Friday, October 4, 2013

Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Quran

Judul: Alhamdulilah Balitaku Khatam Al-Quran
Penulis: Dr. Sarmini, Lc. MA
Penerbit: Khazanah Intelektual
ISBN: 978-979-3838-40-3
Harga: Rp 25.000,-

"Didiklah anak-anak kalian tiga perkara, yaitu cinta pada nabinya, cinta pada ahlul bait, serta cinta membaca Al-Quran". (H.R. Ad Dailamy dari Imam Ali)

Dalam hadist di atas Allah SWT memerintahkan setiap orangtua untuk mendidik dan melakukan usaha agar anak-anaknya cinta membaca Alquran. Mengajarkan Al-Quran pada anak tidak cukup sampai anak bisa membacanya. Tetapi, mengajarkan Al-Quran yang paripurna adalah bagaimana membimbingnya untuk mencintai Al-Quran , membacanya setiap hari, memiliki target prestasi dengan Al-Quran, dan senang berinteraksi dengan Al-quran. Karena mencintai Al-Quran itu lebih utama dari sekedar bisa membacanya.

Buku ini disusun berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan penulis dalam membimbing anak-anaknya untuk mau berinteraksi dengan Al-Quran setiap hari. Karena azzam yang kuat, konsisten dan istiqomah dalam mendidik anak-anak, ketiga putri penulis dapat khatam Al-Quran di usia balita. Putri pertamanya, khatam Al-Quran pada usia 4 tahun 9 bulan 18 hari, putri kedua khatam pada usia 4,5 tahun dan putri ketiga khatam di usia 3 tahun lebih. Subhanallah.

Menurut penulis, ketika anak sudah bisa mengucapkan dua suku kata maka orangtua dapat memperkenalkan huruf hijaiyah pada anak. Metode yang dipakai sangat alami sesuai kemampuan anak dan tanpa paksaan. Misalnya, pengenalan huruf hijaiyah dimulai dari yang mudah diucapkan, menempelkan huruf-huruf hijaiyah di tempat yang sering dilalui anak, dan sebagainya.

Kendala dalam memperkenalkan Al-Quran pada anak tentu ada. Tapi tidaklah Allah memerintahkan sesuatu pada manusia kecuali kita mampu melakukannya. Di buku ini diceritakan solusinya jika kendala datang.

Bahasa yang dikemas dalam buku ini adalah gaya bercerita yang membuat kita seolah sedang mengobrol santai, tanpa digurui apalagi dicekoki. Secara garis besar buku ini akan menuntun kita tentang:

Pertama, keutamaan mengajarkan Al-Quran pada anak,
Kedua, membuat anak keranjingan membaca Al-Quran,
Ketiga, merancang program Al-Quran untuk anak,
Keempat, menanamkan rasa bangga pada anak karena berinteraksi dengan Al-Quran,
Kelima, mengenalkan hukum tajwid dengan bahasa yang mudah diserap oleh anak.

Ketika anak belajar Al-Quran, bukan saja pahala belajar dan membacanya yang dia dapat. Tetapi juga insyaAllah pahala untuk orangtua yang mengajarkannya.

9 comments :

  1. Subhanallah...pengeeeen buku ini.

    ReplyDelete
  2. Mungkin di toko buku sudah ada. Waktu itu saya belinya pas seminarnya..

    ReplyDelete
  3. hebat mbak. anak saya masih nol semua. krn mmg tdk tertarik baca. baca huruf latin pun anak sy yg besar enggan. atau sy terlambat ya ngajarinnya? #lhakokmlhtanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada kata terlambat mak untuk belajar Qur'an...semangat mak:)

      Delete
  4. harganya beda2 ya Mak, ada yang 57, 48, 50 lha ini kok bisa hanya 25 ribu. Di mana Emak /

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beli pas launching mak ada seminar ya juga, makanya murah

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...