Pengalaman Anakku Menerbitkan Komik Anak di Ihsan Media


Yeay, alhamdulillah, akhirnya yang dinanti tiba. Buku Comic Junior 2 telah terbit beberapa waktu lalu. Comic Junior 2 adalah buku komik anak dengan tema "Bersyukur pada Allah SWT". Buku ini berisi berbagai cerita komik anak yang ditulis oleh anak-anak dari seluruh Indonesia. Salah satu komikusnya adalah anak saya.

Comic Junior 2 merupakan proyek buku komik anak dari Penerbit Ihsan Media. Ihsan Media ini adalah penerbit yang sudah banyak menerbitkan buku anak, buku-buku Islam, buku dakwah, dan lain-lain. Menurut Kak Sigit dari Ihsan Media, Ihsan Media ingin memberi wadah berkarya untuk anak-anak yang berbakat melalui proyek komik anak yang diberi nama Comic Junior. Dengan proyek ini juga diharapkan lahir komikus yang selain menghasilkan karya juga memberi pesan yang baik pada pembacanya.

Sebelum Comic Junior 2, terlebih dulu sudah terbit Comic Junior 1. Ada beberapa komikus anak di Comic Junior 1 yang ikut lagi pada buku Comic Junior 2. Anak saya sih baru ikut di Comic Junior 2.


comic junior 2
Sumber: Ihsan Media



Awal mulai anak saya ikut proyek ini adalah ketika saya sering lihat iklan Comic Junior 1 di media sosial Penerbit Ihsan Media. Kebetulan, saya punya toko buku online dan menjadi salah satu reseller buku-buku terbitan Ihsan Media. Wah, kebetulan, saya lihat anak saya suka sekali menggambar. Bisa nih ikut proyek ini. Setelah saya obrolin sama anak saya, dia mau ikutan proyek Comic Junior 2 dari Penerbit Ihsan Media.

Begini kira-kira tahapan prosesnya dari pendaftaran sampai bukunya terbit.

1. Pendaftaran (akhir tahun 2020, kalau tak salah)

2. Seleksi. Dari banyak yang mendaftar, Penerbit Ihsan Media menyeleksi komikus anak dengan meminta mereka menggambar komik hitam putih sebanyak 2 lembar.

3. Setelah masuk gambar komik dari anak yang daftar proyek Comic Junior 2, dipilih beberapa komikus anak yang lolos seleksi.

4. Diadakan workshop untuk peserta yang lolos seleksi agar naskah komik sesuai standar penerbitan. Workshop berlangsung 3 pertemuan (kalau tak salah) bersama narasumber yang sudah berpengalaman, yaitu Kak Ipot. Karya Kak Ipot salah satunya adalah animasi Didi & Friends.


menerbitkan komik anak di ihsan media



4. Mulai menulis naskah komik. Disini proses seleksi berlangsung lagi. Anak yang bisa menulis komik sesuai standar penerbit dan dapat menyelesaikan komik sesuai tenggang waktu berarti karyanya akan dimasukkan ke dalam buku Comic Junior 2. Untuk Comic Junior 2 ini anak saya diminta menggambar komik hitam putih minimal 10 halaman. Untuk naskah boleh dibantu orangtua, namun untuk komiknya harus dibuat oleh anak.

5. Hasil karya komik anak dikumpulkan dan komiknya diedit oleh editor dari Penerbit Ihsan Media, lalu menunggu&u jadwal terbit. Dan alhamdulillah Comic Junior 2 telah terbit awal Oktober 2021!

menerbitkan komik anak di ihsan media


menerbitkan komik anak di ihsan media



Prosesnya memang lama karena anak-anak terbentur dengan kegiatan dan tugas-tugas sekolah, bahkan ada yang mondok di pesantren. Waktu membuat komik, anak saya masih kelas 8 dan komiknya terbit saat ia sudah di kelas 9. Mood anak juga suka berubah jadi memang ada kelonggaran dari penerbit Ihsan Media mengenai deadline pengerjaannya.

Dengan ikut proyek Comic Junior 2 ini jadi pengalaman yang menyenangkan buat anak saya karena bisa mempunyai satu karya buku komik anak, bahkan penghasilan jika penjualan komiknya bagus. Saya sendiri tak bermaksud menerjunkan anak pada industri ini. Bagaimanapun, pendidikannya tetap yang utama. Masih jauh perjalanan hidupnya. Saya hanya ingin memberikannya pengalaman dan pengetahuan tentang membuat buku komik anak, bahwa komik bisa jadi jalan bagi kita menyampaikan suatu pesan yang baik (dakwah). Dan Ternyata menerbitkan buku komik anak tak mudah loh, butuh proses yang wow bikin puyeng dengan mood yang selalu berubah, apalagi untuk anak seusia SMP yang harus mengikuti standar penerbit.


menerbitkan komik anak di ihsan media
karya anak saya

menerbitkan komik anak di ihsan media



Nah, buat orangtua yang ingin anaknya ikut proyek Comic Junior 3, silahkan kunjungi Media sosial Ihsan Media untuk mengikuti update beritanya. Jangan lupa dibeli dulu Comic Junior 2 nya yah hehe, bisa lewat saya, biar ada gambaran membuat komiknya.

Comments

  1. Kerennn bangett bisa lolos proyek komik.. sukses terus buat anaknya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro