Kentang Goreng Buatan Umi Lebih Enak

 


Kentang Goreng. Mungkin bagi sebagian orang merupakan makanan utama, karena kandungan karbohidrat nya dan rasa mengenyangkan setelah memakannya bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Bagi sebagian orang lagi merupakan cemilan karena kurang mengenyangkan jika tak memakan nasi sebagai makanan utama. 


Bagi saya pun demikian, nasi tetap makanan utama. Namun jika si kecil sedang tidak nafsu makan atau juga dikenal dengan istilah GTM (Gerakan Tutup Mulut), ya tidak bisa memaksakan ia harus makan nasi. Saya dan tentunya ibu lainnya harus kreatif membuat menu masakan buat si kecil agar ia tetap mau makan. 


Kentang bisa jadi pengganti nasi yang rasanya tak kalah enak dengan nasi, juga mengenyangkan. Oleh karena itu, saya hampir selalu menyediakan kentang fresh di rumah. Kalau kentang buku yang siap goreng, malah jarang tersedia di rumah. Karena selain harganya lebih mahal, juga saya harus belanja ke toko yang berbeda jika ingin beli kentang beku siap goreng. Sedikit repot aja, saya lebih menyukai belanja di satu tempat yang lengkap item barangnya, jadi lebih mudah memilih barang dan lebih hemat tenaga dan ongkos. 


Suatu hari saya kebetulan belanja di toko sayur yang baru, karena harga daging ayamnya di sana lebih murah. Di sana juga ternyata ada sayur, buah, minuman dan makanan beku termasuk kentang beku siap goreng. Hm, yaudah deh, sekalian aja beli kentang beku untuk stok cemilan si kecil. 


Saya biasanya nih kasih jurus sediain cemilan terutama buat anak saya yang masih batita, saat saya harus memasak. Biar dia sedikit lebih anteng dalam jangkauan mata saya, sehingga saya bisa memasak. Kebetulan ada kentang beku, tinggal goreng dan berikan sama si kecil buat disantap sambil ia main sama kakaknya atau sambil nonton kartun. 


Tiba-tiba sangat kakak datang ke dapur membawa piring yang masih berisi kentang goreng. "Mi, Raina gak mau kentang nya. Kentang goreng buatan umi lebih enak.. "


Waduh, tumben nih si kecil tak mau makan kentang, pikir saya, antara heran dan mau terbang karena dipuji sama anak bahwa kentang goreng buatan emaknya lebih enak. Rupanya si kecili sudah terbiasa dengan kentang goreng buatan saya sendiri dari kentang fresh. Awalnya saat pertama membuatkan kentang goreng dari kentang fresh, karena lagi gak ada cemilan dan di kulkas adanya kentang sayur. Untungnya saat itu ia gak terlalu rewel karena lagi main sama kakaknya dan saya jadi biaa meneruskan memasak. 


Nah, biasanya nih ritual saya sebelum memasak saya bikinkan kentang goreng dulu buat si kecil. Kentang bulat fresh saya potong-potong kotak kecil seperti saat kita mau buat balado kentang, lalu kentang nya digoreng sampai kuning kecokelatan. Setelah itu taburi sedikit garam dan sajikan saat hangat deh buat si kecil. Sesimpel itu. Alhamdulillah si kecil selalu suka. Walau bikinnya sedikit memakan waktu karena harus memotong-motong terlebih dulu, tapi kalau disukai dan dihabiskan ya tidak mengapa. 


Kentang goreng

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro