Bermain Kartu UNO



“Mi, beli kartu UNO dong, pake uang kakak kok…” Kata Kakak Za dengan muka memelas, saat kita berkunjung ke sebuah pusat perbelanjaan. Yah, beginilah resiko kalau mengajak anak ke pusat belanja. Laper mata, seperti emaknya, ups. Walaupun dari rumah sudah diwanti-wanti untuk tidak membeli mainan karena mainan di rumah sudah banyak, tetap saja ketika sudah sampai di lokasi belanja ada saja yang ingin dibeli anak, terutama mainan.

Awalnya, saya berusaha menarik perhatian kakak ke hal lain. Tetapi tetap saja ia ketika hendak pulang ia ingat dan meminta saya untuk mengantarnya kembali ke tempat mainan. Soal mainan ini memang saya agak pelit. Mainan di rumah pun kadang hanya menjadi pajangan. Mungkin karena kakak juga semakin besar, jadi banyak mainan yang tidak terpakai lagi. Biasanya saya membelikan mainan jika ada moemen tertentu atau sebagai reward.


kartu uno

“Sebenarnya apa sih kartu UNO itu kak?” Tanya saya akhirnya, penasaran juga akhirnya apa sih kartu UNO itu. Kasihan juga lihat wajah kakak yang memelas begitu. Toh, bukankah saya memang sedang mencari cara atau cari permainan yang bisa membuat kakak sedikit menarik diri dari gadget. Biar ada kegiatan lain ketika bosan di rumah selain main gadget dan baca buku.

“Itu permainan kartu mi, teman-teman kakak suka bawa dan main di sekolah.” Jawab kakak. Akhirnya saya luluh dan membelikan kakak kartu UNO yang diminta. Ups, sebenarnya sih uang kakak sendiri, uang yang ia kumpulkan dari angpao yang ia dapat saat lebaran atau libur sekolah. Satu pak kartu UNO seharga kurang lebih 35 ribu.

kartu uno


Cara Bermain Kartu UNO

Bermain kartu UNO bisa dilakukan oleh 2 sampai 10 orang, mulai dari usia anak 7 tahun ke atas. Tapi adik Ra yang masih 6 tahun lebih sudah kita ajak main, meskipun lebih banyak ngambeknya kalau ia kalah atau dapat kartu yang nggak diinginkan hehe.

Cara bermain kartu UNO sudah ada petunjuknya dalam kemasan. Buat yang belum tahu, mainnya kira-kira seperti ini:

1. Kocok semua kartu, bagikan ke pemain masing-masing 7 kartu atau sesuai kesepakatan.
2. Letakkan sisa kartu menghadap ke bawah untuk membentuk tumpukan AMBIL.
3. Kartu teratas dari tumpukan AMBIL dibalikkan untuk memulai tumpukan BUANG.
4. Mulai bermain. Jika kartu di tumpukan BUANG adalah sebuah merah 7, pemain harus meletakkan sebuah kartu merah atau apa saja berangka 7. Nilai kartu dengan angka adalah sesuai nomila yang tertera. Alternative lain, pemain dapat meletakkan sebuah Wild Card yang terdiri dari:

kartu uno
Kartu Wild Draw 4
kartu uno
Kartu nominal dan warna

kartu uno
Kartu Lompatan

kartu uno
Kartu Kebalikan

Kartu Ambil Dua, nilainya 20 poin. Ketika pemain memainkan kartu ini, pemain berikutnya harus menarik 2 kartu dari tumpukan AMBIL dan melewatkan giliran mereka. Kartu ini hanya bisa dimainkan pada warna yang sesuai atau Kartu Ambil Dua lainnya.
  • Kartu Kebalikan, nilainya 20 poin. Ketika pemain memainkan kartu ini, arah permainan berbalik. Misalnya, awalnya dari kanan ke kiri, menjadi dari kiri ke kanan. Kartu ini bisa dimainkan pada warna yang sesuai atau Kebalikan lainnya.
  • Kartu Ambil Dua, nilainya 20 poin. Ketika pemain memainkan kartu ini, pemain berikutnya harus menarik 2 kartu dari tumpukan AMBIL dan melewatkan giliran mereka. Kartu ini hanya bisa dimainkan pada warna yang sesuai atau Kartu Ambil Dua lainnya. 
  • Kartu Lompatan, nilainya 20 poin. Ketika pemain memainkan kartu ini, pemain berikutnya terlompati (di-block). Kartu ini hanya dimainkan pada warna yang sesuai atau Kartu Lompatan lainnya.
  • Kartu Wild, nilainya 50 poin. Ketika pemain memainkan kartu ini, pemain bisa memilih warna apa saja yang bisa meneruskan permainan.
  • Kartu Wild Draw 4, nilainya 50 poin. Ketika pemain memainkan kartu ini, pemain bisa memilih warna apa saja yang bisa meneruskan permainan plus pemain berikutnya harus menarik 4 kartu dari tumpukan AMBIL dan kehilangan giliran mereka.
  • Kartu Wild Swap Hands, nilainya 40 poin. Ketika pemain memainkan kartu ini, pemain bisa menukar kartu di tangannya dengan kartu pemain lain.
  • Kartu Wild Customizeable, nilainya 40 poin. Tuliskan peraturan apa saja yang diinginkan di kartu ini. Crayon untuk menuliskan peraturan baru tersedia di dalam boks kartu.
5. Saat kartu tinggal satu di tangan, teriakkan UNO!
6. Pemenang adalah pemain yang pertama meraih poin sebanyak 500.

kartu uno
Kartu Wild Customizeable

kartu uno
Kartu Ambil Dua
kartu uno
Kartu Wild
kartu uno
Kartu Wild Swap Hands

Manfaat Bermain Kartu UNO

Ternyata seru juga bermain Kartu UNO, bisa menstimulasi otak anak dalam mengambil suatu keputusan untuk dirinya. Anak juga dilatih untuk sabar ketika hasil permainan tidak sesuai dengan yang ia harapkan. Kemenangan memang menggembirakan, tapi kekalahan itu adalah suatu yang akan mungkin dihadapi dalam permainan.

Pastinya, bermain kartu yang butuh pemain banyak dapat melibatkan anggota keluarga sehingga menambah bonding semua anggota keluarga, terutama orangtua dan anak. Buat orangtua yang sibuk atau bingung mau dekat sama anak tapi gak tau caranya, bermain kartu UNO bisa jadi salah satu cara dekat dengan anak. Karena dari permainan ini, kita bisa melihat banyak sisi anak yang mungkin tidak kita sadari karena sibuk bekerja atau mengurus rumah.

Comments

  1. Wah seru mbak. Saya pernah main ini beberapa kali, tapi sudah agak lama. Kayaknya perlu main lagi nih. :) Permainan seperti ini dan board game bagus buat anak anak menurut saya, biar gak pegang hape terus hehe.. Thanks sharingnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, ntar kalo ada rejeki mau beli scrabble atau catur ah

      Delete
  2. Ini pas aku SD udah happening banget, krn bbrp temenku sering mainin.. Tapi aku sanpe skr ga pernah mainin krn ga mudeng waktu itu hahahaha.. Tp abis baca penjelasanmu kok kayaknya seru dan ternyata ga susah :D. Telat banget aku taunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata dari dulu udah ada ya kartu UNO, tua banget saya berarti ya kudet

      Delete
  3. Nah, anakku sukaaa banget main kartu Uno, mba. Aku malah diajarin ama dia. Sampe ada ritual sebelum tidur wajib main kartu Uno. Hahhaa. ART ama anak tetangga pun diajarin main kartu Uno. Tapi pas kemarin ke rumah kepoonakan ada Uno Block, mba. Seru juga mainnya mba :)

    ReplyDelete
  4. Waaah, anakku belum kenal kartu Uno teh, akupun sepertinya belum pernah main kartu uno. Boleh nich kapan kapan main bareng kak Za yaaa

    ReplyDelete
  5. Anak saya sering banget main sama sepupunya. Hadeh, Ibunya udah diajari bbrp kali juga nggak mudeng, soalenya dengerinnya sambil lalu aja. Malah baru mudeng setelah baca postingan ini, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak2 emang kadang mainannya ajaib, emaknya udah ketinggalan jauh deh

      Delete
  6. Saya pernah ajak anak-anak main Uno. MEmang seru permainannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat