Monday, January 18, 2016

Meminjam Buku Dari perpustakaan Jadi Mudah Dengan Aplikasi Ijak

“Kita baca buku yuk! Ummi mau pinjam buku ke persputakaan, banyak buku anak yang seru!”

Ajak saya sama Za dan Ra semalam, sebelum kita tidur. Za dan Ra langsung mendekati saya begitu saya memperlihatkan beberapa cover buku anak berwarna-warni di smartphone.

“Ijak itu apa mi?” Tanya Za.

Saya pun menjelaskan sama Za kalau Ijak itu perpustakaan digital. Kita bisa pinjam buku yang kita inginkan lewat smartphone dan mengembalikannya lagi setelah selesai dibaca. Sama halnya seperti saat kita datang ke perpustakaan biasa untuk meminjam buku.

Entah mengerti atau tidak apa yang saya jelaskan, Za dan Ra langsung tersihir dengan berbagai gambar menarik di smartphone saya. Saya bacakan ceritanya sambil memperlihatkan gambar bukunya sama Za dan Ra. Semalam kami meminjam buku anak berjudul Alice dan Cermin Ajaib. Buku setebal 60 halaman ini cepat sekali kami baca karena dalam 1 halaman hanya ada beberapa kalimat. Setiap halaman berselang seling antara text dan ilustrasi.



“Mi, kakak mau bikin kartu perpustakaan sekolah dong!”
“Ya udah, bikin aja. Tanya bu guru gimana caranya, ya?”

Tiba-tiba Za  bertanya seperti itu dan saya sarankan untuk bertanya sama gurunya. Lalu saya minta mereka tidur agar besok tidak kesiangan. Biasanya, saat hari libur baru saya bolehkan tidur larut. Walau masih ingin mendengar cerita dari buku digital yang kami pinjam, Za dan Ra menuruti juga apa yang saya katakan.

Kenapa Harus Repot Membaca?

Mm, kenapa ya? Karena membaca bisa bikin kita tahu. Karena buku adalah jendela dunia. Membaca itu memperkaya batin, seperti kata Gol A Gong dalam bukunya yang berjudul Menggenggam Dunia.

"..aku menemukan satu cara untuk memperkaya batin selain dengan membaca buku, yaitu dengan keluar dari rumah, melakukan perjalanan. Hasilnya, aku jadi banyak melihat, merasakan, bahkan mengalami"
Dalam buku yang sama, Gol A Gong mengutip Kuntowijoyo yang mengatakan bahwa kita bisa melawan mitos dengan ilmu pengetahuan, karya sastra, dan tentu saja agama. Ketiga hal tersebut diperoleh dengan membaca.


Gol A Gong mengalami cacat sejak usia 12 tahun. Tangannya diamputasi karena jatuh dari atas pohon. Membaca dan memperoleh banyak dari sebuah buku, membuatnya tampak normal seperti anak lain. Beliau keliling dunia karena ingin tahu tempat-tempat di dunia dari buku yang dibacanya. Beliau mendirikan Rumah Dunia, rumah tempat semua orang bisa belajar dengan gratis, karena kecintaannya pada dunia literasi.

Meminjam Buku Dari perpustakaan Jadi Mudah Dengan Aplikasi Ijak

Saya gak tahu, di dekat tempat tinggal saya ini ada tidak perpustakaan yang cukup lengkap. Kalau toko buku, Alhamdulillah ada. Di Giant dan Carrefour, pusat belanja yang Cuma 2 kali naik angkot dari rumah, biasanya ada area khusus buku. Bahkan sering juga saya menemukan buku diskon yang masih bagus-bagus. Seperti awal bulan ini, saya beli buku Temui Aku di Surga dan Kumpulan Dongeng Klasik Korea di Giant Bintaro dengan harga miring. Waduh, harta tak ternilai ini.


Kalau memang bukunya asyik, biasanya baru aja beli udah selesai lagi bacanya. Kumpulan Dongeng Klasik Korea saya bacakan sama Za dan Ra selama 3 hari aja, beberapa dongeng sebelum tidur. Sudah selesai buku yang baru, akhirnya balik lagi cari-cari buku lama. 

Kalau Za dan Ra sih biasanya gak bosan. Kadang, sayanya aja yang bacain pengen cerita yang baru yang akan memberi mereka pengalaman yang baru. Membeli banyak buku, jelas tak mungkin. Solusinya ya itu, pinjam ke perpustakaan.

Saya akui, mobilitas saya terbatas. Pertama, karena saya harus efisiensi. Naik angkot sekarang dengan dulu jauh lebih mahal. Kedua, saya punya balita yang kalau udah dzuhur pasti ngantuk dan minta dikeloni. Belum lagi anak SD yang kalau pulang sekolah harus disiapkan untuk les ngaji.


Maka saat beberapa teman blogger menulis status tentang aplikasi perpustakaan digital Ijak, saya pun tertarik untuk menginstall. Terus saya langsung jatuh cinta dan kalap dengan banyaknya buku yang bisa dipinjam. Hari Sabtu kemarin, saya sudah menyelesaikan satu buku setebal 300an halaman karya Gol A Gong berjudul Menggenggam Dunia. Buku ini menceritakan perjalanan beliau dalam mendirikan Rumah Dunia. Mau direview, eh kok saya udah terlanjur kembalikan bukunya.

Lumayan nih install ini, saya kayaknya gak akan kehabisan buku untuk diceritakan sama Za dan Ra. Buat yang mau mengikuti jejak saya jadi anggota Ijak dan pinjam buku di sana, begini kira-kira tahapannya.

  1. Install dulu Ijak. Buat android ini linknya: https://play.google.com/store/apps/details?id=mam.reader.ijakarta&hl=en
  2. Sign up dan isi data diri. Nanti data kita bisa dilihat anggota yang lain, bisa saling follow dan memberi komentar seperti aplikasi media sosial.
  3. Kalau mau pijam buku, pilih “Kategori Bacaan”. Nanti ada pilihan “Rekomendasi”, “Terpopuler”, “Terbaru” dan “Buku”.
  4. Kalau copy buku yang mau kita pinjam tersedia, kita bisa langsung mendapat copynya hanya dalam beberapa menit. Kalau copy bukunya gak ada, kita harus antri atau pinjam buku yang lain.
  5. Kalau mau dikembalikan, masuk ke “Riwayat Peminjam” dan klik tanda titik tiga di kanan bawah cover buku. Nanti ada pilihan “rekomendasi”, “bagikan” dan “kembalikan”.
Mudah kan, pokoknya gak pake ribet dan gratis. Kecuali koneksi internetnya ya bayar. Selamat mencoba aplikasi ini. Selamat bertualang dan menemukan penulis-penulis favoritmu!

14 comments :

  1. wah keren juga ada perpustakaan online. coba download dulu ah

    ReplyDelete
  2. Umi... Makasiiiih bnyk info nya, jadi semanagt banget nih penasaran ama buku bukunya. Nabil nizam pasti seneng bngt nih kaya kaka zaidan raisa.. Makasiiiih umi info nya

    ReplyDelete
  3. wah mau banget nich, instal IJak.

    ReplyDelete
  4. perpus digitalny boleh juga ni..memberikan kemudahan..

    ReplyDelete
  5. Mba, aku sempat donwload aplikasinya. Tapi belum sempat eksplore lebih. Nice info mba Kania :)

    ReplyDelete
  6. infonya bagus bannget nih, gak perlu capek2 ke perpustakaan tinggal klik aja ya, lgsung meluncur deh ke app store

    ReplyDelete
  7. wah lumayan nih aplikasi bisa gua download nih

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...