Ruam Pada Kulit Bayi Setelah Demam

Beberapa hari lalu, Raina anak ketiga saya demam. Seperti biasa, saya gak langsung bawa dia ke dokter. Saya beri dia minum air putih dan ASI yang banyak, diberi makan seperti biasa walaupun dia cuma makan sedikit, diberi istirahat yang cukup dan diberi tindakan skin to skin contact dimana kulit ibu dan bayi menempel sehingga suhu panas bayi terserap kulit ibu. Ibu inshaAllah gak akan ikut demam karena permukaan kulitnya lebih luas.

Merawat bayi yang sakit dan sekaligus melakukan pekerjaan rumah tangga lain juga, sungguh melelahkan. Rasanya badan rontok, pundak pegal, kadang emosi juga karena kurang tidur. Saat malam yang seharusnya istirahat, bayi malah tiada henti menangis sampai seisi rumah bangun dan pada ngambek juga karena istirahat mereka terganggu. Pengennya ikutan ngambek juga, tapi sudah pasti itu bukan solusi yang baik.

ruam pada bayi setelah demam


Alhamdulillah, di hari ketiga demam Raina menurun, tapi ia masih rewel. Juga, muncul ruam di seluruh tubuhnya. Saya pun googling di internet dan menemukan banyak artikel kesehatan tentang hal ini. Ruam di tubuh bayi setelah demam 3 hari adalah gejala penyakit roseola infantum atau three day fever dimana gejalanya memang seperti yang Raina tunjukkan, yaitu muncul ruam atau bintik merah di badan setelah demam 3 hari. Penyebabnya sejenis virus herpes, tapi bukan yang menular.

Di hari berikutnya, ruam Raina kelihatan makin banyak sampai si kakak Ra nangis sesenggukan karena takut Raina kenapa-napa. Raina juga masih rewel dan gak mau lepas sama sekali dari gendongan saya, gak kayak biasanya yang mau eksplorasi guling-guling di lantai karpet. Jadi, di hari berikutnya saya periksakan Raina ke dokter anak di RSPI Bintaro.

ruam pada kulit bayi setelah demam


Kata dokter Fransiska Farah, SpA yang memeriksa Raina, ruam di tubuh Raina mirip dengan ruam pada campak. Tapi inshaAllah sih bukan campak, karena ruam gak disertai demam seperti pada campak. Jadi inshaAllah gak apa-apa dan ruam merahnya nanti akan berubah jadi gelap dan lama-lama hilang dengan sendirinya. InshaAllah. Dokter meresepkan obat alergi Histrine 10 mg dan vitamin A Apialys Drop yang akan membantu mempercepat penyembuhan ruamnya.

Jadi buat temen-temen yang anaknya ada gejala kayak Raina yaitu muncul ruam setelah demam 3 hari, gak usah panik. Nanti ruamnya akan hilang sendiri kok, inshaAllah. Sekarang Raina masih dalam perawatan karena kata dokter jangan keluar rumah dulu sampai ruamnya hilang, mainnya di dalam rumah aja. Semoga Raina cepat sehat dan ceria lagi ya!

Oh ya, sekarang memeriksakan anak di poli anak RSPI Bintaro makin nyaman karena kasirnya sekarang ada di poli anak juga. Sehingga pembayaran bisa langsung dilakukan segera setelah pemeriksaan selesai di poli anak, tapi tetap mengambil nomor antrian ya. Berbeda dengan sebelumnya, kasir menyatu dengan pembayaran dari poli lain sehingga lebih lama menunggu dan membuat anak bosan.

Comments


  1. Punya baby emg kudu siap fisik dan mental yah agar tumbuh kembangnya bisa maksimal. Sakit dikit kita harus sigap

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar