5 Tips Cerdas Jual Rumah



Menjual sebuah properti seperti rumah diperlukan perincian yang matang. Hal tersebut dikarenakan rumah adalah kebutuhan utama selain sandang dan pangan. Terlebih lagi harga satu unit rumah mencapai ratusan juta rupiah. Bisa dibayangkan bagaimana calon pembeli akan berpikir beribu kali untuk mengeluarkan anggaran sebanyak itu. 

Nah, bagi sahabat yang berniat menjual rumah baik kiranya memerhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memasang iklan penjualan rumah tersebut. Berikut tips cerdas yang perlu kita perhatikan sebelum mengajak calon pembeli untuk mengamati lebih dekat rumah yang akan dijual.

5 Tips Cerdas Jual Rumah
pixabay.com
1.      Menentukan Harga dengan Bijak

Sebagai awal langkah untuk menjual rumah dijual di jakarta adalah dengan mengakumulasikan harga. Harga rumah harus bergantung pada lokasi rumah, akses rumah dengan ruang terbuka atau pelayanan publik (universitas, rumahsakit, sekolah, kantor) harus dipertinbangkan. Semakin dekat lokasi rumah dengan beberapa ruang publik dan akses kejalan raya, maka semakin tinggi harga yang bisa dipatok oleh penjual. Akan tetapi hendaklah menentukan dengan bijak harga tersebut atau sesuai dengan harga patokan di wilayah sekitarnya, karena tidak akan jauh berbeda selama masih satu lokasi kecamatan.

2.      Info Diskon

Calon pembeli tidak hanya berhubungan langsung dengan penjual saja, melainkan bisa juga melalui makelar atau calo. Nah, mengatasi hal demikian sebagai penjual hendaknya penjual memberikan sebagian fee bagi makelar yang sudah menemukan pembeli yang serius untuk bertemu dengan penjual. Selain itu diskon atau sedikit insentif bagi calon pembeli akan lebih menarik iklan penjualan rumah anda.

3.      Optimalkan Media Sosial

Kecanggihan teknologi dengan berkembangnya internet dan media sosial memungkinkan penjual untuk lebih cepat mempromosikan barang dagangannya. Media sosial memungkinkan penjual untuk bisa berkomunikasi dengan orang baru atau rekan sejawat. Disinilah promosi tersebut dimulai dengan menawarkan dan mencoba meyakinkan bahwa properti yang sedang ditawarkan tersebut menarik serta tidak merugikan di kemudian hari.

5 Tips Cerdas Jual Rumah
pixabay.com


4.      Mendesain Ruangan Tertentu

Beberapa penjual pasti setuju untuk merenovasi sedikit bagian rumah sebelum ditawarkan kepada calon pembeli. Mengganti warna cat rumah agar terlihat lebih menarik adalah satu diantara kegiatan yang sering dilakukan. Namun, tahukah anda? Bahwa kecenderungan calon pembeli akan melihat beberapa ruangan saja yang menurut mereka paling vital. Ketiga area tersebut adalah teras depan, ruang tamu, dan dapur. 

Pembeli kali pertama akan melihat teras depan rumah saat berada di halaman rumah atau pagar rumah yang hendak dijual. Hal inilah yang mendukung penjual untuk sedikit memolesnya dengan desain atau warna cat baru. Kedua adalah ruang tamu, ruang tamu adalah bagian rumah yang paling penting perannya, kita semua setuju bukan?.Mendesain ulang ruang tamu memperbesar kemungkinan bagi calon pembeli untuk memberi nilai plus ke pada rumah yang dijual. Bagi sebagian besar orang, dapur merupakan bagian rumah yang cukup penting perannya. Terutama bagi calon pembeli yang sudah berumah tangga. Keberadaan dapur yang bersih dan terlihat rapi akan menambah keinginan untuk memiliki rumah tersebut.

5.      Memeriksa Kondisi Rumah

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat akan menjual rumah adalah memeriksa keadaan rumah. Atap dan tembok rumah adalah bagian yang rentan terhadap bocor dan jamur. Permasalahan tersebut sangat penting diketahui oleh pemilik rumah saat akan menjual rumahnya. Dengan begitu calon pembeli tidak akan merasa dirugikan.

Demikian pembahasan mengenai tips cerdas menjual rumah. Selamat mencoba!

Comments

  1. sangat membantu tuh tips2nya di atas... mungkin nanti bisa saya terapkan.

    ReplyDelete
  2. Kalau utk makelar gitu dikasih berapa persen dari nilai penjualan?

    ReplyDelete
  3. makasih tipsnya, wah belum pernah jual rumah

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Asyiknya Belanja Keperluan Si Kecil di blibli.com