5 Tips Kunjungan ke Tempat Wisata Edukasi di Surabaya


Surabaya, dengan julukannya yang terkenal sebagai Kota Pahlawan, tentu memiliki beragam tempat wisata edukasi yang sangat menarik. Pilihanya obyek wisatanya, mulai wisata sejarah, wisata science, hingga wahana wisata. Banyak rombongan study tour datang untuk mengunjungi tempat wisata edukasi di Surabaya.

Jika kamu berencana melakukan kegiatan study tour di Kota Surabaya, ada beberapa obyek wisata edukasi yang cukup recommended untuk dikunjungi. Namun, sebagai persiapan kunjungan, kamu perlu memperhatikan 5 tips penting berikut ini.

1. Memilih Tempat Wisata Edukasi

Wisata edukasi itu menggabungkan dua unsur, yakni wisata sebagai proses pembelajaran (edukasi) dan wisata sebagai sarana liburan (rekreasi). Hal penting yang harus diperhatikan terkait dengan pemilihan tempat wisata adalah tempatnya harus representatif dan ada proses edukatif yang bisa diambil.

Wisata-edukasi-surabaya
Sumber: situsbudaya.id


Wisata edukasi tidak hanya terpaku pada tempat-tempat bersejarah atau wisata budaya, namun juga bisa bisa tempat-tempat kekinian, seperti wisata science atau wahana wisata keluarga. Intinya, keluarga ingin menikmati liburan sambil belajar sesuatu.

2. Obyek Wisata Edukasi Favorit

Ada beberapa tempat wisata edukasi favorit di Kota Surabaya yang banyak dikunjungi keluarga dan rombongan, antara lain Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, Kebun Binatang Surabaya, kunjungan ke pabrik, dan Kids Play.

Kunjungan ke Tugu Pahlawan menjadi sesuatu yang wajib dilakukan bagi rombongan piknik ke Surabaya. Di Monumen ini kamu bakal mengenang perjuangan Arek-Arek Suroboyo melawan penjajah.

Dari Tugu Pahlawan, perjalanan berlanjut ke Monumen Kapal Selam. Namanya KRI Pasopati 410 yang pernah digunakan untuk bertempur melawan penjajah di Laut Aru. Kebun Binatang Surabaya adalah tujuan wisata edukasi selanjutnya yang perlu dikunjungi. Disini, peserta study tour akan menyaksikan berbagai jenis satwa sekaligus bisa belajar bagaimana satwa-satwa tersebut bisa hidup.

Selain ke obyek wisata, rombongan juga diajak berkunjung ke salah satu pabrik. Kali ini yang dipilih adalah pabrik es krim yang terletak di Mojokerto. Pabrik ice cream ‘Aice’ punya konsep factory visit. Pada proses pembuatan es krim, misalnya, terbuka bagi masyarakat yang ingin mengetahuinya.

Pabrik-aice-surabaya
Sumber: liputan6.com


Kunjungan terakhir adalah ke Kids Play, sebuah wahana bermain anak-anak yang menawarkan beragam wisata, mulai memasak, beternak, dan lain-lain. Wisata edukasi lainnya di tempat ini adalah anak-anak diajari bertransaksi dagang di pasar tradisional buatan.

3. Memilih Transportasi / Perusahaan Sewa

Memilih moda transportasi juga menjadi pertimbangan penting sebelum melakukan kegiatan wisata edukasi. Moda transportasi yang tepat menjamin perjalanan wisata kamu bisa berjalan lancar. Jika perjalanan wisata edukasi ke Surabaya melibatkan banyak orang atau rombongan maka pilihan moda transportasinya adalah bus pariwisata.

Saat ini, banyak perusahaan travel menawarkan berbagai jenis bus pariwisata dengan segala fasilitas yang disediakan. Tentu, kamu tidak boleh sembarangan memilih biro travel wisata yang belum teruji pengalamannya. Pilihan bus pariwisata yang memberikan pelayanan terbaik, baik dari sisi keamanan maupun kenyamanan penumpang.

4. Rencana Perjalanan (itinerary)

Selain memilih bus pariwisata, merencanakan perjalanan juga menjadi hal yang cukup penting sebagai persiapan sebelum berangkat menuju obyek wisata edukasi di Surabaya. Ada pilihan Paket Jelajah Surabaya yang bisa diambil, meliputi Monumen Kapal Selam, Monumen House of Sampoerna, Tugu Pahlawan, Patung Four Face Buddha, Jembatan Suramadu, dan Wisata Oleh-Oleh Morita Batik/Pasar Anom.

Jembatan-suramadu
Wikipedia


5. Sewa Transportasi Online

Untuk efisiensi waktu, kamu bisa mencari perusahaan jasa travel di internet. Saat ini, banyak perusahaan sewa bus pariwisata yang menawarkan jasanya secara online. Jika kamu sedang mencari rental mobil online di Surabaya yang melayani sewa bus pariwisata, bisa menggunakan layanan TRAC Bus. 

TRAC menyediakan beragam tipe armada bus sesuai dengan kebutuhan kamu. Di perusahaan sewa bus ini juga menawarkan harga promo untuk tujuan wisata ke Surabaya. Ada Paket Jelajah Surabaya, dimana harga dipatok mulai Rp470 ribu per orang (minimal 13 pax).

TRAC Astra Rent Car memang cocok menemani perjalanan kamu ke tempat wisata edukasi di Surabaya. Liburan ke berbagai tempat secara rombongan kini jadi lebih mudah.




Comments

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Bermain Kartu UNO