Vaksin Meningitis di RS Sari Asih Ciputat

 


Meningitis adalah peradangan pada selaput otak dan saraf tulang belakang yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan kadang-kadang karena infeksi jamur. Vaksin meningitis mengandung antigen, yaitu zat yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi dan melawan bakteri penyebab meningitis.

Vaksin meningitis identik diberikan kepada mereka yang akan pergi umroh atau haji. Namun sebenarnya vaksin meningitis juga penting diberikan pada orang-orang yang berisiko terkena meningitis, misalnya karena daya tahan tubuh yang lemah atau tinggal di daerah dengan kasus meningitis yang masih tinggi. Selain itu, Vaksin meningitis juga disarankan untuk mereka yang akan melakukan perjalanan atau tinggal di negara endemik, serta tenaga kesehatan yang berisiko tinggi terpapar kuman penyebab meningitis, misalnya dokter, perawat, dan petugas laboratorium.


vaksin meningitis


Tidak semua Rumah Sakit melayani pemberian Vaksin Meningitis. Bisa ditelusuri di internet rumah sakit mana saja yang melayani pemberian vaksin meningitis. Salah satu rumah sakit yang melayani pemberian vaksin meningitis di daerah Tangerang Selatan adalah Rumah Sakit Sari Asih Ciputat.

Jam 7 pagi meja pendaftaran di lobi RS sudah dibuka. Terlebih dahulu kita mengambil nomor antrian lewat mesin yang ada di lobi. Oh ya, vaksin meningitis ini tidak dicover asuransi ya, jadi pilihlah pendaftaran untuk pasien umum saat mendaftar. Nanti petugas akan memanggil nomor antrian kita untuk meminta dokumen yang diperlukan untuk vaksin meningitis, yaitu fotokopi KTP dan passport jika keperluan vaksin untuk bepergian keluar negeri. Setelah itu, kita diminta ke kasir untuk membayar biaya vaksin sebesar 350 ribu per orang.

Jam 9 poliklinik baru dibuka, jadi kita menunggu selama 2 jam kurang lebih. Alhamdulillah dapat nomor antrian awal sehingga bisa lebih awal juga pulangnya. Di dalam poliklinik (dokter umum), sambil menyiapkan vaksin kita akan ditanya untuk keperluan apa vaksinnya. Setelah disuntik, kita akan diminta ke meja pendaftaran lagi untuk diberikan buku vaksin internasional berwarna kuning. Kita harus menunggu sekitar 30 menit untuk mendapat buku tersebut karena harus dicetak terlebih dulu.


vaksin meningitis


Untuk informasi lebih lengkap mengenai biaya, dokumen yang harus dibawa dan sebagainya, bisa menghubungi Rumah Sakit yang hendak dituju untuk vaksin meningitis. Sedikit informasi disini, semoga bermanfaat.

 

Sumber referensi; alodokter.com

 

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Bermain Kartu UNO

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan