Friday, February 27, 2015

Jangan Sampai Ketinggalan 4 Hal Ini Saat Keluar Rumah



Jalan-jalan keluar rumah yang sering saya lakukan adalah belanja di tukang sayur atau minimarket, antar anak les mengaji, ke sekolah anak, ke pengajian, main ke rumah keponakan, ke bank, dan kadang ke supermarket. Jalan-jalan ke luar kota bisa dihitung dengan jari. Mungkin satu kali saja dalam setahun saat lebaran Idul Fitri.

Suatu hari, saya jemput Zaidan dari TPA (Taman Pendidikan Qur’an). Dengan keringat bercucuran di wajahnya, dia bertanya. “Umi bawa minum nggak? Hauuuus.” 

“Nggak. Kan ini bukan hari Jum’at” Jawab saya. Di TPA memang dianjurkan membawa snack dan minumnya pada hari Jum’at saja. Kasihan, Zaidan kehausan sekali. Pasti dia banyak bergerak saat bermain dengan teman-temannya sambil menunggu guru TPA datang.

Lain waktu saat saya jemput Zaidan lagi. Dia memgang segelas air mineral. Zaidan bilang, air ini dikasih bu guru. Bu guru bilang, sekarang boleh bawa air minum ke TPA setiap hari agar saat tidak kehausan, kata Zaidan lagi. Baiklah, kalau begitu.

Sekarang, kalau ke luar rumah yang akan menghabiskan waktu minimal satu jam, saya akan selalu membawa air minum dalam botol untuk anak-anak. Ini list pertama barang yang wajib dibawa saat jalan-jalan keluar rumah. Bahkan, saat main badminton di lapangan depan rumah yang jaraknya sangat dekat. 

Tubuh manusia terdiri dari 90% cairan. Cairan tubuh ini berperan penting dalam proses pencernaan, penyerapan dan transportasi nutrisi, sirkulasi darah, produksi air ludah dan mempertahankan suhu tubuh. Anak yang aktif bergerak akan segera kehilangan cairan yang keluar lewat keringat. Makanya mereka cepat merasa haus. 



List kedua, makanan atau snack untuk anak. Wah, yang ini sangat membantu saat saya harus ke rumah sakit, bank, pengajian. Waktu yang cukup lama bagi seorang anak untuk menunggu membuat mereka bosan dan lapar. Mm, orang dewasa saja kalau nunggu antrian bank kadang merasa lelah, apalagi anak-anak. Saya harus menyediakan lebih dari satu snack untuk berjaga-jaga. Lebih baik membawa dari rumah atau beli di minimarket terdekat agar hemat. Snack yang biasanya saya bawa buah-buahan, makanan kemasan, biskuit, roti dan yang lainnya.

Ketiga, handphone jangan sampai ketinggalan. Bukan untuk foto-foto, tapi untuk komunikasi. Dulu, saya termasuk orang yang cukup cuek dan super pelupa untuk membawa handphone keluar rumah. Kebiasaan buruk ini membuat orang lain kesulitan menghubungi saya dan menjadi marah. Ah maafkan, sifat pelupa ini tak saya kehendaki. Situasi super ribet dengan 2 anak kecil terkadang membuat satu dua hal terlupakan di benak. Saya pun berusaha memperbaiki diri dengan segera memasukkan handphone ke saku rok atau tas saat mau keluar rumah.

Keempat, uang sesuai keperluan. Uang yang saya bawa biasanya digunakan untuk naik angkot, membeli snack anak yang kehabisan, atau mencegat tukang jajanan yang dipengen hehe. Pernah nih saya tuh pengeeen banget asinan yang sering lewat depan rumah sore-sore. Suami juga suka asinan, jadi sekalian pengen menyenangkan dia. Tapi kok kelewat terus tukang asinan karena dari dalam rumah saya tidak mendengar bunyi lonceng yang dibunyikannya. Akhirnya ketemu juga sama tukang asinan yang dipengen saat antar anak les mengaji. Tapi ternyata uang yang saya bawa kurang, kurang 500 doang sih. Gak apa-apa, kata abang tukang asinan. Jadi malu. Ketika ketemu lagi, saya bayar hutang saya yang 500 rupiah. 

Itulah 4 barang yang sering dan wajib ada di tas saya saat keluar rumah. Kalau keluar kota, waaah tentu saja makin banyak bawaannya.

529 kata.







32 comments :

  1. air minum memang penting utk dibawa ya mak... dan receh, kadang memang suka diperlukan :)

    ReplyDelete
  2. Handphone dibawa bukan untuk foto2 hhahhahahaha ya mbak, hp nya tuk komunikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas..itu yg utama...foto2 selanjutnya :p

      Delete
  3. Uang dan gadget sih yang pasti ga boleh ketinggalan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa naik angkot kalo uangnya ga dibawa mak :p

      Delete
  4. Saya jarang bawa air minum dan camilan, hihi.. Lha keluar rumahnya aja sering2nya ke supermarket, ya udah di sana aja beli sekalian :D Paling hape sama dompet yang wajib mah :)

    ReplyDelete
  5. saya malah jarang bawa air putih dari rumah, lebih sering langusng beli di tempat soalnya males bawa di tas berat.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba berat..kalo bawa anak cepat abis airnya jd slain beli sy biasanya bawa jg..

      Delete
  6. di antara 4 itu, hp yg saya ga bisa lupa mba :D. Masalahnya kerjaan yg mengharuskan utk ttp online apalagi kalo si bos udh nelpon2 -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo udah menyangkut pekerjaan..memang HP jgn sampaiketinggalan ya mba :)

      Delete
  7. bawa uang itu penting ya mak... klo cmn pergi msh di dlm komplek, saya suka lupa bawa uang... tp suka ada aja tetangga yg tiba2 nawarin tomat dr kebun, atau gorengan, atau apa... akhirnya ngutang dulu hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh itu dia mak, padahal ga rencana belanja ya...

      Delete
  8. kalau disuruh pilih,penting ketinggala uang apa hp..hp deh,kalo ketinggalan g bawa uang bingung banget rasanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya pengalaman kayanya mba hanna ya..

      Delete
  9. Wah sama kita, harusbawa bekal air minum, snack

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya ada anak-anak ya mak...mereka cepat lapar dan haus

      Delete
  10. Sama dong Mak. rasanya kurang lengkap kalo kemana-mana gak bawa air putih. Selain alasan untuk menghemat tentunya :)

    ReplyDelete
  11. kalau saya sih yang penting dompet plus isinya dan hp, jangan sampai ketinggalan deh, repot soalnya kalau ketinggalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa gunanya dompet kalo ga ada isinya ya mba :D

      Delete
  12. yang pasti HP sama dompet gk boleh tertinggal

    ReplyDelete
  13. Hp jaman sekarang sudah menjadi alat vital ya.
    Rasanya kurang pede jika pergi ke mana-mana lupa bawa HP
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  14. sama , HP tetap ada dalam daftar ..

    ReplyDelete
  15. kalau bawa anak kecil, minuman sama camilan juga harus dibawa, ya. Repot kalau mereka mendadak haus atau lapar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, senjata andalan saat pergi2...

      Delete
  16. sama kayak Dija
    kemana mana bawa air minum sendiri

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...