Ingin Baca Buku Tapi Sekarang Serba Mahal, Gimana Ya?

Buat yang senang baca buku dan sudah merasakan banyak manfaat baca buku, buku adalah harta yang ternilai. Mungin bagi mereka, lebih baik membeli buku daripada jajan makanan. Tapi dengan keadaan ekonomi sekarang dimana harga bahan bakar minyak naik dan mempengaruhi kenaikan barang lain, realistiskah untuk membeli buku?

Untuk yang sudah punya keluarga seperti saya, mungkin harus berfikir lama dahulu sebelum membeli sebuah buku. Kecuali buku pelajaran ya, apapn akan diusahakan agar terbeli karena untuk kebutuhan anak belajar di sekolah. 

Tapi tak ada masalah yang bisa disiasati kok. Kita kan manusia yang diberi akal dan pikiran oleh Allah SWT untuk berfikir. Saat ingin membaca buku dan tak mampu beli atau dana terbatas, kita bisa melakukan hal berikut:

1. Baca buku di perpustakaan

Baca buku di perpustakaan dong jika ingin baca buku baru tapi dana terbatas. Di tiap daerah pastilah ada perpustakaan. Memang tetap butuh dana untuk mendaftar sebagai anggota atau untuk transportasi menuju perpustakaan, tapi setidaknya tetap bisa baca banyak buku tanpa perlu membeli. 

2. Barter

Cara barter juga bisa dilakukan jika kita ingin memiliki sebua buku yaitu dengan menukar barang yang kita miliki dengan sebuah buku yang diinginkan. Barter bisa dilakukan dengan teman yang kita kenal atau komunitas barter. Ada kok komunitas barter yang memang tujuannya baik untuk saling memudahkan urusan orang.


buku bekas


3. Baca buku online

Baca buku online lewat aplikasi perpustakaan online atau aplikasi lain yang sejenis seperti Ijak, Storytel, dan sebagainya. Memang ada yang butuh biaya langganan tapi biasanya tidak besar. Tapi kalau saya tetap lebih enak baca buku pakai buku yang dicetak, karena saya usianya udah bertambah jadi kalau lihat layar handphone lema-lama suka pusing. Anak-anak pun kalau lama-lama menatap layar gadget kurang bagus untuk kesehatan mata. Terbukti nih, anak saya setelah pembelajaran online berlangsung harus pakai kacamata karena minus matanya.

4. Beli buku bekas

Buku bekas biasanya harganya lebih terjangkau dibanding buku baru. Kita bisa mendapatkan buku bekas secara offline di toko-toko buku bekas di pasar maupun di toko buku bekas online. Hati-hati tapi ya jangan membeli buku bajakan kalau bisa mah untuk menghargai para penulis yang sudah cape-cape mentransfer ilmunya melalui sebuah buku.

Comments

  1. asyik nih kalau bisa ikutan komunitas barter gitu ya, kita jadi bisa saling tukar bacaan dengan teman ya.
    baca buku online juga gak kalah serunya kok dibanding baca buku fisik ya walau emang sensasi baca buku fisik itu lebih dapat sih feelnya tapi kalau keadaan sedang tidak memungkinkan untuk beli buku baru namun tetap ingin baca buku ya dinikmati aja dulu yang bisa dijangkau :)

    ReplyDelete
  2. Bener banget. Ada banyak cara untuk bisa membaca buku tapi dana untuk beli buku baru mepet. Cara yang dipilih harus yang bebas dari bajakan ya. Karena baca buku bajakan itu nggak asyik.

    Kita bisa baca buku di perpustakaan online atau offline. Atau pinjam buku temen yang kebetulan punya. Itu kan lebih asyik. Jadi bisa sosialisasi juga sama teman.

    ReplyDelete
  3. Baca buku secara online atau ke perpustakaan jadi langkah bagus sih.
    Apalagi ke perpusnas Jakarta, yang bisa skalian healing juga hehe

    ReplyDelete
  4. Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara juga untuk bisa membaca buku. Terima kasih tipsnya kak.

    ReplyDelete
  5. Baca ini kok yo tersentil akunya
    Dulu rajin banget baca buku, tiap bulan selalu menyisihkan sedikit uang untuk beli minimal satu buku. Sekarang, duuuh... kebanyakan main gadget hiks
    Sepertinya harus mulai rutin bertualang ke perpustakaan atau toko buku lagi nih

    ReplyDelete
  6. Beberapa kali aku beli buku online untuk dapet harga lebih murah. Kemarin sempat juga tuker tukeran buku dengan temen yang punya koleksi buku yang pengen aku baca. Oh ya... perpusda juga dong hehehe

    ReplyDelete
  7. Buat aku baca buku itu harus karena membuka wawasan kita tentang sesuatu hal, aku juga ajarkan ke anak, baca buku walau sedikit sedikit, selama ini baca bukunya di perpus tapi kalau barter belum pernah coba, jadi tertarik deh beli buku bekas online.

    ReplyDelete
  8. Paling nikmat dan paling senang itu kalau bisa baca buku di perpustakaan. Sayang banget jaraknya kadang jauh dari rumah. Sejauh ini belum bisa menikmati buku online masih suka baca buku aslinya.

    ReplyDelete
  9. aku pernah melakukan semuanya nih! Perpus, swap book, bahkan rental buku, pake storytel dan beli buku bekas! semuanya menyenangkan

    ReplyDelete
  10. Duluu jaman masih sekolah sukaa beli buku bekas entah buku pelajaran atau buku bacaan biasanya di belakang sriwedari Solo.
    Jadi kangen masih ada gak yaa yg jualan buku bekas sekarang...

    Jaman serba online sekarang toko buku bekas online ada, jadi penasaran pengen cobain bisa titip jual juga ga ya. .

    ReplyDelete
  11. Aku kàlàu pengen baca tapi lagi rnggam ada duit ya buku baca buku online yang gratis.

    ReplyDelete
  12. Nah, bener. Di zaman sekarang, tak ada lagi alasan untuk tidak membaca buku karena harga buku mahal. Kita bisa kok pinjam buku di perpustakaan, atau akses perpustakaan online (pinjam buku online di perpusnas). Selain itu, lapak buku second juga banyak dan bukunya biasanya juga masih bagus-bagus

    ReplyDelete
  13. Di zaman sekarang ga ada alasan lagi ya gak bisa baca buku karena buku mahal. Banyak akses terbuka lebar untuk bisa baca buku secara gratis, bahkan sudah tersedia aplikasi baca buku dari yang gratis sampe berbayar. Setuju banget dengan tulisan ini

    ReplyDelete
  14. Aku sendiri Krn lebih suka baca buku fisik, jadinya pilihanku beli buku bekas di toko yg aku udh percaya banget mbaa. Apalagi koleksinya lengkap. Banyak buku fav ku dia ada.

    Trus cara lain, di bbrp titik Jakarta, dan Deket rumah ada bookhive, di mana banyak buku yg bisa kita pinjam. Atau kalo mau donasiin buku2 kita yg ga mau dibaca lagi, bisa taro di sana. Jadi win win solution sih. Buku2 yg aku memang ga suka, bisa aku taro di situ, dan aku juga bisa pinjam buku yg aku anggab menarik. Lebih murah.

    Dipikir2 aku udh lama bgt ga beli buku baru 😂.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan