Silaturahmi Lebaran Tak Lengkap Tanpa Wisata Bareng Keluarga


Tahun ini pemerintah melarang mudik lebaran karena pandemi Covid-19 masih terjadi di negeri kita. Saya sempat sedih tak bisa mudik. Lebaran tanpa mudik itu rasanya ada sesuatu yang kurang. Sudah tradisi di masyarakat kita untuk bersilaturahmi dengan keluarga jauh saat lebaran dengan melakukan mudik. Saya pun biasanya tak luput melakukan tradisi ini. Karena saya merantau, saya biasanya memanfaatkan momen lebaran untuk pulang kampung bertemu orangtua dan anggota keluarga besar lainnya.

Arti mudik itu menurut KBBI online (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu pulang ke kampung halaman. Jadi sebenarnya mudik tak harus saat menjelang lebaran dan bisa kapan saja dilakukan. Larangan mudik dari pemerintah itu berlaku untuk waktu tertentu yaitu tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, sebelum dan sesudah waktu lebaran. Yang mana waktu tersebut memang biasanya waktu yang paling ramai dengan para pemudik. Mobil pribadi dan umum, kereta api, kapal laut, dan pesawat, semua mode transportasi tersebut ramai dengan pemudik beberapa hari sebelum dan sesudah lebaran sehingga rawan sekali untuk penularan virus Covid-19.

Meskipun ada larangan mudik, silaturahmi lebaran masih bisa dilakukan kok dengan keluarga yang ada di dalam kota. Tahun kemarin, walau tidak mudik, alhamdulillah saya masih biasa silaturahmi dengan keluarga kakak yang tinggal di Jakarta. Kalau terpaksa harus keluar kota, bisa dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan yang ketat. Atau bisa juga diatur waktunya agar tidak melanggar peraturan pemerintah. Misalnya keluar kota untuk silaturahmi lebaran setelah tanggal 17, kan masih suasana Lebaran.

Seperti yang dilakukan keluarga adik dan kakak saya yang mudik di awal Ramadhan untuk menjenguk ibu kami sekaligus ziarah ke kuburan bapak kami. Naik kendaraan pribadi maupun umum masih nyaman dilakukan karena belum terlalu ramai dengan para pemudik. Tapi lebih nyaman dan aman lagi jika memakai kendaraan pribadi saat mudik, tidak terlalu beresiko untuk bertemu banyak orang. Apalagi saya punya bayi yang daya tahan tubuhnya tidak sekuat orang dewasa, kenyamanan dan keamanan saat mudik harus lebih diperhatikan lagi. Jika tidak ada kendaaraan, bisa sewa mobil di jasa penyewaan mobil terdekat. Dengan menyewa mobil, silaturahmi lebaran jadi lebih nyaman  karena tak harus berdesakan dengan banyak orang di transportasi umum.

sewa mobil TRAC
Sumber: TRAC.astra.co.id



Bicara tentang silaturahmi lebaran, tak lengkap rasanya jika tidak melakukan wisata bareng keluarga. Mumpung semua anggota keluarga lagi kumpul dan masih ada uang THR (Tunjangan Hari Raya), kenapa tidak sekalian jalan-jalan ke tempat wisata terdekat untuk menyenangkan orangtua dan mengenalkan anggota keluarga lain pada kota yang dikunjungi. Begitu kira-kira alasannya.

Pengalaman tahun-tahun sebelumnya ketika silaturahmi lebaran keluar kota hampir selalu dibarengi dengan wisata bareng keluarga. Kami sempat mengunjungi beberapa tempat wisata di kota Kuningan, kota kelahiran saya, saat silaturahmi lebaran. Diantaranya adalah Sangkan Park dan Bumi Perkemahan Palutungan. Nah, kalau lagi silaturahmi lebaran ke saudara suami di Bandung, kami pernah mampir ke tempat wisata Kampung Gajah, Mesjid Raya Bandung dan menginap di villa sewaan di daerah Dago.

wisata mesjid raya bandung
Silaturahmi lebaran sekaligus wisata ke Mesjid Raya Bandung tahun 2019 (dokpri)



Tahun ini pandemi masih berlangsung. Namun tempat-tempat wisata sudah banyak yang kembali beroperasi. Tidak bisa dipungkiri, pandemi membuat perekonomian terpuruk pada semua sektor usaha termasuk usaha pariwisata. Semoga dengan  kembali dibukanya tempat wisata, perekonomian Indonesia kembali bangkit, aamiin. Tentu saja, semua sektor usaha yang kembali beroperasi harus memenuhi protokol kesehatan yang ketat.

