Kenali Penyebaran Flu Agar si Kecil Terhindar

 

Siapapun tentunya merasa tidak nyaman saat terinfeksi penyakit bahkan bisa itu hanya flu. Sebagaian orang dewasa saja tidak nyaman dengan keadaan flu apalagi bagi bayi yang jika dia sakit belum bisa mengatakan apa yang dirasakannya. Flu memiliki beberapa gejala yang sangat mengganggu aktifitas penderitanya. Pada umumnya, flu disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung dan tenggorokan dengan gejala hidung tersumbat dan keluarnya ingus dalam jumlah banyak.

Salah satu penyakit yang rentan menginfeksi bayi yaitu flu karena kekebalan tubuh yang masih rendah. Gejala flu yang membuat bayi merasa sangat tidak nyaman yaitu hidung mampet. Saat bayi mengalami hidung bayi mampet tidak pilek membuat ia terlihat lesu dan kelelahan karen tidak bisa bernapas dengan baik. Pada saat si Kecil terkena flu, bunda dapat memberikan beberapa perawatan bayi di rumah untuk meredakan gejala-gejala yang dideritanya. Akan tetapi, sebelum mengetahui cara mengatasi flu pada bayi  ada baiknya bunda memahami dulu cara penularan virus flu beserta kiat untuk menjaga si Kecil tersayang darinya :

Cegah flu pada bayi


1. Udara

Flu merupakan penyakit yang sangat mudah ditularkan melalui udara. virusnya bisa menyebar dengan cepat saat orang tersebut batuk, bersin, dan berbicara di dekat si Kecil. virus itu juga bisa menempel di alat-alat bayi seperti botol susu itulah mengapa penting untuk memcucinya menggunakan sabun cuci botol bayi.

2. Kontak langsung

Virus flu juga dengan mudah ditularkan melalui kontak langsung. Penyebaran virus dengan mudah ketika seorang penderita flu menyentuh bayi dengan tangan yang sebelumnya dipakai untuk menyeka mulut atau hidungnya. Kontak langsung ke peralatan seperti botol susu juga dengan mudah membantu penyebaran virus. Oleh karena itu kebersihan harus dijaga mencuci menggunakan sabun cuci botol bayi adalah salah satu pencegahan bayi tertular virus.

3. Permukaan yang terkontaminasi

Salah satu penyebaran flu yang penting harus diketahui yaitu permukaan dari benda-benda yang mungkin di sentuh oleh penderita dan tidak sengaja dimainkan bayi. Beberapa virus sangat tangguh dan dapat hidup selama 2 jam atau lebih di permukaan benda yang disentuh. Oleh karena itu, pastikan bunda selalu membersihkan seisi rumah untuk mencegah kontaminasi virus flu pada benda-benda yang disentuh bayi apalagi jika ada anggota keluarga yang sakit. Selain itu, biasakan anak bunda untuk mencuci tangan sebelum makan dan sesudah beraktivitas dengan mainan kesayangannya





Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Bermain Kartu UNO