Saturday, October 15, 2016

Membuat Header Blog Menggunakan Canva

Beberapa waktu lalu, saya berkunjung ke blognya Mbak Ety Abdoel, seorang blogger Solo yang juga penulis. Lalu saya menuliskan pengalaman saya jalan-jalan di blognya dalam tulisan berjudul “Tips Mempercantik Blog Dari Blogger Solo”. Salah satu tips Mbak Ety adalah membuat gambar pelengkap tulisan di blog menggunakan Canva. Saya pun jadi terinspirasi membagikan pengalaman saya menggunakan Canva untuk membuat Header Blog.

Saya memang orangnya moody-an. Saya bisa berkali-kali otak-atik blog untuk mendapatkan hasil yang diinginkan sesuai keinginan. Suasana yang baru kadang membuat mood bagus untuk semangat menulis lagi. Karena ingin suasana baru, saya mengganti header blog Petualangan Za &Ra dengan yang baru.


Untuk blog ini, saya lebih suka menggunakan foto untuk Header Blog karena lebih pribadi, lebih mencerminkan blog ini yang 2 tokohnya adalah kakak beradik Za dan Ra. Sebenarnya sih karena nggak bisa menggambar juga kalau mau bikin ilustrasi, hihi. 

Kira-kira begini nih cara saya membuat header blog menggunakan Canva.

  1. Pertama, buka canva.com dan login. Kalau belum punya akun di Canva, bisa sign up dulu atau login menggunakan akun facebook dan Google juga bisa kok.
  2. Setelah masuk Canva, banyak pilihan grafik yang ingin kita buat. Untuk membuat Header Blog, carilah  Blog Tittle.

  3. Banyak pilihan layout yang bisa kita gunakan di Canva dan bisa kita temukan di “Layout”. Tapi kalau nggak ada yang sesuai, kita bisa membuat sendiri. Saya memilih “Element” dengan desain 3 kotak.

  4. Ambil foto yang kita ingin masukkan ke header dengan klik “Upload” lalu drag foto yang sudah di upload ke dalam desain. Saya menempatkan foto Za dan Ra masing-masing di kotak paling ujung.
  5. Kotak yang tengah saya isi dengan tulisan sebagai deskripsi blog. Untuk membuat tulisan di dalam desain, klik “Text”. Kita bisa mengaturnya sehingga besar kecil tulisan dan jenis hurufnya sesuai yang kita inginkan.
  6. Kalau sudah jadi, download header blog dan simpan di komputer dan. Header blog pun sudah siap dipakai. Kalau ingin size gambar disesuaikan dengan lebar blog, bisa diedit di lunapic.com. Oh ya, judul blog saya ketikkan dari Blogger sehingga header blog yang sudah jadi di Canva terlihat tanpa judul blog. Kalau ingin header blog tampil di tengah, bisa baca tutorialnya di blognya Mbak Annisaat di sini.

membuat header blog menggunakan canva
Judulnya saya ketik dari Blogger, jadi tak nampak di sini.

Selamat mencoba ya, asyik loh mengotak-atik blog karena bisa emmbuat desain sesuai yang kita inginkan. Mungkin saya baru bisa yang sederhana seperti ini. Tak apa, belajar kan berproses. Have fun!

11 comments :

  1. Saya nggak berani ngutak ngatik blog teh, takut ada yang salah. Apalagi ngutak ngatik kode html, malah berpengaruh sama SEO blog saya, hahaha. But nice share ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh pengaruh ya...duh saya malah gatau karena pengen ganti suasana aja

      Delete
    2. Awalnya dulu saya juga gonta ganti template, ngutak ngatik gambar atau apalah, tapi sekarang udah gitu ajah, hehehe...

      Iya kata para master SEO ngaruh juga, walau entah dimana ngaruhnya.

      Delete
  2. thank u mba tipsnya...saya pernah coba bikin header pake canva tapi ukuran fotonya ga pas, kegedean, dikecilin malah kekecilan, sekarang jadi tahu pake layout itu ya jadi bisa simpan beberapa foto

    ReplyDelete
  3. saya juga sering bgt pakai canva buat judul postingan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo judul sekarang saya jarang pake malah

      Delete
  4. Pengennya ganti header, tapi tempalte udah mentok dari sananya gak bisa diutak atik hehe.

    oh ya mbak, saya sudah follow blog mbak. Follow back ya. salam teman baru :)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Mbak. Blog-nya bagus banget mbak, sangat edukatif terutama artikel yang berkenaan dengan mempercantik blog. 2 minggu yang lalu, saya sangat bingung mbak. Gara-gara salah masukkan kode html, postingan artikel berubah jadi motion semua. untungnya kode html sudah saya back-up. jadi bisa kembali seperti semula. Saya sudah follow blog mbak, Follow back jg ya mbak.
    Oh ya Mbak, maaf saya baru bilang ke mbak. Blog mbak, saya buat BLOG YANG DIIKUTI, krn edukatif bgt. walking ke rumahku ya mbak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. Salam kenal mbak. Artikel dan blognya sangat keren. sangat edukatif. Mbak, izin jadi pengikut ya dan maaf sudah sekitar 1 bulan ini saya buat blog mbak jadi BLOG YANG DIIKUTI. Walking balik ya mbak. Terima kasih.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...