Precious One Gandeng Disabilitas Untuk Menghasilkan Produk Berkualitas

 

Disabilitas adalah teman kita yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, sensorik, dalam jangka waktu yang lama sehingga mengalami hambatan ketika berinteraksi dengan lingkungan atau dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Walaupun begitu, bukan berarti disabilitas tidak bisa berkarya atau berprestasi. Banyak dari mereka bisa tetap berprestasi dalam keterbatasan, contohnya saja para disabilitas yang tergabung dalam Precious One.


Precious One Gandeng Disabilitas Untuk Menghasilkan Produk Berkualitas


Precious One Gandeng Disabilitas Untuk Menghasilkan Produk Berkualitas

Precious One adalah organisasi yang fokus pada penguatan disabilitas, dan bertujuan agar mereka bisa menemukan potensi dirinya, serta menyadari bahwa semua manusia diciptakan dengan sebuah nilai dan tujuan. Precious One memiliki misi untuk mengurangi pengangguran disabilitas dengan membuat produk yang berkualitas hasil karya disabilitas. Dengan begitu, masyarakat akan melihat dan percaya bahwa disabilitas mampu berprestasi jika diberi kesempatan.

Precious One didirikan oleh Ratnawati Sutedja. Awalnya, tahun 2001 Ratna terkena Hepatitis A yang cukup parah sampai tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Ia bernazar, jika sembuh ia akan terjun ke dunia disabilitas. Tahun 2004, Ratna bertemu teman tuli yang curhat padanya betapa ia butuh pekerjaan. Ratna pun mendirikan Precious One dan membuat alat peraga yang membantu anak-anak berkonsentrasi dalam belajar. Itulah awal mula bagaimana Precious One berdiri.

Saat ini, ada sekitar 20 orang yang bekerja di tim produksi Precious One. Ada juga mitra-mitra yang tersebar di berbagai daerah untuk mengembangkan berbagai produk seperti tas, dompet, pakaian, boneka, kuliner, dan jasa.


Precious One Gandeng Disabilitas Untuk menghasilkan Produk Berkualitas


Selain menghasilkan berbagai karya atau produk, Precious One juga terlibat dalam program lainnya di dunia disabilitas. Program yang ada di Precious One tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Program Stop Bully Disabilitas, adalah program yang mengajak masyarakat untuk menghargai hidup yang diberikan Tuhan sekaligus menghargai hidup para disabilitas.
  2. Program Special Day for Special Children, yang bertujuan mengapresiasi anak-anak disabilitas dan mengajak mereka bermain di mall sama seperti yang biasa dilakukan anak-anak lain. Precious One akan mengundang 1000 anak dari satu kota untuk bermain secara gratis.
  3. Program Bangga, adalah program mentoring untuk UMKM disabilitas di seluruh Indonesia agar karya atau produk mereka semakin dikenal.
  4. Program Training Perusahaan, adalah program yang ada di Precious One untuk karyawan non disabilitas agar memiliki semangat kerja dan daya juang, tidak mudah menyerah, serta memiliki rasa syukur masih diberikan pekerjaan.

Precious One Menggunakan Aplikasi Kasir iReap POS Untuk Otomatisasi Pengelolaan Produk

Awalnya Precious One melakukan pencatatan bahan baku yang masuk dan produk yang dihasilkan secara manual dengan cara dicatat satu persatu. Namun sekarang, semuanya terbantu dengan adanya aplikasi kasir iREAP POS (Point of Sale). Sehingga tidak perlu repot mencatat barang yang diproduksi maupun mencatat manual stok barang yang tersedia.

Selain itu, manfaat lain yang dirasakan Precious One ketika menggunakan aplikasi kasir iREAP POS adalah:

  • Mudah digunakan, bahkan untuk orang yang baru menggunakan aplikasi iREAP Point of Sale.    
  • Bisa mengetahui penjualan produk laris dan pendapatan dari penjualan secara real time.
  • Jadi tahu konsumen mana saja yang setia dan produk apa saja yang mereka beli dalam setahun.
  • Tim iREAP POS sangat tanggap dalam merespon dan memberikan bantuan saat ada kendala.

Apa Itu Aplikasi Kasir iREAP POS dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Aplikasi kasir iREAP POS adalah aplikasi kasir android terbaik yang dapat menjadi solusi bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan menengah) untuk memonitor penjualan, keuntungan dan stok semua toko secara real time kapan saja dan dari mana saja. Aplikasi ini bisa dipakai untuk semua jenis usaha seperti warung makan/café/restoran, toko kelontong, toko pakaian, jasa profesional, klinik dan spa, salon, bengkel, dan lain-lain.


aplikasi iREAP POS Lite




Aplikasi kasir iREAP POS sudah mendapat penghargaan Great User Award dan Rising Star Award pada tahun 2017 dari Finances Online. Aplikasi ini sudah digunakan oleh 400 ribu lebih bisnis di 100 lebih negara.

Aplikasi kasir iREAP POS terdiri dari iREAP POS Lite dan iREAP POS Pro. Persamaan keduanya adalah sama-sama tidak dikenakan biaya instalasi, tanpa kontrak minimum, tanpa batasan master data, tanpa batasan transaksi, dan tanpa iklan.  

Pada aplikasi iREAP POS Lite tidak dikenakan biaya sama sekali untuk mengakses berbagai fiturnya alias gratis. Fitur yang tersedia dalam aplikasi kasir iREAP POS Lite adalah fitur Master Data (untuk menginput produk, konsumen, supplier, dan data lainnya), fitur kasir toko yang mencatat Transaksi Penjualan dan Pengembalian, fitur Analisa Transaksi, serta fitur lainnya. Aplikasi ini diperuntukkan untuk bisnis mikro dan semua fitur tersebut sudah cukup memenuhi kebutuhan usaha mikro. Aplikasi iREAP POS tersedia dalam Bahasa Inggris, Indonesia, Rusia, Perancis, dan Jepang. 

Menggunakan aplikasi kasir iREAP POS Lite sangat mudah dan tidak membutuhkan internet sama sekali. Setelah mendownload terlebih dahulu aplikasi ini melalui Google Play, kita bisa langsung menggunakan aplikasi kasir iREAP POS Lite untuk pekerjaan kasir toko dalam 2 langkah berikut:

  1. Klik Fitur Master Data dan Input kategori. Masih di fitur Master Data, lakukan Input Produk dengan memasukkan nama produk dan harganya.
  2. Ketika terjadi transaksi penjualan atau pengembalian, klik fitur Transaksi Penjualan/Pengembalian. Jika terjadi penjualan, klik produk dan jumlah produk yang dibeli konsumen, serta pilih cara pembayaran. Jangan lupa untuk mencetak invoice-nya untuk bukti pembayaran ke konsumen.




Untuk bisnis kecil dan menengah, bisa menggunakan aplikasi kasir iREAP POS Pro dalam membantu otomatisasi pengelolaan produk. Fitur-fitur yang bisa diakses lebih banyak. Selain fitur yang ada dalam aplikasi kasir iREAP POS Lite, juga tersedia fitur lainnya seperti fitur Transfer Barang Antar Toko, Produk Set, Piutang dan Penerimaan Pembayaran, Biaya Toko, Absensi Karyawan, akses ke seluruh toko lewat web dashboard, penyimpanan database cloud dan lokal, Laporan Transaksi, Laporan Konsolidasi Antar Toko, dan lain-lain. 

Aplikasi iREAP POS Pro hanya dikenakan biaya sekitar 42 ribu/bulan/perangkat jika dibayar tahunan dan 99 ribu/perangkat jika dibayar bulanan. Tentunya itu biaya yang sangat terjangkau jika melihat lebih banyak manfaatnya yang bisa didapatkan untuk mempermudah bisnis.

Oh ya, untuk informasi lain mengenai bagaimana Precious One berdiri, silahkan mengunjungi website resmi iREAP POS yang membahas tentang Precious One. Untuk anda yang sedang memulai usaha atau bahkan sudah memulai usaha, segera download Aplikasi Kasir iREAP POS Lite untuk mendapatkan berbagai manfaatnya!

  

Comments

  1. aplikasi kasir gini tuh pastinya bermanfaat banget buat para pemilik usaha nih krn memudahkan saat ada transaksi dgn pembeli/pelanggan kita ya

    ReplyDelete
  2. Kece2 kreasinya. Moga sukses bisnisnya, ya. Kan, udah dibantu iReap. Urusan pencatatan jadi rapi.

    ReplyDelete
  3. Wuih keren banget ya aplikasinya. Ntar saya coba juga deh, penasaran nih

    ReplyDelete
  4. Senang membaca kaum disabilitas juga bisa berdaya. Dengan dibantu aplikasi iReap jadi semakin mudah berbisnisnya.

    ReplyDelete
  5. Terjangkau banget biaya perangkatnya, ini kalo baru bangun usaha ngebantu banget soal budget :)

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah, rupanya awal mula kehadiran Precious One rupanya diawali dengan sebuah nazar semasa sakit yang akhirnya diwujudkan setelah pulih ya. Semoga makin meluas usahanya karena sudah memanfaatkan iReap demi memudahkan proses pemeriksaan stok dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  7. Dibayar tahunan cenderung lebih murah ya untuk menggunakan aplikasinya. Pasti bermanfaat ya buat pelaku usaha karena tersedia fitur dan menu yang membantu

    ReplyDelete
  8. Bisa memberdayakan yang disabilitas merupakan terobosan sosial yang patut diapresiasi. Sukses terus buat iREap

    ReplyDelete
  9. Kayaknya tempat kerja suami juga butuh pakai iREAP POS nih buat usaha jualan pen tablet sama komik. Bakal ngebantu banget soalnya buat mencatat transaksi biar lebih rapi.

