Pengalaman Bepergian Keluar Kota Bersama Bayi Usia 3 Bulan



“Maaf ya neng, mamih gabisa nengokin”

Begitu kata ibu saya saat saya melahirkan anak ketiga Bulan Maret 2019 lalu dengan nada sedih. Ya, saya juga mengerti situasinya dan berusaha tegar menerima keadaan. Toh, ini anak ketiga. Setidaknya, saya sudah memiliki sedikit pengalaman dalam merawat bayi baru lahir. Ibu saya harus merawat bapak yang sedang sakit-sakitan. Tradisi di masyarakat kita kan biasanya ibu menemani anak perempuannya melahirkan dan merawat bayinya di hari-hari pertama. Wajar ibu merasa sedih saat ia tidak bisa menemani saya melahirkan. 

Niat saya, setelah saya dan bayi sehat, saya yang seharusnya menengok orangtua saya di luar kota. Alhamdulillah, niat itu terlaksana saat bayi saya menginjak usia kurang lebih 3 bulan. Pada usia tersebut, bayi saya inshaAllah sudah mulai kuat dibawa keluar kota, Sayanya sendiri juga sudah lebih sehat pasca operasi cesar. Momennya pas banget dengan Hari Raya Idul Fitri, jadi saya sekalian merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar, juga menengok orangtua dan memperkenalkan anggota keluarga baru –yaitu sang bayi- pada keluarga besar saya di Kota Kelahiran saya, Kuningan.

tips bepergian keluar kota bersama bayi
anak ketiga saat baru lahir

Siapkan Perlengkapan Beberapa Hari Sebelum Keberangkatan

Keluar kota dengan membawa bayi usia 3 bulan tentu berbeda dengan keluar kota sendiri. Perlengkapan yang dibawa lumayan banyak. Selain perlengkapan saya dan si bayi, juga perlengkapan kedua kakaknya yang harus disiapkan. Biasanya saya menyiapkannya beberapa hari sebelum keberangkatan dan membuat list barang yang harus dibawa, agar saat hari keberangkatan tidak ada yang tertinggal. Dari mulai pakaian untuk beberapa hari, snack untuk di perjalanan, sandal, perlengkapan mandi, popok bayi, selimut bayi, kursi bayi atau bantal untuk tempat bayi tidur, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk menyisihkan perlengkapan bayi yang harus selalu tersedia di dekat kita, seperti popok, tisu basah, selimut, lap, dan baju ganti.

Minta Bantuan Anak Yang Lebih Besar Saat di Perjalanan

Namanya juga bayi, sebentar-sebentar ia nangis saat lapar dan haus melanda, saat kepanasan dan kedinginan, atau saat merasa tak nyaman dengan lingkungannya. Repot dan pegal pastinya, apalagi suami saya tidak ikut bareng keluar kota karena masih ada pekerjaan di kantornya. Alhamdulillahnya, anak-anak yang lebih besar –kakak Za dan Ra- suka bantu saya kalau si dede bayi rewel. Kadang-kadang mereka menghibur si bayi, mengambilkan saya popok atau baju ganti, dan bantuan kecil lainnya yang sangat berarti. Tapi namanya juga anak-anak, ada saat mood mereka lagi kurang baik. Jadi, sebagai orang yang lebih dewasa, saya harus lihat-lihat dulu bantuan seperti apa yang bisa dilakukan anak. 

Saya jadi teringat percakapan dengan kakak ipar. Kata beliau, punya anak banyak tidak selalu merepotkan karena anak yang lebih besar bisa bantu momong adik kecilnya. Masuk akal juga sih, hehe. Tapi buat saya tiga anak sudah cukup. Semoga mereka soleh dan solehah, aamiin.

Pilih Transportasi Yang Nyaman

Ada beberapa jenis transportasi yang bisa digunakan ke Kota Kuningan. Kita bisa naik bus, kereta api, travel, pesawat, membawa mobil sendiri atau menyewa mobil. Dari semua jenis transportasi tersebut, membawa mobil sendiri adalah pilihan yang lebih nyaman saat keluar kota bersama bayi. Kita bisa lebih leluasa di perjalanan dan tidak terburu-buru. Mau berangkat jam berapa saja tidak masalah. Mau bawa perlengkapan sebanyak apapun tidak masalah selama masih muat. Mau berhenti kapan saja saat anak ingin buang air, juga tidak masalah karena tidak harus mengusik kenyamanan penumpang lain seperti halnya di transportasi umum.

sewa mobil trac astra


Kalau tidak punya mobil sendiri, kita bisa memanfaatkan kemudahan sewa mobil via online melalui TRAC. TRAC merupakan anak perusahaan PT Serasi Autoraya dan bagian dari keluarga Astra. TRAC merupakan perusahaan pertama dan terbesar yang menyediakan layanan sewa kendaraan untuk pribadi maupun perusahaan. 

Kelebihan sewa mobil melalui TRAC adalah mudah reservasinya, karena bisa diakses melalui website dan aplikasi TRAC. Jaringan TRAC juga luas, tersebar di lebih dari 50 kota di Indonesia. TRAC memiliki teknologi yang andal berupa Sistem TRAC Fleet Management Solution yang bisa memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang secara akurat dan real time. Selain itu, TRAC juga memberikan proteksi asuransi dan jaminan kondisi mobil yang selalu prima. Varian mobil yang ingin disewa juga macam-macam, ada Toyota Avanza, Toyota Alphard, Daihatsu Ayla, Daihatsu Grand Max, dan lain-lain.

sewa mobil trac astra


Akhirnya Sang Bayi Ketemu Kakek dan Neneknya!

Alhamdulillah, akhirnya bapak dan ibu saya bisa melihat cucunya, yaitu anak ketiga saya, setelah 3 bulan dilahirkan. Saya juga bisa menikmati kebersamaan dengan mereka, serta melihat kondisi mereka secara langsung. Kelelahan 5 jam perjalanan cukup terobati dengan perjumpaan ini. Walaupun sekarang teknologi sudah semakin canggih dan orang bisa silaturahim melalui smartphone, tetap saja tidak afdhol rasanya jika tidak bertatap muka langsung. 

Bagaimana dengan teman-teman, pernahkah keluar kota membawa bayi? Ceritakan pengalaman serunya di kolom komentar yuk!


Comments

  1. Alhamdulillah semua berjalan lancar ya. Terbayang berapa banyak perlengkapan dan prinitlan yang harus dibawa karena membawa anak dan bayi. Semoga lekas sembuh untuk bapaknya.

    ReplyDelete
  2. Aku pernah mudik saat anak usia 3 bln..

    Klo smua sudah dipersiapkan pasti tetap mudah bawa bayi pas perjalanan jauh

    ReplyDelete
  3. Aku mah tak sanggup kalau perjalanan jauh engga sama suami. Bunda hebat banget nih. Benar2 matang persiapannya. Soalnya pernah ngerasain juga bawa dua balita ke luar kota lumayan jauh. Haduh rarempong bangeeett..

    ReplyDelete
  4. Waah jadi ingat pertama kali pulkam ke Jawa bawa si kecil yang usianya 4 bulan jaman dulu.Rasanya nano nano...pas mau berangkat. Alhamdulilah bisa terlewati dengan lancar.

    ReplyDelete
  5. aaaaakk bayiiiikkk aku selalu ngga kuat kalo lihat newborn. Setiap keluar kota yang agak jauh diluar pulau jawa bawa bayik pasti aku naik plane, cemen aku tuh. Kalau masih di pulau jawa dan lewat jalan darat, suami kudu ikut

    ReplyDelete
  6. Aku pernah mom. Dan iya Aku prefer baik mobil hehe. Lebih leluasa dan fleksibel. Btw suka deh sama kalimat ini: punya anak banyak tidak selalu merepotkan karena anak yang lebih besar bisa bantu momong adik kecilnya

    ReplyDelete
  7. trac ini menjangkau seluruh Indonesia gak sih kak? aku kadang suka bingung kalau mau rental mobil di luar Jakarta, kalau di online takut abal-abal

    ReplyDelete
  8. Saya pernah, dan rempongnya ga bisa dilukiskan.. Hihi. Pergi seminggu tapi seperti orang mau pindahan. Perlengkapan baby yang byk dan bermacam2 dibawa semua... Hihi...

    ReplyDelete
  9. Wah keren mba, aku belum pernah punya pengalaman bawa bayi 3 bulan keluar kota. Hehehe.. paling udah setaunan baru aku bawa mudik. Untungnya sekarang banyak kemudahan seperti ini ya jadi nyaman bawa anak keluar kota.

    ReplyDelete
  10. Sehat selalu ya Dedek bayi
    Memang selain perlengkapan yang harus sedia kalau mau bepergian bawa anak itu pasti kendaraan juga harus nyaman

    ReplyDelete
  11. Wah senangnya, alhamdulillah. Aku pernah sekali bawa Maxy pas kecil PP Jkt Sby naik esawat tapi terus terang kalau bawa anak bayi bikin aku kapok pergi sendirian. Kalau skrng dah gede2 bertiga ya hayuk :D
    TRAC ini mobilnya ternyata macem2 ya, kirain cuma bus atau mini van ternyata ada yg bisa buat keluarga kecil jg.

    ReplyDelete
  12. Saya juga pernah bawa anak baby pas usia 3-4 Bulan. Memang segala dibawa, ya. Hehe ... Saya berdua aja sama suami malah, makanya kudu kerja sama biar kompak

    ReplyDelete
  13. Kalau perjalanan jauh harus dengan persiapan dan perencanaan matang ya mbak, terlebih lagi ada membawa anak yang masih bayi, biar gak lelah

    ReplyDelete
  14. Baca ini jadi ingar perjalanan saat pertama kali bawa Si Kecil keluar kota. Saat itu umurnya juga kayak masih sekitar 3 bulan gitu.

    Nah, memang penting banget nih kalau mau bawa bayi perjalanan jauh gitu kudu pastikan kendaraan yang digunakan aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  15. Iya, kak..
    Ketemu langsung tetap tak tergantikan hanya dengan kecanggihan teknologi.
    Senangnya...
    Adik bisa ketemu nene-kake.

    ReplyDelete
  16. Wah keren. Aku salut deh sama yang bisa bawa bayi ke luar kota. Aku dulu suka males dan takut. Jadinya jarang bawa bayi ke mana2. Palingan udah 1 tahunan baru berani. Takut rewel dan udahnya sakit. Tapi bener ya, kalo carter mobil emang paling bagus. Daripada naik mobil umum yang lain.

    ReplyDelete
  17. Wah aku baru tahu tentang TRAC. Ada di limapuluh kota besar di Indonesia ternyata. Semoga ada juga di kota ku ya mba.

    ReplyDelete
  18. Aku pernah juga bawa travelling bareng anak tanpa suami, wah rasa capeknya luar biasa

    ReplyDelete
  19. Waaa dede bayi udah jalan-jalan ke Kuningan sementara akuh belum. Harus ikut seterong kaya si dede nih aku biar bisa ngebolang di kuningan.

    ReplyDelete
  20. anakku sendiri pertama kali aku bawa traveling pas 10 bulan. sbnrnya lbh enak kalo msh bayi, krn masih diem dan ga terlalu cranky :p. pas anakku, ya ampuuun, mana babysitternya ga ikut, pesawat delay 5 jam, abiis lah aku pusing ngeliat anaknya ga bisa diem krn bosen hahahahah..

    tp seru sih memang. ngebiasain mereka dr bayi utk traveling :). apalagi aku suka dan rutin traveling. makanya ngebiasain anak2 utk seneng jalan2 :)

    ReplyDelete
  21. Wah selamat untuk kelahiran anak ke 3 nya ya Bun. Allhamdulillah ikut seneng akhirnya anak ke 3 nya bisa ketemu ama nenek dan kakeknya. Nenek dan kakeknya pasti seneng waktu dikunjungi. Pasti ada bahagia di dalam sana 😍❤️

    ReplyDelete
  22. Jadi inget waktu ngajak anakku yang masih bayi liburan ke Pangandaran. Beneran banyak persiapan dan perlengkapannya ya mbak. Hehe

    ReplyDelete
  23. Beberapa waktu lalu saya juga mengajak bayi saya umur 2 bulan buat ziarah sehari gitu, mbak. Setengah hari dia anteng eh bada zuhur mulai deh rewelnya karena berasa nggak nyaman. Mana kakaknya juga nggak bisa diam. Heu

    ReplyDelete
  24. Kalau anak-anak masih kecil juga saya lebih suka naik kendaraan pribadi atau sewa aja. Masih belum tega kalau ajak bayi naik transportasi umum meskipun sekarang udah nyaman

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar