Ragam Wisata Alam Yang Bisa Dikunjungi Saat Pandemi

 

Kata siapa saat pandemi tidak boleh berwisata? Boleh kok. Pemerintah juga membolehkan masyarakat berwisata asal memenuhi protocol kesehatan yang berlaku dan sudah divaksin. Bagaimanapun , setiap orang berhak untuk refreshing dengan pergi berwisata agar tidak stress dengan kondisi pandemi. Dengan pergi berwisata kita bisa sekaligus membantu meningkatkan kembali iklim pariwisata Indonesia yang sempat terpuruk saat awal pandemi.

Wisata alam adalah salah satu jenis wisata yang bisa dikunjungi karena berbagai kelebihannya. Melihat pemandangan alam yang asri dan mendapat udara segar dari alam, bisa menjadi hal yang membuat pikiran dan badan segar. Dengan begitu, imun pun diharapkan akan meningkat.

Wisata pantai

Wisata pantai bisa dijadikan sebagai tujuan wisata alam saat pandemi. Indonesia memiliki berbagai pantai yang indah yang bisa dikunjungi wisatawan. Di Banten, ada Pantai Carita, Karang Bolong, Anyer, Tanjung Lesung, Pantai Ciputih, dan lain sebagainya. Di Jakarta ada Pantai Ancol. Di Bali ada Pantai Kuta yang terkenal keindahannya, Pantai Jimbaran, Nusa Dua, dan lain-lain.

kuta
Sumber: pixabay


Udara pantai di pagi hari begitu segar dengan pemandangan ombak yang memanjakan mata. Kita bisa membawa serta keluarga berwisata di pantai dan melakukan banyak hal yang menyenangkan, seperti berenang, naik perahu boat, main pasir, menyantap ikan bakar, atau sekedar jalan-jalan atau olahraga di pasir di pinggir pantai.

Wisata Hutan danTaman

WIsata Hutan atau bermain di Taman juga tak kalah menyenangkan. DI perkotaan sekarang sudah banyak tersedia taman-taman, baik gratis maupun berbayar. Di taman biasanya tersedia berbagai pohon hijau, trek jogging, dan berbagai permainan anak yang bisa digunakan pengunjung.

Hutan atau taman biasanya juga berfungsi untuk penghijauan kota dan menjaga resapan air kota. Di Bandung utara, ada Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda (Tahura) yang merupakan wilayah konservasi alam dengan berbagai flora dan fauna di dalamnya. Pengunjung juga selain bisa menikmati alam yang menawan, juga bisa mengunjungi berbagai wisata di sana seperti Goa Jepang, Goa Belanda, Tebing Keraton, dan lain-lain.

taman juanda
sumber: wikipedia


Wisata Gunung

Bagi yang senang wisata alam yang lebih menantang, boleh juga berwisata ke pegunungan. Salah satu wisata pegunungan yang terkenal di Indonesia adalah Dieng. Biasanya wisatawan mengunjungi Dieng karena kondisi alam yang indah berupa barisan pegunungan, lembah, danau serta kawah. Banyak tempat favorit di Dieng untuk melihat matahari terbit, yang paling terkenal adalah Sunrise Sikunir dan Gunung Prau. Dieng memiliki keunikan budaya dan tradisi lokal, salah satunya adanya prosesi ruwatan cukur rambut gimbal. Dieng juga merupakan tempat bersejarah, banyak situs purbakala yang bisa dijumpai di dataran tinggi ini. Salah satunya adalah keberadaan Candi di Dieng yang disebut sebagai candi tertua di Jawa Tengah. Sedikitnya ada lebih dari 20 tempat wisata alam yang bisa dikunjungi di Dieng.

Banyak Paket Wisata Dieng yang ditawarkan berbagai biro perjalanan wisata. Salah satunya adalah Putra Tour yang berpengalaman melayani wisatawan lebih dari 9 tahun. Paket Wisata Dieng yang ditawarkan Putra Tour mulai dari 200 ribu sampai 4 jutaan. Kamu tinggal pilih yang sesuai dengan dana dan waktu yang liburanmu.

dieng
sumber: putratour.com


Apapun pilihan wisata alamnya, tetap perhatikan protokol kesehatan ya dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kita ikuti juga anjuran pemerintah untuk mendapatkan vaksin. Stay healty and happy, everyone!

 

 


Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Bermain Kartu UNO