Mengunjungi Kebun Binatang Bandung Untuk Yang Kedua kalinya

Setelah beberapa tahun berlalu, kami sekeluarga mengunjungi kebun Binatang Bandung untuk yang kedua kalinya. Waktu itu, anak pertama dan kedua masih kecil. Sekarang mereka sudah beranjak remaja. Alhamdulillahnya masih mau diajak ke Kebun Binatang demi si bungu yang masih balita.

Kami mengunjungi kebun Binatang pas hari libur imlek. Masih pagi sekitar jam 10 kurang, pintu Kebin Binatang belum dibuka namun orang-orang sudah antri untuk membeli tiket. Karena memang hari libur, jadi cukup ramai situasinya.

Jam 10 tepat, pintu Kebun Binatang terbuka dan petugas mengatur agar pengunjung masuk dengan tertib. Yang boleh antri adalah perwakilan saja yang membeli tiket. Ayahnya anak-anak membeli tiket dan kami antri di belakang. Setelah mendapat tiket, petugas memakaikan gelang tiket dan kami dipersilahkan masuk. Oh ya, anak-anak dengan tinggi di atas 80 cm sudah terkena kewajiban membeli tiket ya, guys. Tiketnya sekitar 50 ribu rupiah per orang.


kebun binatang bandung


Begitu masuk, tertera peta Kebun Binatang Bandung untuk kita jelajahi. Langsung deh kami keliling kebun binatang untuk melihat berbagai jenis hewan yang ada: harimau, ular, jerapah, zebra, bangau, siamang, dan lain sebagainya. Ya, sebenranya tak ada hal yang aneh karena kita sudah sering melihat binatang tersebut di berbagai media televisi atau internet. Namun, melihatnya secara langsung dan membaca informasi detailnya tentu saja adalah hal yang istimewa, apalagi dilakukan bersama keluarga.


kebun binatang bandung

kebun binatang bandung

kebun binatang bandung

kebun binatang bandung

kebun binatang bandung


Setelah caper berkeliling Kebun Binatang Bandung, kami beristirahat sejenak dekat panggung pertunjukan. Ada banyak kios yang menjual makanan dan minuman seperti kentang goreng, sosis, kebab, es krim, yogurt, dan lain-lain. Bila ingin berhemat, bisa membawa bekal sendiri dari rumah ya karena harga jajanan di dalam tempat wisata seperti ini relatif lebih mahal. 


kebun binatang bandung



Sambil menikmati es kirm, anak-anak mengusir rasa lelah di bawah pohon rindang. Pada saat itulah, terdengar para petugas Kebun Binatang memanggil pengunjung dari panggung pertunjukan. Rupanya ada pertunjukan edukasi satwa kebun Binatang Bandung. Langsung deh kami menuju panggung pertunjukkan dan duduk di kursi penonton.

Kami dikenalkan dengan berbagai satwa dari dalam dan luar negeri dan diperlihatkan aksi-aksi mereka yang menarik. Ada burung-burung yang bisa mengikuti instruksi dair pelatihnya untuk terbang ke sisi yang berlawanan dan melewati kepala para penonton, lalu kembali ke panggung, Lalu burung tersebut berinteraksi dengan penonton dengan cara terbang ke tangan penonton yang sudah bersiap merentangkan tangannya, dan mengambil uang yang ada di tangan penonton tersebut. Burung-burung itu juga beraksi dengan berbagai mainan anak seperti sepeda, perosotan, dan yang lainnya. Ada juga atraksi lainnya seperti anjing menari, dan sebagainya.


kebun binatang bandung
panggung pertunjukan satwa


Secara umum, Kebun Binatang Bandung adalah salah satu rekomendasi wisata edukasi yang bisa dihabiskan bersama keluarga saat liburan. Karena selain bisa mengenal berbagai satwa yang ada di dunia, kita juga bisa menikmati udara segar dan pemandangan hijau dari berbagai pepohonan rindang di kebun binatang, dan tentu saja menghabiskan waktu yang berharga bersama keluarga. 

Sebenarnya masih ada pertunjukan budaya sunda setelah pertunjukan satwa selesai. Tetapi karena kelelahan, kami memutuskan untuk keluar dan makan siang. Oh ya, jika bawa anak kecil sebaiknya bawa stroller atau alat lainnya yang bisa membantu menggendong anak ya karena lumayan jalannya bikin kaki pegal. Bisa juga menyewa mobil kecil untuk mengelilingi Kebun Binatang Bandung. Jalanannya memang terlihat lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya sehingga sekarang ada kendaraan yang bisa disewa untuk berkeliling. 


Comments

  1. Wah, saya baru tahu ada kebun binatang Bandung, Mbak. Soalnya selama ini eksplornya banyak ke wisata puncak. Padahal bagus ini, selain lihat binatang, ada edukasi juga. Dan memang, kalau bawa balita atau anak ekcil, wajib bawa stroller, karena kebun binatang luas. Lumayan pegal kalau harus menggendong hehehe.

    ReplyDelete
  2. Aku blm pernah ke kebun binatang Bandung 😆 aku suka banget ke kebun binatang. Di Sby alhamdulillah KBS udh makin bagus dan rapi truuss banyak pohon tingginya. Jd nggak bgtu panas. Nah ini sih yg aku suka. Kalo lg sumpek aku sering ke KBS sekadar keliling2 aja sama naik perahu hehe

    ReplyDelete
  3. Kalo diinget2 aku baru ke kebun binatang itu kayaknya sekali, itupun taman safari Bogor doang, bukan zoo juga 😄.ragunan aja ga pernah, apalagi yg di Bandung ini mba 😅

    Tapi ngeliat foto di atas, hewan2nya kliatan terawat sih yaaa, kadang aku mikirin mereka ini makannya gimana, Krn kebun binatang cendrung lebih murah tiket masuknya. Suka ga tega aja sih. Tapi kalo memang terawat, aku seneng . Kapan2 mau ajakin anak llvisit kebun binatang . Biar mereka bisa lihat juga hewan2 yg mungkin selama ini taunya dari buku doang :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan