Mempersiapkan kedatangan Si Buah Hati


Memiliki buah hati adalah salah satu hal yang diidamkan dan menjadi tujuan bagi pasangan yang sudah menikah. Karena seorang anak bisa meneruskan keturunan orangtuanya dan menjadi sumber kebahagiaan tersendiri bagi orangtua. 

Namun, kadang-kadang untuk mendapatkan keuturunan tidak semudah membalik telapak tangan. Ada orang yang berusaha mati-matian untuk hamil. Sebaliknya ada juga yang mudah sekali untuk mengandung karena suburnya Rahim.

Nah, sekarang saya mau berbagi tentang pengalaman seorang ibu dalam mempersiapkan kehamilan dan bagaimana ia menjalani berbagai hal agar tetap sehat selama hamil. Dia adalah mbak Dwi Puspita, seorang ibu rumah tangga sekaligus momblogger. Putranya belum genap setahun, jadi pasti lagi sibuk-sibuknya mengikuti perkembangan si buah hati.

Dwi Puspita
Momblogger asal Surabaya, mbak Dwi Puspita


Mbak Dwi pernah bekerja di perusahaan swasta selama 1 tahun, kemudian menjadi pegawai pemerintah di Kota Surabaya selama 4 tahun. Mbak Dwi juga merupakan Angkatan 2007 di Jurusan Statistika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Mbak Dwi suka jalan-jalan dan kuliner. Kuliner yang paling ia suka adalah bakso dan minum kopi. Mbak Dwi  seorang penyanyang binatang juga, terutama kucing. Dari kecil sampai sekarang hidupnya selalu dikelilingi dengan kucing.

Setelah menikah, Blogger Surabaya ini sempat ‘kosong’ selama 2 tahun 9 bulan. Karena kerinduannya akan hadirnya anak, mbak Dwi dan suami melakukan beberapa program kehamilan. Berikut ini adalah program kehamilan mbak Dwi dan suami yang saya ambil dari blog mbak dwi di www.dwipuspita.com. Blog tersebut dikelola sendiri sama mbak Dwi dan banyak menceritakan tentang curhat, kehamilan, review, jalan-jalan, kuliner, event, dan kontes lomba. 

  1. Minum susu persiapan kehamilan.
  2. Konsumsi madu, khususnya madu penyubur kandungan.
  3. Konsumsi kurma, terutama kurma muda yang baik untuk Rahim.
  4. Pengobatan alternative dengan dipijat. Pastikan bagian tubuh kita tidak ‘diobok-obok’ secara ekstrim oleh tukang pijat, karena khawatir malah terjadi kesalahan yang membuat fatal.
  5. Minum jamu/ramuan dari tukang pijat.
  6. Konsumsi jeruk. Mbak Dwi tiap hari konsumsi jeruk sebanyak 1 kg untuk mempersiapkan Rahim yang sehat.
  7. Cek kesuburan di laboratorium dan dokter. Cek kesuburan berupa cek sperma dan konsultasi masa subur. Pengecekan sperma penting untuk mengetahui kualitas sperma suami dan kapan saatnya sel telur harus dibuahi.
  8. Konsumsi kecambah dan kacang-kacangan, yang baik untuk kesuburan.
  9. Konsumsi brokoli dan salmon. Katanya brokoli dan salmon dipercaya baik untuk program hamil Mungkin karena kandungan gizinya yang istimewa.
  10. Doa dan sedekah. Jangan berhenti berdo'a dan meminta kepada Allah, karena Allah lah yang Maha Pemberi Rezeki. Memintalah kepada Allah, manusia hanya berusaha dan Allah lah yang menentukan semuanya. bersedekah dapat membantu kita dalam segala hal, selain sedekah itu mensucikan harta kita. 
tips hamil
viva.co.id

Alhamdulillah, setelah 2 tahun 9 bulan dalam masa penantian, mbak Dwi mendapat kabar bahagia dengan datangnya si buah hati dalam perut. Selama hamil, mbak Dwi tetap rajin konsumsi susu kehamilan, madu, sayur dan buah. Madu untuk ibu hamil bermanfaat untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Sedangkan untuk jenis makanan seperti biscuit dalam kemasan, mbak Dwi sebisa mungkin tidak berlebihan dalam mengonsumsinya karena biasanya biscuit kemasan mengandung gula berlebih dan zat pengawet.

Mbak Dwi tidak mengalamai kesusahan makan saat hamil istilahnya hamil kebo. Mbak Dwi juga sangat suka makan seafood selama hamil. Bidan yang memeriksa mbak Dwi bilang, tidak apa-apa memakan seafood selama hamil. Namun pastikan makanan tersebut dimasak dengan benar dan benar-benar matang, serta dianjurkan konsumsi ikan yang tinggal jauh dari permukaan laut seperti ikan tongkol. Karena dikhawatirkan ikan yang hidup di permukaan air laut mengandung merkuri yang berbahaya untuk manusia.

senam hamil
Mbak Dwi mengikuti senam hamil untuk persiapan melahirkan

Mbak Dwi rajin control kandungan ke dokter dan melakukan USG untuk melihat kondisi bayi. Senam hamil juga dilakukan mbak Dwi saat kandungan menginjak usia 35 minggu. Senam hamil dilakukan agar otot-otot lentur dan mudah pada saat akan melahirka. Tak lupa, mba Dwi juga mempersiapkan keperluan si kecil berupa pakaian bayi. Tips dari mbak Dwi dalam memilih pakaian bayi adalah bahannya halus dan lembut, motif yang lucu dan berwarna-warni agar bayi selalu ceria, dan tak harus mahal.

Sahabat Za dan Ra, ingin dapat info kehamilan lainnya? Silahkan kunjungi blognya mbak Dwi Puspita ya. Atau, follow media sosialnya jika ingin tahu info terbaru dari lifestyle blogger ini.

Facebook: Dwi Puspita
Instagram & twitter: @dwi_puspita

Comments

  1. Terima kasih banyak atas ulasannya mbak...
    Semoga ibu2 yg program kehamilan selalu berpikir positif agar selalu menjaga moodnya...bahagialah selalu ibu2 promil dan ibu hamil

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak Dwi, semoga sehat dan bahagia terus sekeluarga

      Delete
  2. Kebetulan saya lagi program hamil, terima kasih infonya mba

    ReplyDelete
  3. sudah di persiapkan semuanya ya mbak,.. semoga proses kelahirannya lancar ..

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah ikut seneng, selamat ya... tfs Mak^^

    ReplyDelete
  5. Wah enak sekali blognya bisa direview di sini! Disamping usaha, yang jelas kita tetap berdoa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ini program arisan link (tukeran link) dari grup Blogger Perempuan

      Delete
    2. Wah,enak ya kalo ikut komunitas, banyak kegiatan positifnya...

      Delete
  6. Baru tau kalo Kurma bagus untuk kehamilan mba, nice sharing :)

    ReplyDelete
  7. Kirain Mbak Dwi td hamil lg, ternyata kisah kehamilan pertamanya to hehe

    ReplyDelete
  8. Td pas liat judulnya..tak kira raisa mo punya adek mbak.. 😊 ternyta mb dwi puspita..

    ReplyDelete
  9. baca judulnya kirain mba Kania lagi hamil heuheu

    ReplyDelete
  10. thanks mbak nambah" pengetahuan kaum bapak

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah