Solusi Rumah Nyaman Tanpa Bocor


Memeiliki rumah yang nyaman adalah impian setiap orang. Rumahku adalah surgaku, begitu istilahnya. Pepatah ini sering kita dengar untuk menggambarkan bahwa rumah adalah tempat yang seharusnya paling nyaman untuk penghuninya setelah ia beraktivitas di luar rumah.

Namun, kenyataannya seringkali tidak demikian. Ada saja yang membuat kita sebagai penghuni rumah jadi merasa kurang nyaman di rumah. Misalnya saja saat rumah mengalami bocor karena hujan deras. Tentu jadi tidak nyaman kan melakukan aktivitas di rumah yang seharusnya jadi tempat istirahat saat pulang.  

Setidaknya itu yang pernah saya alami, dan mungkin banyak  orang juga mengalaminya. Rumah saya yang lama sering mengalami kebocoran saat musim hujan. Air masuk ke dalam rumah dari atap yang bcor dan dari lantai yang berlubang. Belum lagi air yang meluap dari jalanan masuk ke dalam rumah, membuat rumah makin tidak nyaman karena penuh dengan air.

Pindah ke rumah baru ternyata masalah kebocoran ini sempat juga terjadi. Kita tentu tahu di negara kita itu hanya ada dua musim,yaitu musim hujan dan kemarau. Saat musim hujan datang bahkan dengan curah hujan yang cukup tinggi, sudah pasti rumah jadi lembab dan bahkan bocor. Namun, itu tidak berlangsung lama karena kami bisa segera mengatasinya dengan melakukan renovasi dengan menggunakan semen anti bocor.


rumah anti bocor dengan semen anti bocor


Awalnya, kami terlebih dulu melakukan pengecekan terhadap area mana saja yang butuh perbaikan agar tak ada yang terlewatkan saat akan diperbaiki. Kemudian kami lakukan perhitungan agar dana tidak melebihi budget. Setelah itu, mencari tukang yang ahli melakukan aplikasi pelapis anti bocor dan biayanya seusai dengan anggaran. Terakhir, memilih bahan-bahan berkualitas agar rumah dapat tahan lama.

Pemilihan bahan material sangat penting dalam perbaikan rumah. Menggunakan semen anti bocor bisa membuat bangunan lebih awet dalam cuaca esktrim. Dengan menggunakan semen anti bocor, biaya perbaikan untuk masalah kebocoran pun bisa lebih hemat.

Menggunakan semen anti bocor bisa saja dilakukan sendiri tanpa menyewa tukang, jika tahu caranya dan punya waktu luang untuk melakukannya. Dalam sebuah artikel tentang rumah di website pro-xhome.com, disebutkan ada beberapa tahap melakukan pelapisan dengan semen anti bocor, yaitu:

  1. Memastikan medianya siap dilapisi, dengan cara membersihkan area yang akan dilapisi dari kotoran, debu, minyak, lumut, dan lain sebagainya.
  2. Menyiapkan pemukaan yang akan dilapisi dengan membasahi permukaaanya hingga lembab agar produk anti bocor dapat menempel.
  3. Menyiapkan semen anti bocor dengan perhitungan yang tepat agar mendapat hasil yang sempuna. salah satu pelapis anti bocor yang direkomendaikan adalah PRO-X 207 yang memiliki banyak kelebihan, diantaranya mudah digunakan, tahan lama, daya rekatnya tinggi, dan kedap air.
  4. Mengaplikasikan pelapis anti bocor pada area sudutan. Setelah selesai, mengaplikasikan lapisan pertama ke selruh permukaan secara horizontal, tunggu sampai kering. Setelah itu, aplikasikan lapisan kedua secara vertikal lalu beri pelindung sampai benar-benar kering.
  5. Menyelesaikan proses finishing dengan memberikan toping di atasnya, misal berupa plester atau keramik.

Banyak yang bilang, punya rumah yang indah dan nyaman itu perawatannya susah dan mahal. Namun jika kita bisa mengatasinya dengan penuh perhitungan hal itu bisa diusahakan dengan lebih terjangkau. Seperti dengan menggunakan semen anti bocor yang baik untuk rumah yang lebih nyaman ditempati tanpa bocor.

 

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan