Menikmati Keindahan Pantai-Pantai di Indonesia Bersama Buah Hati

Pantai adalah salah satu tempat wisata yang asyik dikunjungi bersama anak. Pasir yang lembut bisa menjadi sarana untuk melatih otot kaki dan motorik halus. Udara pantai yang sejuk dan segar juga bagus untuk pernafasan. Pemandangan yang indah menjadi sarana belajar anak dalam bersyukur dan mengenal ciptaan-Nya. Permainan yang bisa dilakukan di pantai pun banyak. Anak bisa berlari, bermain air dan pasir, berenang, menyelam, dan sebagainya.

Jika sahabat Za dan Ra ingin liburan bersama anak, sesekali ajaklah anak menikmati keindahan pantai. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri yang memerlukan biaya tiket pesawat dan biaya lainnya, yang terdekat saja di negeri sendiri banyak pantai yang bagus dan indah kok. Pantai-pantai berikut ini yang pernah saya kunjungi bersama anak mungkin bisa menjadi referensi buat sahabat Za dan Ra.

1. Pantai Kuta
Saya dan keluarga jalan-jalan ke Bali pada Agustus tahun lalu. Kami naik maskapai penerbangan yang berbeda. Suami dan anak pertama naik pesawat City Link, sedangkan saya dan anak perempuan saya naik pesawat lain.

pantai kuta
pantai Kuta pagi hari, lengang dan segar

Pantai Kuta adalah salah satu pantai yang terkenal di Bali. Ke Pantai Kuta bersama anak, datanglah pagi hari setelah shalat Subuh karena udara lebih segar dan orang-orang juga belum banyak berdatangan. Semakin siang, semakin banyak orang datang terutama wisatawan asing.

Pantainya cukup bersih dan di beberapa sudut terlihat tumpukan sampah bekas minuman atau makanan semalam. Pasir pantainya halus dan terlihat berwarna abu-abu. Ombaknya besar dengan suara yang bergemuruh. Ditambah dengan pemandangan langit pagi yang berganti-ganti warna dari gelap lalu cerah, menambah keindahan pemandangan Pantai Kuta.

1. Pantai Pandawa
Pntai Pandawa juga cukup dikenal di Bali. Saat pertamakali sampai di Pantai Pandawa, saya merasa seperti melihat lukisan hidup karena keindahan pantai ini. Pasirnya begitu putih dan bersih, air laut dan langit terlihat biru sebiru-birunya. Ombak Pantai Pandawa cukup besar dengan suaranya yang gemuruh. Tebing-tebing tinggi menjulang berdiri gagah tak jauh dari pantai.

pantai pandawa
Pantai Pandawa, a live picture!

Kalau membawa kendaraan, ada tempat parkir yang disediakan dengan biaya parkir yang terjangkau. Di sepanjang pantai, berdiri warung-warung kecil yang menjual makanan, minuman, mainan, baju, dan sebagainya. Karena tidak membawa baju berenang, saya membeli baju pantai untuk anak perempuan saya, Ra. Harganya sekitar 30 ribuan.

1. Pantai Carita
Pantai Carita berada di Provinsi Banten, dari Jakarta hanya beberapa jam saja. saya yang datang bersama rombongan keluarga besar menginap di kondominium tepat di dekat pantai. Hampir tiap hari, pagi siang dan sore, anak-anak main di pantai. Bisa dibayangkan, betapa beratnya oleh-oleh yang dibawa pulang ke rumah yaitu baju-baju basah dan berpasir.

Jika dibandingkan dua pantai sebelumnya, kebersihan Pantai Carita saya nilai kurang. Beberapa kali saya menemukan benda tajam di dalam pasir. Pantai juga cukup ramai dengan wisatawan –terutama domestik- dan pedagang, dari mulai pedagang makanan, baju, mainan, dan yang lainnya.

pantai carita
Pantai Carita dengan pemandangan Gunung Anak Krakatau di tengah laut

Walau begitu, tentu saja ada hal yang menarik dari pantai ini. Diantaranya adalah pemandangan Gunung Anak Krakatau yang menyembul dari tengah laut. Hal ini menimbulkan keingintahuan dalam benak saya dan si sulung tentang sejarah gunung tersebut sehingga saya mencari filmnya di youtube dengan judul  “Krakatoa”. Oh ya, di pantai ini juga disewakan berbagai permainan, diantaranya adalah papan seluncur mini untuk anak dengan harga sewa 25 ribu sampai puas.

1. Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung juga terletak di Provinsi Banten juga. Pantai Tanjung Lesung yang saya kunjungi terletak di belakang Tanjung Lesung Resort. Pemandangan di sana, rasanya mirip dengan Pantai Pandawa karena pasirnya putih dan bersih, langit dan air lautnya biru sekali. Cukup dengan melihatnya saja, rasanya sungguh menakjubkan. Kalau anak-anak, tentu saja main air dan pasir selalu tidak ketinggalan. Oh ya, di pantai ini banyak kulit kerang berserakan. Kalau suka berkreasi di rumah, boleh deh bawa sebagai oleh-oleh untuk main sama anak.

pantai tanjung lesung
Gak bawa baju ganti juga tetep aja nyebur, gak perlu takut basah!

Itulah pantai-pantai indah yang pernah saya kunjungi bersama anak-anak. Walaupun indah dan mengasyikkan, tetap dampingi mereka karena cukup berbahaya juga jika anak dibiarkan main sendiri. Ombak yang besar dan pasir pantai yang menyembunyikan bakteri, beresiko juga untuk kesehatan dan keselamatan anak. Dengan mendampingi buah hati kita, tak hanya keindahan pantai yang didapat namun juga kedekatan dengan buah hati.

Comments

1. pantai yang pertama adalah pantai yang amat sangat ingin saya singgahi namun sampai sekarang belum bersinggah juga :(

2. Klo disuruh muilih, aku pengen kuta teh, sekarang juga hihihih

3. Replies
    1. Anak perempuan sy awalnya takut tp lama2 enjoy main pasir dan air

Delete
  4. Aduuh, aku jd kangen pantai nih. Hiks

ReplyDelete
  5. Banyak yang merekomendasikan pantai pandawa. Kayanya saya jadi tambah mupeng.

6. aku udah pernah ke sana semua Kakak :D
    hihihi i buku kan orang Bali :D

7. ekhem...ekhemmm,,, jadi pengen ikutan lomba,,,

8. Senangnyaaa jalan-jalan ke pantai.

*sambil kuliner ikan bakar...huummm...

ReplyDelete
  9. berlibur bersama anak selain mendekatkan ikatan juga sekalian refreshing ya. Apa kabar mbak? maaf aku baru bisa bw lagi

10. Indonesia memang kaya sekali dengan pantai...yang landai..yang curam..bagus semua 😊

11. kulari ke pantai kemudian teriakkuuu.. haha i love beach , nenangin saat melihatnya

12. yaampun itu pandawa kayak pantai di okinawa loh. syahdu benerrrrrr

13. Pantai-pantai di Bali memang indaah ya Mbaak

14. Aku sukaaaaaa banget kalo disuruh main2 ke pantai...seneng deh melihat pantai...

ReplyDelete
  15. Tulisan menarik, terima kasih atas partisipasinya dalam lomba blog Airpaz. Semoga menang dapat tiket pesawat gratis dari Airpaz ya :)