Tips dan Trik Menyiapkan Bekal Anak



Pagi hari biasanya waktu tersibuk buat para ibu, iya tidak bu. Bagaimana tidak, dalam waktu yang begitu sempit ibu harus menyiapkan anak dan suami yang mau sekolah dan pergi kerja, menyiapkan sarapan mereka dan bekal sekolah anak. Belum lagi, pekerjaan rumah tangga yang menumpuk saat pagi hari. Semuanya menunggu ‘sentuhan’ tangan ibu.

Enak sih kalau punya asisten rumah tangga. Setidaknya beberapa pekerjaan bisa didelegasikan. Jadi ibu bisa sedikit bernafas atau tidak terlalu diburu-buru. Berbeda jika di rumah tidak ada asisten rumah tangga seperti saya, harus punya tips dan trik tertentu agar anak dan suami bisa sarapan sebelum berangkat dengan baju yang sudah rapi tersetrika dan bekal sekolah anak yang siap dibawa.

Tidak jarang saya mendengar cerita ibu lain kalau mereka tidak sempat menyiapkan bekal anak sehingga mereka membekali anak dengan uang jajan, membeli catering dari sekolah, atau kembali ke sekolah lagi pada saat makan snack dan makan siang untuk mengantarkan bekal anak mereka. 

Saya sendiri tidak membekali anak uang jajan karena ada peraturan sekolah yang tidak membolehkan anak membawa uang jajan. Untuk membeli catering dari sekolah atau kembali ke sekolah saat waktu makan pun, rasanya kok sayang banget karena harus mengeluarkan dana lebih mahal. Akhirnya membawa bekal sendiri untuk anak memang jadi pilihan saya. Total sudah 7 tahun lebih saya membawakan anak bekal dari rumah, sejak anak pertama kakak Za TK sampai ia kelas 5 SD sekarang. Sekarang ditambah lagi menyiapkan bekal untuk anak kedua, adik Ra sejak TK sampai ia kelas 2 SD sekarang.

Tips dan Trik Menyiapkan Bekal Anak

Ada beberapa tips dan trik yang mungkin sudah sering dilakukan para ibu dalam menyiapkan bekal anak. Sebagian besar diantaranya sudah saya terapkan juga. 

  1. Bangun sebelum Subuh
Ya, agar bisa menyiapkan bekal anak, tentunya harus bangun paling pagi dong. Misalnya sebelum Subuh, kira-kira jam 4 pagi. Kita harus bisa memperkirakan waktu, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak sarapan, menyiapkan bekal, dan menyiapkan anak untuk sekolah.

  1. Siapkan bahan-bahan makanan dari malam hari
Menyiapkan bahan-bahan makanan dari malam hari adalah salah satu trik agar menyiapkan bekal tidak butuh waktu yang lama. Misalnya, jika kita ingin membawakan anak bekal sosis gulung mie, akan makan waktu sekali jika harus merebus mie terlebih dahulu lalu menggulungnya ke sosis. Jadi, ada baiknya menyiapakn sosis yang sudah digulung dengan mie sejak semalam. Pagi harinya, kita tinggal menggorengnya saja deh. 

  1. Wadah bekal yang memadai
Pilihlah wadah bekal yang kuat, tidak mudah patah, pecah, atau bocor. Wadah kaca sangat tidak dianjurkan dibawa oleh anak ke sekolah, karena berpotensi mudah pecah dan pecahannya bisa membahayakan. Sekarang banyak kok wadah bekal makanan dari bahan plastic berkualitas yang tidak mudah pecah. Memang harganya bisa sedikit mahal, namun kualitas barangnya bisa terjamin.

  1. Siap sedia berbagai kemasan pembungkus
Saya selalu siap sedia berbagai kemasan pembungkus seperti plastik putih, aluminium foil, dan plastic wrap. Plastik putih biasanya saya gunakan untuk membungkus sayuran agar tidak tercampur dengan nasi, atau untuk membungkus sendok dan garpu jika wadah bekal tidak cukup menampung sendok dan garpu. Setelah makan nanti, sendok dan garpu yang kotor bisa dimasukkan kembali ke plastik. 

Jika tidak mau berurusan dengan penampilan plastik yang kurang sedap dipandang, bisa membeli wadah khusus untuk sendok dan garpu yang banyak dijual di toko peralatan makan atau di toko-toko online. Sedangkan aluminium foil, biasanya saya gunakan untuk membungkus buah atau sebagai mangkuk untuk makanan yang ada sausnya sehingga tidak tercampur dengan nasi.

  1. Bekal anak seharusnya yang sehat namun tetap enak
Ya, bekal anak seharusnya yang sehat dong. Masa mau memberi anak makanan yang tidak sehat. Namun selain sehat, tentunya harus enak agar anak berselera untuk memakannya. Apalagi jika ditunjang dengan penampilan yang menarik penuh dengan warna, pasti anak akan semakin lahap memakannya. 

Buah dengan berbagai warna bisa jadi pilihan yang sehat dan enak. Nasi juga bisa kok dibuat jadi berbagai warna menarik dan tetap nikmat. Buat saja nasi kuning, nasi uduk, nasi goreng saus tomat dengan sosis kesukaan anak, dan sebagainya. 

  1. Tidak butuh waktu lama untuk disiapkan / praktis
Ini nih yang paling disenengi ibu rumah tangga seperti saya, bekal anak yang praktis disiapkan. Biasanya untuk camilan di saat snack time di sekolah, makanan kemasan adalah salah satu pilihan saya seperti Julie’s Biscuit. Praktis sih, tinggal beli di minimarket dekat rumah seharga kurang lebih 8500 rupiah untuk ukuran 90 gram, dan bisa langsung dibawa ke sekolah untuk bekal anak.

Tips dan Trik Menyiapkan Bekal Anak


Selain praktis, anak-anak memang suka rasanya. Julie’s Biscuit ini ada dua rasa yang bisa dipilih yaitu Peanut Butter dan Choco More. Ada rasa gurih dan manis di Julie’s Biscuit rasa peanut Butter. Adik Ra paling suka Julie’s Biscuit rasa Choco More karena rasa cokelatnya yang terasa. Kakak Za, mm..jangan ditanya deh, dia suka semua rasa julie’s Biscuit baik yang Peanut Butter maupun yang Choco More.

Dan yang pasti, Julie’s Biscuit ini rendah kalori loh. Dengan tampilan warna emas creamy, Julie’s Boscuit rasa Peanut Butter berisi selai kacang gurih hanya mengandung sekitar 90 kkal per dua kepingnya. Jadi, saya tidak perlu khawatir anak-anak akan kegemukan dengan makan biskuit ini. Lagipula, biasanya kalau makan camilan atau snack kan sewajarnya ya. jadi, no worry lah.

Sekedar informasi, Julie’s Indonesia sedang mengadakan lomba foto bekal sekolah #bekalCintaJulies loh. Akan ada 1 pemenang utama dan 5 pemenang hiburan yang akan mendapat hadiah. Juara utama mendapat hadiah senilai total Rp 5.000.000 berupa Tupperware/Lock&Lock set, Uang Tunai, dan Produk. Sedangkan 5 Pemenang hiburan mendapat hadiah senilai total Rp 1.000.000 berupa Tupperware/Lock&Lock set, dan Produk. Lumayan kan hadiahnya, ikutan yuk! Siapa tahu teman-teman jadi salah satu pemenangnya.

Oh ya, informasi selengkapnya mengenai lomba foto #BekalCintaJulies bisa dilihat di http://bit.ly/BekalCintaJulies. Langsung cuss ke minimarket terdekat ya beli Julies’s Biscuit dan ikuti lombanya ya, karena lombanya Cuma sampai 30 September 2018. Jangan sampai ketinggalan!

Comments

  1. Bekalnya enak, ibu mudah menyiapkannya, Anak dan ibu sama-sama senang :)

    ReplyDelete
  2. Cuss ah beli biskuit julies juga, mau ikutan lomba fotonya heehehe siapa tau beruntung 😁

    ReplyDelete
  3. Adikku juga bawa bekal mbk kesekolah dan aku yg nyiapin, tp kadang sering terlambat soalnya aku masaknya agak lama. Gegara telat bangun jg sih. Makasih mbk tipsnya. Bisa nih dicoba. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  4. kalau aku suak bekelin sih biskuit dan kue2 saja, biar praktis

    ReplyDelete
  5. Semakin pagi bangun,semakin banyak hal dikerjakan ya Mbk. Termasuk bikin bekal

    ReplyDelete
  6. biskuitnya enak sekali ya, pasti dedek kenyang dengan bekal biskuit ini... biskuit ini juga fav keluarga loh...soalnya rasanya enak bangettt

    ReplyDelete
  7. Biskuit favorite nya neng Marwah , enak dan renyah yah

    ReplyDelete
  8. disisipin cemilan, si anak bisa jadi suka buka bekal ya

    ReplyDelete
  9. Oh, rendah kalori ? Enak nih makan 2 ato 3 biskuit gak bakal bikin gendats. Aku suka banget biskuit kacang tapi belum pernah nyoba biskuit Julie's

    ReplyDelete
  10. Aku termasuk ibu yang ngga rajin buatkan bekal anak. Hehe. Ribet bangetttt krn aku dan anak jam 6 sudah hrs brgkt. Aku dan arya ke sekolah, fatin ke rumah mbahnya. Itu ajah udah makan waktu 15 menit sendiri. Huhu.. kuiri sama ibu2 yg bisa siapkan bekal anaknya

    ReplyDelete
  11. Julie's membantu banget utk nyiapin bekel ya.. enak puka biskuitnya hehhe

    ReplyDelete
  12. Aku jarang siap sedia kemasan pembungkus mbak. Susah juga bangun sebwlum subuh. Tp btw, Trimakasih sharingnya. Sangat bermanfaat. Akan dicoba mbak. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  13. Wah bermanfaat banget tipsnya mba, berhubung sebentar lagi anakku juga mau coba ikut playgroup hihihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor