Saturday, October 5, 2013

Kambing dan Keledai

Judul: Kambing dan Keledai
Penulis: Simon Puttock
Ilustrator: Russel Julian
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
Tebal: 77 halaman
ISBN: 978-602-249-047-0
Harga: Rp 59.000,-

Cerita tentang persahabatan selalu menarik untuk disimak. Seperti kisah persahabatan kambing dan keledai dalam buku ini. Kambing yang selalu linglung dan keledai yang selalu sabar akan membuat kita tersenyum dan saling berpelukan.

Ada tiga cerita dalam buku ini. Pertama, cerita tentang kambing yang ingin pergi berlibur. Tapi dia bingung hendak pergi kemana dan belum memutuskan. Dengan sabar, keledai berusaha membantu kambing menemukan tempat yang asyik untuk berlibur. Kedua, cerita tentang kambing yang membantu keledai berbelanja kebutuhan rumah di pasar. Tapi sayang, karena bingung kambing malah membeli kacamata bergambar strawberry. Ketiga, cerita tentang kambing yang ketakutan mendengar suara ribut saat tengah malam. Dia mengira keledai diculik. Ternyata suara ribut itu adalah suara keledai yang sedang makan di dapur.

Penulis sangat pandai membangun ketegangan saat kambing ketakutan mendengar suara ribut tersebut. Jika orangtua mendongengkan sendiri pada anak, tentu sangat menarik. Suara keributan tersebut bisa diekspresikan dengan nyata.

Semua halaman di buku ini berwarna, tentu disukai anak-anak. Bagi anak yang sedang belajar membaca, buku ini bisa dijadikan sebagai salah satu bahan bacaan, karena hurufnya tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu besar. Gambar kepala kambing dan keledai pada cover buku jika disentuh terasa halus seperti bulu kambing, menambah perhatian dan rasa penasaran anak-anak.

Pada sebagian orang mungkin tidak terbiasa makan banyak makanan di atas tempat tidur seperti yang dilakukan kambing dan keledai (halaman 76 dan 77). Orangtua dapat menjelaskan hal ini dengan bijak, bahwa tempat tidur fungsinya tentu saja untuk tidur. Di sisi lain, mungkin kambing dan keledai hanya bersenang-senang dan akan membersihkan lagi tempat tidur mereka. Banyak hal yang bisa disampaikan orangtua pada anak dari cerita ini. Diantaranya adalah tentang kesabaran, keberanian, dan kebersamaan.

Sepasang sahabat ini -kambing dan keledai- siap menghibur anak-anak dan orangtua di seluruh dunia.

3 comments :

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...