Suka Menulis di Buku Catatan? Handmade Journal Hibrkraft Bisa Jadi Pilihanmu!

 

Siapa yang masih suka menulis di buku catatan? Saya mungkin salah satunya. Walaupun sekarang adalah era teknologi digital, dimana semua hal bisa menggunakan teknologi termasuk urusan mencatat sesuatu pun bisa menggunakan aplikasi Note di smartphone, sehingga banyak kampanye paperless yang di satu sisi menguntungkan bagi lingkungan. Namun mencatat di buku catatan atau jurnal tetap memiliki kedudukan tersendiri bagi setiap orang.

Ada banyak alasan mengapa seseorang menulis di buku catatan. Ada yang merasa lebih mudah, lebih nyaman, dan lebih praktis jika menulis di buku catatan dibanding menulis di aplikasi Note di smartphone. Setiap orang memiliki alasan tersendiri.

Pertamakali saya memiliki buku catatan adalah saat SMP. Dulu saya menyebutnya buku diary, saya gunakan untuk curhat apa saja tentang cerita sehari-hari termasuk cerita cinta monyet saya, haha.

Waktu SMA, saya sempat punya buku catatan bersama dengan seorang sahabat dekat. Kami bergantian setiap hari menulis di buku catatan bersama tersebut. Jadi kita seperti ngobrol, bertukar pikiran dan perasaan tentang berbagai hal. Seru sih!

Namun entah kenapa ketika suatu saat saya baca kembali buku-buku catatan semasa SMP dan SMA tersebut, saya merasa malu lalu saya bakar. Duh, sekarang kok ada rasa menyesal ya. Karena saya jadi banyak melupakan hal-hal di masa tersebut, contohnya saja nama-nama teman saya. Sering loh, ada teman-teman sekolah yang menyapa di media sosial dan saya tak ingat namanya, huhu! Selain itu, catatan-catatan tersebut bisa jadi kenangan yang bisa diambil hikmahnya, atau bisa dijadikan sebagai ide tulisan saya di blog atau buku cerita.

handmade journal hibrkraft


Nah, pada masa kuliah buku catatan atau jurnal saya gunakan untuk menulis materi kuliah, materi workshop atau seminar, materi pengajian, dan sebagainya. Sekarang saat sudah jadi ibu-ibu yang menulis di blog saat senggang, buku catatan saya gunakan untuk menulis data sekolah anak yang penting namun suka terlupakan, menulis ide-ide tulisan, resep masakan, catatan pengajian, meal plan mingguan, list to do, dan sebagainya.

Bener deh, penting banget buku khusus untuk mencatat hal-hal penting atau mencatat apapun yang memang ingin dan perlu dicatat. Karena usia yang bertambah dan masalah lain, menyebabkan daya ingat saya menurun.

Dalam memilih buku catatan, tentunya saya punya kriteria tertentu agar nyaman dipakai. Saya senang dengan buku catatan yang ukurannya medium, tidak terlalu kecil atau besar, serta penampilan yang sederhana namun elegan. Dan saat ini handmade journal Hibrkraft jadi pilihan saya dalam kegiatan menulis. Ya, ini yang unik dari Hibrkraft. Buku catatan atau jurnal Hibrkraft merupakan produk handmade atau dibuat tangan!

handmade journal hibrkraft


Banyak sekali pilihan buku catatan unik dari Hibrkraft. Ada yang bersampul kulit dan tenun dengan kertas yang bermacam-macam jenisnya. Kebetulan yang saya miliki ini adalah jurnal tenun Hibrkraft yang memiliki cover tenun lokal khas Indonesia. Pertamakali melihat covernya, sudah langsung jatuh cinta. Kain tenun Indonesia kan sudah dikenal sampai mancanegara karena kecantikannya.

Jurnal tenun Hibrkraft berukuran 15 x 12 x 3 cm dan terdiri dari 128 halaman brownpaper. Berdasarkan informasi di websitenya, jenis kertas yang digunakan namanya kertas Kraft 78 gsm atau disebut juga kertas Samson. Mayoritas handmade journal Hibrkraft menggunakan jenis kertas ini. Kertas ini memiliki tekstur yang agak kasar dan berwarna kecoklatan. Sesuai namanya, kertas ini memang banyak digunakan untuk craft dan kerajinan tangan. Untuk jurnal tenun Hibrkraft ini kertasnya menggunakan kertas Samson yang agak terang, sehingga relatif nyaman untuk menulis.

Kalau diperhatikan dengan seksama, tepian kertasnya terlihat tidak terlalu rapi. Ternyata Hibrkraft menggunakan teknik tertentu dalam bindingnya. Hibrkraft mengambil gaya old-world binding, dimana tepian kertas kecuali sisi yang bersentuhan dengan tangan disobek dengan tangan. Teknik bindingnya sendiri disebut “single thread longstitch binding” dimana gap antara tumpukan kertas (signature) yang diterapkan Hibrkraft adalah 1/8 inch. Sehingga kalau digunakan untuk jurnaling (scrap book, kliping, menyematkan foto, dan lain-lain) struktur buku catatan unik ini tidak rusak.

Dengan jurnal secantik ini, jadi termotivasi untuk menulis hal yang benar-benar layak untuk ditulis dan disimpan. Tentu saja, jadi termotivasi juga untuk merawatnya agar tak mudah rusak. Karena buku catatan unik ini produk buatan tangan, maka harganya juga tak murah. Sayang banget kalau memakainya dengan tidak hati-hati.


handmade journal hibrkraft


Hibrkraft juga memproduksi notebook fine edge (tepian jurnal dipotong menggunakan mesin) seperti seri Plain yang juga saya miliki. Berbeda dengan jurnal tenun, buku catatan seri Plain yang saya miliki menggunakan kertas HVS 80 gsm dan terdiri dari 64 halaman. Covernya menggunakan faux leater (kulit sintetis) berwarna oranye terang, ada juga pilihan warna cover lainnya. Seri ini merupakan buku catatan saku karena ukurannya mungil dan bisa dimasukkan ke saku, yaitu 10 x 7 cm dan memang fungsinya untuk mencatat ide-ide yang terlintas 2 atau 3 detik di pikiran kita. Saya akan memakai seri Plain ini untuk mencatat ide-ide tulisan yang suka tiba-tiba muncul.


handmade journal hibrkraft


 

Hibrkrat sendiri adalah sebuah UMKM yang bergerak terutama di bidang pembuatan jurnal/agenda kulit dan paket branding/merchandise sejak tahun 2013. Nama Hibrkraft bisa berarti terbang (hiber) maupun akronim dari pendirinya yaitu Haji Ibrahim. Bermarkas di Bojonggede, Bogor, Hibrkraft sudah melayani pesanan baik personal maupun institusi ke seluruh penjuru Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Hibrkraft juga pernah mengirimkan produknya ke pelbagai negara seperti Jerman, Belanda, Kanada, Australia, dan Uni Emirat Arab.

Nah, buat teman-teman yang lagi nyari buku catatan unik, coba deh kunjungi website Hibrkraft. Siapa tahu ada yang sesuai dengan kebutuhanmu. Buat saya sendiri, menulis di buku catatan masih diperlukan dan memiliki makna tersendiri jika dibandingkan dengan menulis di aplikasi smartphone.

Hibrkraft juga melayani pembelian buku catatan custom yang disesuaikan pesanan pembelinya. Hibrkraft biasanya akan menyarankan desain tertentu. Karena jurnal yang dipakai untuk agenda harian, buku catatan, atau diary akan memiliki desain yang berbeda. Selain itu, jurnal yang digunakan untuk scrap book, menulis biasa, atau untuk sketsa dan cat air tentu akan memiliki karakter kertas yang berbeda.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Hibrkraft, bisa mengunjungi website resminya https://hibrkraft.com ya. Selamat menulis!

Comments

  1. Akuuuuu, masih suka dan rutin nulis di jurnal :D. Aku malah punya 3 mba.

    Yg 1 utk nyatet kegiatan sehari2.

    1 nya lagi yg paling aku jaga, Krn isinya pasword penting perbankan dan segala aplikasi investasi dan segala macam yg memang ga bisa diketahui umum :D. Trus kalo ada pasword yg tiap bbrp bulan aku renew, pasti aku tulis di situ juga

    Trakhir jurnal utk traveling dan catet segala macam pengalaman kuliner ATO travelingku. Ukurannya kecil, JD enak dibawa kemana2

    Aku tahu nih jurnal hibrkraft. Sbnrnya PGN banget beli yg ini. Tp mungkin tahun depan, pas ganti jurnal yg skr :). Krn aku tiap THN memang ganti jurnal sih. Supaya selalu semangat nulis. Kecuali jurnal yg utk mencatat pasword dll, itu aku ganti kalo udh abis :D.

    Aku msh ttp LBH suka pake jurnal drpd gadget. Apalagi utk yg pasword, ngeri aja kalo kehack :p. LBH aman aku tulis

    ReplyDelete
  2. covernya baguss, aku suka kalau ada kain tenun yang dijadiin motif di suatu barang atau benda.Terlihat lebih elegan barangnya dan dengan motif yang indonesia banget ini, kita diajak untuk lebih mencintai Indonesia

    ReplyDelete
  3. Mungkin saya termasuk generasi jadul, karena masih suka bawa notes & pulpen ke mana-mana, hahaha.
    Salam kenal ya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Bermain Kartu UNO