Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Dengan Kompetensi Global

 

Dunia kerja adalah dunia yang tak mudah untuk dijalani, apalagi di jaman sekarang yang semuanya serba menggunakan teknologi, dengan pergerakan orang dan bisnis yang dinamis di seluruh dunia. Setiap orang harus punya kompetensi bekerja global yang sesuai dengan kebutuhan dan standar perusahaan, sehingga ia mampu beradaptasi dengan baik dengan dunia kerja yang dijalaninya.


Kaitan kompetensi bekerja dengan kurikulum internasional


Di bidang kerja apapun, kompetensi bekerja global diperlukan agar bisa menghadapi dunia kerja dengan baik. Saat bekerja di sebuah perusahaan penerbitan di awal tahun 2000, saya merasakan sendiri dunia kerja butuh banyak persiapan. Sebagai staf administrasi, saya harus punya pengetahuan terkait teknologi, khususnya yang terkait dengan pekerjaan administrasi seperti mengoperasikan komputer, printer, dan lain sebagainya. Saya juga seharusnya menerima tamu, baik dari dalam maupun luar negeri sehingga butuh kemampuan berkomunikasi dan penguasaan bahasa asing yang baik.

Saya juga pernah menjadi seorang pengajar di Lembaga Pendidikan swasta. Lagi-lagi, saya dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik, menguasai bahasa asing, menguasai teknologi, dan kompetensi bekerja lainnya. Saat itu, terasa sedikit menyesal kenapa saya tidak sungguh-sungguh belajar saat kuliah, karena ternyata jika belajar dengan baik dan sungguh-sungguh akan sangat bermanfaat saat kita sudah masuk ke dunia kerja.

Dua puluh tahun kemudian di masa sekarang ini, teknologi tentunya semakin berkembang. Dunia kerja juga semakin menantang. Terus terang, ada sedikit rasa cemas akan masa depan dan muncul berbagai pertanyaan dalam benak saya. Dunia kerja di masa anak saya nanti seperti apa ya? Apakah ia akan bisa memasuki dunia kerja dengan baik? Biasalah, kekhawatiran orangtua pada umumnya, padahal anaknya saja masih SMU, ada yang masih SMP dan bahkan balita, hihi.


Memberikan pendidikan internasional kepada anak


Alih-alih banyak rasa cemas dan khawatir, saya lebih baik menggunakan waktu yang ada untuk mempersiapkan anak dengan baik demi masa depannya agar mandiri mencari rejeki dengan memiliki kompetensi bekerja yang baik. Dari tadi ngomongin kompetensi bekerja, sebenarnya apa sih kompetensi bekerja itu? Menurut berbagai informasi yang saya dapatkan di situs informasi online, kompetensi bekerja adalah kemampuan bekerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Sementara itu, global sendiri pengertiannya adalah mencakup seluruh dunia.

Penguasaan bahasa asing adalah salah satu hal yang perlu disiapkan sebagai kompetensi bekerja untuk memasuki dunia kerja. Bahasa asing sangat bermanfaat digunakan ketika berkomunikasi dengan rekan kerja dari luar negeri, saat dinas ke luar negeri, saat mengoperasikan alat dari luar negeri, untuk mempelajar berbagai referensi dan informasi berbahasa asing, dan banyak lagi pemanfaatannya dalam dunia kerja.

Untuk anak yang sekolah di Lembaga Pendidikan Internasional, penguasaan bahasa asing sudah jadi makanan sehari-hari. Karena di Lembaga Pendidikan Internasional, bahasa asing adalah bahasa pengantar dalam belajar. Sehingga tidak mengherankan jika anak-anak tersebut mahir berbahasa asing. Bahasa asing yang dimaksud adalah Bahasa Inggris, Mandarin, Bahasa negara Eropa, dan lain-lain sesuai dengan Kurikulum Internasional yang digunakan Lembaga Pendidikan tersebut.

Penguasaan teknologi juga diperlukan untuk persiapan dunia kerja. Hampir semua bidang pekerjaan saat ini butuh menerapkan berbagai teknologi sehingga dibutuhkan penguasaan teknologi yang baik. Contoh kecil saja, dulu jual beli dilakukan di pasar. Sekarang jual beli bisa dilakukan secara online lewat aplikasi atau website dengan skala nasional bahkan internasional. Pelaku usaha tentunya harus menguasai teknologi terkini agar bisa bersaing secara global.

Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam tim juga perlu loh untuk mempersiapkan dunia kerja. Jika tak bisa berkomunikasi dan bekerjasama dalam tim dengan baik akan cukup sulit menyesuaikan diri dengan dunia kerja. Bagaimanapun, kita akan bertemu dengan banyak orang berbeda dari berbagai daerah bahkan negara ketika bekerja.

Memasukkan anak ke Lembaga Pendidikan dengan Kurikulum Internasional juga bisa menjadi salah satu langkah yang bisa diambil untuk mempersiapkan anak ke dunia kerja. Seperti yang disebutkan di atas, di Lembaga Pendidikan Internasional anak dibiasakan untuk berbahasa asing yang akan bermanfaat dalam dunia kerja kelak. Penguasaan sains dan teknologi juga diutamakan di Lembaga Pendidikan Internasional sehingga anak memiliki kompetensi bekerja untuk bisa bersaing secara global.

sampoerna university


Sebagai informasi, Sampoerna University adalah salah satu Lembaga Pendidikan tingkat perguruan tinggi yang menggunakan Kurikulum Internasional dan satu-satunya perguruan tinggi yang menggunakan kurikulum Amerika di Indonesia. Bekerjasama dengan University of Arizona, mahasiswa yang belajar di Sampoerna University memungkinkan untuk mendapat Pendidikan dengan kurikulum Amerika Serikat tanpa meninggalkan Indonesia.

Mengapa kurikulum Amerika Serikat yang digunakan? Karena 40% dari universitas terbaik di dunia berada di Amerika Serikat. Dan University Arizona termasuk peringkat ke 46 dunia menurut data Council of World University Ranking (CWUR) pada tahun 2020-2021.

Dengan menempuh pendidikan selama 4 tahun, mahasiswa akan mendapat gelar ganda yaitu Sarjana (S1) dari Sampoerna University dan Sarjana AS terakreditasi dari University of Arizona. Lulusannya dijamin mendapat keterampilan dan kompetensi global yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja. Terbukti, 94% lulusan Sampoerna University terserap dunia kerja dalam waktu tiga bulan baik di perusahaan nasional maupun internasional.

Nah, kalau menurut anda, selain hal yang sudah disebutkan di atas, kira-kira kompetensi apa lagi yang harus disiapkan untuk memasuki dunia kerja? Share yuk di kolom komentar!

Comments

  1. Keren sekali Sampoerna University sudah menerapkan kurikulum global ya, Mbak. Dengan begitu, lulusan sudah terbiasa, dan nantinya bisa bersaing secara global. Karena tidak tertutup kemungkinan, akan bekerja juga di luar negari.

    ReplyDelete
  2. Tiga bulan udah dapat kerja.. mantap berarti jaringannya dari kampus ini. Sekarang susah sih cari kerjaan soalnya, jadi bagus kalo kampus punya jaringan gini

    ReplyDelete
  3. Keren banget pakai kurikulum Amerika dan pengajaran full pakai English. Anak yg belajar di Sampoerna university dijamin bisa lancar Englishnya ya. Lalu mereka juga pandai berkomunikasi dan kompeten sehingga mudah banget dapat pekerjaan.

    Atau jadi wirausaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak, karena berkomunikasi juga jadi andalan, biar pas kerjanya lebih mudah

      Delete
  4. Keren ya, kalau bisa kuliah di Sampoerna University. Lulusannya, hanya dalam jangka waktu 3 bulan sudah bisa dapat kerja. Jadi penasaran, berapa biayanya untuk belajar di sana, ya?

    ReplyDelete
  5. gak hanya generasi jaman now sih yang siap-siap masuk dunia kerja dengan kompetensi global, tapi generasi millenial dan baby boomers nih yang juga siap siap menghadapi persaingan kerja berkompetensi global. auto selalu update dan upgrade skill dong. noted banget nih,anakku harus masuk Sampoerna University nanti, biar punya skill berdaya saing global ya.

    ReplyDelete
  6. Zaman sekarang ini cari pekerjaan jadi makin susah, karena makin banyaknya juga sarjana yang lulus dan ikutan bersaing mencari kerja. Salah satu solusi supaya kita bisa lebih beda dan lebih berkompetensi secara global sih ya ngambil kurikulum internasional. Dengan begitu skill kita bisa lebih meningkat dibandingkan pesaing yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bahasa asing sama melek teknologi emang jadi modal mendasar buat survive di jaman sekarang yaaa sih ya, dan harus ditopang sama kurikulum pendidikan yang oke kaya kurikulum internasional

      Delete
  7. Mantap ya sekarang semakin ketat persaingan :) jadi memang harus dilengkapi kemampuan lebih sejak dini nih, seneng kalau ada sekolah yang bisa memfasilitasi dengan lengkap

    ReplyDelete
  8. kita yang udah dewasaa aja harus rajin2 upgrade skill sama info ttg dunia kerja jaman sekarang ya, apalagi anak2 yang masih meniti pendidikan nih,,, mesti mapping kebutuhan masa depan dan pendidikan yang sesuai juga

    ReplyDelete
  9. Wah bagus banget nih kurikulum Sampoerna University. Skillnya auto melejit. memangs ekarang persaingan kerja ketat banget deh, harus punya skill istimewa

    ReplyDelete
  10. Jadii pengen mencari tahu lebih dalam sampoerna university, keren kurikulumnya untuk mempersiapkan SDM yang siap di dunia kerja.

    ReplyDelete
  11. Wah Sampoerna University, pakai kurikulum Amerika. Bisa jadi ada kemungkinan kerja sama peluang kerja dengan negara di sana ya... Bahasa asing, hard skill, soft skill jadi kompetensi yang diperlukan untuk persaingan dunia kerja atau bisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget kak, aku shock baca 94% lulusan Sampoerna University bisa langsung kerja. auto nyiapin anak untuk kuliah di sampoerna university nanti

      Delete
  12. Wah, seneng banget ya lulusan Sampoerna University, bisa dapat 2 gelar sarjana. Yang satunya dari Arizona USA.

    ReplyDelete
  13. Kurikulum internasional di Sampoerna Academy ini menurutku bagus lho, apalagi bisa kuliah tetap di Indonesia, namun dapat kurikulum internasional jelas peluang banget ya buat generasi muda untuk berkompetisi secara global di masa depan, terutama di dunia kerja

    ReplyDelete
  14. Jadi inget beberapa tahun yang lalu saat baru lulus kuliah. Dunia kerja tuh jadi kebanggan tersendiri ketika lolos kualifikasi. Tentunya Masa kini semakin ketat persaingan, semoga semakin jeli dalam mendalami skills yang spesifik sehingga menjadi nilai plus di mata perusahaan.

    ReplyDelete
  15. Penting banget pastinya memang bersaing di dunia kerja nih makanya harus ada ilmunya dan skill yang dimiliki sebelum terjun melihat kondisi di lapangan yha,kak.

    ReplyDelete
  16. Persiapan mental sih menurut saya yang perlu ditekankan juga. Biar lebih siap lagi dalam menghadapi segala situasi di masa mendatang, termasuk persaingan dunia kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar kak, persiapan untuk menghadapi dunia kerja sangat penting, dan memiliki kompetensi global bisa membantu kita menjadi lebih siap dan unggul dalam berkompetisi.

      Delete
  17. Persiapan mental sih menurut saya yang perlu ditekankan juga. Biar lebih siap lagi dalam menghadapi segala situasi di masa mendatang, termasuk persaingan dunia kerja

    ReplyDelete
  18. Tantangan kedepan pasti akan lebih berat sehingga kita harus memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi tantangan itu. Salah satu caranya yaa dengan mengasah kompetensi agar bisa bersaing secara global

    ReplyDelete
  19. Wah kabar menarik nih, lebih dari 90% lulusannya bisa diserap dunia kerja hanya dalam 3 bulan. Pastinya ini membutktikan lkualitas lulusannya sudah memiliki kompetensi ya

    ReplyDelete
  20. Dalam hadapi persaingan jaman, memang perlu memiliki bekal keilmuan ya. Sehingga kerja di perusahaan baik dalam maupun luar negeri bisa dilakukan karena punya kompetensinya

    ReplyDelete
  21. kalau udh bisa bermitra sama universitas LN apalagi rangking 46 dunia mesti udh oke banget nih ya sistem pendidikannya

    ReplyDelete
  22. Sampoerna University ini bener-bener jadi pilihan yang tepat bagi mereka yang mau ningkatin kompetensi dan daya saing di dunia Internasional. Terbukti dengan kerjasama dengan University of Arizona dan kurikulum yang mengadopsi standar Internasional, lulusan Sampoerna University dijamin memiliki keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini.

    ReplyDelete
  23. beneran berat untuk bersaing didunia kerja saat ini. tak hanya hard skill yang harus dimiliki, banyak kompetensi lain yang harus dilengkapi. kurikulum pembelajaran yang bagus nih biar bisa bersaing kedepannya

    ReplyDelete
  24. Semoga saat tiba masa kuliah anak-anak nanti, kami dimampukan untuk memberikan bekal pendidikan berkualitas seperti di Sampoerna University. Amiin.

    ReplyDelete
  25. kalau aja dulu udah tau, mungkin aku bakal minta ke ortu buat kuliah di sampoerna aja.. syukur2 misalnya ada beasiswanya juga ya :D

    ReplyDelete
  26. sekarang ini memang banyak lembaga pendidikan yang membekali lulusannya dengan kompetensi di tingkat global, karane sudah saatnya lapangan kerja terbuka dengan lebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga kak,
      Ini sebagai bekal buat hadapi persaingan masa kini yang makin complicated dan beragam ya.

      Delete
  27. Terbukti, 94% lulusan Sampoerna University terserap dunia kerja dalam waktu tiga bulan baik di perusahaan nasional maupun internasional. <<<< Nah data ini menjadi salah satu bukti kalau kemampuan dan kompetensi global meningkatkan peluang kerja yang lebih baik bagi seseorang ya

    ReplyDelete
  28. Setuju banget mba, memasukkan anak ke lembaga pendidikan yang menggunakan kurikulum internasional seperti Sampoena University ini memang penting untuk menghadapi persaingan di dunia kerja yang makin ketat. Jadi selain bekal penguasaan teknologi, komunikasi, dan bahasa asing. Pilihan lembaga pendidikan yang tepat juga jadi penunjangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak Gilang, bahkan yang masih otw cari jodoh kadang sampe OT juga mikirin pendidikan anak, hahaha. Karena emang pendidikan berkualitas perlu, jadi kudu pinter pilih instansi

      (Arai)

      Delete
    2. Bener kak Gilang, bahkan yang masih otw cari jodoh kadang sampe OT juga mikirin pendidikan anak, hahaha. Karena emang pendidikan berkualitas perlu, jadi kudu pinter pilih instansi

      (Arai)

      Delete
  29. sekarang memang sudah waktunya masuk ke persaingan global termasuk kurikulum sekolah. Karena persiapan anak-anak menghadapi dunia yang semakin canggih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener mbak, persiapan ini nih yang kudu dimatangkan semenjak dari sekarang

      Delete
  30. Kalau udah memenuhi kualifikasi pekerja global, kayanya jadi lebih mudah diterima kerja, ya

    ReplyDelete
  31. Setuju banget, Mbak. Menurut saya, kompetensi utama adalah penguasaan bahasa asing dan teknologi. Sisanya, kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim juga dibutuhkan.
    Semoga anak² kita kelak mampu membagikan ilmunya untuk orang banyak ya. Aamiin.

    ReplyDelete
  32. Yg bikin ngiler tuh liat fasilitas labnya yg canggih dan ada program double degreenya. Jd bisa hemat waktu dan uang hehe. Emang perlu bgt kampus yg punya kualitas bagus gini untuk meningkatkan kualitas sdm ✨

    ReplyDelete
  33. Di jaman sekarang tuh emang agak susah ya. Banyak pekerjaan manusia yang bisa digantikan dengan teknologi. Sehingga, kita harus benar-benar bersiap dengan kompetensi global. Salah satu caranya dengan kuliah di kampus yang menerapkan kurikulum Internasional, kayak Sampoerna University.

    ReplyDelete
  34. Apalagi kalau mendapatkan jaminan seperti di Sampoerna University ini ya, pembelajaran dengan kurikulum internasional setidaknya kita dididik untuk terus menatap masa depan. Keren banget ini pastinya masa depannya lulusan SU ini

    ReplyDelete
  35. Pendidikan anak sangat penting untuk dipertimbangkan makanya kita harus sisihkan tabungan untuk persiapan anak kelak biar bisa kuliah di kampus sehebat Sampoerna university

    ReplyDelete
  36. bahasa dan teknologi, keduanya memang jadi modal dasar ya dalam menghadapi dunia kerja saat ini apalagi di era globalisasi saat ini.
    pokoknya mah, sebisa mungkin anak-anak kita siapkan untuk bisa menguasai keduanya agar nantinya komunikasi mereka bagus, dan siap untuk bersaing di dunia kerja.

    ReplyDelete
  37. Aku kemarin nyoba2 searching juga nih mana aja yang pake kurikulum internasional dan bisa langsung apply di LN gitu, wah Sampoerna University keren banget bisa menjembatani itu

    ReplyDelete
  38. Dengan menguasai bahasa global, paling tidak dari segi literasi dan informasi aja uda selangkah lebih maju. Sehingga patut dijadikan pertimbangan memilih sekolah berdasarkan kurikulum internasional begini.

    ReplyDelete
  39. Senang membacanya jika saat ini mulai muncul kampus dengan kurikulum internasional seperti Sampoena University ini. Sependek yang saya ketahui, memang bagus ini untuk menunjang kreatifitas generasi muda yang aktif dan produktif.

    ReplyDelete
  40. Persaingan di masa mendatang bakal lebih kompetitif. Bagusnya kurikulum internasional itu memungkinkan pelajarnya punya kesempatan lebih luar bahkan hingga di luar negeri.

    ReplyDelete
  41. Saya setuju sih dengan pernyataan bahwa memasukkan anak ke Lembaga Pendidikan dengan Kurikulum Internasional menjadi salah satu langkah untuk mempersiapkan anak ke dunia kerja, tapi yang lebih penting semangat dan kemauan diri untuk terus belajar

    ReplyDelete
  42. zaman sekarang memang harus menguasai bahasa dan teknologi kalau tidak mau kalah dalam persaingan

    ReplyDelete
  43. Wah keren sekali kurikulum Sampoerna University. Bkin mahasiswanya mampu bersaing di dunia mencari kerja nantinya harus bngt kuliah di kampus bagus demi mendapatkan kerjaan yang bagus

    ReplyDelete
  44. saya setuju banget kalo sistem pendidikan di indonesia menerapkan kurikulum internasional, tapi gak lepas dari kearifan lokal yaaa. semoga ya suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  45. Aku pun pernah mikir mba gimana ya nanti pas anak-anak udah gede. Persaingan dunia kerjanya gimana ya.. Padahal anak-anak masih SD ehehe... Belajar dengan kurikulum global bisa jadi pilihan orang tuan dan anak supaya ningkatin daya saing anak di dunia kerja ya. Anak-anak bisa terbiasa untuk berbahasa asing sampai penguasaan teknologi.

    ReplyDelete
  46. persaingan dalam mendapatkan lapangan kerja semakin ketat yaa, makanya penting banget milih kampus agar saat lulus kita sudah punya keahlian mumpuni untuk terjun ke dunia kerja

    ReplyDelete
  47. Keren, lulusan dari sini bisa bersaing di jaman sekarang yg banyak sekali saingannya. Di tambah, kurikulumnya berstandar internasional lagi.

    ReplyDelete
  48. sering dengar sih beberapa orang bilang kampus ini bagus dan keren, aku jg sering lewat depannya. tapi sayangnya aku baru tau pas udah lulus kuliah huhu

    ReplyDelete
  49. Kampus ini memang keren banget. Sayangnya dulu ponakan saya gak lolos ke sini. Kampus ini banyak yg merekomendasikan

    ReplyDelete
  50. Sampoerna University memiliki kurikulum internasional yang membantu para lulusannya memiliki kompetensi global agar siap menghadapi dunia kerja

    ReplyDelete
  51. Kuliah 4 tahun kemudian dapat double degree dari Amerika, apalagi Arizona University, ini sih program keren banget, pastinya akan banyak yang minat, terlebih dengan kurikulum internasional yang diberlakukan

    ReplyDelete
  52. Tantangan di dunia industri dirasakan semakin berat saat ini. Mau nggak mau menuntut kita untuk selalu upgrade skill dan mengikuti perkembangan zaman biar nggak ketinggalan

    ReplyDelete
  53. Jadi kepo sama kurikulum lebih lanjutnya di Sampoerna University ini. Apalagi sekarang sudah makin modern, tentunya kurikulum pendidikan juga harus mengikuti

    ReplyDelete
  54. bener banget, beberapa tahun kedepan tantangan dunia kerja juga semakin berat, apalagi teknologi sangat cepat perkembangannya. Tentunya kemampuan berbahasa, adaptasi lingkungan maupun teknologi harus dimiliki oleh angkatan kerja.

    ReplyDelete
  55. Sekarang lebih mudah ya memilih kampus internasional yang berkualitas seperti Sampoerna University. Coba dulu di jaman muda sudah ada ya hehehe

    ReplyDelete
  56. Semakin maju teknologi, maka kemungkinan persaingan dunia kerja pun makin ketat saja. Secara ya. Ada banyak pekerjaan manusia yang sudah bisa tergantikan dengan kemampuan mesin. Makanya kita butuh kompetensi global untuk membekali diri masuk ke dunia kerja.

    Cari kampus untuk kuliah juga harus selektif yang sudah ada kurikulum internasional. Kayak Sampoerna University

    ReplyDelete
  57. Bangga banget sih ada kampus berkelas internasional di Indonesia seperti Sampoerna University ini. Jadi kepo, sama fasilitas di dalam nya.

    ReplyDelete
  58. Banyak kompetensi yang gak bisa didapat dari bangku kuliahan, jadi pengalaman bekerja itu salah satu kunci untuk meningkatkan kompetensi.

    ReplyDelete
  59. Banyak kompetensi yang gak didapat di bangku kuliahan jadi pengalaman kerja terkadang gak tergantikan.

    ReplyDelete
  60. Aku setuju banget kalau untuk berhasil di dunia kerja saat ini, keterampilan global yang dimiliki sangat penting. Selain itu, kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang dari berbagai budaya dan latar belakang, serta kemampuan untuk memahami perbedaan dan beradaptasi dengan perubahan, juga sangat diperlukan. Artikel ini memberikan informasi yang sangat berguna dan membantu readers untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin global dan kompetitif.

    ReplyDelete
  61. Menyenangkan sekali kuliah di Sampoerna University bisa mendapatkan gelar ganda. Jadi selain kegiatan akademiknya oke, ada juga persiapan untuk peningkatan diri bagian karir atau profesional ya, sehingga kalau lulus nanti sudah menemukan jalannya.

    ReplyDelete
  62. Ah bener, dunia kerja itu dunia yang nyata buat anak2 nantinya. Persiapannya harus sedari dini agar lebih mudah menyesuaikan diri

    ReplyDelete
  63. Benar. Jaman sekarang kalau gak menguasai bahasa Inggris, susah bersaing secara global. Dunia udah makin maju dan persaingan kerja makin ketat. Harus dipersiapkan dengan matang nih

    ReplyDelete
  64. Dulu kampusku di Penang malaysia juga sistemnya seperti ini, afiliasi dengan kampus luar negeri. Tapi karena Malaysia cendrung ke arah Inggris , jadi universitas afialiasinya juga mostly dari Inggris. Kampusku sendiri kerja sama dengan Nottingham Trent university . Jadi pas lulus aku dpt ijazah utamanya dari Nottingham Trent. Bagus sih mba sistem begini. Dan kurikulumnya cendrung fokus Ama mata kuliah yg sesuai jurusan.

    Baru tau Sampoerna juga berafiliasi dengan kampus di US.

    Selain kompetensi, menurutku mental kerja penting buat para fresh graduate. Banyak yg maunya instan. Padahal ga bisa gitulah, tunjukin dulu kemampuan, baru bisa minta gaji tinggi atau lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget kak, bisa kuliah di kampus yg terafiliasi dengan kampus dari inggris..

      Btw aku setuju soal mental kerja, soalnya banyak fresh graduate sekarang yg maunya instan

      Delete
  65. Bener banget.

    Lulusan Sampoerna University terserap dunia kerja dalam waktu tiga bulan baik di perusahaan nasional maupun internasional.

    ReplyDelete
  66. Lulusannya memang berkualitas ya kak. Jadi pengen ikut kampus tour di Sampoerna University

    ReplyDelete
  67. Penguasaan bahasa asing ini juga penting ya kak. Apalagi yg ingin bekerja secara global. Bahasa ini prioritas. Kuliah di Sampoerna University jg hrs pny kemampuan multibahasa ini. Soalnya ini akan memberikan dampak bagus bagi lulusannya sblm masuk dunia kerja sesungguhnya.

    ReplyDelete
  68. memasukkan anak ke universitas dengan kurikulum internasional salah satu ide bagus untuk mendukung anak beradaptasi dengan dunia kerja yang tentu saja memerlukan peningkatan kompetensi global

    ReplyDelete
  69. Jadi kalau masuk ke Sampoerna University ini prospektif ya. Imbang dari sisi akademik karena totalitas menggunakan kurikulum internasional bahkan bisa mendapatkan double degree, namun untuk persiapan ke dunia kerja juga ada. Jadi nanti link and matchnya jadi antara dunia kampus ke dunia kerja.

    ReplyDelete
  70. Wow baru 3 bulan udah dapat kerja, keren banget Sampoerna University. Kampus di Indonesia rasa internasional ya, moga kelak anakku bisa kuliah juga di sana, biar tambah pinter dan mudah dapat kerja juga.

    ReplyDelete
  71. Keren ya kurikulum Sampoerna University. lalngsung go Internasional nih. memang sekarang persaingan kerja ketat banget deh, harus punya skill istimewa

    ReplyDelete
  72. Kompetensi kerja memang sangat dibutuhkan, apalagi jika perusahaan kita banyak berhubungan dengan dunia luar, akan sangat penting kompetensi bahasa, komunikasi, dan teknologi.

    ReplyDelete
  73. Kalau menurut saya tambahannya adalah kemampuan analisis data. Baik data kuantitatif maupun kualitatif yang diolah agar bisa diambil kesimpulan

    ReplyDelete
  74. Kurikulum global penting sekali untuk bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas karena standar yang dipakai adalah standar internasional

    ReplyDelete
  75. ngga cuma bahasa asing ya mba tetapi kalau bisa anak juga kuliahnya di kampus dengan kurikulum internasional seperti sampoerna university :D

    ReplyDelete
  76. Sampoerna University ini tuh keren banget, anak bisa bahasa asing dan tentunya bisa mencicipi pendidikan inernasional tapi di Indonesia. impian banyak orang tua termasuk aku, anaknya bisa kuliah di Sampoerna University.

    ReplyDelete
  77. sebagai orangtua sepertinya kita memiliki kecemasan yang sama terhadap masa depan anak ya, mampukah mereka berkeja dan sukses dimasa yang akan datang? itu emang bener banget. tapi bener sih daripada cemas terus mending take an action dan persiapkan mereka menjelang masa depan mereka. kasih les, bimbingan belajar dirumah dan nabung agar mereka bisa kuliah di sampoerna university kelak

    ReplyDelete
  78. Keren banget waktu tunggu lulusan dapat kerjaan cuma 3 bulan ya Kak. Untuk kompetensi kerja mungkin ditambah dengan kecerdasan emosionalnya wajib punya ya, Kak.

    ReplyDelete
  79. kudu banget nih kita yang dari zaman kapan pun bisa menguasai kompetensi-kompetensi masa kini. karena kalau nggak bakal keteteran dan ketinggalan

    ReplyDelete
  80. kalau kompetensi global itu tidak dimiliki bakal tertinggal ya Mbak jadi emang anak2 kudu disiapkan dari sekarang biar mereka bisa memiliki daya saing global

    ReplyDelete
  81. Alih alih khwatir sebenarnya kita sedang membekali diri untuk kita bahkan anak kita. Sepakat mbak. Terud aku ngitung mbak 20 tahun kedepan memang indonesia di masa kemerdekaan 100 tahun di tahun 2045 nanti. Nah ini diprediksi indonesia juga masuk ke masyarakat dunia lho.

    ReplyDelete
  82. kalau lihat kampus ini jadi pengen kuliah lagi. tpi klo ngebayangin biaya anak jaman sekarang kayaknya urung. apalagi punya anak ABK tu biayanya sama kayak punya 2 anak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan