Friday, June 3, 2016

Kentang Arab Untuk Camilan Si Kecil

Sudah beberapa hari ini saya jarang masak dan sering membeli masakan jadi dari catering langganan. Kompor gas di rumah bermasalah, ketika diputar untuk api kecil malah padam. Jadi saya harus menggunakan api besar terus. Itu membuat saya sedikit banyak jadi kurang semangat memasak karena gas jadi boros dan masakan cepat hangus.

Enaknya beli masakan jadi, kita bisa menghemat tenaga dan melakukan tugas rumah tangga lain. Dapur juga gak berantakan. Tapi nggak enaknya ada juga, kita tak bisa menentukan rasa asin dan pedas sesuai dengan yang kita inginkan.  Apalagi, suami saya punya penyakit darah tinggi yang seekali bisa kambuh. Sedapat mungkin masakan di rumah harus rendah garam. Anak-anak juga gak bisa makan makanan pedas dari catering langganan. 

Agar semangat memasak kembali, saya ikut cooking class yang diadakan Sriboga EasyMix pada hari Kamis, 2 Juni kemarin. Saya berangkat dari rumah jam 8 pagi dengan naik commuter line (CL) menuju Stasiun Kebayoran. Wuih, Wuiiih, CL pagi hari puenuuuuh banget. Setelah naik gerbong wanita, saya memutuskan naik CL berikutnya karena gak dapat tempat duduk dan tak ada penumpang yang mengalah (Saya bawa Ra). Alhamdulillah, di CL berikutnya saya dapat tempat duduk dan alhasil datang ke lokasi cooking class terlambat 1 jam!!

sriboga easymix
Mbak Irene dari Sriboga EasyMix sedang memperkenalkan produk Sriboga EasyMix

Untungya sih belum mulai karena ternyata bukan saya saja yang terlmbat. Tak lama setelah saya sampai ke lokasi cooking class di Sriboga Customer Centre, Plaza Bisnis Kemang, cooking class pun dimulai dengan terlebih dulu diperkenalkan tentang Sriboga EasyMix oleh Mbak Irene dari Sriboga. Selanjutnya Chef Citra mengambil alih kelas untuk memulasi sesi memasak. Semua peserta cooking class yang berjumlah 12 orang diminta memakai apron yang sudah disediakan di meja memasak masing-masing. Kami juga berpasangan dengan teman cooking class lain. Jadi, satu meja ada 2 orang. Saya berpasangan dengan Leyla Hana. Sementara saya akan memasak, Ra main sama putranya Leyla Hana, Salim.

Berada di ruangan cooking class Sriboga EasyMix mengingatkan saya pada acara-acara kompetisi masak di televise seperti Masterchef dan sejenisnya. Peralatan dapurnya cantik-cantik, ruangan ber-AC dan ada pantry di belakang meja memasak yang berisi produk-produk Sriboga. 

sriboga easymix
Pantry keren penuh dengan produk Sriboga EasyMix

Hari itu kami akan memasak 4 macam masakan yaitu sate pisang, chicken crispy burger, tempura sayuran dan udang, serta French fries ala Sriboga. Produk Sriboga EasyMix yang dipakai yaitu tepung Kentucky, tepung serbaguna, tepung tempura dan tepung goreng pisang yang sudah tertata rapi di setiap meja. 

Pada postingan kali ini, saya mau bagi resep French fries ala Sriboga Easymix. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuatnya:

Bahan:

  • 500 gram Frozen French fries
  • 800 ml minyak goreng
Bahan coating:
  • 100 gram Sriboga EasyMix serbaguna (untuk adonan kering)
  • 170 ml air dingin
  • 100 gram Sriboga EasyMix serbaguna (untuk adonan basah)
Cara membuat:

  1. Campur 100 gram Sriboga Easymix Serbaguna dengan air dingin, aduk menggunakan balloon whisk
  2. Gulingkan frozen French fries ke adonan kering Sriboga Easymix Serbaguna.
  3. Celupkan frozen fench fries ke adonan basah
  4. Goreng frozen fries dalam minyak terendam gingga kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.

sriboga easymix
Kentang goreng hasil cooking class, gendut-gendut^^

“Mirip-mirip kentang arab ya..” Kata Chef Citra setelah French fries ala Sriboga EasyMix sudah jadi. Saya bertanya-tanya dalam hati, kentang arab tuh yang seperti apa? Ternyata setelah sampai di rumah dan googling, kentang arab itu adalah jenis cemilan di Bandung yang terbuat dari kentang dilapisi tepung sehingga bentuknya menjadi besar. French Fries ala Sriboga EasyMix  yang saya dan Leyla buat dengan petunjuk Chef Citra emmang lumayan besar ukurannya. Kentangnya dan tepung yang melapisinya begitu lembut. Ra dan Salim berkali-kali mencomot French Fries yang kami buat. Kata Arab sendiri dalam kentang arab merupakan singkatan dari Aneka Rasa Baru. Eh, orang Bandung meni kreatif menciptakan nama makanan.

Biasanya setiap orang suka kentang goreng baik anak-anak maupun dewasa. Kentang goreng cukup mengenyangkan dan bisa jadi camilan atau pengganti nasi yang enak. Za dan Ra juga suka banget kentang goreng. Tapi kalau beli frozen fried fries cukup mahal, saya seringkali membuat dari kentang goreng dari kentang yang fresh. Membuat kentang goreng dari kentang fresh akan membutuhkan waktu lama untuk menggoreng, maka saya biasanya merebusnya kentangnya dulu sebelum digoreng agar kentang cepat empuk.

Kebetulan di rumah ada 3 buah kentang yang cukup besar. Pulang dari cooking class, saya langsung potong-potong memanjang 2 buah kentang berukuran besar. Yang satu buah lagi saya pakai untuk sop sayur. Kentang yang sudah dipotong memanjang, lalu saya rebus setengah matang atau sampai empuk. Menurut chef Citra, bisa juga digoreng setengah matang. Tapi saya pilih merebusnya biar hemat minyak hehe, emak pengen irit.

sriboga easymix
Kentang goreng yang dibuat di rumah juga ga kalah gendut kayanya ^^

Kentang yang sudah empuk, saya masukkan ke kulkas untuk digoreng pagi harinya. Lumayan buat sarapan praktis atau snack anak ke sekolah. Esok harinya, kentang yang sudah empuk saya olah sesuai dengan resep French fries ala Sriboga EasyMix. Saya lumuri kentangnya dengan adonan kering Sriboga EasyMix serbaguna, lalu dicelupkan ke adonan basah Sriboga EasyMix sebaguna, terus digoreng di minyak panas. Kentang goreng ala Sriboga EasyMix pun sudah jadiii. Si kecil gak akan nolak kentang goreng rumahan buatan bundanya yang sudah pasti aman karena Sriboga EasyMix serbaguna tanpa MSG dan halal.

Oh ya, untuk membuat adonan basah yang pas, harus sesuai takaran resep antara air dan tepung. Teksturnya akan berupa cairan kental seperti yang diperlihatkan Chef Citra di video berikut.



Weekend ini semua orang pasti berkumpul di rumah. Bikin kentang arab yuk di, biar weekend di rumah serasa makan kentang arab di Bandung..eh, maksudnya biar weekend makin seru aja karena ada makanan enak di rumah.

22 comments :

  1. aih senang ya mba, punya pengalaman baru ikut cooking class walaupun harus berjubel di CL :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi salut sama yg suka pulang pergi naik CL :)

      Delete
  2. Wah boleh juga nih cemilan kentang arab pesen online untuk buka puasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum sanggup kalo jualan masakan sendiri hehe, ga pede ah

      Delete
  3. jadi pengen nyobain, gampang kyknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gampang mba cuma harus telaten kan nyelupin ke tepungnya 2 kali

      Delete
  4. berharap punya istri penghafal qur'an dan bisa masak :D
    mimpi boleh kan

    ReplyDelete
  5. Baru tau juga saya kentang arab. Kirain apaa ya. Ide baru nih buat penyajian kentang goreng.

    ReplyDelete
  6. kirain beneran ada kentang dari Arab. Ternyata singkatan :D

    ReplyDelete
  7. waaah wajib cobaa ini ^o^.. aku ama anakku suka bngt kentang goreng soalnya ;p.. biasanya sih aku jg males pake kentang beku mbak, krn kebanyakan kurus2 kentangnya ;p. smentara aku suka kentang goreng yg irisannya tebel ;p.. dikasih tepung gini blm prnh coba :D

    ReplyDelete
  8. Babam doyan banget kentang, bisa di coba nih pengganti nasi, hahahay

    ReplyDelete
  9. Ini kalau pakai kentang lokal bisa ya. Mau coba ah

    ReplyDelete
  10. wah pastinya seru ya, aku sih belum eprnah ngikutin acara seperti itu, kuarng pede krn emrasa gak bisa masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sebenarnya kurang pede, tapi kadang suka penasaran ingin coba :)

      Delete
  11. Makasi mbaaaa, jadi punya ide baru buat bekal cemilan buat bumil :D

    ReplyDelete
  12. Baru tau yg namanya kentang Arab.. Kirain dari Arab. Hehehe...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...