Memanfaatkan Nasi Sisa Menjadi Cireng Nasi Yang Enak

 

Nasi sisa diapain ya? Pertanyaan ini sering menggelitik saya sebagai ibu rumah tangga yang sehari-harinya di rumah mengurus rumah termasuk mengurus hal-hal di dapur. Tentunya sayang dong nasi sisa dibuang, apalagi kalau mengingat masih banyak orang yang tidak bisa makan nasi karena kekurangan ekonomi. Sebagai bentuk rasa syukur kita, nasi sisa harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Nasi sisa bisa kita manfaatkan loh untuk pakan ternak. Orangtua saya di kampung biasanya memanfaatkan nasi sisa untuk diberikan pada ternak ayam mereka. Kalau saya karena tinggal berjauhan di luar kota dan tidak memiliki ternak, saya siasati nasi sisa menjadi menu makanan baru. Mungkin nilai gizinya berkurang karena nasi dimasak kembali, tetapi bisa kita siasati dengan menambahkan bahan lain yang lebih segar.

memanfaatkan nasi sisa


Berbagai menu masakan dari nasi sisa yang pernah saya buat diantaranya adalah nasi goreng, bubur ayam, dan cireng nasi. Menu nasi goreng dan bubur ayam mungkin hampir semua orang tahu, tapi mungkin kalau cireng ada yang belum tahu. Cireng ini makanan khas sunda yang merupakan singkatan dari aci digoreng. Saya sebagai orang sunda tentu saja suka makan cireng yang renyah, kenyal, dan gurih saat dikunyah. Anak-anak saya pun suka, apalagi kalau dikasih isian keju.

Nah, saat berselancar di dunia maya saya menemukan artikel di website Dapur Kobe tentang cara praktis memanfaatkan nasi sisa. Dengan tiga bahan utama saja, nasi sisa bisa diubah menjadi Cireng Nasi Kobe yang enak. Nasi sisa sebanyak 200 gr dicampur dengan 100 ml, lalu tambahkan 10 gr daun bawang dan 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih (75 gr). Aduk-aduk dan bentuk bulat pipih, kemudian goreng sampai kuning kecokelatan.

cireng nasi kobe


Praktis banget ya. Walaupun praktis, jangan lupa untuk memperhatikan cara memasaknya yang benar ya agar hasil masakan sesuai dengan yang diharapkan. Jangan mencampur Kobe Tepung Bumbu Putih dengan air karena Kobe Tepung Bumbu Putih merupakan tepung kering.

Saya sendiri sudah coba membuat Cireng Nasi Kobe. Rasanya gurih dengan tekstur cireng yang renyah di luar serta kenyal di dalamnya. Kalau ingin membuat sambal rujak untuk cocolan cirengnya, tinggal haluskan kacang tanah, gula merah, terasi dan cabe (atau BonCabe level 10) lalu tambahkan air asam.

cireng nasi


Di website Dapur Kobe ada beberapa resep cireng nasi yang menggugah selera yang bisa kita coba buat di rumah menggunakan nasi sisa. Yaitu Cireng nasi sosis crispy, Cireng Nasi Bon Cabe Roa, Cireng Nasi Kuah, Cireng Nasi Isi Keju, Kerupuk Cireng Nasi, dan Tahu Pletok. Tidak akan bosan membuat cireng nasi karena ada referensi banyak menu cireng nasi yang enak di Dapur Kobe. Dan tentu saja nasi sisa jadi lebih bermanfaat dan tidak terbuang.

Oh ya, semua menu Cireng Nasi di Dapur Kobe menggunakan Kobe Tepung Bumbu Putih. Kobe Tepung Bumbu Putih sekarang hadir dengan inovasi kemasan dan formula baru yang terlihat dari tekstur tepung yang berbeda. Tepung Kristal dan butiran tepung renyahnya membuat hasil lapisan yang lebih renyah dan tebal pada masakan. Selain itu, renyahnya juga lebih tahan lama.

kobe tepung bumbu putih


Kobe Tepung Bumbu Putih juga mengandung tepung tapioka yang membuat masakan lebih kenyal dan juicy jika dijadikan sebagai campuran bahan makanan. Keistimewaan lain dari Kobe Tepung Bumbu Putih adalah gluten free, tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan. Tentu saja, Kobe Tepung Bumbu Putih sudah terdaftar di Badan POM dan sudah mendapat sertifikat halal dari MUI juga. Dengan berbagai kelebihan Kobe Tepung Bumbu Putih, produk ini bisa dijadikan sebagai bahan masakan yang harus ada di rumah, biar masak lebih praktis.

kobe tepung bumbu


Oh ya, selain Kobe Tepung Bumbu Putih, produk Kobe lainnya juga banyak yang bisa digunakan untuk memasak lebih praktis dan tentu saja memiliki keunggulan masing-masing. Ada Kobe Tepung Tempe Kriuk, Kobe Tepung Kentucky Super Crispy, Kobe Tepung Serbaguna, Kobe Tepung Bakwan dan Perkedel, serta Kobe Tepung Pisang Goreng. Yang mana nih yang suka bunda pakai di rumah untuk memasak? 

 

 

Comments

  1. wahh resep baru nih untuk ibu-ibu rumah tangga biar gak mubazir nasi sisanya. Saya jadinya pengen cobain buat. Dicolek pakai sambal pedas manis kayaknya enak banget nih

    ReplyDelete
  2. Nasinya ditumbuk dulu biar halus, nggak sih? Biasanya nasi sisa cuma buat nasi goreng aja, ide bagus nih buat cireng, jajan yg mengenyangkan

    ReplyDelete
  3. Itu kalo pas nggoreng agak nyeletuk gitu minyaknya ya kak? Duh, pingin nyobain, anakku sering banget jajan cireng. Kalo bikin dewe kayaknya nikmattttt

    ReplyDelete
  4. Biasanya, kalau ada nasi sisa, kalau masih bagus, kadang digoreng ya, Mbak. Kalau kurang bagus, baru dikasih makan ayam atau dikeringkan jadi nasi aking untuk makanan ternak juga.
    Dan ini inovasinya keren, nasi sisa bisa bikin camilan cireng. Biar tidak bosan bikin nasi goreng terus. Wajib dicoba nih...

    ReplyDelete
  5. Wah bisa juga ya nasi sisa dibikin cireng. Aku biasanya cuma digoreng aja jd nasi goreng atau dikukus lagi.

    ReplyDelete
  6. Ini kebiasaan ibu saya kalau ada nasi sisa jarang sekali terbuang, salah satunya dibikin cireng. Ditambah tepung bumbu dari Kobe, jadi maknyoos. Program re-use yang bagus untuk meminimalisasi terbuangnya makanan

    ReplyDelete
  7. Nah, aku juga baru tau kalau nasi bisa dijadikan cireng dengan tambahan campuran Kobe Tepung. Kudu dicoba di rumah nih karena anak saya juga penggemar cireng.

    ReplyDelete
  8. Waaahhh iya ya. Daripada nasi sisa dibiarkan basi dan terbuang begitu saja lalu berujung mubadzir, bisa juga nih dibikin jadi Cireng Nasi pakai Tepung Kobe. Patut dicoba.

    ReplyDelete
  9. kami di rumah juga pakai Kobe kak, kata ibu rasanya memang enak banget, udah gitu banyak juga varian rasanya

    ReplyDelete
  10. Membuat nasi cireng daku belum pernah.
    Bisa copas resepnya kak Kania ah, biar bisa dicoba. Apalagi caranya mudah cuma dengan 3 bahan aja

    ReplyDelete
  11. Dulu juga di tempatku nasi sisa yang udah kering dikasi ke ayam gitu, tapi sekarang udah ngga lagi. Palingan dibikin nasgor. Tapi kayanya ada solusi baru bikin cireng nasi gini. Bikinnya gampang dan jadinya nasi ga mubadzir kebuang deh.

    ReplyDelete
  12. Wah mantap nih, resep cirengnya bisa jadi ide jualan juga nih kak..

    ReplyDelete
  13. Aku juga pake nih tepung Kobe. Buat melumuri gorengan. Jadi akan berasa lbh enak dan crispy. soalnya aku suka banget gorengan2. Makanan tanpa gorengan, kyk sayur asam kurang garam. Hehe..Mau coba jg ah buat cirengnya.

    ReplyDelete
  14. Saya biasanya pakai Kobe Tepung Tempe Kriuk dan Tepung Kobe Serbaguna. Masak jadi lebih praktis.
    Selama ini kalau ada nasi sisa, suka dikasihin ke ayam tetangga hehehe... Sekarang jadi keidean untuk bikin cireng nasi, deh!

    ReplyDelete
  15. Ya ampun kreatif banget sih kaaaa. Aku jadi tahu lho kalau ternyata bisa bikin cireng dari tepung Kobe, jadi pengen coba nih di rumah pas banget ada nasi sisa, daripada dibuang buat pakan ayam, yekan?

    ReplyDelete
  16. Wah masyaAllaah ilmu baru banget ini mba, biasanya nasi sisa kita buangg kan. ini bisa dimanfaatkan yaa, mengurangi sampah jugaa. Enak ih kayaknyaa

    ReplyDelete
  17. Idenya cemerlang banget.
    Mengolah kembali nasi yang masih ada. Ini biasanya jumlahnya nanggung-nanggung gitu sih.. Aman banget kalo dijadikan cireng nasi menggunakan Kobe Tepung Bumbu Putih.

    ReplyDelete
  18. aku mau ah besok cobain bikin nih cireng pakai nasi sisaan gini, boleh bagi ya resepnya, lumayan biar gak jajan kan di masa pandemi gini, jadi lebih sehat karena bikin sendiri

    ReplyDelete
  19. huwaaa klo mamak mamak emang banyak kreativitasnya yaaa, selain jadi nasi goreng buat besok paginya bisa dijadiin cemilan cireng jugaaa, klo di kampung aku jadi gendar mba, diulenin di giling tipis, jemur kaya kerupuk, terus digoreng deh

    ReplyDelete
  20. Gampang banget ya ternyata bikin cireng nasi. Jadi pengen bikin deh karena anakku suka cireng hihi pasti jadi cemilan yang mengenyangkan

    ReplyDelete
  21. Tiap hari sedia tepung bumbu di dapur, aman pokonya. Bikin apa-apa praktis dan enak. Berasa jago masak, wkwk..

    ReplyDelete
  22. Nah, kreatif nih. Biar nggak mubadzir. Selain bisa dibuat cireng, nasi sisa juga bisa di buat kerupuk, loh. Cobain deh.

    ReplyDelete
  23. Wah, kreatif sekali Ka... Saya penyuka cireng, memanfaatkan nasi, ternyata bukan hanya bisa dibuat gendar, tapi juga bisa bikin cireng juga....

    ReplyDelete
  24. Aku kok baru tahu kalau ada cireng nasi ya? huhuhu. Aku doyan banget sama cireng. Tapi kalau yang cireng nasi belum pernah coba sih. Menarik juga nampaknya.

    ReplyDelete
  25. kobe ini memang jagonya bumbu menurutku. kobe membantu ibu-ibu sehingga yang gak jago masak seperti diriku ini tetap bisa mernyajikan berbgai masakan untuk keluarga dengan dibantu oleh tepung bumbu kobe yang terus berinovasi menciptakan resep-resep baru

    ReplyDelete
  26. Wah iya ya. Daripada kebuang kna mending diolah lagi ya. Kenapa gak kepikiran sama cireng.

    Boleh nih kak dicoba. Thanks ya idenya

    ReplyDelete
  27. Wah resep baru nih, aku kalau ada nasi sisa selain jadi nasi goreng, biasanya dijadikan gendar pecel atau gandos (bikinnya hampir sama kayak cireng ini tapi ditambahin parutan kelapa). Jujur loh, ada masih sisa itu sayang bngt kalau di buang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Bermain Kartu UNO