    ReplyDelete
  10. Wah aku salut
    Paling suka sama pelaku bisnis yang bisa merangkul para disabilitas ini
    Bisnis inklusi ini

    ReplyDelete
  11. Teman-teman yang disabilitas itu istimewa. Mereka mempunyai sesuatu kemampuan luar biasa. Saat ini yang sedang viral itu Putri Ariani. Tapi kuncinya perlu dukungan orang-orang terdekat dan sekitar.
    Makanya bagus sekali kehadiran Precious One yang didirikan oleh Mbak Ratnawati Sutedja. Tidak saja menumbuhka kepercayaan diri para teman disabilitas, mengembangkan potensi, dan membuat mereka lebih berdaya.

    ReplyDelete
  12. Wahh ini penting banget dimiliki untuk temen2 yang bergelut di dunia bisnis. Biar makin lancar, efektif dan efisienn

    ReplyDelete
  13. Cara penggunaannya ternyata mudah dan praktis, cocok banget emang digunakan untuk UMKM agar bisa otomatisasi pengelolaan produk. Belum lagi banyak fitur-fitur yang bisa digunakan jadi bisa memudahkan penggunaan aplikasinya juga.

    ReplyDelete
  14. aplikasi kasir tuh membantu banget sih, buat pedangan dan konsumennya, jadi makin praktis terima bon dan pembayarannya

    ReplyDelete
  15. keren sih aplikasi ini.. bisa bantu banyak UMKM yaa biar lebih terlihat professional dan administrasi keuangan tertata rapi

    ReplyDelete
  16. keren banget sih pemberdayaan temen temen disabilitas, bisa semakin berdaya bahkan memberikan produk dengan kualitas terbaik. Semoga bisa diterima pasar dengan antusias

    ReplyDelete
  17. iReap POS memang aplikasi yg komplit dan juga bisa bantu disabilitas supaya bisa lebih mudah jalani bisnis. Keren!

    ReplyDelete
  18. Salut dengan ide dan gagasan briliannya ini. Hasilnya bagus da biaya cukup terjangkau pula. Apalagi mengajak para disabilitas

    ReplyDelete
  19. Wah IReap Pos sangat memudahkan untuk manajemen bisnis ya. Apalagi kalau upgrade ke Pro cuma 99k per tahun aja biayanya

    ReplyDelete
  20. nah cocok sekali nih aplikasi kasir digunakan untuk membangun usaha, tentunya meminimalisir kesalahan manual ya kak

    ReplyDelete
  21. Masya Allah banyak yang terbantu dg aplikasi kasir iReap ya mbak. Al

    Senang sekali dg pemberdayaan disabilitas lebih produktif hal ini sesungguhny bentuk penerimaan yg baik dan akan meningjatkan ras apercaya teman2 disabilitas

    ReplyDelete
  22. Mantap nih. Biayanya gak terlalu mahal tapi sangat bermanfaat buat pelaku usaha

    ReplyDelete
  23. Senang jika ada yang memudahkan seperti ini
    Berkah yang banyak untuk founder-nya sehingga semua bisa mendapatkan manfaatnya

    ReplyDelete
  24. Ikut senang, baca artikel tentang Precious One yang sudah berinovasi dengan aplikasi iREAP. 😊
    Semoga makin banyak yang terbantu dengan kemudahan bertransaksi dengan sistem POS seperti ini.

    ReplyDelete
  25. Salut dengan Precious One yang menggandeng teman-teman disabilitas untuk tetap dapat berkarya dengan beberapa kekurangan yang mereka miliki. Perlu lebih banyak lagi organisasi atau perusahaan yang merangkul para disabilitas agar mereka tidak insecure dengan kondisinya dan meyakini bahwa mereka pun bisa bekerja dan berkarya serta berdamai dengan kondisi yang dimilikinya

    ReplyDelete
  26. Aplikasi iReap POS pas banget nih buat UMKM dan pelaku usaha lainnya. Sakala kecil maupun skala besar bisa pake ini, apalagi kalau usahanya toko yang membutuhkan pencatatan transaksi khususnya stok yang butuh ketelitian. Cocok banget ini

    ReplyDelete
  27. masyaallah bahagia banget rasanya masih banyak yg peduli dgn disabilitas ... semoga dgn adanya aplikasi ini bisa menginpirasi dam menyemangati mereka

    ReplyDelete
  28. MasyaaAllah sekarang gak perlu bingung lagi dalam penjualan kalau ada aplikasi kasir gini

    ReplyDelete
  29. wah keren, sukses selalu ya kak :)

    ReplyDelete
  30. keren sih ini masya Allah ide awalnya, yg punya indera lengkap kayak kita jadi merasa malu dengan kreativitas para penyandang disablitas ini.. memudahkan enterpreneur yang baru buka usaha juga nih

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan