5 Gejala Asam Urat yang Paling Sering Muncul


Setiap penyakit pasti akan menimbulkan gejala, namun sering kali tubuh tidak menyadari akan gejala yang sudah ditunjukkan tersebut. Oleh sebab itu mengenali tubuh sendiri ini sangat penting sehingga jika ada yang tidak beres atau tidak nyaman dengan kondisi tersebut Anda akan segera tahu. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah asam urat. 

Asam urat saat ini tidak hanya menyerang orang tua saja, namun juga bisa menyerang anak-anak. Penyebabnya adalah genetik dan juga lifestyle yang buruk. Selain itu yang menyebabkan kadar asam urat tinggi adalah mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi sehingga menumpuk di bagian sendi. Jika dibiarkan akan menyebabkan penderitanya tidak bisa bergerak secara permanen. Agar waspada dengan penyakit asam urat tersebut, simak gejala asam urat yang paling sering muncul berikut ini:

5 Gejala Asam Urat yang Paling Sering Muncul
 

Nyeri Sendi

Hal pertama yang menjadi gejala asam urat adalah mengalami nyeri sendi. Yang namanya nyeri sendi ini sangat tidak nyaman dan tidak mengenakkan sekali. Nyeri sendi tersebut diakibatkan oleh penumpukan zat purin. Agar nyeri sendi tidak bertambah parah Anda harus mengonsumsi obat penurun kadar asam urat agar kadarnya menjadi normal kembali. Meski begitu nyeri sendi ini tidak hanya disebabkan oleh asam urat saja namun juga bisa disebabkan oleh beberapa masalah seperti gangguan otot, peregangan yang ekstrem, dan lain sebagainya. Pada penderita asam urat, nyeri sendi tersebut akan dibarengi dengan gejala-gejala lainnya.

Rasa Terbakar dan Kemerahan

Zat purin yang terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan rasa terbakar dan kemerahan. Jika Anda tiba-tiba merasakan ada bagian tubuh terasa panas dan terasa terbakar bisa jadi Anda menderita asam urat. Rasa panas ini juga akan Anda rasakan pada bagian sendi yang terdapat tumpukan zat purin tersebut. Tumpukan zat purin ini juga akan menyebabkan peredaran darah kurang lancar sehingga rasa panas itu akan muncul. Selain itu pada pagi hari dan saat malam hari sendi juga akan terlihat kemerahan.

Rasa Sakit pada Waktu Tertentu

Asam urat akan menghalangi aktivitas Anda, sehingga produktivitas akan menjadi menurun. Gejala asam urat yang paling sering muncul dan bisa dideteksi adalah Anda akan merasakan sendi terasa sakit pada saat malam hari dan menjelang pagi hari. Hal ini akan membuat Anda tidak akan bisa produktif selama waktu-waktu tertentu. Rasa sakit yang akan dialami tersebut berkurang pada saat siang hari dan sore hari. Oleh sebab itu jika Anda merasakan gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter dan cek kadar asam urat di dalam darah agar aktivitas Anda menjadi tidak terganggu.

Sendi Terasa Keras

Zat purin merupakan zat yang ada di dalam makanan tertentu sehingga jika zat tersebut berlebihan di dalam darah akan menumpuk pada sendi. Tanda jika Anda membiarkan zat purin terlalu lama menumpuk di dalam tubuh adalah sendi akan terasa keras. Sendi yang pertama kali diserang adalah jari-jari kaki. Anda bisa menekan sendi tersebut jika ada benjolan yang keras dan terasa sakit maka itu merupakan kristal dari zat purin yang mengeras. Fungsi sendi sendiri sebagai poros anggota gerak sehingga jika sendi tersebut terganggu maka pergerakan manusia juga akan menjadi terganggu.

Mencegah Asam Urat Bertambah Parah

Agar penyakit asam urat tidak bertambah parah hal yang bisa Anda lakukan adalah menghindari makanan yang akan menyebabkan asam urat bertambah parah. Makanan yang bisa menyebabkan penyakit bertambah parah adalah jeroan. Jeroan ini menjadi pantangan bagi penderita asam urat dan juga kolesterol. Jeroan berasal dari berbagai macam daging hewani seperti ayam, sapi, kerbau, dan lain sebagainya.  Selain itu agar tidak bertambah parah penting bagi Anda untuk tidak mengonsumsi daging sapi merah. Bagi penyuka daging Anda bisa menggantinya dengan daging ayam atau kalkun.

Asam urat merupakan penyakit yang tidak boleh dianggap enteng. Alasannya penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi berupa batu ginjal. Jika tidak diatasi asam urat ini pun akan menyebabkan kelumpuhan akibat kerusakan sendi yang ekstrem. Oleh sebab itu pahami gejala penyakit asam urat secara dini agar tidak bertambah parah dan mendapatkan penanganan dengan segera.

Comments

  1. Aku juga prnh asam urat krn makan kacang mbak, jd saya ngak prnh lagi makan kacang-kacangan.

    ReplyDelete
  2. aih mak,diriku gak sadar kena asam urat.Jempol kaki bengkak tiba-tiba seperti gambar. kukira keseleo ternyata asem urat hiks hiks hiks 🤧

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan