Redakan Stres Anak Karena Belajar Dengan Berolahraga


Assalaamualaiakum pa, bu, pernahkah anak anda mengeluh karena cape belajar? Salut deh buat orangtua yang belum pernah mendengar anaknya mengeluh seperti ini, karena dua anak saya pernah dan mungkin sering mengeluh Karena cape belajar atau karena pelajaran yang sulit. 

“Umi, kenapa sih harus belajar terus, kan cape.”

Pernah si sulung Kakak Za, berkata seperti ini sama saya. Saya pun Cuma bisa memberikan pengertian padanya, bahwa belajar adalah usaha agar ia bisa sukses menempuh Ujian Nasional yang akan ditempuhnya tahun depan. Saya dan suami memang mengajari sendiri anak kami di rumah, tidak mengikutkan anak les. Tapi ternyata belajar dengan orangtua sendiri tidak selalu rileks, terutama karena mata pelajaran yang sulit dan kadang kami sendiri yang kurang sabar mengajarinya.

redakan stres anak karena belajar dengan berolahraga
pixabay.com

Lain halnya dengan anak kedua, Ra, yang kadang-kadang menangis saat ia butuh bantuan untuk memahami satu mata pelajaran. Menangis salah satu artikel kesehatan di media online, menangis dan mengeluh bisa jadi menunjukkan stress anak yang salah satunya disebabkan Karena belajar. Selain itu, gejala stress lainnya pada anak ditunjukkan dengan perasaan mudah takut, menarik diri dari pergaulan, sakit tanpa sebab, perubahan nafsu makan, sulit tidur, mengompol, atau kurang bisa konsentrasi. 

Stres pada anak tidak bisa dibiarkan karena akan berpengaruh buruk pada anak, seperti kelebihan berat badan atau sebaliknya kurang gizi, prestasi yang menurun, bahkan lebih parah anak jadi depresi. Naudzubillah! Oleh karena itu, perlu juga mengimbangi kegiatan belajar anak dengan kegiatan lain yang menyenangkan bersama keluarga atau teman. Kalau sedang ada rejeki, ajaklah anak ke tempat bermain atau nonton di bioskop. Atau, cukup dengan olahraga ringan yang bisa membuat badan dan pikiran kembali bugar.

redakan stres anak karena belajar dengan berolahraga
pixabay.com

Ya, akhir-akhir ini si sulung lagi seneng banget olahraga. Terutama setelah ia mendapatkan hadiah sepeda dan bola dari ayahnya, sehingga ia sering berkeliling naik sepeda bersama teman-temannya di sore hari sehabis pulang sekolah atau pada hari libur. Setelah bersepeda, biasanya ia langsung main bola di lapangan terdekat bersama teman. Lumayan, kegiatan ini membuat pikirannya sejenak istirahat dari kegiatan belajar.

Olahraga, ternyata sangat banyak manfaatnya juga untuk otak loh, diantaranya adalah:

  1. Semakin rutin berolahraga, semakin kuat memori otak kita. Saat berolahraga, bagian otak bernama hippocampus yang mengatur memori dalam otak akan tumbuh.
  2. Dengan berolahraga, anak bisa lebih mudah konsentrasi dan menangkap informasi.
  3. Olahraga membuat orak lebih segar sehingga mudah mendapatkan ide/ lebih kreatif.
  4. Penurunan fungsi otak akibat bertambahnya usia bisa dikurangi dengan rajin berolahraga.
Jadi kayaknya, kami tak salah deh memfasilitasi si sulung dengan alat olahraga seperti sepeda dan bola. Sekarang, berbagai perlengkapan olahraga pun bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko baik online maupun offline. Salah satu toko olahraga yang menyediakan berbagai kebutuhan olahraga dengan berbagai merek adalah Planet Sports. Produk yang tersedia di Planet Sport pun beragam, dari mulai baju olahraga untuk dewasa dan anak, sepatu olahraga, serta perlengkapan olahraga seperti bola. Di satu toko Planet Sport, kita bisa sekaligus mendapatkan banyak perlengkapan olahraga yang dibutuhkan. Asyiknya lagi, Planet Sport tersedia di toko online maupun offline. 

redakan stres anak karena belajar dengan berolahraga
wishlist di Planet Sport, sepatu buat anak (blibli.com)

Bagaimana dengan anda, apa kiat anda agar anak tidak stress karena pelajaran di sekolah? Olahraga apa yang disukai anak? Share yuk di kolom komentar. Yang pasti, orangtuanya juga jangan lupa olahraga biar terhindar dari stress juga karena pekerjaan di kantor atau di rumah. Lebih bagus lagi, jika olahraganya dilakukan bersama anak. Selain menyehatkan, olahraga bersama akan membentuk ikatan yang makin erat dengan anak.

Comments

  1. si sulung kk Za barengan anak saya nih, taun depan UN SD..moga lancar dan dimudahkan ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor

Agar Ayam Matang Tak Berdarah