Dampingi Anak Belajar Makin Seru Bareng ZenCore

 

Dampingi anak belajar. Dengar kata ini gimana menurutmu sih mom? Semangat, seru, menyenangkan? Atau malah sebaliknya kesel, gregetan, pengen marah?

Kalau aku sih nano-nano perasaannya. Menyenangkan tentu dong, kan anak sendiri yang didampingi untuk belajar. Dulu aku suka sedih waktu jadi guru, karena gak bisa dampingi anak belajar setiap hari, dikarenakan  ada tanggung jawab di luar rumah untuk mendampingi anak-anak lain di sekolah. Sekarang alhamdulillah aku udah jadi full time mom yang bisa dampingi anak belajar kapanpun.

Walau begitu bukan berarti gak ada halangan dalam mendampingi anak belajar. Apalagi belajar saat pandemi seperti ini dimana kegiatan belajar sekolah dilakukan secara online, atau seringkali disebut PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).Seringkali saat anak minta didampingi mengerjakan tugas, sayanya lagi ada pekerjaan lain seperti memasak atau menenangkan si kecil yang rewel. Sering juga saya gak punya cukup ilmu saat anak tanya tentang tugas sekolah atau materi pelajaran yang ia gak ngerti. Kesibukan mengurus rumah tangga seringkali bikin saya abai buat menuntut ilmu atau upgrade pengetahuan saya, hiks.


dampingi anak belajar makin seru banreng zencore


Anakku ada 3, semuanya perlu pendampingan. Tapi syukurlah yang sulung udah relatif lebih mandiri, udah Kelas 9 jadi bisa cari materi pelajaran sendiri dan saya tinggal mengarahkan. Sementara yang kedua kelas 5 dan masih harus didampingi banget. Kalau nggak, dia suka gak fokus belajar. Dan yang ketiga masih 2 tahun.

Solusinya kalau ada masalah kayak di atas, saya minta waktu dulu sama anak biar saya menyelesaikan pekerjaan saya atau saya yang ngalah meninggalkan pekerjaan saya selagi bisa ditinggal. Kalau anak tanya materi pelajaran dan saya nggak bisa, saya minta bantuan internet atau aplikasi belajar online.

Aplikasi belajar online yang saya pakai saat ini namanya Zenius. Udah pernah dengar kan ya? Zenius udah berdiri sejak tahun 2004 dan merupakan satu-satunya platform yang bebas akses bebas biaya. Ada ratusan video materi pembelajaran buat anak dari level SD sampai universitas yang bisa ditonton secara gratis, juga ada latihan-latihan soal untuk dikerjakan anak di rumah serta berbagai artikel untuk menambah pengetahuan.Tapi kalau ingin mendapat manfaat lebih dari aplikasi Zenius misalnya dengan mendapat pembahasan soal-soal atau live coaching dengan tutor, bisa pilih Zenius berbayar.

download aplikasi zenius

Download aplikasi Zenius yang bisa digunakan pada sistem operasi android maupun iOS



Buat ayah dan bunda yang mau pakai Zenius sebagai bahan materi belajar anak di rumah, bisa download aplikasi Zenius pada sistem operasi Android maupun iOS, lalu bikin akun di sana menggunakan email, Google atau Facebook. Saat daftar di aplikasi Zenius, kita akan dikasih pertanyaan apakah akun yang didaftarkan sebagai orangtua atau siswa atau guru, juga ditanyakan level pendidikan yang ditempuh. Terus jangan lupa juga untuk verifikasi nomor handphone.

Perbedaan akun di aplikasi Zenius sebagai orangtua dan anak, yang aku lihat sih, ada artikel-artikel menarik khusus buat orangtua jika akun kita tedaftar sebagai orangtua. Misalnya nih di salah satu artikel disebutkan daftar channel Youtube yang bisa ditonton anak sebagai media pembelajaran, seperti channel Kok Bisa?, Satu Persen, English With Lucy dan sebagainya. Ini referensi channel yang bermanfaat buat aku karena YouTube adalah salah satu media belajar sekaligus hiburan di rumah selama pandemi.

Serunya belajar pakai aplikasi seperti ini, belajarnya bisa #mulaidarimanaaja sesuai keinginan anak. Banyak fitur menarik juga. Ada satu fitur di Zenius yang bikin gregetan, namanya ZenCore. ZenCore berisi skill dan knowledge yang menurut Zenius harus dikuasai semua orang. Skill dan knowledge tersebut bisa mengasah  fundamental skill atau cara berfikir seseorang. Kalau cara berfikir udah ter-upgrade, jadi bisa menangkap informasi lebih cepat, berfikir lebih kritis, dan lebih rasional.

Fitur ZenCore yang ada di aplikasi Zenius bisa meningkatkan kemampuan otak



Nah buat melatih fundamental skill ini, klik fitur ZenCore di bagian CorePractice. CorePractice isunya kuis-kuis untuk melatih fundamental skill yang terdiri dari 3 kemampuan utama dalam berfikir yaitu matematika, verbal dan logika, serta bahasa Inggris. Mengerjakan kuisnya bisa #mulaidarimanaaja sesuai dengan yang anak mau.

Awalnya anak saya yang kelas 5 takut waktu mau coba fitur ini, takut salah. Trus saya motivasi dia untuk mengerjakan kuis itu dengan terlebih dulu mengerjakannya sama-sama. Eeeh, taunya dia ketagihan dan ingin terus mencoba lagi sendiri mengerjakan kuis di fitur ZenCore. Dia suka gregetan kalau salah menjawab atau salah pencet jawaban karena diburu waktu, soalnya kuis harus diselesaikan dalam kurun waktu tertentu.

Secara gak langsung, fitur ZenCore ini bisa memotivasi anak buat belajar. Karena setiap selesai mengerjakan satu kuis dengan benar, akan dapat reward berupa poin. Makin banyak jawaban yang betul, makin banyak lagi poin yang didapat. Terus, bisa ajak teman juga buat main kuis di ZenCore. Kalau ada teman, biasanya kan makin semangat ya.


Fitur ZenCore bisa bantu kamu untuk push rank


Gegara main kuis ZenCore, saya jadi diingatkan kalau saya masih banyak Pekerjaan Rumah untuk meningkatkan fundamental skill anak. Misalnya nih, anak saya masih suka lupa nama dan urutan Bulan Masehi. Aduuuh, itu kan kemampuan dasar banget untuk sehari-hari. Saya jadi merasa orangtua yang lalai. Jadi dengan adanya ZenCore, saya bisa tahu sejauhmana perkembangan fundamental skill anak.

Oh ya, selain melatih fundamental skill nantinya akan ada juga latihan untuk mengasah insightfull knowledge. Insightfull knowledge meliputi berbagai pengetahuan yang insightful seperti filsafat, basic sciences, big history, dam lain-lain. sehingga anak bisa melihat dunia dengan berbagai perspektif atau sudut pandang. Tapi yang ini masih dalam tahap pengembangan ya.

Sedikit mungkin yang kurang dari fitur ZenCore di Zenius. Untuk saat ini, untuk mengakses Zenius diperlukan koneksi internet. Mudah-mudahan yaa, nanti bisa juga diakses tanpa internet untuk berbagai fiturnya.

Butuh media untuk membantu anak belajar? Gak ada salahnya download aplikasi Zenius dan coba berbagai fitur gratisnya. Menurutku, belajarnya jadi seru sih. Malah kadang gak terasa belajar karena banyak video pembelajaran dengan ilustrasi menarik dan tentunya ada fitur seru seperti ZenCore yang bikin anak makin terlatih fundamental skill-nya.




Comments

  1. Aku salah satu pengguna Zenius nih, dulu 2011 udah ngerasain asiknya belajar dengan Zenius. Sekarang udah ada app nya, hehe, walau udah gak sekolah atau kuliah tetep download karena mau nyobain Zencore.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Bermain Kartu UNO