Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro


Beberapa hari ini saya lagi pusiiiing banget  memikirkan biaya masuk sekolah anak SD. Memang saya dan suami memutuskan untuk memasukkan anak ke sekolah swasta Islam dengan pertimbangan tertentu. Salah satunya ingin memberikan lingkungan yang baik dan pendidikan agama sejak dini kepada anak. Resikonya, sekolah swasta lebih mahal daripada sekolah negeri.

Berikut saya mencoba merangkum informasi yang daya dapat dan mungkin bermanfaat buat sahabat orangtua yang sedang mempertimbangkan sekolah buat anak. Menjelang akhir tahun ini, biasanya sekolah swasta membuka pendaftaran untuk tahun ajaran berikutnya.

1. Sekolah Auliya

Ini sekolahnya kakak Za sekarang. Sekolah yang mengedepankan akhlak islami ini terletak di Jalan Raya Jombang Ciledug, Tangerang Selatan. Anak-anak perempuan yang sekolah di sini wajib berhijab. Karena kakak Za udah dari TK di sini, jadi lingkungannya udah familiar. Tapi setiap tahun biaya sekolahnya naik. Tahun ini saja biaya masuk SD sekitar 27,5 juta untuk gelombang 1, dan 30,5 juta untuk gelombang 2. SPP per bulan sekitar 1 juta lebih dan pembelian formulir pendaftaran 350 ribu rupiah.

Saya pun harus mempertimbangkan, apakah adidk Ra akan sekolah di sekolah yang sama dengan kakak Za atau tidak.



2. Sekolah Amalina

Ini juga sekolah berkonsep islami di daerah Pondok Aren, Tangerang Selatan. Saya dapat rekomendasi dari tetangga yang sekolah di sini, jadi sedikit banyak ada gambaran tentang sekolahnya. Walau sekolah islam, tapi anak-anak tidak wajib berhijab. Kuota penerimaan murid SD juga terbatas karena mengutamakan murid yang TK nya dari sekolah Amalina. Biaya di sekolah ini lebih murah yaitu sekitar 19 jutaan, SPP per bulan 760 ribu, dan uang kegiatan per tahun sekitar 250 ribu.


3. Sekolah Almuallafah

Sekolah ini dulunya bernama Sekolah Al Azhar Syifa Budi dan terletak di daerah Pondok Pucung, Bintaro, Tangerang Selatan. Biaya masuknya sekitar 16 jutaan, SPP per bulan sekitar 925 ribu, seragam sekitar 915 ribu, dan formulir pendaftaran sebesar 350 ribu.




4. SDIT Bintang

Sekolah ini walaupun masih di daerah Tangerang Selatan, cukup jauh dari rumah. Lokasinya ada di Cluster Eldora 2 Blok I1 Nomor 29A, Pakujaya, Serpong Utara. Sekolah ini masih relative baru. Biaya maasuknya sekitar 7 juta, SPP per bulan sebesar 400 ribu, biaya seragam 500 ribu, uang kegiatan 2,2 juta, dan formulir pendaftaran sebesar 250 ribu.

5. SDIT Baitul Maal

Sekolah ini dibina oleh para alumni STAN. Lokasinya pun terletak di lingkungan kampus STAN, Bintaro. Sayangnya, kuota penerimaan murid baru SD terbatas karena mengutamakan yang TKnya dari sekolah yang sama. Menurut informasi seorang teman, biaya masuk sekolah ini sekarang sekitar 21 juta, SPP mendekati 1 juta, biaya tahunan 1,5 juta.



6. SDIT Abu Dzar

Sekolah ini bermanhaj salafi. Biaya masuknya sekitar 8 juta dan SPP per bulan sekitar 400 ribu rupiah.



7. Sekolah Alam Bintaro

Ini sekolah dimana saya pernah mengajar, lokasinya di daerah Pondok Pucung Bintaro. Sebenarnya, tertarik juga ingin memasukkan adik Ra ke sini karena menurut hasil tes psikologi, kinestetik Ra lumayan menonjol. Cocok lah kalau di sekolah alam, bisa tersalurkan potensi kinestetiknya. Tapi ternyata tahun ini biaya masuknya juga lumayan tinggi yaitu sekitar 22 juta, SPP per bulan 1 juta, biaya parenting 1 juta, dana tahunan 3 juta, seragam hampir 700 ribu dan buku bahasa inggris sekitar 200 ribu lebih.



Itulah sedikit informasi yang saya dapat dan sampai sekarang saya belum memutuskan akan kemana adik Ra akan bersekolah.

Comments

  1. tiap tahun naik ya ...di sekitaran pamulang ciputat juga sekitar segitu kalau sd Islam

    ReplyDelete
  2. Niaa, aku sedih baca postingan ini...jauuh banget dari kemampuan kami euy. That's why salah satunya kenapa kami memilih homeschooling. Insha Allah Nia dimampukan Allah untuk menyekolahkan anak2 di salah satu sekolah ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Afwan mba Ifa..boleh share homeschooling biayanya berapa memang? Aku mau cari guru untuk belajar Alquran untuk anak2 tp yg biayanya sesuai kemampuan nih. Kalau boleh info homschool ke email suamiku gusnawannurman@gmail.com jazakillah khair.

      Delete
    2. Mau juga mba kalo ada info guru alquran untuk anak2 di rumah,, tolong email ke tirta_aoi@yahoo.co.id, terima kasih 🙏

      Delete
  3. kebetulan suami tahun depan mau pindah tugas daerah bintaro, save dlu ya nanti biar bisa diobroln sm suami

    ReplyDelete
  4. Hmmm.. aku sendiri blm nentuin mau msk mana si kaka nanti mbak.. papinya udh mulai cek bbrp sekolah di rawamngun sih.. tp kita memang blm trlalu tanya2 harga.. cm spertinya kalo daerah timur ga semahal daerah selatan sih mbak..

    ReplyDelete
  5. Aku pun baru survei TK swasta di Depok mba dan biayanya juga udah tinggi, pdahal TK yaaa.. Semoga dpt sekolah sesuai keinginan ya Mba Nia.. :)

    ReplyDelete
  6. Mahal banget ya mbak... Di Jogja udah bisa masuk kuliah..☺ Untuk SD swasta favorit klo di sini masih kisaran 5-15 jutaan mb untuk masuk awal. Klo mau lebih ekonomis, ke SD negeri... Tapi mmng bekal ilmu agamanya kurang...

    ReplyDelete
  7. Busyettt, mahal amat sih mba, kalo mau murah ya di SD negeri ya teh,... Tapi harga mahal, pasti sebanding dengan kualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, di swasta biasanya suasananya enak, belajar dibuat menyenangkan trus perkelas ga terlalu banyak murid. jadi mahal

      Delete
  8. wah banyak juga pilihannya ya..kami juga niatnya semua anak sdnya harus SDIT....mudah2an ketemu yang cocok ya buat Ra ya ..

    ReplyDelete
  9. kok ada gambar cincau nya di pojok kanan atas teh?

    ReplyDelete
  10. Info list n review yg brguna, krn sya thun ini juga lgi cari2 sd islam skitr bintaro. Tks. Btw akhirnya jdi masuk sd mana utk Ra, mba?

    ReplyDelete
  11. mau tanya di antara sekolah-sekolah yang sudah disurvei diatas (auliya, annisadan baitul maal) mana yang lebih baik ya mba dalam metode pengajaran dan hasil lulusannya? klo sd al azhar bintaro bagaimana mba ?

    ReplyDelete
  12. Mbak kalo auliya tiap tahun ada uang kegiatan ya?

    ReplyDelete
  13. Ya sallam masuk sekolah yang berkualitas aja maal banget ya mba, anakku masuk negri aja lah klo gtu T_T

    ReplyDelete
  14. Kalau Al Azhar Bintaro SDnya gmn ya kira2?

    ReplyDelete
  15. Lagi iseng browsing biaya sekolah swasta. Eh nemu ini. Mahal banget ya Mbak SDIT di Bintaro. Masih murahan daerah Bekasi sepertinya.

    ReplyDelete
  16. Tahun 2020, kak Hana baru masuk SD. Sudah browsing cari SDIT yang terjangkau. Ada SDIP Darussalam di jalan H.Biru Pondok Aren, SDIT Matahari Jurangmangu Barat. Ini sedang kami check biayanya. Cari yg sedikit murah ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sudah dapat harga yg aga murah, info2 ya bu, saya juga rencananya tahun depan mau masukin anak saya ke SDIT...Aamiin

      Delete
  17. Kalau di sekolah alam madinah jelupang, untuk uang masuk SDnya gelombang pertama sekitar 12 jutaan. Bulanan 850rb. Uang kegiatan 1,7

    ReplyDelete
  18. Mau tanya sekolah islam untuk anak ABK agak aktif dimana yaa? Biayanya brp? Saya nyari yg terjangkau dan bisa diterima dg kondisi anak saya. Sedih kalo inget udah bayar mahal (menurut saya) eh disekolahnya ngeluarin anak gitu baru 1th sekolah di daerah pertukangan 😥 (anak dianggap menganggu)

    ReplyDelete
  19. di bintaro juga ada homeschooling kak seto ternyata daerah pondok arennya, dan lumayan bagus... pernah ikut trial nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan