3 Tujuan Wisata di Indonesia Yang Seru Buat Sekeluarga




Travelling sendiri memang mengasyikkan. Apalagi, untuk ibu rumah tangga seperti saya, travelling bisa menjadi sarana untuk refreshing  dari tugas rutin sehari-hari yang kadang membosankan. Travelling sendiri bisa menyegarkan jiwa tanpa diganggu rengekan anak, untuk kembali ke rumah dengan lebih segar dan gembira dalam menunaikan tugas sebagai ibu rumah tangga.

Namun travelling bersama keluarga juga mengasyikkan. Semuanya ada plus minusnya. Travelling bersama keluarga juga bisa jadi sarana refreshing kok. Terlebih lagi, kebersamaan dalam perjalanan bersama keluarga bisa menambah erat anggota keluarga. Meski begitu, travelling bersama keluarga tentu saja membutuhkan banyak biaya dibanding travelling sendirian.

Saya sendiri, setelah menikah dan memiliki anak, rasanya lebih nyaman jika travelling bersama keluarga karena tidak kepikiran masalah anak bagaimana, makannya bagaimana, dan seterusnya. Travelling bersama keluarga juga bisa jadi sarana belajar buat anak untuk mengenal berbagai daerah dan budayanya, terutama daerah lain di Negara sendiri.

Berikut ini adalah 3 tujuan wisata di Indonesia yang menjadi wishlist kita sekeluarga.

1.       Wisata Kuliner di Jogja

wisata kuliner jogja
phinemo.com
Jogja dikenal selain karena kebudayaannya, juga karena kulinernya yang lezat dan murah. Oleh karena itu, tidak heran Jogja juga jadi tempat tujuan untuk menempuh pendidikan karena biaya makannya yang murah. Banyak teman dan saudara yang sudah berkunjung ke Jogja bercerita tentang wisata kuliner Jogja sehingga menambah rasa penasaran saya. Diantara tempat makan yang terkenal di Jogja adalah Angkringan KR, Jejamuran, Bakmi Pak pele, Sate Klathak Pak Bari, House of Raminten, Warung Sawah Gondang Legi, The Manglung Café, Ayam Geprek Bu Rum, Oseng Mercon Bu Narti, Gudeg Pawon, Nasi Goreng Kambing Krodosono, dan sebagainya.

 2.       Wisata Pegunungan ke Bromo

wisata bromo
yudatama.com
Baru-baru ini saya melihat postingannya mbak Desy Yusnita, seorang blogger asal tangerang, yang membawa kedua anaknya yang masih kecil mengunjungi Bromo. Wah seru juga ya berpetualang bersama anak ke Gunung Bromo, pikir saya. Melihat matahari terbit di Gunung Bromo tentu akan jadi pengalaman yang indah buat anak-anak saya. Disana juga ada Savana yang merupakan lokasi syuting film Pasir Berbisik dimana pasirnya seperti bunyi berbisik. Di Bukit Teletubis, masih dalam area Wisata Bromo, juga sudah ada toilet umum sehingga cukup aman kalau nanti anak kebelet pipis atau pup. Tentu saja, wisata ke Bromo bersama anak nanti akan banyak yang harus disiapkan, misalnya jaket karena udara di sana cukup dingin.

 3.       Wisata pantai ke Gili Trawangan

wisata gili trawangan
bantenshare.com
Gili Trawangan merupakan salah satu pulai di Gili, Lombok. Menurut NIla Tanzil, seorang travel blogger yang pernah mengunjungi Gili Trawangan bersama anaknya, walau Gili Trawangan dikenal sebagai Party Island namun juga seru dikunjungi bersama anak dan atau keluarga. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan bersama anak di Gili Trawangan. Diantaranya adalah berenang dan snorkeling di pantai, bermain games di pantai, mengunjungi konservasi penyu, naik cimodo (delman) keliling pulau, menikmati sunset di pantai, dan berfoto di “The Swing” ayunan yang terkenal disana.

skycanner


Nah, sebelum memulai perjalanan travelling nanti, nabung dulu laaah dan membuat berbagai perencanaan. Mana yang akan dikunjungi, biaya transportasinya berapa, akomodasi berapa, konsumsi berapa, dan sebagainya sebaiknya direncanakan sebaik mungkin. Yang paling mudah sih mengunjungi website Skycanner, dimana semua kebutuhan kitaakan informasi untuk travelling sudah ada. Misalnya saja informasi tentang biaya hotel, sewa mobil, destinasi popular, tiket pesawat, dan lain-lain. Semua informasi untuk travelling ada disana termasuk tiket pesawat Garuda Indonesia yang merupakan maskapai penerbangan Indonesia terbaik.

Bagaimana dengan anda, share dong tempat wisata di Indonesia yang pernah anda kunjungi dan cocok untuk dikunjungi sekeluarga? Siapa tahu bisa menjadi referensi tempat wisata yang bisa dikunjungi buat saya sekeluarga.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan ID Corners dan Skycanner

Comments

  1. tiga lokasi favorite aku.. tapi aku paling suka di Jogjakarta, berasa rumah kedua. apalagi kulinerannya, murah meriah...

    ReplyDelete
  2. Pengen ke Bromo deh, itu emang cocok banget buat wisata keluarga dan biayanya juga mahal. Kalo ditanggung sendiri ga sanggup wkwk :D
    Mau saran juga nih, lebih pas aja diliat kalo gambarnya setelah penjelasan bukan sebaliknya. Biar ga bikin bingung netijen ini ehe

    Boleh minta follow backnya kak? http://www.onixoctarina.com/

    Nuhun

    ReplyDelete
  3. Wishlist aku juga mba ke Bromo dan Gili bareng keluarga.. :D Semoga ya suatu saat kita bisa ke sana..

    ReplyDelete
  4. Aku sih pgn nya Bromo ,kalo ga sumeru mba. Ajak keluarga mengenal lebih dalam tentang alam

    ReplyDelete
  5. Dari semuanya tetep Jogja yg kepengen dikunjungi dan ngangenin. Sudah berkali-kali ke Jogja dan selalu pengen kesana.

    ReplyDelete
  6. Yang asik wisata kuliner di Jogja memang harganya yang terjangkau. Sudah variasi makanannya banyak, tak menguras kantong pula. Cocok banget lah kota ini menyandang predikat kota pelajar..Harga-harga makanan sesuai untuk kantong mereka

    ReplyDelete
  7. waahhh ke 3 tempat itu benar2 tempat fav. keluargaku. Terima kasih yaa sudah sharing :)

    ReplyDelete
  8. wisata pantai ke gili trawangan ini juga masuk wishlist aku dan suami, walaupun belum tau kapan bisa eksekusi

    www.diahestika.com

    ReplyDelete
  9. Udah pernah ke Jogya dan Bromo, zaman masih gadis hehehe. Gili Trawangan belum pernah. Anak sulungku pengin ke Gili Trawangan katanya. Smoga bisa ke sana suatu saat :)

    ReplyDelete
  10. Saya jadi pengen balik lagi ke Bromo. Kunjungan pertama ke sana rasanya kurang puas :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor