Sedia Mebo Untuk Pertolongan Pertama Luka Bakar

Saat menginap di rumah saudara di masa kecil, saya pernah lihat teman saya terkena knalpot betisnya. Ia langsung menangis keras, betisnya terlihat merah dan menggelembung. Salah satu orangtua mengoleskannya pasta gigi. Itulah kali pertama saya melihat anak yang terkena knalpot. Saya sendiri pernah terkena knalpot motor, tapi tidak separah teman saya. sekarang, setiap anak saya dekat-dekat knalpot motor langsung saya ingatkan untuk menjauh agar tidak terkena panasnya knalpot motor.

Saya sendiri sudah tak terhitung deh terkena minyak panas saat memasak di dapur. Apalagi kalau masak ikan, minyaknya pasti muncrat kemana-mana. Walau sudah ditutup, minyak akan tetap menciprat saat saya membalikkan ikan. Adik Ra juga pernah terkena cipratan minyak panas saat masih batita, karena ia saya gendong saat saya memasak. Duh maaf ya nak, habis darurat sih saat itu. Saya tidak punya asisten rumah tangga, sementara itu di saat yang sama anak nangis dan saya harus masak. Jadilah si bayi saya gendong dan terciprat minyak panas. Tapi sejak itu saya kapok karena adik Ra seperti trauma kalau dekat-dekat kompor.

pertolongan pertama luka bakar
pixabay.com

Kasus luka bakar memang banyak terjadi pada anak di bawah usia lima tahun dan rata-rata terjadi di rumah tangga. Data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan yang dirilis pada 2013 mencatat, luka bakar menempati urutan keenam penyebab cedera tidak disengaja (unintentional injury) setelah jatuh, sepeda motor, benda tajam/tumpul, transportasi darat lain, dan kejatuhan dengan tingkat prevalensi 0,7% dari jumlah penduduk Indonesia. 

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), luka bakar menyebabkan sekitar 195.000 jiwa meninggal di Indonesia setiap tahun. Riset Kementerian Kesehatan tersebut juga menekankan anak-anak usia 1-4 tahun menjadi kelompok umur yang paling rentan terkena luka bakar dengan tingkat prevalensi sampai 1,5 persen. Fakta ini diperkuat dari data riset epidemiologi sejumlah dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta pada tahun 2013-2015 dimana sebanyak 108 pasien (82,3 %) luka bakar adalah kelompok anak-anak (pediatric group) yang berusia 1-4 tahun

Oh ya, saya baca sebuah artikel di mebo.combiphar.com bahwa ternyata mengoleskan pasta gigi ke luka bakar itu berbahaya. Memang adem sih ketika dioleskan pasta gigi karena pasta gigi ada kandungan mentholnya. Tapi zat yang ada dalam pasta gigi seperti kalsium dan pemutih bisa membuat luka bakar semakin parah, iritas, dan infeksi. Di artikel tersebut dijelaskan cara mengatasi luka bakar yang benar sebagai berikut:

salep luka bakar mebo
 
  1. Menaruh luka di bawah air mengalir selama kurang lebih 15 menit. Dengan begitu, panas yang masuk ke jaringan kulit maupun jaringan di bawahnya akan berkurang sehingga kerusakan jaringan tidak meluas.
  2. Tidak memecahkan gelembung bekas luka yang berisi air karena dapat menyebabkan masuknya kuman melalui luka (infeksi).
  3. Tidak mengompres daerah yang luka dengan es batu karena suhu es dapat mencapai -4°C sehingga membuat pembuluh darah mengerut (vasokonstriksi), yang menyebabkan aliran darah menjadi tak lancar terutama ke daerah yang terluka dan dapat menyebabkan kematian jaringan.
  4. Mengolesi luka dengan salep khusus luka bakar seperti Mebo, yang berguna untuk membantu meringankan luka bakar ringan. 
  5. Minum obat pereda rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen atas petunjuk dokter, terutama jika rasa nyeri mengganggu istirahat kita. 
  6. Jaga pola makan yang baik karena kekurangan nutrisi dapat memperlambat proses penyembuhan luka bakar. 
Nama yang unik dari Mebo ini ternyata merupakan akronim dari “Moist Exposed Burn Ointment”. Mebo telah diluncurkan di 73 negara melalui Mebo International. Saya sendiri baru tahu tentang Mebo ini, padahal salep luka bakar Mebo sudah dipercaya sejak tahun 2006 untuk perawatan luka bakar di Indonesia, terutama di beberapa rumah sakit di kota-kota besar. Itu sebabnya Mebo dikenal oleh para praktisi pelayanan kesehatan.

Mebo mengandung bahan alami tanpa antibiotik kimia yaitu 3 bahan herbal (phellodendri cinensis, coptidis rizoma, scutelliae radix), minyak wijen dan beeswax. 3 bahan herbal dalam Mebo merupakan anti radang dan membantu regenerasi sel. Sedangkan minyak wijen dan beeswax mampun memberikan suasana moist (lembab) pada area luka sehingga mempercepat penyembuhan luka. Selain itu minyak wijen dapat menyerap sisa panas pada area luka bakar, sehingga bisa mengurangi tingkat keparahan luka bakar.


Dalam Minyak Wijen terdapat kandungan β-sitosterol yang berfungsi mengurangi peradangan pada luka bakar seperti adanya pembengkakan, kemerahan, gatal, serta meredakan rasa nyeri. Kandungan lipid serta vitamin E dan K berfungsi sebagai sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk sel-sel pada kulit serta menunjang pemulihan jaringan, sehingga mengurangi potensi timbulnya bekas luka.

Oh ya, Combiphar sebagai perusahaan yang memproduksi Mebo, tanggal 12 Mei 2018 kemarin bekerjasama dengan PERAPI (Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Indonesia (PERAPI) melaksanakan seminar sekaligus workshop penanganan luka bakar yang diikuti lebih dari 200 orang dokter dan perawat di wilayah Manado, Sulawesi Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi frontliner praktisi pelayanan kesehatan melalui materi dan informasi yang tepat, khususnya dalam menangani pasien – pasien luka bakar baik ringan maupun berat.


 Dalam workshop tersebut hadir sebagai narasumber adalah:

  1. Senior GM Marketing Women’s Health and Active Day Care Combiphar Ni Ketut Sukartiwi
  2. Senior GM Corporate Communications and Community Development Dewinta Hutagaol
  3. Sekretaris Jenderal PERAPI, dr Donna Savitri, SpBP-RE
  4. dr Mendy H Oley, SpBP-RE dari Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado
Wah, mau banget deh kalau ada workshop seperti ini untuk masyarakat umum di dekat tempat tinggal saya. Untuk saat ini, sedia Mebo dulu kali ya untuk pertolonga pertama pada luka bakar. Oh ya, Mebo hanya untuk pemakaian luar ya. Aplikasikan pada luka dengan ketebalan 1 mm (oles tipis) setiap 4-6 jam jika kulit mengalami luka bakar. Salep ini akan bersifat kontraindikasi terhadap pasien yang hipersensitif terhadap sesame oil (minyak wijen). Sudah sedia Mebo juga kan di rumah teman-teman?


Comments

  1. temen smp juga dulu kena di tulang kering kakinya ken waktu itu lg jajan lgsg memerah dan akhirnya gelembung membekas dlu ga diapa2in namanya jg pas disekolah jd infeksi gitu mba beruntung skrg ada mebo yah

    ReplyDelete
  2. Wah makasih buat infonya Mbak. Coba tau dari dulu ya. Aku pengalaman kena knalpot bolak balik nih. Ini betis dua-duanya uda pernah kena, malah yang kanan kena sampe 2 kali, hiks

    ReplyDelete
  3. Sedia Mebo yuk untuk jaga jaga

    ReplyDelete
  4. Senangnya kalau ada Mebo bisa buat persediaan di rumah dan dimasukkan ke kotak P3K ya mba :)

    ReplyDelete
  5. Emang Mebo ini salah satu obat yang wajib ada di kotak P3 K ya, apalagi kalau punya anak kecil di rumah.

    ReplyDelete
  6. Iya dulu pas kecil, temenku banyak yg kena knalpot, dan berbekas deh di kaki. Alhamdulillah, aku belum pernah kena. Tapi harus ttp jaga2 punya salep mebo di rumah.

    ReplyDelete
  7. saya waktu kecil dulu juga pernah kena knalpot Mbak di bagian lutut belakang, dan sampe sekarang lukanya masih berbekas.. jadi tiap liat knalpot tuh trauma dan parno duluan.. dan dulupun masih bingung harus ngobatin pake apa, jadi dibiarin aja sembuh sendiri, tanpa obat apa2.. Alhamdulillah sekarang udah ada salep khusus luka bakar seperti Mebo yang mampu mengobati luka bakar secara efektif dan terbuat dari bahan2 alami, jadi lebih terpercaya..

    ReplyDelete
  8. Aq jg mau bgt nh klo ada info workshopnya buat edukasi, jd tercerahkan ya mba ada mebo

    ReplyDelete
  9. Karena kandungan alaminya dan tanpa bahan kimia jadi wajar yaa, Mebo dipercaya untuk digunakan oleh para Dokter untuk menangani permasalahan luka bakar sampai tuntas.

    ReplyDelete
  10. Enak yaaa ada mebo jadi kalo kena luka bakar tinggal olesin ajaaa

    ReplyDelete
  11. Pasta gigi tuh mitos yang viral ya, nyaris semua teman pasti menganjurkan penggunaan pasta gigi ketika terkena luka bakar.


    Sekarang jadi tahu Mebo, mau ah stok di rumah

    ReplyDelete
  12. Selalu sedia Mebo di p3k ya buat jaga2 dan kayaknya workshop kaya gini perlu dilaksanakan dikana2 deh biar masyarakat lebih teredukasi juga.

    ReplyDelete
  13. Makasih sharing informasinya mbak. Menambah referensi baru mengenai obat luka bakar nih. Kadang habis kena percikan minyak suka panik dan bingung mau dikasih apaan.

    ReplyDelete
  14. Luka bakat klo ga dihandle dengan benar bisa infeksi

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor