Peresmian Prodia Senior Health Centre Sebagai Pusat Layanan Kesehatan Geriatri yang Andal di Indonesia




Menjadi tua itu adalah hal yang pasti, sudah hukum alam. Kita tak bisa menghindarinya. Berdasarkan data Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2014, penduduk lanjut usia di Indonesia berjumlah sekitar 20 juta jiwa atau setara dengan 8.03% dari seluruh penduduk Indonesia. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah menjadi 40 juta jiwa pada tahun 2030. Perkembangan proporsi penduduk lanjut usia pun diperkirakan akan meningkat 13% pada tahun 2025 dan 25% pada tahun 2050. 

Tidak bisa dipungkiri, banyak hal yang ditakutkan orang ketika tua, salah satunya adalah mengalami pikun (demensia Alzheimer). Demensia adalah penurunan kemampuan fungsi otak, dan diketahui merupakan penyebab kematian ke-4 setelah penyakit jantung, kanker dan stroke. Berdasarkan informasi dari Alzheimer’s Disease International, Indonesia termasuk dalam daftar sepuluh negara dengan demensia tertinggi di dunia dan di Asia Tenggara pada 2015 dengan jumlah penderita demensia diperkirakan sebesar 1,2 juta jiwa.  


Prodia Senior Health Centre
prodia.co.id

Seiring dengan meningkatnya penduduk lanjut usia, meningkat pula penyakit degenerative seperti demensia yang sebanyak 60-70% nya adalah demensia Alzheimer. Orang yang terkena demensia Alzheimer mengalami penurunan fungsi otak yang mempengaruhi emosi, daya ingat, pengambilan keputusan, perilaku, dan fungsi otak lainnya sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebagaimana kita tahu bahwa otak adalah organ terpenting dalam tubuh. Hasil studi menyatakan bahwa kesehatan otak berkaitan dengan kesehatan tubuh. Seiring bertambahnya usia, otak manusia akan mengalami perubahan dan penurunan fungsi mental. Hal ini merupakan konsekuensi penuaan yang paling ditakuti.

Beberapa faktor berikut ini bisa menyebabkan seseorang beresiko terkena demensia:

  • Asap rokok, polusi udara
  • Gangguan pendengaran
  • Kurang aktivitas sosial
  • Kurang vitamin D
  • Tidur terlalu lama
  • Keluhan lupa
  • Diet berlebih
  • Hipertensi
  • Diabetes
  • Anemia
Prodia Senior Health Centre
dari kiri ke kanan: dr. Arya, Bapak Andi Widjaja, Ibu Dewi Muliaty, dan Ibu Nelly Siregar

Oleh karena itu, pada tanggal 12 Desember 2017 kemarin PT Prodia Widyahusada Tbk meresmikan Prodia Senior Health Centre (PSHC) sebagai pusat layanan kesehatan geriatri yang dapat diandalkan (reliable) di Indonesia. Pendirian Prodia Senior Health Centre (PSHC) ini merupakan inisiatif dari Prodia dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas bagi para pelanggan usia lanjut dengan tujuan meningkatkan kebugaran dan stamina di usia lanjut, sehingga terhindar dari penyakit degenerative ataupun komplikasinya. 

Dalam peresmian Prodia Senior Health Centre (PSHC) tersebut turut hadir Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada Tbk, Andi Widjaja; Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty; Project Manager PSHC, Nelly Sari; dan Dokter Specialis Geriatri PSHC, dr. Arya Govinda Roosheroe. Menurut Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty, Prodia Senior Health Centre akan menyediakan fasilitas dan layanan kesehatan khusus bagi para pelanggan usia lanjut agar selalu sehat, aktif dan mandiri. Beliau juga berharap Prodia Senior Health Centre (PSHC) dapat menjadi pusat layanan kesehatan geriatri yang andal dan terdepan di Indonesia. 

Prodia Senior Health Centre (PSHC) menyediakan program layanan kesehatan bagi pelanggan usia lanjut diantaranya meliputi:

  1. Penyuluhan kesehatan dan perilaku hidup sehat
  2. Deteksi dini dan pemantauan kesehatan pelanggan usia lanjut
  3. Pengobatan ringan bagi pelanggan usia lanjut
  4. Layanan fisioterapi dan rehabilitasi medik
  5. Akupunktur
  6. Vaksinasi
  7. Layanan konsultasi dari dokter-dokter spesialis, seperti dokter penyakit dalam, konsultan geriatri, dokter spesialis akupunktur, dan dokter spesialis rehabilitasi medik.
  8. Layanan diagnosis seperti EKG, layanan radiologi (rontgen) dan Bone Mineral Density Scan.
  9. Layanan home care
  10. Senior health activity seperti  senam, games mengasah otak, dan membuat kerajinan tangan. 
Prodia Senior Health Centre
fasilitas di ruang fisioterafi dan rehabilitasi medik

Prodia Senior Health Centre
fasilitas di ruang fisioterafi dan rehabilitasi medik

Prodia Senior Health Centre
fasilitas kolam renang di Prodia Senior Helath Centre (Sumber: prodia.co.id)

Prodia Senior Health Centre (PSHC) ini  didesain dengan sarana dan fasilitas yang ramah  dan nyaman bagi pelanggan usia lanjut. Ke depannya, PSHC berencana untuk mengembangkan sarana dan fasilitas yang ramah bagi demensia (dementia care). Menurut Nelly Sari, Project Manager Prodia Senior Health Centre, Prodia Senior Health Centre (PSHC) mengawali pelayanannya dengan berfokus pada penyediaan paket pemeriksaan ProHealthy Brain sebagai salah satu upaya preventif untuk mencegah demensia. ProHealthy Brain Package ini terdiri dari pemeriksaan dokter, pemeriksaan fungsi kognitif, pemeriksaan laboratorium lengkap dan pemeriksaan pendukung lainnya.

Dalam kurun waktu lima tahun mendatang, Prodia berencana membuka Prodia Senior Health Centre (PSHC) di Surabaya, Semarang, Medan dan Makassar, untuk mendukung penyediaan layanan bagi pelanggan usia lanjut. Sesuai Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2014, Jawa Tengah dan Jawa Timur termasuk ke dalam daftar provinsi dengan proporsi usia lanjut terbesar masing-masing sekitar 11,11% dan 10,96%. 

Laboratorium klinik Prodia sendiri didirikan pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikan farmasi. Sejak awal, Dr. Andi Widjaja, MBA beserta seluruh pendiri lainnya tetap menjaga komitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati. 

Prodia Senior Health Centre
Gedung Prodia Senior Health Centre (Sumber: prodia.co.id)
 
Prodia Senior Health Centre

Oh ya, di usianya yang menginjak 80 tahunan ini, Pak Andi masih tetap sehat dan tidak demensia loh. Beliau sempat memberikan testimony pada saat peresmian prodia Senior Health Centre tentang hidup sehatnya di usia lanjut. Ada 6 langkah sederhaan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kesehatan otak sehingga mengurangi demensia (pikun), yaitu:

  1. Lakukan kegiatan yang melatih otak
  2. Jaga kesehatan jantung
  3. Lakukan aktivitas jasmani secara teratur
  4. Tetap aktif bersosialisasi
  5.  Konsumsi makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan otak
  6. Lakukan check up fungsi otak secara berkala
Hingga saat ini, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 279 outlet, termasuk 135 laboratorium klinik di 32 provinsi dan 118 kota di seluruh Indonesia, beberapa diantaranya merupakan Prodia Health Care (PHC) yakni layanan wellness clinic yang berbasis personalized medicine serta specialty clinics  yang terdiri dari Prodia Children’s Health Centre (PCHC), Prodia Women’s Health Centre (PWHC) dan Prodia Senior Health Centre (PSHC).

Sejak tahun 2012, Prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of American Pathologists (CAP), sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional. Semoga dengan pembukaan Prodia Senior Health Centre (PSHC) meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, terutama ketika usia bertambah. Semoga juga semakin banyak penduduk usia lanjut yang bisa hidup sehat dan menjalakan aktivitasnya dengan lancar.

Informasi lebih lengkap mengenai paket perawatan lanjut usia di prodia Senior Health Centre, bisa menghubungi kliniknya langsung di alamat dan kontak berikut ini.

Jalan Metro Pondok Indah TB-31, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310
Telepon: (021) 7662545
  
Prodia Senior Health Centre

Comments

  1. Alzheimer itu lebih dari pikun ya. Semoga kita terhindar dari penyakit itu ya.

    ReplyDelete
  2. Akhirnya aku menemukan ya bahwa ada 6 langkah yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kinerja otak. Dengan rajin mengaji insyaAllah akan semakin melatih otak juga ya mba :)

    ReplyDelete
  3. Kalau lihat datanya serem ya, mba. Semoga kita terhindar dari penyakit pikun. Selama kita terus menulis dan membaca, insya Allah jauh dari penyakit pikun ya. ^_^

    ReplyDelete
  4. Wah....mulai hidup sehat deh dari sekarang. Ternyata kesehatan otak itu penting ya...dan banyak penyakit yg berbahaya menjadi pemicu pada otak, terimakasih infonya mba...

    ReplyDelete
  5. Hebat nih Prodia makin melebarkan sayapnya ke para pelanggan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini kayanya baru prodia ya yang buka klinik khusus Lansia

      Delete
  6. Alhamdulillaah kini ada PSHC yg khusus menangani kesehatan otak akibat penuruman daya ingat pada lansia. Entry level, middle age dan deep cocok sekali memeriksakan diri disini ya kan ada screening secara menyeluruh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah