Berbagai Hidangan Berbahan Kunyit Yang Lezat dan Sehat

 


Kunyit adalah satu rempah-rempah yang hampir selalu ada di setiap rumah. Rempah berwarna oranye ini banyak digunakan sebagai bumbu dapur, pewarna alami, minuman, dan herbal yang menyehatkan tubuh.

Saya juga banyak menggunakan kunyit di berbagai hidangan untuk si kecil. Warnanya yang kuning pada hidangan menarik perhatian si kecil agar ia mau makan. Saya baru sadar akan manfaat kunyit ini saat ibu mertua pernah berkomentar, "Kamu banyak pakai kunyit di masakan. Bagus tuh buat anak.. "

Jangan sampai tertukar antara kunyit dengan temulawak, rempah lainnya yang sama-sama berwarna oranye. Keduanya memang hampir mirip, karena sama-sama dari genus curcuma. Namun keduanya memiliki nama spesies berbeda, yaitu Curcuma domestica untuk kunyit dan Curcuma zanthorrhiza untuk temulawak.


kunyit



Kunyit biasanya berwarna lebih pekat dibandingkan dengan temulawak. Temulawak memiliki rimpang yang lebih besar dibandingkan kunyit. Temulawak juga memiliki rasa lebih pahit dibandingkan kunyit.

Namun menurut sebuah artikel kesehatan, meski berbeda keduanya memiliki manfaat yang sama. Kandungan curcumin dalam kunyit dan temulawak dapat  meredakan peradangan. Kunyit dan temulawak juga dapat mengurangi obesitas, menyehatkan jantung, mencegah diabetes, menyehatkan hati dan mencegah kanker usus.

Memasak hidangan dengan bahan kunyit membuat masakan jadi lebih menarik karena warnanya yang kuning sangat menarik perhatian. Rasanya pun bisa selezat penampilannya, dan tentu saja makanan jadi lebih sehat karena kandungan kunyit yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa hidangan dengan bahan kunyit ini bisa jadi inspirasi untuk menu makan buat keluarga tercinta bahkan si kecil.

Nasi kuning

Nasi kuning biasanya identic dengan perayaan, tapi sekarang tidak selalu begitu. Kita bisa memasak nasi kuning kapanpun kita mau. Membuat nasi kuning bisa lebih praktis jika menggunakan rice cooker. Masukkan saja nasi dan rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, daun salam, sereh dan tentu saja kunyit, serta santan ke dalam rice cooker bersama beras, lalu masak seperti ketika memasak nasi biasa.


nasi kuning


Nasi goreng kunyit

Bosan dengan nasi goreng biasa yang memakai bumbu ulek atau kecap manis, bisa mencoba nasi goreng kunyit. Setelah menumis bawang, masukkan nasi dan kunyit bubuk. Jangan lupa menambahkan bahan pelengkap lain seperti bakso, telur orak arik, daun bawang, atau bahan lainnya sesuai selera.


nasi goreng kunyit


 Bubur ayam kuah kuning

Bubur ayam jenisnya macam-macam. Ada yang tidak pakai kuah, ada yang pakai kuah santan, bening dan kuah kuning. Kuah kuning pada bubur ayam menggunakan si kunyit tentu saja. Haluskan merica, bawang, jahe, kunyit, lalu tumis. Tambahkan daun salam, sereh, air kaldu, garam dan gula pasir secukupnya. Masak sampai mendidih. Kuah kuning untuk bubur ayam tinggal tuang ke atas bubur dan lengkapi dengan toping ayam suwir, telur rebus, daun bawang dan kacang tanah goreng. Hmm, bubur ayam homemade siap disantap deh.


bubur ayam kuah kuning


 Mpon-mpon

Ini nih minuman viral saat pandemi. Padahal minuman ini sudah ada sejak lama dan merupakan warisan nenek moyang ya. Namun kita diingatkan lagi untuk rajin mengonsumsinya di saat pandemi seperti ini. Banyak resep mpon-mpon yang bisa dibuat. Salah satunya resep mpon-mpon berikut ini. Rebus air serta rempah-rempah seperti jahe, kunyit, sereh, kayumanis sampai mendidih dan airnya menyusut. Mpon-mpon bisa diminum saat hangat.


Kunyit asam

Minuman ini bisa kita dapatkan di tukang jamu. Rasanya manis dan asam menyegarkan. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan merebus air serta kunyit, gula merah dan asam, lalu saring airnya. Kunyit asam bisa diminum saat hangat atau dingin.

 

Nah, bagaimana dengan teman-teman semua? Hidangan apa nih yang biasanya pakai kunyit? Share yuk di kolom komentar biar jadi inspirasi kami semua.

 

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Bermain Kartu UNO