Menikmati Pemandangan Waduk Darma Dari Telaga Surian

 

Alhamdulillah lebaran tahun 2022 saya bisa berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman saya di Kuningan, Jawa Barat. Seperti kebiasaan lebaran di daerah lainnya, kami pun pergi ke makam keluarga untuk berdoa dan bersilaturahmi dengan sanak saudara. Mudik pun tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata di daerah kampung halaman. Karena waktu kami di kampung masih ada, serta bosan juga jika di rumah terus, maka kami memutuskan untuk berwisata saat mudik lebaran kemarin.

Banyak tempat wisata baru di Kuningan yang belum pernah kami sekeluarga datangi. Saya sebagai warga yang lahir dan besar di Kuningan saja merasa takjub dengan berbagai perkembangan kampung halaman, termasuk perkembangan pariwisatanya. Atas ide dari saudara yang pernah mengunjungi wisata ini, kami rombongan keluarga besar saya pun mengunjungi salah satu wisata alam di Kuningan.

Wisata alam Kuningan memang menjadi salah satu daya Tarik wisata di kota ini, terutama daerah yang terletak di kaki gunung Ciremai yang udaranya relatif sejuk. Tempat wisata yang kami kunjungi ini namanya Telaga Surian, merupakan bumi perkemahan dengan banyak pepohonan lebat di sekelilingnya. Dikenakan biaya masuk yang cukup terjangkau saat mengunjungi Telaga Surian. Fasilitasnya berupa toilet, disewakan tenda-tenda untuk yang akan berkemah, dan ada spot foto menarik dengan pemandangan kota Kuningan yang bisa digunakan untuk berfoto.


telaga surian


Yang menarik disini adalah tempat makan bernuansa café dengan nama Sago Café (maaf jika salah) yang nyaman dengan pemandangan Waduk Darma di kejauhan. Jadi, bisa menyantap makanan dan minuman sembari menikmati pemandangan Waduk Darma yang seperti mangkuk berisi air. MashaAllah, takjub dengan ciptaan-Nya.

Sayangnya, lahan parkir untuk mobil terbatas saat kami berkunjung. Jadi, pengunjung bermobil memarkir kendaraannya di pinggir jalan. Ada baiknya menggunakan motor saat mengunjungi Telaga Surian agar lebih mudah memarkir kendaaraan. Pada saat liburan hari raya kemarin, pengunjung yang datang juga lumayan banyak sehingga agak ramai. Tapi jujur meski ramai, tidak mengurangi kesegaran udara pegunungan yang melimpah. Jika ingin agak sepi mungkin bisa mengunjungi Telaga Surian saat bukan hari libur.

Ngapain aja di Telaga Surian? Karena tidak ada niat berkemah, kami Cuma menikmati pemandangan alam sambil makan cemilan dari rumah, serta menghirup udara segar yang sangat melimpah. Itu saja sudah senang sih, lumayan menyegarkan badan dan pikiran serta menenangkan hati.



 

 


Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan