Thursday, October 29, 2015

Membuat Kotak Mainan Dari Barang Bekas

Mainan merupakan salah satu media bagi anak untuk belajar dan melatih emosi serta motoriknya. Memiliki mainan tak harus yang mahal karena banyak mainan yang bisa kita buat sendiri di rumah kalau ortunya kreatif. saya ingat satu momen, anak-anak tuh seneng banget dibuatkan balon dari kantong kresek yang diisi udara sehingga ia menggelembung seperti balon. 

Saya menyimpan mainan anak di lemari kayu, awalnya, karena belum banyak perabotan yang bisa diismpan di lemari tersebut. Tapi lama-lama, kok ya gak indah banget ya. Mainan pada nongol keluar dari celah jendela lemari yang kacanya udah lepas, karena anak-anak suka menutup lemari dengan keras. Akhirnya saya buat kotak mainan dari barang bekas yang ada di rumah.



  1. Siapkan kotak kardus besar (biasanya bekas alat elektronik), selotif besar atau lem, dan gunting. 
  2. Kuatkan bagian bawah kardus dengan selotip. 
  3. Lalu tutup sisi-sisi kardus dengan bahan apa saja yang ada di rumah. Saya memakai amplop bekas, yang dipakai bagian dalamnya. Amplop dibuka sehingga lebar dan ditempel ke seluruh permukaan kardus dengan selotip atau lem. Soal bungkus membungkus, ini kelemahan saya, biasanya kurang rapi. 
  4. Kalau sudah terbungkus semua sisinya, bisa langsung dipakai atau dihias dengan berbagai stiker atau gambar anak.

Lumayan dah bisa menampung sebagian mainan anak. Space lemari yang kosong bisa saya manfaatkan untuk menyimpan buku-buku yang mulai menimbun. Eh iya, sebagian. Ternyata masih ada mainan yang tak tertampung. Wuaaaa, masih butuh kotak kardus lagi.



Share yuk cara lain menyimpan mainan anak di rumah!

9 comments :

  1. bener-bener kreatif banget nih mbak, pasti anak2nya bangga punya bunda yang smart n inovatif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah biasa aja mba, itu sebenarnya tiap sisinya beda warna karena ternyata persediaan amplop bekasnya beda warna :p

      Delete
  2. Biasanya aku pake kranjang plastik itu mb.. Tp sekarang dah beralih...mainan tak taruh container...kranjangnya buat baju yang antri sebelum disetrika...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, bagusnya sih kontainer ya, ga cepet rusak..tapi harus beli...

      Delete
  3. br 1 dus nih yg dpake mainan jav :D

    ReplyDelete
  4. saya juga sering memanfaatkan kardus utk barang-barang yang nggak kebagian tempat mbak...biasanya sih buku-buku anak saya... :)

    ReplyDelete
  5. anak ku juga pake ini mba, kalo mau main dia ngkat boxnya dan semua mainanya tumpah. tinggal beresinnya deh yang capek :"(

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...