Healing Murah Meriah di Sawah LoPe

Alhamdulillah bisa pulang kampung lagi Idul Adha kemarin. Kebetulan Idul Adha kali ini bertepatan dengan libur kenaikan kelas di sekolah anak-anak. Jadi, selain merayakan momen lebaran Idul Adha, juga menghabiskan waktu libur sekolah anak.

Senangnya pulang kampung itu karena kampung atau desa tempat orangtua saya tinggal masih banyak pesawahan. Jadi, pemandangannya masih asri dan udaranya masih segar. Tentu cukup berbeda sekali dengan kondisi ibukota Jakarta kan.

Baru-baru ini di desa tetangga kami ada sebuah tempat wisata yang unik. Desa tetangga kami menjadi desa wisata yang menjadi tujuan wisata kota Kuningan yang baru untuk healing murah meriah di kota kami. Namanya Desa Cikaso dan tempat wisata yang dimaksud namanya Sawah LoPe.

Ketika saya tanya keponakan saya apa arti dari kata LoPe yang dimaksud. Katanya LoPe itu singkatan dari Lokasi Pesawahan. Awalnya saya kira LoPe itu adalah dari kata Love yang artinya cinta, karena di lokasi Sawah LoPe juga ada spot foto dengan bentuk hati berukuran besar. Yah, mungkin juga LoPe itu kata pelesetan dari Love ya. Apapun itu, tempatnya asyik banget untuk dikunjungi.

Untuk masuk ke lokasi Sawah LoPe kita dikenakan biaya cuma 5000 rupiah aja, murah meriah kan. Enaknya pagi-pagi saat matahari baru bersinar untuk datang kesini. Jika beruntung dan udara cerah, kita bisa mendapatkan kesegaran udara dan pemandangan pesawahan yang indah.


sawah lope desa cikaso kuningan


Apa saja yang bisa dilakukan di Sawah LoPe?

1. Menikmati pemandangan gunung dan pesawahan yang indah

Ketika memasuki lokasi Sawah LoPe kita bisa jalan-jalan saja menikmati pemandangan sawah yang hijau. Jangan khawatir becek karena ada jalan beraspal yang bisa kita lalui. Kalau pagi, ada juga beberapa petani warga sekitar yang sedang menyiram dan merawat tanaman. Di kejauhan juga nampak gagahnya Gunung Ciremai yang dari kejauhan terlihat berwarna biru.

2. Menikmati kuliner dan duduk di saung

Ada saung-saung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman untuk disantap. Banyak gerobak juga yang menjual makanan dan minuman lalu kita bisa duduk di saung untuk menyantapnya. Makanan dan minuman bisa juga dipesan melalui nomor telepon yang tertera di tiap saung. Menyantap kuliner ambil menikmati pemandangan indah dan segarnya udara, luar biasa sekali rasanya.

3. Menikmati segarnya udara desa

Karena lokasi pesawahan, udaranya terasa segar dan angin cukup kencang berhembus. Jangan lupa bawa jaket jika tidak kuat akan hembusan angin. Coab deh, joging di Sawah Lope dengan hembusan udara yang segar pasti akan terasa mengasyikkan.

4. Menyewa skuter

Jika ingin jalan-jalan agak jauh, kita bisa menyewa skuter yang ada di lokasi. Biaya sewanya 10 ribu per 30 menit. Namun hari-hati dalam menggunakannya, jangan smapai skuter tercebur di kali di pinggir sawah karena bisa terjadi korslet dan harus mengganti biaya perbaikan skuter.



5. Mair air di kali

Sebenarnya tidak ada fasilitas main air di kali di Sawah LoPe. Namun melihat air yang bersih dan deras, sungguh menggoda untuk mengayunkan kaki di air kali yang dingin itu, hehe. Alhasil, anak-anak dan keponakan basah kuyup deh sepulang dari Sawah Lope.

Buat teman-teman yang mau berkunjung ke Kuningan. boleh deh datang ke Sawah Lope. Mau janjian yuk, inshaAllah liburan akhir tahun dan semester baru di bulan Desember kita pulang kampung lagi. Sampai jumpa di Kuningan!



Comments

  1. Wisata Kota Kuningan cakep nih buat healing tipis². View Sawah LoPenya juga cakep, jadi bisa segerin mata sejenak.

    ReplyDelete
  2. Cantik banget lokasinya. Sengaja diperindah dengan nama yang catchy sebagai tempat wisata kekinian, ya

    ReplyDelete
  3. Hihihi emang deh, godaan banget kalau ketemu aliran air jernih dan kebayang kalau airnya bakalan terasa dingin. Walaupun di sana nggak ada fasilitas main air, ujung-ujungnya tetap tergoda minimal basahin kaki sih ya. Kebayang sih betah banget memandangi pemandangannya yang hijau. Pas pula langitnya lagi cerah.

    ReplyDelete
  4. Wah asyik bisa jalan2 dan melihat pemandangan yang menyegarkan, main2 ke sawah, naik skuter, duduk2 di saung.
    BTW untuk makanan yang bisa dipesan apa aja ya? Apa ada reviewnya nanti di postingan terpisah?

    ReplyDelete
  5. MashaAllah~
    Aku juga mudik, kka Kaniaa..

    Yang aku inget banget kalo ke Kuningan adalah Gunung Ciremai-nya.
    Cantiik sekali.
    Dan ternyata di Kuningan tuh dingiin... aku pikir bakalan sepanas di Cirebon.

    Happy Holiday, kak Kania dan keluarga.

    ReplyDelete
  6. Melihat sawah yang menghijau, bikin yang datang ke LoPe makin LoVe aja ya, Kak. Apalagi ditemani hamparan luas tanaman padi dan udara segar serta sejuk di pagi hari, makin ga mau pulang

    ReplyDelete
  7. View-nya bikin takjub di sana ya kak.
    Cocok banget ini rekomennya buat liburan sambil mengagumi ciptaan Allah SWT

    ReplyDelete
  8. ya ampun asri banget sih mbaaa pemandangannnya, serasa bukan di Indonesia sekilas sih, breath taking bgt yaa melihat alam sejenak tuh

    ReplyDelete
  9. seger bangeeetttt. bisa main sekuter juga pula. seru nih beneran bisa buat healing

    ReplyDelete
  10. Indah banget suka kalau lihat pemandangan alam kayak gini hijaunya bikin seger banget, jadi pengen liburan ke sana kak

    ReplyDelete
  11. viewnya cakep banget,, cocok nih buat yg pengen healing liat sawah nan hijau yg membentang

    ReplyDelete
  12. saya punya ipar aslinya orang kuningan dan pernah cerita tentang sawah lope ini, asli emang enak sih buat healing tipis-tipis. most of all, kuningan masih asri sih dibanding bandung

    ReplyDelete
  13. Penampakannya sekilas kayak kafe sawah yang ada di Batu ya. Iya gak sih. Viewnya cantik banget. Ngajak anak anak oke nih

    ReplyDelete
  14. Waaah kreatif yang bikin, sawah Lope. Bayarnya terjangkau juga 5K aja ya mbak buat masuk situ. Murah untuk pemandangan indah, udara segar dan bisa berjemur di matahari pagi (sehat)

    ReplyDelete
  15. Masya Allah, indah banget pemandangannya, cocok banget untuk yang ingin keluar dulu dari hiruk pikuk kegiatan sehari-hari. Melihat hijaunya daun padi di pesawahan dan latar gunung yang sangat megah, pasti bikin betah tempatnya

    ReplyDelete
  16. Enggak perlu yang mahal ya untuk healing, dengan berjalan-jalan di skeitar rumah juga bisa menjadi sarana healing lo, menepi sejenak dari keriuhan dunia

    ReplyDelete
  17. Udah lamaa banget ngga lihat air bersih kek gitu di kali-kali dan sawah sini mbaa. masyaAllaah seger banget euy!

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan