Tuesday, March 29, 2016

Siap Cerdaskan Si Kecil Bersama Morinaga


morinaga platinum


Setiap ibu pasti ingin memiliki anak yang cerdas dan sehat dengan tumbuh kembang yang optimal, termasuk saya pun demikian. Namun hal itu tidak bisa serta merta didapat, perlu usaha dari kita sebagai orangtua untuk mendapatkannya dengan memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat untuk anak.

Para ahli kedokteran Anak menunjukkan bahwa terdapat 3 rentang periode penting untuk membentuk generasi anak yang berkualitas, yaitu:

1. Periode pertama (saat anak dalam kandungan sekitar 280 hari)
 
Pada epriode ini terjadi pembentukan organ-organ utama manusia seperti otak, jantung, paru, hati, ginjal, organ indera mata-telinga-hidung, dan sebagainya. Gangguan pada periode ini akan berdampak negatif seumur hidup. Pembentukan dan perkembangan otak merupakan salah satu yang terpenting dalam periode ini. Oleh karena itu, memeriksakan kandungan secara rutin begitu penting agar proses ini terjadi dengan optimal.

Asupan nutrisi anak pada 280 hari pertama di dalam kandungan sepenuhnya tergantung asupan makanan Ibu melalui plasenta. Ibu harus selalu berada pada status nutrisi yang baik pada saat sebelum dan selama hamil. Pada masa ini, ibu bisa memberikan stimulasi berupa perabaan, mengajak anak bicara, dan memperdengarkan berbagai suara.

nutrisi dan stimulasi anak


2. Periode kedua (6 bulan pertama kelahiran yaitu sekitar 180 hari)
 
Periode ini merupakan periode terbaik untuk membentuk jaringan sirkuit otak yang nantinya digunakan untuk tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah Ibu menyusui ASI ke bayi. Bayi yang mendapat ASI segera setelah lahir mempunyai kesempatan terbaik untuk belajar memfungsikan berbagai organ vitalnya secara mandiri. 

Pada periode ini, Ibu bisa menstimulasi anak dengan memperdengarkan berbagai suara, memanggil namanya, mengajaknya bicara, memperlihatkan mainan berwarna-warni, memperkenalkan berbagai tekstur, dan sebagainya. Sebagai ibu baru (saat baru melahirkan anak pertama), kadang saya suka bingung mau ngobrol apa sama bayi Za yang baru bisa senyum-senyum dan mengoceh dengan bahasa bayinya. Maka saya bacakan saja dia buku anak. Salah satunya adalah buku dongeng pavorit dunia yang dibelikan suami. Buku ini sekarang sudah sobek di beberapa sisinya tapi masih bisa dibaca dan diwariskan pada adiknya Za, yaitu Ra.


buku dongeng anakbuku dongeng anak


3. Periode ketiga (Periode 6 bulan sampai 2 tahun - 540 hari)
 
Pada periode ini organ tubuh anak yang telah terbentuk di periode sebelumnya akan mulai berfungsi. Gangguan pembentukan organ dalam periode ini dapat berakibat menetap seumur hidup. Pada 360 hari terakhir, ASI diteruskan dan didukung oleh berbagai variasi makanan yang kaya gizi untuk tumbuh kembang. Saya bersyukur bisa memberikan ASI eksklusif untuk dua anak saya, Za dan Ra, lalu diteruskan sampai usia mereka dua tahun kurang. Dan pada akhirnya pemenuhan nutrisi yang optimal selama 1000 hari pertama berpengaruh untuk pencegahan munculnya penyakit di usia dewasa. 

Pada saat baru lahir struktur otak anak masih sekitar 25%, namun pada hari ke 1000 telah mencapai 80% struktur orang dewasa. Sehingga pondasi dasar kemampuan manusia harus sudah tersusun dengan baik pada periode ini, antara lain kemampuan fisik, komunikasi verbal, kompetensi sosial dan bahkan pelajaran tentang norma. 

Banyak sekali stimulasi yang bisa diberikan pada periode ini. Ibu bisa mengajak anak bercerita dan berdiskusi, membacakan buku, menyusun balok, naik turun tangga, menangkap dan melempar bola, melepas baju, petak umpet atau main ciluk  ba, membuat susunya sendiri, dan masih banyak yang lainnya.

stimulasi dan nutrisi anak
 
stimulasi dan nutrisi anakstimulasi dan nutrisi anak


Salah satu buku yang saya gunakan untuk menstimulasi Za dan Ra adalah buku Active Minds yang diterbitkan oleh Publication Internasional. Buku ini dibeli suami buat Za dan kini dipakai Ra. Buku ini terdiri dari beberapa seri, yaitu seri berhitung, mengenal huruf, mengenal warna, musik, dan lainnya. Serunya lagi, buku ini dilengkapi dengan compact disc. Kalau sedang bosan dengan buku, CD nya bisa diputar. Anak akan antusias melihat gambar berwarna-warni dan bergerak di layar komputer. Dalam keadaan senang itulah, stimulasi akan lebih cepat masuk ke otak anak. 

Sementara itu, mainan yang berperan dalam menstimulasi Za dan Ra di rumah sebenarnya cukup banyak. Saya punya beberapa kardus mainan yang sebagian sudah rusak dan belum sempat saya pisah. Namun dari beberapa mainan yang ada di rumah, Za paling suka lego dan balok. Za bisa berkreasi membuat berbagai benda kesukaannya dari lego. Mulai dari robot, pedang, dan yang lainnya. 

Sementara itu, Ra, karena anak perempuan, dia lebih suka main boneka dan masak-masakan. Kemampuan bahasa Ra bisa terstimulasi karena bermain boneka dan masak-masakan membuatnya harus bercerita. Tak hanya itu, kedua permainan tersebut menstimulasi kemampuan Ra bersosialisasi karena tak jarang keduanya harus dimainkan lebih dari satu orang. Tapi, kadang-kadang Ra juga ikut bermain lego dan balok bersama kakak Za untuk menstimulasi daya kreatifitas, imajinasi dan sosialisasinya.




Profesor Howard Gardner dari Universitas Harvard mengemukakan bahwa kecerdasan anak itu tergantung dari multi faktor (multiple intelligence). Gardner percaya bahwa ada berbagai bentuk kecerdasan pada tiap anak dengan derajat yang berbeda. Diantaranya adalah kecerdasan bahasa, Kecerdasan musik, logika, spasial (berpikir lebih pada gerak 3 dimensi dibanding kata-kata), kinestetik (gerak), kecerdasan emosi, kecerdasan alam, kecerdasan spiritual dan eksidensial (terkait dengan masalah terkini). Jadi, seharusnya orangtua tidak perlu khawatir jika anaknya tidak gemilang dalam satu bidang, bisa jadi sang anak akan menjadi yang terdepan di bidang yang lain. Kita orangtua berkewajiban menggali terus potensi anak dari kecerdasan mejemuk yang mereka miliki. 

Persembahan Kalbe Nutritionals Untuk Mencerdaskan Anak Indonesia

Kalbe Nutritionals adalah perusahaan produk kesehatan yang memiliki misi “Meningkatkan Kesehatan Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik”. Kalbe sudah mendapat berbagai penghargaan, diantaranya The Most Impactful Brand Activation 2013, Annual Report Award 2012, LIPI Science-based Industrial Inovation Award 2013, dan masih banyak yang lainnya. 

kalbe nutritionals



Dalam mendukung pengembangan potensi anak yang siap menghadapi masa depan, dengan bekal fisik yang sehat dan kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual, Morinaga di bawah Kalbe Nutritionals melansir MoriCare+ Prodiges pada tahun 2015 lalu. MoriCare+ Prodiges merupakan inovasi unggulan hasil kerjasama dengan Morinaga Research Center Japan yang telah menghasilkan sinergi nutrisi untuk mendukung kecerdasan multitalenta (brain care), memberikan pertahanan tubuh ganda (body defense), mendukung tumbuh kembang optimal (body growth) serta mendukung kebutuhan nutrisi Si Kecil. Sementara untuk sinergi stimulasi, MoriCare+ Prodiges memiliki modul stimulasi digital berjudul Multiple Intelligence Play Plan atau MI PlayPlan, untuk mendukung para orangtua dalam mengenali dan mengembangkan potensi Si Kecil.
moricare+ prodiges

Sebagai kelanjutan dari peluncuran MoriCare+ Prodiges, Morinaga meluncurkan Gerakan #SiapCerdaskanBangsa melalui www.siapcerdaskan.com. Gerakan Siap Cerdaskan Bangsa Persembahan Morinaga adalah sebuah gerakan dedikasi Morinaga untuk stimulasi anak sejak dini. Wujud dukungan Morinaga berupa fasilitas digital SiapCerdaskan.com yang berisi informasi mengenai pentingnya  nutrisi dan stimulasi anak pada 1000 Hari pertama Kehidupan (1000 HPK). Setiap kunjungan ke website akan dikonversi ke dalam nilai rupiah selama periode kampanye (April sampai Juni 2016). Pada akhir periode jumlah rupiah yang terkumpul akan didonasikan untuk rehabilitasi sekolah di daerah lewat Yayasan ASA (Act, Serve, Aspire).
Gerakan ini juga akan didukung oleh Gerakan 1000 Hadiah Pertama, yaitu program pengumpulan donasi berupa buku dan mainan anak sebagai alat stimulasi perkembangan otak, kepada anak-anak yang membutuhkan. Siapapun bisa mendonasikan buku layak pakai dan mainan edukatif pada Morinaga Parenting Seminar Roadshow “Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini” dan mall to mall event: Dunia Generasi Paltinum, bulan April sampai November 2016 di 15 kota.
Gerakan #SiapCerdaskanBangsa akan dibuka dengan acara Seminar Parenting pertama yang akan diadakan pada hari Sabtu, 2 April 2016, pukul 08:00 sampai 15:00 WIB di The Kasablanka lantai 03 (Mall Kota Kasablanka). Ayah dan bunda yang ingin mengikuti seminar tersebut, silahkan mendaftarkan diri di nomor kontak yang tertera di foto berikut. Kalau tidak berhalangan, saya juga berencana hadir membawa dengan dua petualang cilik saya, Za dan Ra. Sampai berjumpa di sana ya, jangan lupa membawa mainan dan buku yang akan didonasikan untuk teman-teman kecil kita di daerah!
moricare+ prodiges

Ikuti terus informasi lebih detail tentang Gerakan Siap Cerdaskan Bangsa dari Morinaga di media sosial Morinaga berikut ini.
Twitter: @morinagaid
Instagram: @MorinagaPlatinum

Sumber referensi:

11 comments :

  1. Replies
    1. kayanya ada di kota2 lain juga mba Witri..kalo ga salah di 15 kota tapi saya gatau di kota mana saja, bisa tanya langsung ke Morinaga nya

      Delete
    2. Kayanya kota saya (Pemalang) gak bakalan ada deh. Kota sepi, hiks.

      Delete
  2. wah asik ni acaranya
    thanks infonya ya mbak

    ReplyDelete
  3. Senang ya anak-anak sekarang. Orangtuanya sudah banyak dibekali edukasi pendidikan anak. Dulu anak cerdas itu yang identik dengan hitungan saja. Padahal kecerdasan bukan cuma diukur sama satu hal saja. ANak-anak sekarang mestinya bisa lebih baik dan lebih maju dari ortunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di pikiran saya juga gitu, kalau pintar itung2 hebat banget..padahal ya banyak potensi dalam diri seseorang..

      Delete
  4. Replies
    1. bayar 100 ribu mba, kecuali dapat undangan :)

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...