Tantangan Mengembangkan Ide Picture Book

Sudah lama sekali saya tidak menulis cerita anak, rasanya berabad-abad lamanya. Terakhir kali menulis cerita anak adalah tahun 2004. Sebuah cerita anak berjudul Pak Tua Pemungut Sampah dimuat di majalah Ummi (sekarang sudah tidak ada) nomor 2/XVI/2004. Jika teman-teman browsing, cerpen itu dipakai oleh salah satu buku Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahan ajar. MashaAllah, terimakasih orang baik sudah menggunakan salah satu karya saya untuk belajar.

Suatu hari, ketika sedang membuka platform Facebook, tidak sengaja melihat postingan mas benny Rhamdany tentang tantangan mengembangkan ide untuk Picture Book. Mas Benny ini salah satu penulis senior yang karyanya sudah tak diragukan lagi. Saya pun tertarik untuk mengikuti tantangan tersebut sembari Latihan menulis.

Mas Benny memberikan beberapa ide cerita tentang hewan untuk dikembangkan menjadi sebuah picture book. Picture book bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi Canva sebanyak 10 frame termasuk cover.

Saya pikir ini tangangan yang cukup mudah, ternyata cukup syulit juga. Tema yang dikembangkan tentu jangan asal-asalan. Karena ini untuk dibaca anak, tentu harus ada unsur edukasi dan hikmah yang bisa diambil dari sebuah cerita, tidak asal mengarang. Akhirnya pilihan tema saya jatuh pada tema Cara Beruang membuat Ayunan.

Ini dia Picture Book yang saya buat untuk Tantangan Mengembangkan Ide Bulan Oktober dari Penulis Benny Rhamdany.

membuat picture book dengan canva


membuat picture book dengan canva


mengembangkan ide picture book

mengembangkan ide picture book

mengembangkan ide picture book

mengembangkan ide picture book

mengembangkan ide picture book

mengembangkan ide picture book

mengembangkan ide picture book

mengembangkan ide picture book

mengembangkan ide picture book


Ini draft picture book sebelum saya ubah menjadi 10 frame saja. Berikut ini adalah ulasan mas Benny Rhamdany mengenai Picture Book yang saya buat. Hehe, masih banyak yang harus diperbaiki. 

“Satu lagi peserta tantangan Oktober, yakni @kanianingsih, dengan ide yang dipilih bagaimana cara beruang membuat ayunan. Penulisan cerita rapi dan enak dibaca. Sayangnya, alurnya masih bertele-tele di pembukaan. Menurut saya, cerita bisa dimulai dari halaman 4 (diisni halaman 5). Ibu melihat anaknya suka bermain ayunan. Mungkin di sini anaknya terjatuh karena ayunan kurang kuat. Akan lebih menarik jika cerita lebih mengulik proses pembuatan ayunan. Dari mulai memilih jenis papan, tali, sampai pohon untuk menggantung ayunan. Bagian ini dapat dibuat lucu dan bonding Ibu dengan anak. Anak-anak akan menyukai cerita yang lucu, jadi cobalah memasuki elemen humor di cerita kita. Semangat mengembangkan cerita!” 

Comments

  1. Aghhhhhh mas Benny Rhamdany 😍😍. Penulis cerita anak di bobo fav ku ❤️❤️. Asik juga bisa ikutan cara mengembangkan tulisan begini dengan beliau mba. Memang feedback dari expert berharga banget sih yaa. Kita jadi tahu langsung di mana kekurangan kita 👍. Padahal kalo buatku, tulisan mba di atas udh baguus banget. Tapi di mata expert pasti ada kurangnya. Cuma bagus, Krn Diksh tahu salahnya di mana 👍👍

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan