sakit tanpa sebab, perubahan nafsu makan, sulit tidur, mengompol, atau kurang bisa konsentrasi. 

Stres pada anak tidak bisa dibiarkan karena akan berpengaruh buruk pada anak, seperti kelebihan berat badan atau sebaliknya kurang gizi, prestasi yang menurun, bahkan lebih parah anak jadi depresi. Naudzubillah! Oleh karena itu, perlu juga mengimbangi kegiatan belajar anak dengan kegiatan lain yang menyenangkan bersama keluarga atau teman. Kalau sedang ada rejeki, ajaklah anak ke tempat bermain atau nonton di bioskop. Atau, cukup dengan olahraga ringan yang bisa membuat badan dan pikiran kembali bugar.

redakan stres anak karena belajar dengan berolahraga
pixabay.com

Ya, akhir-akhir ini si sulung lagi seneng banget olahraga. Terutama setelah ia mendapatkan hadiah sepeda dan bola dari ayahnya, sehingga ia sering berkeliling naik sepeda bersama teman-temannya di sore hari sehabis pulang sekolah atau pada hari libur. Setelah bersepeda, biasanya ia langsung main bola di lapangan terdekat bersama teman. Lumayan, kegiatan ini membuat pikirannya sejenak istirahat dari kegiatan belajar.

Olahraga, ternyata sangat banyak manfaatnya juga untuk otak loh, diantaranya adalah:

  1. Semakin rutin berolahraga, semakin kuat memori otak kita. Saat berolahraga, bagian otak bernama hippocampus yang mengatur memori dalam otak akan tumbuh.
  2. Dengan berolahraga, anak bisa lebih mudah konsentrasi dan menangkap informasi.
  3. Olahraga membuat orak lebih segar sehingga mudah mendapatkan ide/ lebih kreatif.
  4. Penurunan fungsi otak akibat bertambahnya usia bisa dikurangi dengan rajin berolahraga.
Jadi kayaknya, kami tak salah deh memfasilitasi si sulung dengan alat olahraga seperti sepeda dan bola. Sekarang, berbagai perlengkapan olahraga pun bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko baik online maupun offline. Salah satu toko olahraga yang menyediakan berbagai kebutuhan olahraga dengan berbagai merek adalah Planet Sports. Produk yang tersedia di Planet Sport pun beragam, dari mulai baju olahraga untuk dewasa dan anak, sepatu olahraga, serta perlengkapan olahraga seperti bola. Di satu toko Planet Sport, kita bisa sekaligus mendapatkan banyak perlengkapan olahraga yang dibutuhkan. Asyiknya lagi, Planet Sport tersedia di toko online maupun offline. 

redakan stres anak karena belajar dengan berolahraga
wishlist di Planet Sport, sepatu buat anak (blibli.com)

Bagaimana dengan anda, apa kiat anda agar anak tidak stress karena pelajaran di sekolah? Olahraga apa yang disukai anak? Share yuk di kolom komentar. Yang pasti, orangtuanya juga jangan lupa olahraga biar terhindar dari stress juga karena pekerjaan di kantor atau di rumah. Lebih bagus lagi, jika olahraganya dilakukan bersama anak. Selain menyehatkan, olahraga bersama akan membentuk ikatan yang makin erat dengan anak.

Comments

  1. si sulung kk Za barengan anak saya nih, taun depan UN SD..moga lancar dan dimudahkan ya

    ReplyDelete
  2. Anak saya kedua, rutin berolahraga. Setiap malam saat belajar, saya kondisikan senyaman mungkin. Anaknya baru kelas 2 SD.

    Oleh karena tidak pernah saya paksa dalam belajar, maka dia juga santai. Tidak merasa terbebani. Kalau sudah lelah, cukup dibacakan materi pelajaran saja. Saya biarkan dia mendengarkan, meski hanya sebatas sambil lalu.

    Sekarang dia memiliki tanggung jawab untuk belajar,

    ReplyDelete
  3. Olahraga bisa redakan stress ternyata. Anakku yang laki sukanya futsal, nah kalo yang cewek nggak terlalu suka olahraga sih.
    Btw Planet sport ada online nya juga ya. Liat2 ah siapa tau ada sepatu yang cocok buat anakku.

    ReplyDelete
  4. Setuju mba, tapi saya masih suka malas berolahraga. Huhu

    ReplyDelete
  5. Olahraga memang menyenangkan dan menyegarkan. Saya juga memulai lagi untuk olahraga walau hanya 30 menit. Setidaknya tubuh ini sehat dan otak fresh.


    Dan sepatu itu bagus banget. Kayaknya nyaman dipakai buat olahraga. Jadi pengen beli..

    ReplyDelete
  6. Wah, anakku masih batita jadi belum bisa urun komentar. Namun, aktivitas fisik yang menyenangkan udah paling pas untuk mengimbangi rutinitas yang kadang bikin bosan dan capek.

    ReplyDelete
  7. Saya gagal fokus sama sepatunya, keren ya itu sepatunya dan keliatannya nyaman, jadi pengen beliin bbuat neng Marwah

    ReplyDelete
  8. Bener banget yaaa, anak-anak pasti ada titik jenuh saat belajar, dan saat anak-anak bergerak, mau ndak mau hormon kebahagiaannya akan meningkat dan lupa tuh jenuhnya belajar, seeep bisa ditiru mbak,

    ReplyDelete
  9. Iya jadi seger banget abis olahraga ya..

    ReplyDelete
  10. Wah kok malah baru kepikiran kalau smp begitu manfaat buat anak. Soalnya anak saya rutin main bola (kdg bultang) sama temen2 di kompleks. Tp pulangnya malah kecapean :D

    ReplyDelete
  11. Anakku memang ku biarkan kalaudi rumah maunya main atau mau apa,biar nggak mumetbelajar juga.

    ReplyDelete
  12. Anakku rutin sepedaan tiap sore, luamayan sih, biasanya mereka pulang ke rumah dengan ceria karena sudah bersenng-senang dan berkeringat :)

    ReplyDelete
  13. Bener banget. Stres dan capek belajar bisa dikurangin dengan menggerakkan tubuhnya. Salah satunya dengan olahraga. Kalo aku, biasanya ngajak anak2 main ke alam. Atau berenang. Lumayan deh anak2 fresh lagi setelahnya. :)

    ReplyDelete
  14. Berolaharaga memang banyak manfaatnya mba, apalagi bersepeda.
    aku suka belanja di planet sport, bagus-bagus sepatunya.

    ReplyDelete
  15. anakku masih TK tp uda tertekan dg namanya belajar krn gaya belajar dy yg beda hehehhe jd belajar itu kegiatan menyeramkan mba
    btw aku jd pengen ke planet sport pgn cari sepatu sketchers

    ReplyDelete
  16. Karena belum ada anak, aku pilih komentar soal keponakanku ya mba Kania. Dia suka olahraga sepeda, mengasyikan katanya. Dia bisa menjelajah kemana-mana, dan main di tempat teman-temannya yang berada di gang perumahan yang berbeda. Hehehe aku pun demikian, bersepeda melihat pemandangan jadi seru.

    ReplyDelete
  17. Penting ya Mbak olah raga ini. Anak saya baru 2 tahun jadi belum sekolah.

    ReplyDelete
  18. Waktu Azka masih SD, anaknya gak enjoy kalau ngerjain PR. Sukanya maen sepeda atau sepak bola. Ya sudah, beri waktu utk main baru deh lanjut belajar.

    ReplyDelete
  19. Biasanya aku nemanin anak dan memberi semangat aanak buat belajar, mba. Kalo dia ngerasa capek, dia istirahat biar ga kecapean dan semangat belajar muncul lagi :)

    ReplyDelete
  20. anakku type kinsestetik semua, jd memang olahrga atau aktivitas gerak outdoor bisa banget jd cara release stress mrk terutama dr kecapekan blajar

    ReplyDelete
  21. Si bungsu waktu kelas 5 pernah mengalami mogok sekolah. Tapi ini penyebabnya karena guru kelas yang suka bully. Setelah ketemu masalahnya, dan kami laporkan kepala sekolah, Alhamdulillah anakku lancar lagi, mau masuk sekolah

    ReplyDelete
  22. Boleh juga nih diterapkan ke anak saya nantinya, kalau sekarang anakku masih TK dan lagi senang menggambar dia.

    ReplyDelete
  23. Iya ya, anak2 harus banyak gerak, salah satunya olahraga supaya gak setres. Jd keinget mau beliin anak2 sepatu sport nih mbak, buat nemenin bapak ibunya lari di taman hehe

    ReplyDelete
  24. Si kecilku lagi suka banget dengan badminton. Bener banget, ketika dia rajin olah raga, justru malah lebih mudah ketika belajar. Dia jadi rileks gitu, enggak panikan. Yang dia bingung palingan baru tanya ke ibunya.

    ReplyDelete
  25. Bener ini. Olahraga Selain menyehatkan bisa sekalian utk refreshing yaaa.

    ReplyDelete
  26. Iya juga yaa...
    Yang dibutuhkan anak-anak adalah aktivitas fisik, bukan bermain gadget yang hanya diam di satu tempat.

    Meskipun anakku perempuan, mereka juga senang sekali bermain bola. Mungkin bedanya, main bolanya anak-anakku di dalam rumah, kak...
    Hihii~

    ReplyDelete
  27. Wah kayanya anakku perlu olahraga biar semangat sekolah

    ReplyDelete
  28. Bener banget nih, ga hanya anak, orang tua pun bisa meredakan stress dengan olah raga, terutama stress gegara BB makin naik

    ReplyDelete
  29. Okeh baik, akan saya coba Mbak, mumpung jadi mamasiswa, :D.

    ReplyDelete
  30. Saya buat ngeredain stress olahraga taiji qigong/senam tera, manjur sih, cuma belum pernah dicobain ke anak karena belum punya anak :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan