Thursday, October 3, 2013

3 Menit Belajar Pengetahuan Umum: Dinosaurus, Binatang, Serangga

Judul: 3 Menit Belajar Pengetahuan Umum Dinosaurus, Binatang, Serangga
Pengarang: Kim Seok-Ho/Kim Seok-Cheon
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
Tebal: 193 halaman
ISBN: 979-798-145-2
Harga: rp 55.000,-

Pertamakali saya melihat 'penampakan' buku ini di perpustakaan sekolah tempat saya mengajar dulu. Saya langsung jatuh cinta. Wah, ini buku yang sangat cocok untuk anak saya yang pecinta dinosaurus. Dan seperti sudah kontak batin saja, beberapa waktu kemudian suami membelikan buku ini untuk anak saya.

Anak saya langsung suka buku ini karena buku ini dikemas dalam bentuk komik, full colour, dan cerita yang lucu. Tokoh dalam buku ini adalah Ding Dong (seorang siluman kecil), Paman Penyihir, Pinggu (seekor pinguin kecil), Dino (seekor dinosaurus kecil), dan Silo (siluman kecil yang nakal). Mereka semua tinggal di desa siluman. Dialog-dialog mereka yang lucu seakan memberi jawaban bagi mereka yang haus pengetahuan tentang dinosaurus, binatang, dan serangga.

Semua sub judul di buku komik ini berbentuk pertanyaan, seperti  yang seringkali anak-anak tanyakan pada orang dewasa. Contohnya, Dinosaurus makan apa? Dinosaurus apa yang paling buas? Secepat apakah dinosaurus berlari? Mengapa burung pelatuk melubangi pohon? Apakah ikan bisa mendengar? Apakah burung bisa mengenali anaknya? Mengapa nyamuk menghisap darah? Mengapa kunang-kunang dapat bercahaya? dan sebagainya. Setiap sub judul berisi kejadian-kejadian lucu Dari para tokohnya, kemudian di akhir setiap cerita ada penjelasan yang lebih serius tentang dinosaurus, binatang, dan serangga.

Persis, seperti yang pernah anak saya tanyakan pada saya. Mengapa sekarang tidak ada dinosaurus? Jawabannya ada disini. Diceritakan bahwa Ding Dong dan paman penyihir merasa aneh karena Desa Siluman hari itu terasa sepi sekali. Ternyata suasana sepi itu disebabkan tak ada satu dinosaurus pun yang terlihat. Paman penyihir mengira dinosaurus telah punah. Tidak lama kemudian, para dinosaurus datang. Mereka hanya pergi bertamasya. Di akhir cerita dijelaskan bahwa punahnya dinosaurus disebabkan berbagai teori, diantaranya teori tabrakan meteorit, teori aktivitas gunung berapi, teori tabrakan komet, dan lain-lain.

Buku ini memang buku ilmu pengetahuan, tetapi tetap saja orangtua harus mendampingi anak membaca. Ada adegan ketika Brontosaurus tidak sengaja memakan celana paman penyihir yang terbuat dari daun sehingga paman penyihir terlihat telanjang (gambar terlihat bagian belakang). Orangtua dapat menjelaskan bahwa kejadian itu tidak disengaja dan paman penyihir harus segera berpakaian kembali. Secara keseluruhan, buku ini menarik, lucu, dapat memberi pengetahuan baru, dan mungkin membawa orang dewasa pada masa anak-anaknya. Hanya dalam waktu tiga menit pengetahuan akan bertambah. T-Rex rakus harus berkelahi melawan sekawanan singa, Sloth si pemalas ditumbuhi lumut, Kunang-kunang menemani Ding-Dong bermain di malam hari. Buku ini berisi beragam hewan menarik yang pasti anak-anak suka. Bersama Ding Dong dan Pingu, anak-anak akan bermain sambil belajar sepanjang hari. Selamat membaca!

4 comments :

  1. jadi penasaran sama bukunya, mba kania. kalo dulu aku sering liat dinosaurus dari film2 kartun, hehe. kalo dari buku justru jarang liat :D asyiknya setelah baca buku ini, anak-anak jadi tau jenis dinosaurus dari cerita fabel ya. nice review, mba. makasih udah ikutan. ^_^

    ReplyDelete
  2. seide nih baru mau ngasih tau kita mengulas buku anak-anak yuk hehhe...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...