Di momen Ramadan dan Lebaran Idul Fitri, rasanya paling pas kalau melakukan wisata religi. Banyak layanan yang menawarkan jasa wisata religi, namun paling mudah, aman dan nyaman kalau memakai layanan dari TRAC. Dengan mengunduh aplikasi TRAC To  Go, kita bisa menyusuri berbagai fitur Experience di aplikasi ini.
TRAC ToGo Experience merupakan fitur terbaru dari aplikasi TRAC To Go. Kita sebagai customer dapat memilih paket wisata yang disediakan oleh masing-masing cabang TRAC yang ada di berbagai kota di Indonesia seperti Bali, Malang, Jogjakarta, Jakarta, Bandung, dan masih banyak lagi. 

Di dalam fitur Experience ini juga tersedia berbagai pilihan akomodasi mulai dari mobil penumpang berkapasitas 4 orang sampai bus dengan kapasitas hingga 45 orang. TRAC bekerjasama dengan vendor-vendor terpercaya seperti hotel bintang 4 dan 5, tempat-tempat wisata, serta beberapa restoran yang otentik, sehingga menjadikan layanan TRAC semakin lengkap untuk mengisi liburan bersama keluarga.

sewa bus TRAC
Sumber: TRAC.astra.co.id


Mulai dari Rp.3,5jt, TRAC memberikan paket ziarah religi dengan layanan konsultasi agenda wisata sesuai dengan peraturan perundang-undangan perjalanan di masa pandemi. Biaya sebesar itu sudah termasuk jasa driver, asuransi dan biaya tol loh. Terdapat beberapa zona ziarah yang bisa kita kunjungi bersama TRAC Bus, diantaranya:


1.      Ziarah Banten (Mesjid Agung Banten, Gunung Santri, Batu Qur’an, dan agenda wisata lainnya)

2.      Ziarah wali 5 (Sunan Bungkul, AMpel, Drajat, Bonang, Gresik, dan Masjid Tiban Turen)

3.      Ziarah 9 wali (Sunan Gunung Jati, Sunan Muria, Sunan Kalijaga, Sunan Giri, Kudus, Drajat, Bonang, Ampel, Gresik, dan agenda wisata lainnya)

4.      Ziarah 3 wali (Sunan Gunung Jati, Muria, Kalijaga, dan agenda wisata lainnya)

5.      Ziarah Panjalu (Cirebon, Panjalu, Pamijahan, dan agenda wisata lainnya)

wisata mesjid agung banten
Mesjid Agung Banten (Sumber: id.wikipedia.org)


Ah, semua paket wisata religi yang ditawarkan menarik ya, karena saya memang suka dengan wisata religi yang inshaAllah bisa meningkatkan kecintaan kita pada agama kita, aamiin.

Layanan rental mobil dari TRAC sudah menerapkan SMART Protocol loh, yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan dengan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

Untuk menyewa mobil dari TRAC, lebih mudah dilakukan lewat aplikasi daripada website. Melalui aplikasi Trac To Go, kita juga bisa mengetahui kisaran biaya layanan yang ditawarkan. Jadi, bisa diisesuaikan dengan dana yang kita miliki. Aplikasi Trac To Go bisa didownload melalui Google Play Store maupun Apple Appstore.

aplikasi sewa mobil TRAC
Sumber: TRAC.astra.co.id


Link GooglePlay Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trac.tractogo&hl=en&gl=US 

 Link Apple App Store : https://apps.apple.com/us/app/trac-to-go/id1459840738 

Untunglah sekarang ada aplikasi Trac To Go, saya tak perlu susah-susah lagi cari sewa mobil lain jika mau keluar kota untuk keperluan silaturahmi Lebaran. Nah, bagaimana dengan teman-teman? Walaupun masih pandemi, tetap bisa silaturahmi Lebaran kan? Oh ya, jika butuh informasi lebih lengkap tentang TRAC bisa menghubungi Customer Assistance Center TRAC di 1500009 dan 08111177087.

 

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Bermain Kartu UNO