Cegah Dehidrasi Pada Anak Dengan Cara Ini


Ibu-ibu rumah tangga seperti saya, pernah tidak sih mengalami hal-hal seperti saya ini? Mulut dan kulit kering, urin yang keluar sedikit, mudah cemas dan tegang, daya ingat visual menurun sesaat, mudah mengantuk, bicara gagap, hingga konsentrasi menurun? 

Hati-hati ya bu, gejala di atas merupakan dampak dari dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan cairan sehingga metabolisme tubuh terganggu. Saya sendiri dulu sering mengalami gejala di atas. Dulu, setelah mengerjakan pekerjaan rumah tangga suka lupa minum sehingga muncul gejala-gejala tersebut. Tapi sekarang, karena suka terganggu sendiri dengan dampaknya –salah satunya kulit yang kering sehingga terlihat kusam dan lebih tua- ya sebisa mungkin memenuhi cairan tubuh biar aktivitas lancar.

Hmm, kelihatannya sepele sih ya, dehidrasi doang dan dampaknya terlihat tidak fatal. Memang sih, orang biasanya bisa mentoleransi kekurangan cairan dalam tubuh sebanyak 3 sampai 4 % tanpa terganggu kesehatannya. Tapi, menurut catatan mbah Wiki, penurunan cairan dalam tubuh sebanyak 5 sampai 8 % bisa membuat lelah dan pusing. Penurunan cairan dalam tubuh sebanyak 10 % bisa menyebabkan penurunan kemampuan fisik dan jiwa, serta haus yang tinggi. Bahkan, (naudzubillah) dehidrasi bisa berujung kematian jika cairan yang berkurang dalam tubuh sebanyak 15 sampai 25 %!

Duh, jangan sampai deh anak-anak kita terkena dehidrasi. Karena biasanya anak-anak suka bergerak sehingga yang keluar dari tubuh berupa keringat juga banyak. Kadang-kadang, anak harus diingatkan agar minum yang banyak. Menurut angka kecukupan gizi tahun 2013 yang ditentukan Menteri Kesehatan RI, anak usia 1-3 tahun membutuhkan cairan sebanyak 1200 ml sehari (4-5 gelas), 4-6 tahun sebanyak 1500 ml (6 gelas) sehari, 7-9 tahun sebanyak 1900 ml (7-8 gelas) sehari, dan usia 10-18 tahun butuh cairan dalam tubuh sebanyak 2000 ml (8 gelas) sehari.

lock & lock sport handy bottle 700 ml


Saya sendiri suka khawatir kalau botol air minum yang dibawa anak-anak ke sekolah masih penuh, terutama anak kedua yang berusia 7 tahun. Ini anak apa nggak haus ya di sekolah? Kan aktivitasnya banyak. Anak-anak saya sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) yang jam belajarnya dari jam 8 sampai jam 3 sore dengan system pembelajaran aktif. Terbayang deh dengan berbagai aktivitas di sekolah dari pagi sampai sore, pasti terasa haus. Atau, malah jangan-jangan mereka lupa minum karena saking ademnya ruangan di kelas yang memakai AC?

Nah, beberapa hal ini mungkin bisa kita lakukan untuk mencegah dehidrasi pada anak. Simak yuk!

  1. Ingatkan anak untuk minum
Orang dewasa saja seringkali harus diingatkan untuk banyak minum air putih, apalagi anak-anak. Maka, kita sebagai orangtua semoga nggak bosan ya mengingatkan anak untuk banyak minum air putih. 

Bagaimana caranya kalau mengingatkan anak untuk banyak minum air putih saat anak di sekolah? Saya pernah baca buku tentang seorang ibu bekerja yang selalu memberikan note di kotak bekal makan siang anaknya. Boleh juga nih ide ini ditiru. Sisipkan saja sebuah catatan untuk mengingatkan anak minum, di kotak bekal makan siang dan botol minum anak yang dibawa ke sekolah. 

  1. Beri cairan pengganti jika anak tidak mau minum air putih
Ini kasusnya saya banget. Dua anak saya kadang-kadang malas minum air putih sehingga saya harus siap sedia minuman pengganti seperti susu, jus buah, dan sebagainya. 

cegah ddehidrasi pada anak


  1. Pre-hydrate (mengurangi penguapan melalui nafas)
Salah satu cara untuk mencegah dehidrasi adalah dengan pre-hydrate atau mencari cara untuk mengurangi penguapan melalui nafas dengan menyuruh anak untuk berisitirahat, pindah ke tempat yang sejuk, dan sebagainya)

  1. Bekali anak air minum ketika keluar rumah
Setiap kali keluar rumah untuk jalan-jalan ke mall, olahraga, atau melakukan kegiatan lainnya, jangan lupa bawakan anak air minum. Selain hemat karena membawa air minum sendiri dari rumah, juga tentu saja bisa mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi karena melakukan aktivitas outdoor.

cegah ddehidrasi pada anak


  1. Motivasi anak untuk minum dengan botol minum yang memadai
Tidak bisa dipungkiri, botol minum yang memadai bisa memotivasi anak untuk minum air putih. Seperti anak saya, Ra yang berusia 7 tahun, masih suka dengan berbagai warna dan bentuk karakter kartun yang menarik. Maka, saya membelikannya botol minum yang berwarna pink bergambar tokoh kartun kesukaannya.

Selain tampilan visual, yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih botol minum adalah kekuatan botol minum yang tahan pecah dan anti bocor. Pernah, beberapa kali botol minum yang saya bawakan untuk anak bocor sehingga membasahi tas mereka. Pulang-pulang, mereka menampakkan muka kecewa karena merasa tak nyaman dengan tas yang basah atau malu dan tak enak dengan teman karena tas basah mereka juga membuat teman-temannya tak nyaman saat belajar di sekolah dan saat pulang di mobil jemputan sekolah.

Untuk kakak Za yang berusia 11 tahun, saya pilihkan ia botol minum Lock & Lock Bisfree Sport Handy Bottle 700 ml yang cukup menampung air minum yang dibutuhkannya. Kalau kurang, kakak bisa isi ulang botol air minumnya di sekolah karena sekolahnya menyediakan gallon air minum untuk siswa yang yang membutuhkan refill botol air minum.


LOCK & LOCK sport handy bottle 700 ml



Enaknya pakai Lock & Lock Bisfree Sport Handy Bottle 700 ml, karena botolnya ringan dan mudah digenggam karena ada tali pegangannya. Botolnya yang transparan memungkinkan kakak melihat isi botol air minumnya dengan mudah. Di bagian penutup botol ada lubang untuk minum yang bisa ditutup kembali dengan mudah. Selama ini, pakai Lock & Lock Bisfree Sport Handy Bottle 700 ml cukup kuat daya tahannya pada kebocoran.

Di kemasan botol Lock & Lock Bisfree Sport Handy Bottle 700 ml tertulis BPA Free. Buat yang belum tahu, BPA FREE artinya bahan tersebut terbebas dari bahan BPA atau bisphenol-A. BPA (bisphenol-A) merupakan zat kimia sintetis yang biasa digunakan pada beragam produk, salah satunya botol minuman termasuk botol untuk bayi. 

LOCK & LOCK sport handy bottle 700 ml

Lalu apa bahaya produk berbahan BPA? Banyak penelitian yang menunjukkan jika ikatan BPA yang tergolong tidak stabil bisa menyebabkan sejumlah kecil zat kimia tersebut terlepas ke dalam makanan atau minuman yang menjadi isi suatu kemasan yang mengandung BPA. Pelepasan bahan BPA ini akan semakin banyak ketika kita memanaskan botol atau perlengkapan berbahan BPA ini, baik dengan cara direbus ataupun disterilisasi.

BPA ini ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. BPA dapat menyebabkan kanker prostat, kanker payudara, peningkatan resiko penyakit jantung, pubertas lebih awal, perubahan sistem imun, gangguan otak serta perilaku pada anak kecil.

Bayangkan jika kita menggunakan botol minum dengan plastik yang mengandung BPA. Saat terkena panas, BPA itu mudah lepas dari plastik dan larut dalam air minum yang berada dalam botol itu!

Lock & Lock Bisfree Sport Handy Bottle 700 ml sendiri diproduksi oleh Lock & Lock, perusahaan yang memproduksi berbagai produk Kitchen & Houseware asal Korea dan sudah berdiri sejak tahun 1978. Produknya sudah tersebar ke ratusan Negara, termasuk di Indonesia sudah tak asing produk Lock & Lock ini. Selain botol air minum, produk Lock & Lock juga berupa peralatan dapur, furniture, perlengkapan bayi, mainan anak, dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Kita Bisa kunjungi website resminya http://www.locknlockmall.co.id/ untuk melihat berbagai produk Lock & Lock yang lebih lengkap.

Bagaimana dengan anda bu, pa? Bagaimana tips anda mencegah dehidrasi pada anak? Share yuk di kolom komentar!



Comments

  1. Ya Allah...bahaya sekali zat BPA ini yaa...
    Aku juga pakai botol lucu-lucu agar anak suka minum, mba Kania.
    Tapi kadang, mereka jarang minum karena males ke toilet bolak-balik.
    Hiiks~
    Jujurnya aku hargai, tapi masih bingung menyampaikan pentingnya minum ke anak-anak.

    Jurus paling jitu memang membuatkan mereka minuman berasa.
    Seperti susu atau teh.

    ReplyDelete
  2. Anak2 itu kalau udah main tuh, susah banget deh diingetin buat minum.. Kalau ngga kita yg ngasih tau & nyodorin air minum pasti udah bablas aja main terus. Kemana2 saya juga seringnya bawa tempat minum, lebih praktik & irit, jadi kalau anak perlu ngga usah lagi nyari2 toko buat beli air minum :D

    ReplyDelete
  3. Tempat minumnya sama :)
    Ku punya beberapa peralatan dari Lock&Lock.
    Alhamdulillah anak-anak sudah paham kalau minum air putih itu penting. Malah aku yang pernah dehidrasi, karena diare sih.

    ReplyDelete
  4. Iya nih, aku aja sering lupa minum klo lagi jalan keluar rumah. Makanya anak2 selalu aku ajarin untuk bawa botol minum di tasnya ketika keluar rumah.

    ReplyDelete
  5. Iya penting bgt memperhatikan hidrasi anak selama beraktivitas di luar ya

    ReplyDelete
  6. Anakku tak bawain minum juga mb klo sekolah .tapi ya gitu juga...sering lupa ga diminum, atau kadang dibawain banyak...minumnya dikit..

    Aku pernah punya lock n lock ini, tapi toples. Awet.

    ReplyDelete
  7. Pernah mak, duh pusing kepala rasanya. Makanya anak-anak saya bawain sebotol minuman ke sekolah. Untungnya di sekolah di sediakan isi ulang. Jadi saya selalu bilang sama anak-anak harus isi ulang botolnya.
    Namanya anak-anak kan aktif ke sana kemari belum cuaca yang panas.
    Alhamdulilah mereka udah terbiasa minum banyak.

    ReplyDelete
  8. Aku juga suka banget sama Lock&Lock ini mak, tutupnya rapet gak khawatir tumpah. Kotak bekal sekolah anakku jg pake merk ini, tapi botolnya pake merk sebelah. Hehe.

    ReplyDelete
  9. Kalau lagi di rumah sih anak2 minumnya banyak, tapi kalo udah di sekolah atau main di luar, selalu lupa minum, padahal udah dibawain botol minum. Harus selalu diingetin dan dikejar2 buat minum, sampe pernah titip ke guru sekolahnya buat diingetin minum.

    ReplyDelete
  10. Jangankan anak2 yaa
    Orang dewasa aja kyk kita suka lupa pentingnya minum
    Selain disiapkan jg mmg harus diingatkan terus sih

    ReplyDelete
  11. Gak cukup bawain air minum dalam botol. Tapi juga pastikan BPA free itu botol. Agar kesehatan anak tetap terjaga. Sip!

    ReplyDelete
  12. Yup, penting banget mengingatkan anak-anak untuk minum. Jangan sampai dehidrasi ya..Kadang anakku suka susah minum, makanya aku suka cerewet mengingatkan hehe..

    ReplyDelete
  13. Saya tanpa sengaja kayak ngumpulin produknya lock&lock, nih. Lalu pas ada event blogger pernah dapat hadiah games dari lock&lock juga. Tapi belum punya nih botol minumnya yang BisFree. Muatnya banyak ya, 700ml. Jadi lumayan enggak terlalu harus sering-sering ngisi ulang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam