Selami Ramadan Dengan Kegiatan Istimewa Bersama Busy Bag Ramadan

Ramadan itu adalah bulan yang istimewa karena banyak sekali kelebihannya dibandingkan dengan bulan lainnya. Bulan Ramadan adalah bulan latihan untuk umat Islam dan merupakan bulan diturunkannya Alquran. Bulan ini penuh dengan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. Pahala mengerjakan ibadah di bulan Ramadan berlipat ganda. Oleh karena itu, tidak heran jika menjelang Ramadan suasana Ramadan semakin terasa karena orang Islam antusias dengan kedatangan Ramadan.

Walaupun anak yang belum baligh seperti adik Ra tidak wajib berpuasa, saya selalu menebarkan virus semangat Ramadan pada adik Ra. Iya dong, biar nanti kalau sudah wajib berpuasa adik Ra sudah nggak kaget lagi. Beberapa bulan sebelum Ramadan, saya ceritakan ke adik Ra kalau bulan Ramadan akan segera tiba, apa saja keistimewaan bulan Ramadan, apa yang harus dilakukan saat Ramadan, dan lain-lain. 

Selain berbagai keutamannya, suasana Ramadan juga ngangenin sih. Kebersamaan saat Ramadan dengan keluarga sangat terasa, terutama saat sahur, berbuka dan shalat Tarawih. Di hari-hari biasa, sangat jarang loh saya sekeluarga bisa makan bareng berempat karena suami selalu pulang malam atau pergi dinas ke luar kota. Sebaliknya saat Ramadan hampir setiap hari kita bisa makan bersama dan shalat berjamaah. 

Selain itu, suasana Ramadan semakin seru saat berbagai makanan istimewa seperti Kolak, es buah, dan makanan khas Ramadan lainnya hadir untuk berbuka puasa. Belum lagi libur lebaran Idul Fitri dimana semua anggota keluarga besar bisa berkumpul, membuat suasana Ramadan makin dikangeni. Hadeuh, namanya juga anak-anak dan masih belajar, adik Ra lebih antusias saat mendengar berbagai menu yang akan kita santap saat Ramadan dan liburan Idul Fitri di rumah nenek.

Namun ada banyak hal lain yang lebih penting daripada sekedar suasana, termasuk beberapa hal yang bernilai ibadah. Oleh karena itu, saya ingin lebih dalam mengenalkan Ramadan secara menyenangkan sama adik Ra melalui berbagai permainan menarik tentang Ramadan yang dikemas dalam Busy Bag Ramadan. 

busy bag ramadan elhana learning kit


Jadi, Busy Bag Ramadan ini adalah permainan edukasi dari El hana Learning Kit yang bertema Ramadan. Nama permainannya unik ya. Busy Bag, sepertinya akan membuat anak sibuk bermain sekaligus belajar. Kemasannya juga unik. Busy Bag dikemas dalam kardus berwarna cokelat muda dan nuansa merah dengan ukuran 20X5X25 centimeter dan berat 500 gram, bergambar dua anak kecil yang sedang tertawa dengan mainan di sekitar mereka. 

Di dalam Busy Bag Ramadan terdapat beberapa permainan, tidak hanya satu. Semua permainan dalam Busy Bag bisa dimainkan oleh anak usia 3 tahun ke atas. Busy Bag bisa menstimulasi berbagai kecerdasan anak yang meliputi kecerdasan emosi, spiritual, kognisi, serta melatih perkembangan motorik halusnya. Ini nih permainan yang ada dalam Busy Bag.

·         Menentukan hilal Ramadan

Melalui aktivitas ini kita akan mengajak anak-anak mengobservasi bermacam-macam fase bulan untuk menentukan hilal dengan cara sederhana. Anak belajar membandingkan perbedaan fase bulan melalui bentuk bulan yang berubah-ubah, serta mengenal berbagai macam fase bulan. Melalui kegiatan mengamati lingkungan ini, kecerdasan kognitif anak akan terasah dengan bertambahnya pengetahuan baru tentang menetukan hilal Ramadan. 

busy bag ramadan elhana learning kit


Permainannya menarik karena papan penentu hilal berbentuk lingkaran bisa diputar untuk melihat fase bulan tertentu. Adik Ra memang masih belum paham sepenuhnya tentang hilal Ramadan dan lebih asyik untuk memutar papan penentu hilalnya. 

·         Puzzle chart puasa

Kegiatan ini insya Allah akan memotivasi anak untuk menyelesaikan puasanya sebulan penuh melalui gambar yang akan terbentuk secara sempurna di hari ketiga puluh pada bulan Ramadan. Permainan ini terdiri dari 1 buah chart Ramadan yang berisi kotak kosong berjumlah 30 yang menunjukkan banyaknya hari puasa di Bulan Ramadan. Lalu, ada stiker yang bernomor 1 sampai 30 yang jika ditempel sesuai urutan nomornya akan membentuk gambar dua anak kecil yang sedang berdoa menjelang berbuka puasa. 

Adik Ra sangat suka permainan aktivitas menempel dengan stiker. Puasa Ramadannya belum, ia sudah ingin menempel stikernya. Saya harus berusaha menahan dia untuk bersabar tidak menempel stiker seluruhnya. Karena dengan permainan ini anak belajar bersabar untuk menuntaskan puasanya sampai target yang ditentukan. Baru deh ia boleh menempelkan stikernya di chart Ramadan.

busy bag ramadan elhana learning kit
 
busy bag ramadan elhana learning kit

·         Tentukan batal atau tidak

Kartu-kartu yang tersedia dalam aktivitas ini akan membantu anak untuk mengklasifikasikan hal-hal apa saja yang bisa membatalkan puasa dan tidak. Kartu ini memudahkan saya mengenalkan pada adik Ra hal apa saja yang bisa membatalkan puasa. Sekaligus proses belajar saya juga sih untuk terus mencari tahu berbagai hal tentang puasa agar bisa transfer ilmu ke adik Ra. Karena hal-hal kecil tentang puasa masih saja membingungkan dan masih dipertanyakan orang. Misalnya saja sikat gigi saat puasa, apakah membatalkan puasa atau tidak? 

busy bag ramadan elhana learning kit

 ·         Amalan-amalan Ramadan

Ini dia permainan yang paling adik Ra suka karena ia seringkali meminta saya menemaninya memainkan permainan ini. Selain mengenalkan amalan-amalan yang bernilai ibadah di bulan Ramadan, kegiatan ini akan melatih daya ingat anak dengan cara yang menyenangkan. Permainan ini terdiri dari 20 kartu bergambar kegiatan Ramadan yang bernilai pahala. Cara memainkannya dengan membariskan kartu dengan terbalik, lalu bukalah 2 kartu untuk mencari gambar yang sama. Jika tidak berhasil, maka kartu harus dikembalikan dalam keadaan tertutup. 

Setiap permainan yang membutuhkan pemain lebih dari 1 orang, biasanya adik Ra kurang sabar nih terutama jika ia merasa kalah dari lawannya. Ketika adik Ra belum juga menemukan kartu yang sama dan lawan yang lebih dulu menemukan kartu yang sama, adik Ra akan cemberut dan mengeluh kalau ia kalah. Permainan ini menuntut adik Ra bersabar dan belajar melatih daya ingatnya.

busy bag ramadan elhana learning kit


·         Idul Fitri craft

Berkreasi membuat kartu lebaran berbentuk pop-up akan meningkatkan kepercayaan diri anak dan melatih motorik halusnya. Karena untuk membuat sebuah kartu yang menarik ini, anak harus terlebih dulu menggunting potongan gambar yang akan ditempelkan lalu menempelkannya di dalam kartu. Sehingga ketika kartu dibuka, gambar pop up berupa dua anak kecil laki-laki dan perempuan serta ucapan doa hari raya Idul Fitri akan muncul.

Kartu Idul Fitri ini juga bisa bunda gunakan sebagai media pembelajaran tentang pentingnya menjaga tali silaturahmi dengan kerabat dan teman. Ketika saya Tanya adik Ra akan kepada siapa kartu ini dikirimkan, adik Ra menjawab kalau ia ingin memberikannya kepada mamih (panggilan untuk neneknya/ibu saya).

busy bag ramadan elhana learning kit
  busy bag ramadan elhana learning kit

busy bag ramadan elhana learning kit

·         Bunting flag Ramadan

Permainan ini mengajarkan pada anak untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan gembira. Anak akan berkreasi membuat hiasan dinding bertema Ramadhan. Ketika Busy Bag Ramadan yang saya pesan tiba, permainan ini yang pertamakali adik Ra kerjakan. Permainan ini terdiri dari tali dan kertas warna-warni bertuliskan bertuliskan berbagai huruf yang merangkai kata WELCOME RAMADAN. Huruf-hurup ditempelkan ke tali lalu digantung di tempat yang diinginkan. 

busy bag ramadan elhana learning kit

busy bag ramadan elhana learning kit

busy bag ramadan elhana learning kit

Oh ya, ketinggalan, ada satu lagi isi Busy Bag Ramadan yaitu poster kegiatan Ramadan. Nanti anak bisa mengisi poster kegiatan Ramadan yang mereka lakukan dengan tanda silang.. Ini bisa jadi motivasi buat anak biar ia tidak melewatkan sedikit pun kegiatan Ramadan yang bernilai ibadah. Kan malu, kalau nanti di poster lebih banyak tanda silangnya daripada tanda ceklis.
 

Selain Busy Bag Ramadan, El Hana Learning Kit juga memproduksi mainan edukasi lainnya. Bisa dilihat di websitenya www.ellhanalearningkit.com berbagai macam permainan edukasi yang bisa melatih kecerdasan anak untuk berbagai usia. Sambil berbelanja, kita juga bisa mendapatkan ilmu parenting melalui berbagai artikel parenting di website El Hana Learning Kit. 

Oh ya, untuk Busy Bag Ramadan ini lagi ada promo Buy One Donate One dari El Hana learning Kit. Setiap pembelian Busy Bag Ramadhan melalui website El Hana di http://elhanalearningkit.com/busy-bag-ramadan akan langsung disalurkan produk yang sama kepada anak-anak muslim lainnya di beberapa wilayah. Dengan membeli Busy Bag Ramadan, kita akan mendapatkan 2 manfaat. Satu, bermain dan belajar bersama anak menggunakan produk Busy Bag Ramadhan. Dua, bersedekah dan berbagi kebahagiaan dengan anak yang lain. Donasi Busy Bag Ramadan diberikan diantaranya kepada murid Paud khusus anak-anak pemulung, Peserta kajian Ramadhan for Kids, bekerja sama dengan ICIKIWIR BERBAGI dengan anak-anak dipelosok Kampung Cilebu, dan lain-lain.

busy bag ramadan elhana learning kit

Bagaimana dengan teman-teman? Bagaimana cara teman-teman mengenalkan Ramadan pada anak-anak? share yuk di kolom komentar biar jadi inspirasi buat semua orangtua muslim. Yang pasti, Ramadan selalu istimewa. Menyelami keistimewaan bulan Ramadan dengan kegiatan yang istimewa, semoga akan meninggalkan kesan istimewa pula pada anak-anak kita. Sehingga mereka akan lebih mencintai Ramadan dan akan selalu merindukan kedatangannya.

Welcome Ramadan!

Comments

  1. Bisa bikin anak-anak betah, deh, kalau begini. Gak berasa berat ramadannya :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah,
    el-Hana hadir dengan busy bag Ramadannya.

    Media yang sangat edukatif.
    Membuat aktivitas menjadi lebih bermakna menyambut Ramadan.

    ReplyDelete
  3. Wiiiih senaaaang. Makasih sharingnya, aku butuh busy bag buat anak kayak gini mbak. Langsung deh beli :)

    ReplyDelete
  4. Busy Bag ini bikin belajar puasa jadi makin menyenangkan ^^

    ReplyDelete
  5. permainannya cocok nih bikin anak aktif berpikir,, tampilannya menarik

    ReplyDelete
  6. Bagus banget bukunya tapi dulu udah pernah belikan buku semacam ini malah didiemin aja sama anak2. Harus dibimbing emaknya kali ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor

Agar Ayam Matang Tak Berdarah