Monday, October 28, 2013

Terapi Jus, Menuju Hidup Sehat dan Panjang Umur

Judul buku: Terapi Jus, Menuju Hidup Sehat dan Panjang Umur
Penulis: Dr. B. Jensen's
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
Tahun: 2006
Tebal: xviii + 170 halaman
ISBN: 979-694-382-4

Jika dihadapkan pada kata 'jus', maka yang ada di benak saya adalah minuman dari buah, sehat, menyegarkan, dan enak. Ternyata hampir tepat, jus dalam buku ini mencakup jus buah dan sayuran yang sehat, segar dan diolah sedemikian rupa sehingga rasanya enak.

Buku ini merupakan puncak penelitian penulis selama bertahun-tahun tentang manfaat sehat dari jus buah dan sayuran. Pada dasarnya, mengkonsumsi jus buah dan sayur adalah mengalihkan vitamin serta mineral yang penting -yang terkandung dalam jus- ke dalam tubuh dan cairannya (darah dan kelenjar limpa)(halaman 28). Sementara khusus pada jus sayuran hijau (klorofil) manfaat yang didapat yaitu melawan zat beracun, mengurangi bau badan dan bau BAB, meredakan peradangan, mengurangi gejala asma, membantu menyembuhkan luka lebih cepat, dan seterusnya.

Melalui konsultasi dan terapi yang sukses diterapkan penulis pada ratusan pasiennya, penulis percaya bahwa dengan minum jus setiap hari -sebagai suplemen terhadap makanan yang biasa kita santap sehari-hari- akan memberikan manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan. Penting untuk membuat jus segera setelah buah atau sayur dipetik, sama dengan pentingnya segera minum jus setelah dibuat karena jus harus segera dicerna sebelum reaksi oksidasi terjadi (halaman 36).

Ada seorang pasien dari penulis yang didiagnosa menderita kanker pembuangan dan hampir tidak bisa makan apa-apa. Dengan terapi jus wortel setiap hari, dan kadang-kadang jus sayuran hijau, lama-lama berat badan pasien yang semula berkurang kembali bertambah dan akhirnya terbebas dari kanker!

Selain manfaat jus buah dan sayur serta pengalaman para pasien yang mengkonsumsi jus buah dan sayur, buku ini juga berisi analisis lengkap atas makanan dengan lebih dari 100 resep jus yang segar dan mudah disiapkan, juga mencakup informasi jus untuk bayi dan anak serta mengupas tentang pengolahannya, bahkan disertai juga panduan memilih alat pembuat jus yang baik.
Ternyata untuk sehat itu tidak mahal ya, karena buah dan sayur itu semuanya ada di sekitar kita, bahkan kita bisa menanamnya sendiri di rumah. Tinggal memantapkan saja niat dan usaha kita menuju sehat. Buku ini dapat menjadi panduan bagi setiap orang yang sedang berusaha untuk tetap sehat atau bagi mereka yang sedang memulihkan diri dari sakit.

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...