Menjalin Pertemanan Karena Ngeblog

  

Menjalin pertemanan karena ngeblog, sangat memungkinkan. Dengan memasuki komunitas blogger, kita akan bertemu banyak blogger lainnya, lalu bertukar pikiran dan bahkan menjalin pertemanan.

Di komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) sering mengadakan acara blogger baik offline maupun online sehingga memungkinkan setiap blogger bertemu lalu menjalin pertemanan. Dengan minat yang sama yaitu pada kegiatang ngeblog dan berada di komunitas yang sama, akan membuat peluang pertemanan terjadi lebih besar.

Saya sendiri pertama kali mengenal KEB dari teman penulis yang saya kenal. Jadi, saya sudah berteman dengan beliau sejak sebelum masuk komunita blogger. Ia Leyla Hana, penulis dan pemilik blogger leylahana.com. Saya dan Leyla dulu pernah bekerja di sebuah Perusahaan penerbitan yang sama dan ngekos di rumah kos yang sama bahkan di kamar yang sama.

Suatu hari, saya melihat Leyla membuat postingan di Twitter tentang KEB. Saya lupa tentang apa detailnya. Saya penasaran sekali dan mencoba mencaritahut tentang KEB. Kebetulan, waktu itu saya baru aktif kembali menulis di blog. Setelah googling, akhirnya saya tahu bahwa KEB adalah sebuah komunitas blogger Perempuan di Indonesia. Saya pun mendaftarkan diri sebagai anggotanya dan pernah beberapa kali mengikuti acara yang dibuat oleh KEB.

Oh ya, dengan Leyla saya sempat putus kontak setelah kami tak sama-sama lagi bekerja di Perusahaan penerbitan. Dengan masuk menjadi anggota KEB dan mengikuti beberapa event yang diadakannya, pertemanan kami kembali terjalin karena kami jadi bertemu dan berkomunikasi kembali. Terimakasih KEB.

Oh ya, saat bertemu para blogger di sebuah komunitas, saya biasanya tak bisa langsung akrab namun tentu saja saya berusaha berbaur semampu saya. Yah, mungkin saya tipe orang yang agak susah untuk menemukan sebuah chemistry untuk menjalin pertemanan yang dalam, apalagi jika hanya berkomunikasi secara online dan disertai dengan kemampuan komunikasi lisan saya yang terbatas. Banyak orang yang menilai saya pendiam, namun bukan berarti saya tidak bisa ngobrol.

Punya hobi yang sama di dunia blogging saja tidak cukup untuk saya menjalin pertemanan dengan sesama blogger. Ketika menemukan orang yang minatnya saya, saya tentu akan langsung merasa bisa berteman dengan orang tersebut.

Jika tidak keberatan, saya senang sekali bisa berteman dengan beberapa emak blogger yang selain ngeblog mereka juga suka masak dan berbagi hal tentang keluarga seperti saya. Saya bisa langsung merasa cocok dan bisa berteman dengan mereka. Misalnya saja mba Inna Riana yang menulis di innariana.com. Saya pernah bertemu langsung dengan beliau. Beliau adalah ibu rumah tangga seperti saya. Selain menulis di blog, beliau juga suka masak dan menceritakan berbagai hal tentang keluarga di blognya. Beliau punya blog khusus tentang masak di dapurngebut.com. Beliau bisa membuat foto masakan dengan sangat bagus dan cantik. Saat ini, saya mengikuti kabar beliau hanya secara online lewat media sosial. Saya suka melihat foto makanan yang beliau buat dan selalu jadi semangat masak dan moto jika melihat postingan foto makanan beliau.

Ada juga mba Rina Susanti yang menulis di rinasusanti.com. Beliau juga ibu rumah tangga seperti saya. Selain menulis di blog, beliau juga sering membagikan tulisan tentang masakan yang dibuatnya, pengalaman dengan keluarganya, bahkan review buku seperti yang saya lakukan juga. Saya juga pernah bertemu langsung dengan beliau saat menghadiri acara blogger. Saya bisa langsung menyapanya dan nyaman berkomunikasi dengan beliau. Lewat media sosialnya yang saya ikuti, saya tahu beliau kini juga adalah seorang pengusaha anggrek. Semoga kabar mba Rina baik-baik saja. Anak-anaknya pasti sudah besar seperti anak-anak saya pun demikian.


menjalin pertemanan karena ngeblog
bertemu di evnt blogger. Dari kiri: mba Rina, mba Hani, dokter di event blogger, mba Astin, saya.


Ada juga mba Astin Astanti yang menulis di astinastanti.com. Seperti blogger-blogger yang saya sebutkan sebelumnya, beliau juga sama-sama ibu rumah tangga seperti saya, suka memasak dan berbagi hal tentang keluarga dan masakan di blognya. Blog khusus masaknya beralamat di dapurastata.blogspot.com. Saya juga pernah bertemu beliau langsung di acara blogger. Beliau ramah dan supel, saya pun bisa langsung merasakan kenyamanan saat berkomunikasi dengan beliau. Kami tak sering bertemu di acara blogger, namun saya mengikuti beliau kini lewat media sosialnya saja. Apa kabar mba Astin, pasti anak-anaknya sudah tumbuh besar seperti anak-anak saya. Dulu kami bertemu saat anak-anak masih kecil dan sekarang anak tertua saya sudah kelas 2 SMA.

Ada juga blogger asal Bandung, Arifah Abdul Madjid. Saya sempat sering berkomunikasi dengan beliau dan saling blogwalking. Blog beliau kini di mamasehatbahagia.com. tulisan beliau banyak bercerita tentang kesehatan mental, saya suka mampir ke blog beliau karena tema blognya tersebut yang menarik dan saya butuhkan. Sudah lama sekali saya tidak bertegur sapa dengan beliau di blog maupun media sosial lainnya. Kami tak pernah bertemu, namun akan sangat menyenangkan jika suatu hari nanti kami bertemu. 

Blogger-blogger yang saya sebutkan namanya di atas, saya tidak sering bertemu secara offline dan kini seaya kadang mengikuti kabar mereka lewat media sosial saja. Karena kesibukan mengurus keluarga, saya memang tidak banyak mengikuti acara blogger kini dan hanya secara online mengikuti kegiatan blogging di komunitas yang saya ikuti seperti komunitas KEB. Namun jika bertemu langsung, tentu saja saya masih ingat mereka dan akan sangat senang bertukar kabar kembali.

Sebenarnya, banyak nama blogger lainnya yang saya kenal, namun saya memang lebih banyak berkegiatan secara online saat ini di dunia blog. Walaupun tidak intens menjalin pertemanan atau tidak mengikuti acara offline blogger, saya berusaha menghormati sesama blogger dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan melakukan blogwalking dan memberikan komentar yang baik di blog mereka, menurut saya itu adalah salah satu bentuk dukungan untuk sesama teman blogger. Kadang-kadang, kami juga bisa saling berbagi informasi pekerjaan menulis di blog agar bisa sama-sama mendapatkan rejeki dari blog. Apalagi jika kita memang berada di komunitas yang sama, kita akan berusaha untuk memeriahkan acara komunitas blogger sehingga semakin mempererat pertemanan sesama blogger.

Walaupun tidak sering bertemu secara offline, pertemanan sesama blogger bisa saja terjalin dengan baik. Semua tergantung pribadi masing-masing dan niat dalam menulis di blog. Tidak sedikit juga loh orang yang menulis di blog dan kurang jujur. Misalnya saja saat mengikuti lomba blog ada yang ketahuan meniru tulisan blogger lainnya. Hal itu tentu akan melukai perasaan blogger lain dan ia bisa saja tidak dipercaya lagi ketika mengikuti kegiatan blogger atau orang enggan berteman dengannya karena khawatir dicurangi.

 


Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan