Cara Membuat KTP Baru Untuk Pemula di Tangerang Selatan

 


Usia 17 tahun merupakan usia yang istimewa. Pada masa ini biasanya disebut sebagai masa transisi dari remaja ke dewasa. Di negeri kita, pada pada usia 17 tahun sudah boleh memiliki kartu tanda penduduk (KTP), SIM, tabungan dengan nama sendiri, sudah bisa mengikuti pemilihan umum, dan lain-lain. Artinya, sudah mulai dewasa dan mendapat tanggung jawab yang lebih besar. 


Untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk, kadang ada orang yang tak mau repot dengan menggunakan calo dan membayar sejumlah uang yang cukup besar. Padahal membuat KTP sekarang mudah sekali loh. Pengalaman membuat KTP anak di Kantor Kecamatan Tangerang Selatan prosesnya mudah dan gratis.


Area luar depan Kantor Kecamatan Ciputat



Begini tahapan membuat KTP baru untuk pemula di Tangerang Selatan. 


Tahap satu:


1. Datang sendiri ke Kantor Kecamatan Tangerang Selatan dengan membawa berkas fotokopi akte kelahiran dan Kartu keluarga yang bertanda tangan barcode Ketua Kecamatan. 


2. Mengambil nomor antrian dan mengisi formulir F. 102


3. Dipanggil dan melakukan perekaman oleh petugas. Kemudian petugas akan mengarahkan ke tahap dia untuk pencetakan KTP elektronik. 


Tahap dua:


1. Buka website https://rumahdukcapil.tangerangselatankota.go.id 

2. Pilih fitur MULAI PENDAFTARAN

3. Pilih CETAK KTP EL PEMULA DI KECAMATAN

4. Pilih KECAMATAN CIPUTAT (atau yang sesuai kediaman kita) 

5. Isi data dengan benar dan pilih jadwal cetak

6. Bagian bawah, pilih UPLOAD PERSYARATAN. Untuk tambah foto, pilih TAMBAH FOTO. Pilih jenis persyaratan dan Isi nama/nomor dokumen dengan angka 1,2,3,dan seterusnya. Upload foto formulir F1. 02, KK dan tanda bukti perekaman, dan isi kode verifikasinya. 

7. SIMPAN, jangan lupa screenshot atau catat nomor registrasi nya. 

8. Cek berkala status pengajuan cetak KTP di menu PENGECEKAN STATUS dengan memasukkan nomor registrasi. Jika status diterima, datang ke kecamatan dengan membawa fotocopy KK, formulir F102, tanda bukti perekaman. Bisa diwakilkan asal masih 1 KK. 


Kamu sendiri dapat jadwal mengambil KTP cetak dua hari setelah perekaman. Terhitung cepat dibandingkan pelayanan KTP sebelumnya. 


Oh ya, petugas juga menyarankan untuk menginstall aplikasi IKD (Identitas Kependudukan Digital) untuk yang sudah melakukan perekaman KTP-EL. Dimana di aplikasi tersebut semua data digital seorang penduduk akan tersimpan sesuai NIK, seperti data KTP digital, BPJS, dan lain-lain. 


Saat menginstall aplikasi IKD, diminta memasukkan barcode yang hanya bisa didapatkan di gerai Dukcapil. Jadi, jika tidak membawa handphone bisa datang kembali ke gerai Dukcapil untuk meminta barcode untuk akses masuk IKD. Gerai Dukcapil tidak hanya ada di kantor kecamatan tapi juga di mall-mall tertentu. Untuk Tangsel, gerak Dukcapil ada di Mall Living World, Teras Kota, Bintaro plaza dan Pamulang Square. 





Nah, buat anak-anakku yang mau buat KTP semoga bermanfaat ya informasinya. Selamat menjalani hari baru dengan penuh optimistis! 




Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan