Posts

Showing posts from 2017

Musim Hujan Datang, Waspada Banjir

Image
Menurut BMKG ( Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), musin hujan tahun2017 ini akan mulai Bulan oktober dan November ini. Dan benar saja, beberapa hari ini sudah mulai turun hujan. Bahkan, kemarin di lingkungan tempat tinggal saya terkena banjir.
Sore kemarin, air hujan turun lumayan deras. Alhamdulillah, atap rumah sudah nggak ada yang bocor, jadi tidak ada air hujan yang masuk dari atap. Nah, kalau jalanan depan rumah sudah menggenang, itu adalah tanda-tandanya saya harus bersiap untuk kemungkinan banjir. Saya harus mengangkat barang-barang yang ada dekat lantai, ke tempat yang lebih tinggi, menutup lubang-lubang yang emmungkinkan air masuk, dan menutup saluran listrik yang dekat lantai.

Hari Ayam dan Telur Nasional 2017

Image
Assalaamualaikum sahabat Za dan Ra,


Sudah tahu belum ada Hari Ayam dan Telur Nasional? Nah, kalau belum tahu, boleh baca tulisan saya berjudul Manfaat Ayam dan Telur Untuk Anak ini.
Kemarin, tanggal 15 Oktober 2017, saya mengikuti talkshow dalam rangka memperingati Hari Ayam dan Telur Nasional sekaligus World Egg Day. Talkshow tersebut diselenggarakan di aula Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jakarta, dan digagas oleh Pinsar Indonesia (Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia) dan ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia). Dalam talkshow tersebut bertindak sebagai narasumber adalah drh. Rahmat. Dalam acara tersebut juga dimeriahkan dengan senam, lomba mewarnai, bakti social, dan pengumuman lomba blog.

Olahraga Bersama Anak, Kenapa Tidak?

Image
Olahraga? Mm, saya termasuk yang jarang olahraga loh. Saya merasa, kegiatan saya mengurus keluarga dan rumah pun sudah menguras tenaga dan pikiran, sehingga saya merasa tidak perlu lagi olahraga. Padahal, belum tentu aktivitas fisik yang saya kerjakan tersebut bisa membuat jasmani dan rohani saya sehat, karena itulah tujuan olahraga menurut saya, agar sehat jasmani dan rohani. Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan berita tentang tante sorang artis yang awet muda bernama Puspa Dewi. Di usianya yang ke-50, Tante Puspa Dewi terlihat jauh lebih muda dari usia sebenarnya. Ternyata salah satu rahasia awet mudanya adalah olahraga dengan teratur. Tuh, olahraga teratur ternyata bisa membuat awet muda juga.

Kulit Bayi Sehat, Tidur Pun Jadi Lelap

Image
Memiliki bayi itu sungguh anugerah besar dari Tuhan untuk orangtua, karena Dia sudah mempercayakan bayi merah itu datang kepada kita untuk kita rawat. Bahagia, tentu sudah pasti kita rasakan saat sang bayi lahir ke dunia dengan sehat dan sempurna.
Tapi bagi sebagian orangtua baru, merawat bayi baru lahir kadang membingungkan. Banyak hal yang harus dipelajari orangtua yang akan memiliki bayi. Oleh karena itu, saat hamil anak pertama saya sudah banyak bertanya pada orang yang lebih berpengalaman seperti orangtua,teman, dan tetangga. Suami juga membelikan berbagai buku tentang bayi agar kami bisa belajar merawat bayi kami.

Gizidat Membantu Proses Kesembuhan Adik Ra

Image
Selepas mudik Idul Adha kemarin, Alhamdulillah saya dikasih ujian sedikit dengan demam, batuk, dan pilek yang berkepanjangan. Setelah dipikir-pikir, penyebabnya mungkin kegiatan saya yang saat itu cukup padat membuat daya tahan tubuh menurun dan virus mudah untuk menyerang tubuh. 
Ah, sok sibuk banget ya saya. Ng, saat itu memang beberapa hari sebelum Idul Adha saya sok sibuk membantu persiapan suami yang mau pergi studi. Lalu, saya ke luar kota dengan membawa 2 anak tanpa suami untuk mudik Idul Adha dan pulang ke rumah dengan setumpuk pekerjaan rumah tangga. Terus setelah itu ke luar kota lagi untuk menghadiri lamaran adik ipar, lagi-lagi sambil membawa dua anak tanpa suami. Lumayan lah, membuat badan kayanya mau rontok.

Belajar Alquran Bersama SAQUBI

Image
Hari Minggu tanggal 24 September 2017 kemarin, Alhamdulillah Kakak Za sudah menjalani prosesi Wisuda Alquran untuk program Hifzul Quran. Tahun 2015, kakak Za sebenarnya sudah menjalani Wisuda Alquran juga. Tahun ini, wisuda dilakukan untuk apresiasi karena menyelesaikan tahapan Hifzul Quran lebih lanjut. Setelah wisuda ini, pekerjaan rumahnya jadi makin banyak karena sebaiknya bisa mempertahankan hafalan Alquran yang sudah dikuasai.
Bertempat di Mesjid Almuhajirin, Villa Bintaro Regency, Tangerang Selatan, acara berlangsung meriah karena selain prosesi wisuda itu sendiri, ada juga penampilan dari santri-santi yang belajar Alquran. Misalnya menyenandungkan shalawat dan asmaul husna, serta tarian dengan senandung Islami. Adik Ra dapat kesempatan untuk menari dengan senandung islami. Walau masih lemas karena masih dalam proses penyembuhan dari sakit Typus, namun adik Ra tak mau melewatkan momen istimewa kakak Za ini.

Demam Naik Turun, Waspada Terkena Typus!

Image
Yang dikhawatirkan seorang ibu pada anaknya, salah satunya adalah ketika anaknya sakit. Ya, seminggu lalu adik Ra tiba-tiba saja demam. Ini tentu saja membuat saya cukup panik. Walau tak sempat memeriksakan suhunya karena thermometer di rumah lagi rusak, saya yakin demamnya cukup tinggi karena adik Ra jadi tak nyaman dan gelisah. Badannya kemerahan dan bekas duduk atau tidurnya jadi ikut panas.
Saya langsung membeli obat penurun demam di apotek terdekat dan meminumkannya pada adik Ra. Saya biasanya tidak langsung memeriksakannya ke dokter. Nanti setelah tiga hari panasnya tak kunjung reda, baru saya periksakan ke dokter.

Anak Takut ke Kamar Mandi, Kenapa Ya?

Image
"Umiiiii, temeniin! Takuuut.."

Begitu teriak si sulung kakak Za ketika ia ada di kamar mandi. Duuuh, terang saja saya sedikit kesal karena Kakak Za kan sudah 10 tahun, bukan balita lagi yang harus selalu diawasi kegiatannya. Kakak Za seharusnya sudah bisa mandiri dalam hal seperti ini. Lagipula, saya masih ada di dalam rumah, tidak jauh seperti halnya ke luar kota.

Masak Instan Bisa Tetap Sehat Juga Loh!

Image
Biasanya, saat weekend atau akhir pekan saya lebih banyak menghabiskan waktu di dapur. Semua orang, suami dan dua anak saya, sedang ada di rumah (jika kita tidak pergi kemana-mana). Saya tentunya harus menyiapkan menu makan utama dan camilan buat mereka jika memutuskan menghabiskan akhir pekan di rumah saja. 
Sudah dipastikan, minimal 3 kali saya berkutat di dapur saat menyiapkan makan pagi, siang, dan malam. Jika saya emmbuat lebih dari satu menu, bisa lebih dari setengah jam saya di dapur untuk memasak. Belum termasuk menyiapkan dan membersihkan kekacauan setelah memasak. Saya sampai berkelakar pada diri sendiri saking sebalnya saya terlalu lama di dapur, “Duh, saya seperti hidup di dapur saja!”

Manfaat Ayam dan Telur Untuk Anak

Image
Menu makanan dari ayam dan telur adalah menu yang paling sering ada di rumah. Alasannya sih, karena memasaknya mudah. Ayam, dengan hanya digoreng menggunakan berbagai bumbu sudah sangat enak. Telur pun sangat paktis untuk menjadi teman makan nasi. Dengan dibuat telur ceplok, sudah cukup nikmat untuk dimakan dengan nasi hangat dan sambal kecap. Oleh karena itu, saya selalu sedia telur di kulkas untuk persediaan di kala harus memasak cepat.
Penelitian juga menunjukkanbahwa harga protein telur ayam adalah termurah. Harga protein telur hanya Rp. 144/gram, lebih murah dibanding harga protein tempe (Rp. 181/gram). Selain enak, mudah memasaknya serta murah, ayam dan telur juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Ayam dan telur mengandung asam amino assensial yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecerdasan otak, jadi sangat baik jika anak mengonsumsinya

Do & Don’t Saat Anak Bermain Gadget

Image
Tidak bisa dipungkiri kalau anak generasi sekarang berbeda dengan jaman dulu, salah satunya dalam hal bermain. Dulu, anak-anak banyak bermain di luar rumah dengan berbagai permainan tradisional seperti petak umpet, petak benteng, dan sebagainya. Sekarang, karena keterbatasan lahan dan semakin marak dan murahnya gadget, anak-anak banyak bermain di dalam rumah dengan bermain gadget.
Anak-anak saya juga suka main gadget. Kakak Za kalau ditanya apa yang ia sukai, pasti jawabannya adalah main gadget. Ia suka main game dan nonton video di youtube. Salah satu favoritnya adalah segala hal tentang Pokemon, baik game maupun kartunnya. Nah, kalau adiknya, Ra, suka main game dan kartun yang lebih girly seperti game memasak, dan sejenisnya.

Pengalaman Naik Mobil Antar Jemput Dari Agent Travel

Image
Model transportasi umum di darat makin kesini makin beragam, tidak hanya bus atau kereta api. Sekarang, Walaupun tidak punya mobil pribadi, orang bisa menikmati naik mobil berbagai merek tanpa memilikinya. Bahkan diantar dan dijemput ke berbagai kota bagaikan si empunya mobil. Bagaimana caranya? Salah satunya yaitu dengan menaiki mobil antar jemput dari agent travel, hehe.
Ya, model transportasi ini sering sekali saya gunakan. Pertamakali saya menggunakannya yaitu saat kali pertama ke luar kota ke Bandung saat SMA di tahun 90-an untuk menghadiri pameran filateli bersama Klub Filatelis yang saya ikuti. Lalu, untuk selanjutnya saya makin sering menggunakannya untuk pergi ke kota dimana saya akan berkuliah, mencari kerja di Jakarta, pulang kampung, dan lain-lain.

Sebelum Ke Luar Negeri, Siapkan Hal Ini Agar Bisa Pulang dengan Sehat

Image
Jalan-jalan ke luar negeri adalah impian banyak orang. Di luar negeri, kita bisa mengunjungi tempat-tempat menarik yang menjadi ciri khas negara tersebut. Apalagi sekarang pergi ke luar negeri bukan lagi sekedar mimpi yang sulit untuk digapai, karena sekarang ada banyak tiket penerbangan murahke luar negeri yang bisa kita dapatkan dengan mudah.

Jalan-jalan Ke Bali? Mustahil!

Image
Jalan-jalan atau liburan ke Bali sama sekali tak pernah terpikirkan di benak saya. Banyak sih alasannya: kultur budaya yang beda, khawatir susah dapat makanan halal, dan yang pasti adalah masalah biaya. Biaya yang harus dikeluarkan pasti banyak dong karena saya biasanya kalau jalan-jalan selalu dengan anggota keluarga, yaitu suami dan dua anak. Wong jalan-jalan ke tempat wisata yang dekat rumah saja jarang kita lakukan. Apalagi menyeberang pulau yang harus naik pesawat. Mustahil deh pokoknya jalan-jalan ke Bali!

Cara Menikmati Es Krim

Image
Salah satu makanan yang disukai anak adalah es krim, termasuk Za dan Ra. Rasanya yang enak dan segar membuat suasana hati membaik. Bahkan bukan hanya anak kecil, orang dewasa juga sangat menyukai es krim.
Banyak cara untuk menikmati es krim. Mana yang biasanya anda lakukan?
1. Es krimnya saja sudah cukup enak dan segar
Es krim bisa langsung dimakan begitu saja. Banyak es krim dijual dengan kemasan sekali konsumsi, menggunakan mangkuk, dibekukan dengan stik, atau dikemas dengan plastik. Menikmati es krimnya saja sudah cukup memuaskan dan menyegarkan walau tanpa tambahan apapun.
2. Es krim dengan toping

Es krim bisa juga dinikmati dengan menambahkan berbagai toping, seperti meises, coklat cair, sirup, dan sebagianya. Pastinya, es krim akan semakin nikmat dengan berbagai toping yang sesuai selera kita.

3. Es krim dalam roti (sandwich ice cream)

Namanya sih sandwich, tapi kita bisa juga menemukannya di tukang es krim yang lewat depan rumah. Es krim diletakkan diantara dua tangkup roti se…

Tips Untuk Anak Yang Takut Air

Image
Ma, pa, ada yang anaknya takut air?
Kata para ahli sih terapi untuk mengatasi rasa takut dengan cara menghadapi rasa takut itu sendiri. Air jelas tida bisa dihindari ya karena kebutuhan kita sebagai manusia untuk minum, mandi dan aktivitas lain. Jadi memang harus dihadapi.

Cerita di Awal Tahun Ajaran Sekolah

Image
Beberapa hari lalu pulang jemput anak sekolah naik angkot. Ada seorang anak yang menumpahkan mie instan di roknya. Ibunya marah dan meneriakkan kata kasar, "bo*oh!" Katanya.
Hari ini, temen anak gadisku yang biasanya tinggi percaya dirinya, mengkeret dan meluk ibunya saat mau sekolah. Dia mogok sekolah karena dipanggil "anak miskin" sama teman sekelasnya.
Ya Rabb, saat melihat hal-hal itu rasanya makin berat tanggung jawab sebagai orangtua, sekaligus diingatkan untuk jadi contoh yang terbaik buat anak.

Dilema Tentang Pendidikan

Image
Artikel utama Tabloid Halo Jepang edisi Juli 2017 tentang system pendidikan di Jepang, pas banget dengan momen tahun ajaran baru sekolah di Indonesia. Dalam artikel itu disebutkan bahwa system pendidikan dasar di Jepang terbukti mampu menghasilkan sumber daya manusia yang handal. System pendidikan di sana mencakup:

Waspada Anyang-anyangan Pada Anak

Image
Suatu malam, saat anak pertama saya, Za, masih berusia sekitar 2-3 tahun ia pernah terserang demam tinggi, hampir mencapai 40 derajat! Kontan saja saya dan suami panik dan langsung melarikan anak ke dokter terdekat. Si kecil Za pun harus dirawat malam itu juga di rumah sakit.
Sedih banget saat melihat si kecil terbaring sakit dan harus disuntik untuk memasukkan selang infus. Bahkan tidak hanya sekali, melainkan beberapa kali karena urat nadi sulit ditemukan. Si kecil Za banyak menangis dan tidak mau jauh dari saya, sampai-sampai untuk mandi pun tak sempat. Apa yang dia rasakan, saya kurang faham karena dia belum bisa mendefinisikan dengan benar apa yang dirasakan. Rasanya ingin berganti peran saja, saya yang terbaring sakit.

Mengisi Liburan Dengan Menginap dan Bermain di Hotel Novotel Bogor

Image
Libur Ramadhan dan lebaran kali ini bertepatan dengan libur kenaikan kelas. Biasanya, sebagian orang menghabiskan waktu liburannya dengan menginap di hotel. Alasannya, bisa saja karena ditinggal pembantu rumah tangga yang mudik dan tidak mau repot dengan urusan rumah tangga. Atau, karena saat mudik rumah orangtua atau saudara yang akan disinggahi tidak memungkinkan untuk dipakai menginap.
Beberapa waktu lalu di Bulan Ramadhan, saya sekeluarga juga sempat menginap di sebuah hotel di daerah Bogor, Jawa Barat, yaitu Hotel Novotel Bogor. Kebetulan suami sedang ada keperluan pekerjaan di sana, saya mampir ke Hotel Novotel Bogor sekalian untuk menjemput kakak Za yang sedang menjalani pesantren alquran selama 10 hari di daerah Bogor.

Bermain di Tempat Umum Dengan Aman

Image
Bermain merupakan kebutuhan anak. Dengan kegiatan bermain, anak sekaligus dapat belajar. Melalui kegiatan bermain, kecerdasan seorang anak jadi terstimulasi. Misalnya saja saat anak bermain balok. Ia bisa bersenang-senang menyusun balok menjadi berbagai macam bangunan dan benda, sekaligus dapat belajar tentang warna, bilangan, bentuk, belajar kesabaran dalam menyusun, dan sebagainya.
Dibandingkan di tempat umum, bermain di rumah lebih aman karena orangtua bisa mengawasi sepenuhnya kegiatan anak. Tetapi, anak juga butuh pengalaman lain di luar rumah yang bisa membuat wawasannya bertambah. Misalnya saja dalam hal bersosialisasi dengan teman sebaya yang tidak banyak didapatkan saat anak bermain di rumah.

Berbuka Puasa Di Mana Pun Dengan Biskuit Stik Pocky

Image
Assalaamu’alaikum, sahabat Za dan Ra. Apa kabar puasanya di hari ke tiga belas ini? Semoga tetap lancar dan makin semangat ya. Bulan Ramadhan sudah memasuki sepuluh hari kedua nih dimana pada fase ini ampunan Allah SWT turun pada mereka yang beribadah Ramadhan. Yuk ah, genjot lagi ibadah Ramadhannya sebelum ia pergi tanpa sempat kita mengeruk pahala Ramadhannya.
Seperti yang kita ketahui, berbuka puasa adalah salah satu moment penting dan paling dinanti saat Bulan Suci Ramadhan. Apalagi  berbuka bersama di rumah bersama keluarga, nikmatnya luar biasa. Buka puasa di rumah selain lebih hemat, juga bisa memakan makanan sehat kesukaan keluarga.

Ngabuburit di Masjid At Tin Jakarta

Image
Ngabuburit adalah istilah yang kita kenal untuk berbagai kegiatan yang dilakukan selama menunggu waktu berbuka puasa. Dulu saat masih kecil, saya sering diajak teman untuk ngabuburit dengan jalan-jalan keliling kampung. Tujuannya sih selain menunggu waktu berbuka, ada juga yang hendak cari pacar, ups. Soalnya tak jarang ketika jalan-jalan itu muda mudi saling bertemu dan saling suka. Hmm, terus puasanya bagaimana tuh kalau tidak jaga hati, hehe?

Platinum Kids Olympics Persembahan Morinaga Allergy Week 2017

Image
Alergi, kedengarannya tak seseram penyakit kanker atau penyakit ganas lainnya. Namun jelas sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Setidaknya itu yang saya rasakan. Suami saya alergi terhadap obat tertentu sehingga ia tidak boleh sembarang minum obat. Ia juga tidak tahan cuaca dingin sehingga dengan mudah terkena bersin-bersin, terutama saat pagi hari. Saya sendiri alergi terhadap udang dan bahan logam tertentu. Kalau terlalu banyak makan udang dan sering terpapar logam penyebab alergi, kulit saya langsung merah dan gatal.

Pentas Seni dan Perpisahan TK B

Image
Hari sabtu kemarin, Ra mengikuti kegiatan pentas seni dan perisahan TK B di sekolahnya. Kali ini Ra tampil sebagai penari ondel-ondel, menampilkan drumband dan membaca kesan dan pesan untuk guru. Sempat pangling sama Ra yang di-makeup tebal, kakak Za sampai nggak mengenali Ra.
Mm, apa ya, saya ingin nulis panjang lebar tapi kok gabisa berkata-kata ya. Saya takjub aja lihat Ra yang berlenggak-lenggok di atas panggung membawakan tari ondel-ondel, lalu menjadi bagian dari pasukan drumband dan membacakan kesan pesan untuk guru. Aduuh, kalau bukan gurunya yang membimbing dia, siapa lagi?
Ra yang sekarang tentu banyak dengan banyak kemajuan yang dicapainya, tentu tak lepas dari peran guru. Ra udah berani tampil di depan panggung, Ra udah bisa baca tulis, Ra juga bisa bersosialisasi dengan baik dengan teman. Many thanks to them.
Silahkan menikmati video acara milik salah seorang orangtua murid J



Yervi Hesna, Pejuang ASI Dari Sumatera Barat

Image
“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” [QS al-Baqoroh : 233]

Bersiap menjadi remaja

Image
Bulan Mei ini kakak Za genap berusia 10 tahun. Gimana sih rasanya punya anak laki-lakiusia 10 tahun ma, pa? saya terus terang deg-degan. Ada yang bilang anak lelaki usia 10 tahun kelas 4 SD itu sedang masa-masanya sangat aktif dan banyak tingkah, baik di sekolah dan di rumah. Belum lagi pelajaran di sekolah yang mulai berat di kelas 4 SD. Ada juga yang bilang anak laki-laki usia 10 tahun sedang bersiap menjadi seorang remaja sehingga hormonnya mulai bekerja.

Memasak Bersama Si Kecil

Image
Halo ma, pa, bahasan parenting di blog saya kali ini tentang mengajak anak memasak. Suka mengajak anaknya ikut memasak di dapur nggak nih? Kalau lihat acara Junior Masterchef di televisi, saya suka kagum sama anak kecil yang pintar masak dan menggunakan peralatan dapur yang kadang tak ringan dan riskan digunakan. Pasti mereka di rumah sudah terbiasa memasak di dapur ya .
Kalau saya, beberapa kali saya ajak anak beraktivitaa di dapur, baik Za maupun Ra. Loh, kan Za laki-laki, kok diajak masak sih? Ya nggak apa-apa. Kalau saya sih, mengajak kakak Za ikut beraktivitas di dapur dengan tujuan:

Tips Lebaran Hemat

Image
Belum juga Ramadhan datang kok saya sudah bicara lebaran. Ya, karena begitulah realita yang ada di lapanga. Banyak yang mempersiapkan keperluan lebaran bahkan sebelum Ramadhan datang, terutama untuk mereka yang akan melakukan mudik lebaran. Belum juga Ramadhan datang, tiket kereta api dan pesawat terbang biasanya sudah habis dibeli oleh mereka yang akan mudik lebaran.

Kartini di Mata Si Kecil

Image
Tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Media sosial dipenuhi dengan tulisan tentang Kartini dan ucapan Selamat Hari Kartini. Sekolah dan instansi ramai dengan peringatan salah satu pahlawan wanita Indonesia ini, termasuk sekolahnya Za dan Ra.
Di sekolah dasar tempat Za bersekolah, peringatan Hari Kartini tak diperingati secara khusus setiap 21 April. Di kelas, anak-anak sudah cukup diperkenalkan dengan sosok Ibu Kartini. Nama Raden Ajeng Kartini pun dijadikan salah satu nama kelas di sekolah Za. Dengan begitu, nama RA Kartini dan jasanya akan terekam di ingatan anak.

Arirang, Mie Korea Halal Yang Sesuai Dengan Lidah Orang Indonesia

Image
Mie, siapa sih yang tak suka makan mie? Umumnya tiap orang suka ya makan mie, salah satunya jenis mie instan. Karena membuat mie instan sangat praktis karena tinggal diseduh dengan air panas atau direbus sebentar. Jadi pasti setiap orang di rumah menyediakannya. Khususnya untuk momen tertentu, miesalnya saat mendadak lapar di luar jam makan atau bosan dengan menu nasi yang disajikan setiap hari.
Selain mie instan dalam negeri yang sudah pasti akrab di telinga kita, saat ini banyak juga mie instan asal luar negeri yang disukai masyarakat kita, misalnya mie instan asal Korea. Memang budaya Korea sudah banyak masuk ke negeri kita. Mulai dari drama korea, K-POP, sampai makanannya seperti kimchi dan mie instan. Saya sendiri, yang saya suka dari budaya Korea salah satunya adalah kulinernya yang dikenal enak dan sehat. Saya suka melihat acara televisi Korea yang membahas kulinernya, salah satunya adalah Home Food Rescue yang dipandu oleh chef Baek.

Melatih Kreatifitas dan Motorik Anak Dengan EnoGreeting DIY Photo Frame

Image
Bulan April ini ada long weekend selama 3 hari, yaitu tanggal 14, 15, dan 16. Senangnya bukan main buat yang biasa beraktivitas di kantor dan sekolah, karena bisa istirahat di rumah atau pergi liburan.
Saya dan keluarga tidak pergi kemana-mana dan menghabiskan waktu weekend tersebut di rumah. Long weekend biasanya jalanan menjadi macet. Menghabiskan waktu di rumah rasanya lebih tepat. Di rumah pun, kita bisa membuat kegiatan yang menyenangkan kok.

Daftar Harga Mouse Wireless Dari Logitech

Image
Assalaamualaikum sahabat Za dan Ra,
Saya mau berbagi bahagia nih. Alhamdulillah baru dapat teman baru untuk menulis di blog, sebuah laptop mungil dari hasil mengumpulkan recehan dari menulis di blog dan social media. Tak apa mungil, asal manfaatnya besar dan mudah-mudaan awet, amiin. Saya jadi tak perlu memakai perangkat kerja yang penuh dengan data-data penting mengenai kerjaannya. Karena masih baru, laptop saya ini sensitive sekali dan saya masih canggung dan kadang sulit menggunakannya. Biasa menggunakan mouse, nah ini..gak ada mouse.

Persiapan Market Day

Image
"Mi, kakak mau jual barbekyu ya nanti kalau Market Day di sekolah" Begitu kata kakak Za saat pulang sekolah suatu hari.
"Oh ya, barbekyu apa ya?" Tanya saya sambil membayangkan sosis bakar lezat yang masih hangat dengan asap mengepul. Dalam benak saya, barbekyu itu makanan yang dibakar dengan diguyur saus lezat. Kalau kakak Za mau jual barbekyu di market day sekolahnya, alamat saya harus masak banyak nih, dan tentu harus enak karena akan dijual. Masalah saya, kalau masak banyak untuk orang lain di luar keluarga suka grogi dan tidak percaya diri.
"Itu mi, barang bekas ber..." Kakak Za tak melanjutkan perkataannya, mungkin lupa kepanjangan dari Barbekyu.
"Ooh, barang bekas berkualitas" Kata saya. "Barbeku kali kak, kan barang bekas berkualitas. Kalau barbekyu, jadinya barang bekas berkyualitas dong" Kata saya lagi, disambut kakak Za yang tertawa. "Kenapa kakak mau jual barbeku? Bukan makanan atau minuman?"
"Habisnya di ru…

Tips Belanja Online Saat Promo Dan Diskon, Biar Ngga Salah Beli

Image
Siapa sih yang tak suka dengan promo dan diskon. Saya pikir semua orang suka saat belanja mendapatkan promo dan diskon. Apalagi, ibu rumah tangga seperti saya, suka pusiiing dengan keaikan berbagai harga kebutuhan rumah tangga sehingga harus pintar-pintar mengatur anggaran rumah tangga.  Promo dan diskon jelas bisa menghemat pengeluaran rumah tangga atau pengeluaran lainnya.

Monte: Antara Susu, Coklat, dan Kacang

Image
Siapa yang tak suka coklat. Sepertinya hamper semua orang menyukainya. Karena selain rasanya juga enak, manfaatnya juga bisa diambil. Salah satunya karena sifat coklat yang menenangkn, membuat hati senang, oleh karena itu coklat bisa dimakan untuk mengurangi stress. Walaupun begitu, karena harganya yang lumayan mahal, tak semua orang bisa membelinya kapan saja.

Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah Dengan CNI Wakasa Gold

Image
Bagi seorang ibu, hal yang paling menyiksa batin adalah saat ada anggota keluarga yang sakit, entah itu anak atau suami. Seringkali seorang ibu berfikir agar sakit berpindah ke dirinya saja, asal sang anak sehat walafiat. Setidaknya, itu yang sering saya rasakan saat Za dan Ra sakit.
Salah satu penyakit yang bisa menyerang anak-anak atau anggota keluarga lain adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Mendengarnya saja, saya ngeri, karena penyakit ini berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Tidak jarang, ketika mengobrol dengan ibu-ibu yang lain tentang penyakit Demam Berdarah, saya mendengar berita menyedihkan tentang anak yang menderita Demam Berdarah sampai meninggal dunia di lingkungan kami. Naudzubillah.

Sehat dan Gembira Bersama Easy

Image
Bu, pekerjaan rumah tangga apa yang paling menguras tenaga? Mencuci, menyapu, mengepel, menyetrika? Atau semuanya?
Bagi saya, pekerjaan rumah tangga yang cukup menguras tenaga adalah mencuci. Bagaimana tidak, pakaian harus direndam dulu beberapa saat. Lalu, pakaian dibilas satu demi satu kemudian dibersihkan lagi dengan air. Kalau pakaian dengan noda, harus disikat sampai bersih. Belum lagi pakaian seperti jeans dan jaket yang berat, membuat tenaga makin terkuras.

Review: Nasi Kebuli Bang Moch

Image
Nasi kebuli dikenal sebagai makanan khas Betawi yang dimasak menggunakan santan dan berbagai rempah seperti cengkih, kayumanis, kapulaga, dan lain-lain, serta disajikan dengan acar nanas. Masakan ini dipengaruhi budaya India dan Arab, serta sering dipergunakan dalam perayaan tertentu.

Menulis Cerita Anak

Image
Duluuu banget, saya suka menulis fiksi. Saya suka mengungkapkan pemikiran lewat sebuah cerita. Ya, dulu. Sekarang, saya menulis sesuai kata hati saja. Ah, bilang saja malas, katanya mau jadi penulis buku. Hehe, mungkin itu juga. Menulis buku butuh focus dan focus saya kemana-mana, ngurus anak dan rumah yang berantakan. Jadi, nulisnya yang membuat happy aja deh.

Yakin Ingin Kuliah Jurusan Teknik Informatika? Baca Ini Dulu

Image
Kedua anak saya, Za dan Ra, masih bersekolah di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak. Tapi, yang namanya orangtua, selalu memikirkan hal yang terbaik untuk masa depan anak. Saya mulai memikirkan akan dimana nanti Za dan Ra menempuh pendidikan menengah dan perkuliahan. Ternyata, bukan saya saja yang berfikir demikian. Sebagian besar orangtua pasti demikian. Bahkan, ada yang sampai berfikir, nanti anak menikahnya sama siapa ya. Duh, kejauhan sih itu mikirnya ya. Karena urusan jodoh mah rahasia Allah SWT. Tapi kalau urusan pendidikan bisa direncanakan dari sekarang sesuai minat dan kemampuan anak.
Banyak orang berfikir kalau menempuh pendidikan di Jurusan Teknik itu keren. Ambil salah satu contohnya, yaitu Jurusan Teknik Informatika.

Jalan-jalan Ke Taman Wisata Matahari

Image
Assalaamualaikum…
Hari kamis kemarin, saya menemani Ra mengikuti kegiatan field trip daei sekolahnya ke Taman Wisata Matahari. Baru kali ini saya berkunjung ke sini. Jadi, cukup membuat penasaran. Walau sedang agak batuk pilek, saya berusaha mengumpulkan semangat untuk menemani adik Ra.
Berangkat sekitar jam setengah tujuh dari Bintaro, rombongan bus sekolah Ra sampai di Taman Wisata Matahari sekitar jam 9 pagi. Taman ini terletak di Jalan Raya Puncak, Bogor dan merupakan tempat rekreasi keluarga yang mempunyai moto “Recreational and educational Park”. Tiket masuknya sebesar 25 ribu rupiah setiap orang, sudah termasuk gratis beberapa permainan seperti dan diskon 10% makan di Restoran Sunda Express.

Mengajarkan Anak Shalat Sejak Dini

Image
Hari Sabtu lalu, saya mengajak Za dan Ra mengikuti Ta’lim Anak di Musholla Al Ikhlas, Puri Bintaro, Tangerang Selatan. Acara ini memang digelar secara rutin. Kali ini temanya tentang praktek shalat yang dipandu oleh Ustadz Agus Salim.
Shalat menurut bahasa adalah doa, karena memang di dalam shalat banyak sekali doa0doa yang kita panjatkan pada Sang Pencipta. So, shalat harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh supaya doa kita juga sampai pada-Nya. Cara melakukannya pun harus benar. Oleh karena itu, anak harus diajarkan melakukan shalat dengan benar sejak dini agar menjadi kebiasaan yang baik.

Agar Air Susu Ibu Melimpah

Image
Air susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi, karena nutrisi yang terkandung di dalamnya sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi baru lahir. Oleh karena itu, World Health Organization (WHO) merekomendasikan ASI eksklusif untuk bayi selama 6 bulan dan selanjutnya ASI dan MPASI sampai 2 tahun. Jauh sebelum WHO, Allah SWT dalam Alquran sudah menganjurkan para ibu untuk menyusui anaknya.

Berbagai Permainan Untuk Mengasah Kecerdasan Majemuk Si Kecil

Image
“Kakak lebih pinter dong!” Begitu ledek Za kalau saya sedang mengajari adik Ra membaca huruf atau berhitung. Saya yakin ia Cuma bercanda, mengerjai adiknya. Tapi walau begitu, kadang-kadang berhasil menyulut emosi adik Ra, sehingga ia marah atau menangis.
“Kakak, tak boleh gitu dong. Kakak kan lebih tua, sudah belajar lebih dulu , makanya lebih pintar. Lagipula, setiap orang pintarnya beda-beda. Tidak ada yang bodoh. Ada yang pintarnya baca Alquran, ada juga yang pintarnya matematika. Ada yang pintar hal lainnya.” Saya berusaha memberi pengertian sama kakak Za.
“Oh iya ya..” Kakak Za terlihat berfikir dan mencerna kata-kata saya. Lalu ia cerita tentang teman-temannya di kelas yang kepintarannya di macam-macam bidang.

Belanja Oleh-oleh Dari Seluruh Nusantara, Bisa Lewat Smartphone Loh!

Image
Jalan-jalan ke suatu daerah, sudah pasti pulangnya ingin membawa oleh-oleh. Untuk keluarga, teman, atau tetangga. Walaupun bukan suatu keharusan membawa oleh-oleh sepulang dari perjalanan, kita seringkali punya perasaan tidak enak hati sama orang yang minta dibawakan oleh-oleh. Kadang-kadang, membawa oleh-oleh juga sebagai bukti kalau kita pernah mengunjungi daerah tersebut. Minimal, pernak-pernik berukuran kecil atau makanan khas yang terjangkau harganya, kita bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Saat Hal Kecil Begitu Berharga

Image
"Kak, bangun..bangun..!"
Rutinitas pagi hari selalu membuat saya sedikit kalang kabut. Selain menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, membangunkan Za dan Ra yang akan berangkat sekolah juga menjadi salah satu tantangannya.
Za membuka mata. Seperti biasa, saya sodorkan segelas susu padanya agar dia mau bangun untuk wudhu. Urusan adiknya nanti deh, karena sekolahnya lebih dekat. Setelah beberapa kali meminta kakak Za bangun, akhirnya ia mau berdiri dan pergi wudhu. Saya menyuruhnya bergegas makan dan mandi, karena mobil jemputan sekolahnya selalu datang pagi sekali.

Cinta Nabi Sejak Dini

Image
Beberapa waktu lalu, saya ikut pengajian di sekolahnya kakak Za. Narasumbernya Ust. Masturi. Beliau lagi membahas hadist. Beliau bilang, kita orang-orang akhir zaman banyak mempertentangkan ulama. Misalnya saja, ketika shalat di tahiyat akhir ada yang mempermasalahkan tangan digoyang-goyang atau tidak. Padahal semua riwayatnya yang dicontohkan Rasulullah SAW ada, tinggal kita ikuti yang mana sesuai kemampuan kita. 
Hmm, benar juga kata ustadz ya. Alih-alih mempertentangkan, kenapa kita tidak ngaji saja lebih dalam untuk mencoba mencari tahu jawabannya. Dan menurut ustadz, ngaji pun tidak bisa sendiri walaupun kita bisa baca Alquran dan hadist sendiri di rumah. Mengkaji Alquran dan haidst itu sebaiknya berguru pada ulama, sehingga kita tidak bermain-main sendiri dengan pikiran kita. Kecuali, kita memang sudah punya pengetahuan dalam bahasa Arab, sejarah Islam, dan sebagainya.

Kelebihan Anak Pertama

Image
 “Mi, aku nggak mau jadi anak pertama…”
Deg. Jantung saya sesaat seperti berhenti mendengar kakak Za bilang demikian. Tak benar-benar berhenti, hanya kiasan untuk menggambarkan kalau saya kaget. Berarti ada sesuatu yang membuat kakak Za bilang demikian.
“Mengapa begitu, memangnya ingin jadi anak keberapa?” Tanya saya berusaha memancing alasan yang melatari timbulnya pernyataan kakak Za.
Maunya jadi anak kedua, atau yang di tengah-tengah.” Jawab Za sambil tertawa.

Percakapan Sebelum Tidur

Image
Tadi malam..
Pulang dari les tahfidz anak-anak sekitar jam 9 malam. Saya sudah ngantuk. Saya harus segera menidurkan Za dan Ra agar besok bisa bangun pagi. Begitu sampai rumah, saya langsung makan dan meminta Za dan Ra untuk minum suplemen mereka, buang air kecil dan gosok gigi, lanjut tidur.
Setelah semua siap tidur, Za malah duduk di kursi belajarnya. Mulutnya menceracau tak jelas sambil memegang kertas berisi gambar-gambar yang dibuatnya.
“Pow pow pow.. dezing dezing…brrrr..bzzz bzzz bzzz….jdfghkhg..”

Mempersiapkan kedatangan Si Buah Hati

Image
Memiliki buah hati adalah salah satu hal yang diidamkan dan menjadi tujuan bagi pasangan yang sudah menikah. Karena seorang anak bisa meneruskan keturunan orangtuanya dan menjadi sumber kebahagiaan tersendiri bagi orangtua. 
Namun, kadang-kadang untuk mendapatkan keuturunan tidak semudah membalik telapak tangan. Ada orang yang berusaha mati-matian untuk hamil. Sebaliknya ada juga yang mudah sekali untuk mengandung karena suburnya Rahim.

Peranan Ibu Dalam Keluarga

Image
Dalam sebuah keluara, ayah dan ibu memiliki peranan masing-masing. Menurut saya, semua peran ayah dan ibu dalam keluarga harus dilakukan dalam rangka ibadah kepada Allah SWT dan untuk kepentingan anak. Nah, dalam hal ini, saya ingin membahas tentang peranan ibu khususnya, dalam keluarga.
Adalah Lendy Kurnia Reni, seorang momblogger yang juga fasilitator Institut Ibu Profesional (IIP) untuk Wilayah Bandung yang membagi berbagai tulisannya tentang peranan ibu dalam keluarga di blog miliknya www.lendyagasshi.com. Blogger Bandung ini selain menulis di blog tentang kegiatannya di IIP, juga menuliskan hal lainnya seperti event blogger dan berbagai review.

Membuat Kucing Origami

Image
"Mi, Aisa mau pelihara kucing dong.”
Begitu rengek Ra beberapa kali. Dan saya berusaha mengalihkan perhatiannya dengan berbagai cara. Misalnya dengan mengunjungi kucing-kucing sepupu (yang kini sudah tidak ada), memberi makan kucing jalanan dan mengajaknya main dekat rumah, dan upaya-upaya lain agar Ra tak merengek terus ingin memelihara kucing.

Alhamdulillah, Desa Saya Tak kebanjiran

Image
Assalaamualaikum bu, Kuningan banjir ya. Amih di rumah gimana? Kebanjiran juga nggak?
Begitu bunyi pesan whatsaap dari seorang teman dekat semasa kuliah yang masuk ke smartphone saya beberapa waktu yang lalu. Teman saya itu memang pernah bertemu keluarga saya terutama ibu (saya panggil ibu saya dengan panggilan amih), dan kami cukup dekat sejak kuliah di Bandung tahun 90-an. Saya yang tengah duduk di depan komputer sambil merampungkan tulisan, langsung kaget dan membalas pesan tersebut segera.

6 Gaya Traveling Ini Lagi Ngetren Banget, Sudahkah Kamu Melakukannya?

Image
Traveling kini bukan lagi sekadar kegiatan wisata biasa. Saat ini, traveling sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Di mana-mana, kita lihat banyak orang berbicara traveling. Bahkan, rekomendasi dan tips travel sudah bertebaran di semua media untuk memastikan kita bisa traveling dengan sempurna. Sebagai sebuah gaya hidup, gaya dalam traveling setiap tahunnya berubah-ubah, lho! Untuk era modern seperti sekarang, kita punya 6 gaya traveling yang sedang ngetren banget di kalangan masyarakat. Mulai dari tua, muda, pria, wanita, rata-rata melakukan hal ini. Sudahkah kamu melakukannya? Yuk, kita cek!

Rumahku, Tempat Yang Nyaman Untuk Berkumpul Sekeluarga

Image
Assalaamualaikum sahabat,
Hari Minggu kemarin, saya diundang kakak ipar dan keluarganya ke sebuah restoran di Bintaro. Kakak dan istrinya berencana umrah pekan depan dan ingin menjamu keluarga besarnya di sana. 
Saya dan keluarga besar tiba di Restoran Rumahku, begitu nama restorannya, pada jam makan siang. Saya pikir, ketika kakak ipar mengundang saya sekeluarga, benar-benar di rumahnya. Ternyata, Rumahku merupakan nama sebuah restoran di Bintaro. Yaelah, saya yang sudah sejak tahun 2009 akhir di Bintaro baru tahu ada restoran bernama Rumahku. Mohon dimaklumi kalau saya kudet, kurang update.

Waspadai Makanan Rumah The Silent Killer

Image
Assalaamualaikum teman,

Sebagai ibu rumah tangga, saya sering merasa khawatir akan kesehatan keluarga, terutama anak-anak. Kita sering dengar berita di televisi tentang jajanan anak dan makanan di luar rumah yang kurang sehat. Ada permen dengan kandungan narkoba, tempat jajan yang dikerubungi lalat, masakan catering yang terlalu banyak garam dan berminyak, dan sebagainya. Makanya saya lebih sering memasak sendiri di rumah, dengan anggapan lebih sehat dan lebih hemat.

Siapkan Dua Hal ini Sebelum Membeli Rumah Bekas

Image
Kini memiliki banyak pilihan rumah yang dapat dijadikan pilihan untuk tempat tinggal. Ada rumah kontrakan, rumah baru, hingga rumah bekas orang yang tinggal sebelumnya. Kita tinggal memilih hunian sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan kondisi ekonomi. Hal ini penting untuk dipertimbangkan, karena pilihan tersebut dapat berpengaruh besar pada keuangan rumah tangga ke depannya.
Bagi banyak pasangan baru, biasanya tidak banyak memiliki pilihan dalam menentukan rumah yang akan ditinggali. Kondisi ekonomi yang masih belum terlalu stabil, masih memprediksi kebutuhan, dan lainnya tentu menjadi perhitungan tersendiri. Sehingga banyak yang harus dipikirkan. Seperti pengalaman saya dahulu saat mulai membina rumah tangga dengan menghuni rumah kontrakan sederhana.

Cara Membuat Rumah Menjadi Lebih Cantik

Image
Membuat rumah dijual di depok menjadi cantik adalah salah satu hal yang dapat membuat para penghuninya nyaman untuk tinggal di rumah. Karena cantik dan menarik, rumah menjadi lebih enak untuk dipandang dan juga nyaman untuk ditinggali.
Hanya saja, tidak mudah untuk membuat rumah menjadi cantik. Rumah minimalis tipe 36 misalnya, akan sulit dibuat cantik karena memiliki ruang yang sempit dan tidak terlalu luas. Ada banyak furnitur yang kurang pas dalam segi ukuran sehingga tidak bisa sembarangan ditempatkan di dalam rumah.

5 Tips Cerdas Jual Rumah

Image
Menjual sebuah properti seperti rumah diperlukan perincian yang matang. Hal tersebut dikarenakan rumah adalah kebutuhan utama selain sandang dan pangan. Terlebih lagi harga satu unit rumah mencapai ratusan juta rupiah. Bisa dibayangkan bagaimana calon pembeli akan berpikir beribu kali untuk mengeluarkan anggaran sebanyak itu. 
Nah, bagi sahabat yang berniat menjual rumah baik kiranya memerhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memasang iklan penjualan rumah tersebut. Berikut tips cerdas yang perlu kita perhatikan sebelum mengajak calon pembeli untuk mengamati lebih dekat rumah yang akan dijual.

Mengajarkan Thaharah Pada Anak

Image
Bersuci bagi seorang muslim dan muslimah cukup penting karena akan menentukan sah atau tidaknya ibadah kita. Mengajarkan bersuci pada anak sebaiknya sedini mungkin karena usia anak cepat memahami segala hal yang diajarkan orangtua dan guru. Bersuci juga akan terus dilakukan oleh seorang muslim setiap hari agar ibadahnya sempurna.
Hari Sabtu lalu tanggal 14 Januari 2017, saya mengantar Za dan Ra ikut Ta'lim Anak. Bertempat di Musholla Al IKhlas di Perumahan Puri Bintaro Sektor 9, Ta'lim kali ini bertema “Thaharah” dengan narasumber utama yaitu ustadz Agus Salim. Ustadz Agus juga guru tahfidznya Za dan Ra. Saya pernah cerita tentang les menghafal Quran dengan metode FAHIM Quran. Nah, beliau itu dan istrinya yang mengajar. Beliau punya yayasan yang menaungi lembaga pendidikan SAQUBI (Sahabat Quran Bintaro)yang dikelolanya. Beliau juga –dan pengurus SAQUBI- baru menerbitkan buku berjudul “Membangun Istana di Surga” yang hasil penjualannya akan digunakan untuk pendanaan SAQUBI. Be…

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Image
Assalaamualaikum..
Sahabat Za dan Ra, libur sekolah kemarin kemana? Saya dan anak-anak pulang kampung nih ke Kuningan, sebuah kota kabupaten di Jawa Barat. Di sana udaranya dingin karena daerahnya terletak di kaki Gunung Ciremai. Bikin mager (malas gerak) banget kalau pulang kampung karena udaranya yang adem membuat kita inginnya bermalas-malasan terus.
Namun gak lengkap deh kalau ke Kuningan gak mampir ke kolam renang air panas. Maka, suatu sore di akhir Desember tahun lalu, saya dan rombongan keluarga pun berangkat menuju salah satu kolam renang umum di kota Kuningan yang memiliki fasilitas kolam air panas.Kami memilih waktu sore di hari kerja karena berharap kolam renang tidak terlalu penuh dengan penunjung di musim liburan tersebut.