Monday, June 27, 2016

Za Punya Blog!

Mi, mau belajar bikin video dong!" kata Za suatu hari.

Libur lama karena bertepatan dengan Ramadan, Idul Fitri dan kenaikan kelas, kadang bikin seneng dan bingung. Saya ibunya suka bingung membuat berbagai kegiatan menarik dan gak bosenin buat Za dan Ra. Main gadget udah, menggambar udah, baca buku udah, mau mudik kok ya ayahnya anak-anak belum libur. Dan karena kadang liat ibunya bikin video, Za jadi ingin belajar bikin video juga.




Saya jadi ingat obrolan ibu-ibu di sebuah grup whatsapp. Ada anak yang senang banget dengan gadget dan membuat foto. Orangtuanya tak tanggung-tanggung membekalinya kamera profesional agar si anak bisa menggeluti hobinya sekaligus memberikan kegiatan yang positif agar terhindar dari pergaulan yang kurang baik. Ternyata sang anak malah lebih dari yang diharapkan, ia bisa mendapat penghasilan dari hobinya itu dengan menjadi fotografer profesional.

Kalau ada rejeki, memang sebaiknya hobi anak didukung. Ah kalau saya sih kamera profesional aja gak punya. Untuk ikut kelas belajar membuat video untuk anak pasti mahal. Jadi saya biarin Za memakai hape saya untuk membuat video.

"Mi, tapi kakak bingung mai bikin video apa" kata Za.

Mm, saya jadi ikut berfikir dan memberinya saran. Karena Za sangat suka menggambar, saya sarankam Za membuat video dari gambar-gambar yang ia buat. Lalu gambarnya difoto dam digabungkan menjadi sebuah video.


Za pun mengikuti saran saya. Dia menggambar di papan gambar lalu gambar tersebut dia foto satu-satu. Foto-foto lalu digabungkan menjadi sebuah cerita dalam video. Lalu videonya saya simpan di akun youtubenya Za dan Ra. Lumayan lah, kegiatan ini menyibukkan Za di masa liburan Ramadan ini.

Nah, tiba-tiba kepikiran aja agar Za juga punya blog untuk menyimpan foto dan video gambar-gambarnya. Eh, sebenarnya kepikirannya udah lama bikin blog buat Za agar Za mau belajar menulis. Tapi mungkin kesempatannya baru datang sekarang.

Akhirnya saya buatkan Za sebuah blog. Saya yang menginstruksikan caranya dan membantunya membuat judul blog. Za yang pilih latar blognya dan membuat kontennya. Gak heran, banyak tanda baca yang salah. Saya sudah beritahu Za, beberapa ada yang diperbaiki dan tidak.

Kok anak 9 tahun sudah bisa punya email? (untuk membuat blog perlu email dan syarat memiliki email adalah usia mencapai 13 tahun). Email Za menggunakan data saya sebagai ibunya dan saya mengawasinya saat di depan komputer.

Kenapa anak 9 tahun sudah punya blog? Karena saya ingin Za belajar menulis. Za seringkali punya keinginan beli ini dan itu. Saya bilang, saya tak bisa selalu memenuhi keinginannya. Za kadang harus berusaha sendiri, salah satunya dengan memiliki keahlian menulis. Menulis kam juga bisa membantunya dalam belaja bahasa, ya kan?

Memiliki blog juga sebagai salah satu cara menyimpan kreatifitas Za karena Za sekarang lagi suka coret-coret membuat gambar ini itu. Za juga suka dengan segala hal berbau gadget. Agar lebih bermanfaat, kesukaannya itu saya arahkan dan baru usaha ini yang bisa saya lakukan.

So, inilah blognya Za dan ada postingan video di dalamnya. Baru satu sih postingannya, semoga berkenan mampir.

www.zaidanfi.blogspot.co.id


8 comments :

  1. Za kereen deh, menurutku jg gak papa anak2 pny blog mak. Setuju malah, tentu saja tetap diawasi sm ibunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiih mak, iya ini karena Za senengnya gadget jadi kalo punya blog dia belajar hal lain jg yaitu nulis dan gambar

      Delete
  2. Wah..hebat, bisa dikembangkan bakatnya tuh! Dan gak mustahil dengan hobi dan bakatnya juga bisa menghasilkan. Semoga nanti semakin besar bisa jadi profesional, ya Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Wah blogger cilik nih. Teruskan Nak!

    ReplyDelete
  4. bagus mbak idenya.. kalo anakku udh rada gedean lagi, aku jg mau bikinin email dan blog ah :).. anak2 skr gampang diajarin begini, yg berbau2 gadget.. malah urusan ngutak ngatiknya aja kdg pinteran anakku dari aku ;p

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...