Meningkatkan Bisnis Melalui Promosi di Media Sosial

 


Dengan adanya pandemi akibat merebaknya virus COVID-19 dua tahun ini di negeri kita, jadi semakin banyak bisnis  bermunculan. Ya, disamping banyaknya karyawan yang diberhentikan karena perusahaan bangkrut di masa pandemi, bemunculan juga bisnis baru di masa pandemi ini.

Contohnya saja saya pernah melihat berita di televisi tentang seorang bapak yang biasanya bekerja dengan menyewakan sound system, di masa pandemi ini ia beralih menjadi tukang sayur online dan berhasil meraup penghasilan. Bisnis makanan pesan antar juga semakin banyak di masa pandemi, baik bisnis makanan skala rumahan maupun dalam skala yang lebih besar. Hal ini dikarenakan peraturan pemerintah yang melarang kerumunan sehingga bisnis pesan antar makin diminati.

Di masa pandemi ini, penggunaan internet meningkat karena banyak kegiatan yang dilakukan secara online seperti kegiatan bisnis dan pendidikan. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan bisnisnya lebih luas lagi melalui internet, salah satunya melalui promosi di media sosial.

promosi di media sosial


Media sosial sekarang banyak dilirik oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan bisnisnya. Mengapa? Karena di media sosial suka banyak obrolan antar penggunanya tentang berbagai produk dan jasa. Status dan komentar seseorang di media sosial mempunyai kekuatan untuk menggiring opini orang untuk mengomentari, atau penasaran dengan produk atau jasa yang dibicarakan. Bahkan bukan tidak mungkin orang-orang membagikan postingan sehingga produk atau jasa makin dikenal luas atau akhirnya banyak yang menggunakan produk atau jasa tersebut karena melihat status atau komentar di media sosial.

Oleh karena itu, pelaku bisnis atau perusahaan pun sekarang harus punya media sosial agar bisa membuat kampanyedi media sosial dan lalu berinteraksi dengan para pelanggannya. Demikian juga dengan para pelaku bisnis yang bekerja secara individu tanpa terikat dengan perusahaan, memiliki media sosial merupakan bagian dari pekerjaan yang wajib ada. Semakin banyak interaksi di media sosial melalui komentar publik, maka engagement media sosial semakin naik. Engagement bisa mengukur tingkat keinginan publik terhadap bisnis atau jasa yang diperbincangkan di media sosial tersebut. Semakin besar engagement, maka semakin besar minat publik, demikian juga sebaliknya.

Bagaimana, sudah siap meningkatkan bisnismu? Segera buat media sosial untuk promosi bisnismu, bisa di facebook, Instagram, twitter, blog, dan lain sebagainya. Tidak perlu semuanya, yang penting bisa maksimal menggunakan media sosial tersebut untuk bisnis yang dijalankan.

Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Bermain Kartu UNO