Bubur Polos CERELAC Risenutri Vs Tepung Gasol, Pilih Mana Ya Untuk Bikin MPASI Homemade?



Alhamdulillah, usia anak ketiga saya Raina di Bulan Desember ini menginjak 9 bulan. Raina udah bisa bikin senang orangtua dan kakak-kakaknya, sekaligus was-was. Seneng, karena Raina suka bikin kita ketawa dengan kelucuannya. Was-was, karena kita selalu menantikan setiap hal mengejutkan mengenai tumbuh kembang Raina. 

Misalnya saja, saat orang lain cerita anaknya yang seusia Raina sudah merangkak, ternyata Raina masih onggong-onggong aja. Tetapi menurut dokter anak, Raina baik-baik aja dan sehat walafiat. Menurut beliau, tahapan merangkak itu biasanya di usia 10 bulanan kok. Pernyataan dokter ini jadi bikin saya sedikit tenang deh.

Ya, saya mungkin perlu stay calm and focus aja, gak usah terpancing dengan hal-hal di luar rumah. Yang penting Raina sehat seperti kata dokter, dan sebisa mungkin saya berikan stimulasi dan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang Raina. 



Mpasi-bayi

Saat ini Raina sudah diberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) selain ASI. Selamat datang deh masa-masa MPASI yang rempong. Gimana nggak rempong. Tiap hari selain mengurus pekerjaan rumah tangga dan tiga anggota keluarga lain, juga harus bikin makanan bayi dong. Tak lupa, menangani kehebohan saat memberi MPASI seperti baju dan karpet yang kena noda makanan dan sulit hilang, bayi yang menolak makan, dan sebagainya.

Tapi semua itu saya jalani dengan berbagai dramanya. Kata orang, nikmati aja, karena masa-masa bayi gak akan terulang lagi. OK deeeh. 

By the way, saya suka bikin kreasi berbagai MPASI buat Raina dan sekarang mau cerita tentang pengalaman saya membuat menu MPASI menggunakan bubur polos CERELAC Risenutri dan Tepung Gasol, dua brand makanan bayi yang sudah tidak asing dan sering digunakan banyak ibu dalam membuat MPASI buat si kecil. 


Mpasi bayi cerelac dan tepung gasol



Bikin MPASI Homemade Dengan Bubur Polos CERELAC Risenutri


CERELAC merupakan brand makanan bayi yang sudah malang melintang di Indonesia sejak lama. Kalau bubur polos CERELAC Risenutri, pasti baru dengar kan. Ya, karena bubur polos CERELAC Risenutri dilaunching baru-baru ini. Bubur polos CERELAC Risenutri dengan berat bersih 100 gram dikemas dalam boks dan aluminum foil yang tertutup rapat sehingga kebersihan produknya terjamin seperti kemasan CERELAC lainnya.

Bubur polos CERELAC Risenutri merupakan bubur polos dengan kandungan 10 vitamin dan 6 mineral, rendah gula, tinggi Zat Besi, sumber Protein, Omega 3, dan Omega 6. Rasanya plain , sehingga kita sebagai orangtua bisa berkreasi dengan resep MPASI homemade favorit, baik gurih maupun manis.


Mpasi bayi cerelac

Bubur polos CERELAC Risenutri teksturnya pas untuk anak yang sedang dalam masa MPASI. Bubur polos CERELAC Risenutri juga sangat mudah dibuat, cukup diseduh dengan air hangat ataupun dilarutkan dengan kaldu lalu dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan makanan lain yang ada di rumah, seperti daging, sayur, maupun buah.


Mpasi bayi cerelac

Salah satu kreasi MPASI rumahan yang saya buat menggunakan bubur polos CERELAC Risenutri untuk Raina adalah bubur bayi dengan rasa manis karena diberi toping buah-buahan, yaitu Bubur bayi homemade bubur polos CERELAC Risenutri dengan toping buah naga. Sebenarnya, idenya terinspirasi dari resep MPASI yang ada di kemasan bubur polos CERELAC Risenutri. 

Buah naga juga adalah salah satu buah yang Raina suka, karena biasanya dia gak akan nolak kalau saya kasih jus buah naga. Jadi saya sering stok buah naga di rumah. Selain itu, buah naga juga rasanya manis dan segar, serta mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti vitamin C dan antioksidan. 

Mpasi bayi


Bahan-bahan untuk membuat Bubur bayi homemade bubur polos CERELAC Risenutri untuk bayi 9 bulan, dengan toping buah naga ala saya adalah sebagai berikut:

- 5 sendok makan bubur polos CERELAC Risenutri
- Buah naga secukupnya yang sudah dikeluarkan dari lemari es, sehingga suhunya tidak dingin.
- Air matang hangat/ASI perah secukupnya jika perlu

Cara membuat:

1. Blender buah naga, jangan sampai halus banget biar ada teksturnya. Atau, kalau mau dicincang kasar juga boleh. Tapi kalau untuk bayi yang masih di bawah 8 bulan, sebaiknya sampai halus. Karena buah naga itu cepat sekali hancur, gak butuh waktu lama untuk menghaluskannya yaitu sekitar kurang lebih 1 menit. 

2. Tuang 5 sendok makan bubur polos CERELAC Risenutri ke dalam wadah. Campurkan Bubur polos CERELAC Risenutri dengan air hangat atau ASI dan aduk sampai merata sampai bubur menjadi lembut. Tuang buah naga yang sudah dihancurkan ke atas bubur bayi bubur polos CERELAC Risenutri. Cuma butuh waktu kurang lebih 1 menit untuk membuat MPASI rumahan dengan bubur polos CERELAC Risenutri!


Mpasi bayi cerelac

Selain buah naga, buah lain juga bisa dijadikan sebagai toping MPASI homemade yang kita buat menggunakan bubur polos CERELAC Risenutri. Mangga yang dicacah, alpukat, daging buah jeruk manis, pisang kerok, dan buah lain kesukaan si kecil bisa banget buat dijadikan sebagai toping MPASI rumahan menggunakan bubur polos CERELAC Risenutri. 

Kalau mau yang gurih, bisa menggunakan toping sayuran atau daging ayam. Daging atau sayuran seperti bayam, wortel, brokoli, dan sebagainya dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan air kaldu. Sajikan sayuran tersebut dengan bubur bayi yang sudah dibuat menggunakan bubur polos CERELAC Risenutri. 

Yang saya seneng dari produk ini adalah waktu penyajian yang tak lama, mudah dan praktis, sehingga lebih hemat waktu dan tenaga. Buat saya ini membantu banget karena selain mengurus bayi, saya juga harus melakukan hal lainnya seperti memperhatikan kebutuhan kakak-kakaknya Raina dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya. Harga bubur polos CERELAC Risenutri sekitar Rp 8.700 juga sangat terjangkau untuk semua orangtua yang ingin memberikan MPASI rumahan terbaik buat anaknya.


Mpasi bayi cerelac




Bikin MPASI Homemade Dengan Tepung Gasol


Selain menggunakan bubur polos CERELAC Risenutri, saya juga sempat mencoba menggunakan tepung gasol untuk membuat MPASI si kecil. Tepung GASOL merupakan karbohidrat alami yang mudah dicerna, mengandung Vitamin C, Vitamin A, fenolik dan senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh dari radikal bebas, serta bebas gula sehingga aman buat bayi.

Tepung GASOL diproduksi dari hasil pertanian organik tanpa pupuk dan pestisida sintesis sehingga lebih alami, juga tanpa pengawet, pewarna, ataupun tambahan rasa buatan. Dengan berat bersih 200 gram, tepung GASOL dikemas dalam boks dan plastik transparan yang tertutup rapat. Di dalam boks juga terdapat buku kecil berisi kreasi MPASI rumahan baik manis maupun gurih yang bisa kita buat di rumah menggunakan tepung GASOL.

Membuat MPASI homemade menggunakan tepung GASOL lebih lama dibanding menggunakan bubur polos CERELAC Risenutri. Tepung GASOL harus dimasak kurang lebih 10 menit sambil terus diaduk. Saya mencoba membuat MPASI homemade menggunakan tepung GASOL dengan toping gurih. Ini resep MPASI rumahan ala saya menggunakan tepung GASOL.

Mpasi bayi tepung gasol

Bahan-bahan:

- Kira-kira 2 sdm tepung beras putih gasol
- Air kaldu kurang lebih 200 ml
- Beberapa lembar daun bayam

Cara membuatnya:

1. Campur tepung gasol dan air kaldu, masak dalam api kecil selama kurang lebih 10 menit sambil terus diaduk. Teksturnya yang awalnya cair lama-lama akan mengental seperti bubur. Kalau sudah mendidih dan matang, matikan api.

2. Menggunakan wadah atau panci lain, rebus bayam dengan air kaldu. Setelah matang, haluskan bayam menggunakan hand blender.

3. Sajikan bubur bayi tepung GASOL dengan toping air kaldu dan bayam. Karena teksturnya terlalu kental bahkan menggumpal, saya tambahkan air kaldu atau air hangat lagi lalu diaduk sampai semuanya sampai tercampur rata dan mendapat tekstur bubur yang diinginkan.


Mpasi bayi tepung gasol

Lumayan nih, lebih menguras waktu dan tenaga jika membuat MPASI rumahan menggunakan tepung GASOL. Pertama, waktu penyajiannya yang lebih lama dan harus diaduk terus sehingga harus stand by di depan kompor. Kedua, saya kesulitan mendapat tekstur yang diinginkan. Tekstur bubur bayi menggunakan tepung GASOL cenderung menggumpal membuat saya harus menambahkan air sedikit demi sedikit sehingga waktu penyajian tambah lama.

Gimana nih dengan mom, pilih CEREAL Risenutri atau tepung GASOL untuk membuat MPASI homemade buat si kecil? 

Mpasi bayi


Buat mama yang ingin lebih mudah dalam menyajikan MPASI buat si kecil, tak ada salahnya mencoba membuat MPASI rumahan menggunakan CEREAL Risenutri. Karena selain waktu penyajian yang sebentar dan mudah mendapat tekstur MPASI yang diinginkan, kandungan nutrisi dalam bubur polos CERELAC Risenutri juga tak kalah dari MPASI lain. Apalagi dengan tambahan bahan makanan alami lainnya yang disukai si kecil, jadi tambah lengkap lagi nutrisi yang tersaji dalam MPASI rumahan yang dibuat dengan bubur polos CERELAC Risenutri. 

Oh ya, untuk mendapatkan inspirasi kreasi MPASI homemade lainnya menggunakan bubur polos CERELAC Risenutri, bisa cek kemasan belakang bubur polos CERELAC Risenutri atau mengunjungi website mamamyuk.co.id ya. Selamat mencoba! 

Comments

  1. ih dedeknya sdh besar lagi, lucu

    ReplyDelete
  2. anak saya dulu juga lama merangkak dan berjalan. asal terus dilatih pasti bisa.. semoga sehat-sehat ya.

    ReplyDelete
  3. Ternyata bubur beras bisa dicampur buah juga ya mbak. Kupikir selama ini cocoknya cuma untuk lauk dan sayur yang gurih2.

    ReplyDelete
  4. Iya betul. Ada keseruan sendiri saat nyuapin anak di masa MPASI. Tetapi, nikmatin aja. Nanti bisa kangen juga dengan masa ini :)

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau nih cerelac ada inovasi baru gini hihi aku suka sih jaditidak menghilangkan kreasi homemadenya... pantes si dedek montok banget masyallah

    ReplyDelete
  6. Yang pasti pakai cerelac nutri bisa lebih praktis, ya. Tinggal nanti ditambahin sayur atau buah lain. Kalau nyiapin dari tepung kadang butuh waktu yang lumayan lama.

    ReplyDelete
  7. lengkap banget kandungan risenutri dari cerelac ini untuk penuhi asupan MPASI dedek. Duh salfok juga dedeknya gemes banget, semoga sehat selalu ya moms

    ReplyDelete
  8. aku pasti pilih Cerelac Ricenutri yang praktis dong...Coba pas anakku dulu ada begini, kan mudah sekali dan meringankan kita saat menyiapkan MPASI

    ReplyDelete
  9. Setuju mba pake gasol.lama.banget karena memang harus dimasak.ga bisa diseduh lebih praktis cerelac risenutri yah

    ReplyDelete
  10. Kadang suka bingung bikin MPASI anak yang bergizi terutama saat traveling eh sekrang sudah ada cerelac risenutri ya mbak. Bikin bubur jadi gampang tinggal kasih toping sesuai kebutuhan anak saja.

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah pake dua2nya. Tepung gasol itu susah lembut ternyata ya. Boleh nih Cerelac RICEnutri jadi alternatif.

    ReplyDelete
  12. Wiwin @ pratiwanggini.netMarch 21, 2020 at 7:17 PM

    Saya pernah pake tepung gasol waktu anak kedua saya dalam masa MPASI. Memang butuh waktu untuk membikinnya. Andai waktu itu udah ada Cerelac Ricenutri yaa.. hehehe..

    ReplyDelete
  13. Bayiiiiiii, kau sungguh gemasssss, pengen diuweelll, pengen dibawa lari sekalian hahaha.

    Ih beneran salah fokus saya mah.

    Enak banget ya zaman now, pilihan MPASI banyak banget, dan yang paling penting pilih yang praktis dan bergizi ya :)

    ReplyDelete
  14. Tepung Gasol ini sacam adonan dasar bubur ya mbak, jadi bisa dicampur dengan bahan yang kita mau ...

    Agar repot sih ya keliatannya , aku belum pernah coba. Kalau cerelac memang aku akuin praktis banget

    ReplyDelete
  15. Perasaan dulu pernah denger tepung gasol ini tapi lupa kapan dan gak nyari tau juga tepung gasol itu seperti apa, hehe. Tapi cerelac resinutri ini menarik banget nih MPASI nya, para bayi pasti suka.

    ReplyDelete
  16. Tepung Gasol itu pabrik dan pembuatannya dekat dari rumah saya. Gasol dibuat dari padi teebaik Cianjur yang terkenal yaitu padi Pandan Wangi. Saya dan teman blogger pernah kunjungan ke pabrik dan lokasi tanam padi organiknya.

    ReplyDelete
  17. Karena Cerelac ini ngga ada rasanya jadi bisa dikreasikan sama menu MPASI homemade seperti buah-buahan, sayuran, protein hewani dan nabati.
    Kandungan nutrisinya juga memenuhi standar MPASI, yang mana butuh banyak zat besi.

    ReplyDelete
  18. Salfok ama pipinya,, gembulll...
    Lucu bgt sih, sehat trs ya anak pintar

    ReplyDelete
  19. Aku baru tau bubur Cerelac gini bisa dikreasikan dengan bahan makanan lain. Kalau tepung gasol sih aku ga pernah beli karena dari dulu gak disarankan untuk MPASI setauku

    ReplyDelete
  20. Solusi yang praktis dan cepat ya buat nyiapin makanan anak apalagi pas kita sedang keluar kota pake mpasi cerelac mudah bngt

    ReplyDelete
  21. Aku lebih suka cerelac resinutri mba dibandingkan gasol, keduanya sudah kucoba kalau gasol tuh repot masaknya lumayan lama hehhe

    ReplyDelete
  22. Senangnya bikin MPASI homemade makin mudah saja, pakai Cerelac Risenutri smeua jadi praktis dan tetap bernutrisi. Sehat selalu ya Raina

    ReplyDelete
  23. Perbedqan tepung gasol sama tepung beras, apa ya mom.. anak sqya juga dalam tahap mpasi, aku rajin juga buat makqnannya sendiri

    ReplyDelete
  24. kalo tepung gasol emang kudu dikasih tambahan lauk mba, gaboleh tepungnya aja setauku gitu.. karena gizinya kayak belum lengkap gituu.. dalam kasus ini better cerelac ya kayaknya

    ReplyDelete
  25. Banyak juga yah perbedaanya, padahal kalo sekilas hampir sama tapi yg paling mencolok berbeda harganya hehehe

    ReplyDelete
  26. Wahh, dulu pas si kecil pertama kali MPASI aku pernah kasih tepung gasol mba. Dan yg menyedihkannya, emang lumayanlumay masaknya dan menggumpal. Alhasil, si kecil gak suka dong jadinya malah mubazir, hiks

    ReplyDelete
  27. Aku baru denger nih tepung gasol kak, jadi tuh tepung gasol ini punyanya ceralac juga?

    ReplyDelete
  28. sepertinya aku pilih cerelac yang rasanya enak dan mudah dalam proses penyajiannya. anakku suka aku pun suka. hehe cerelac juga gak perlu tambahan bahan lain udah enak.

    ReplyDelete
  29. Gemes banget deh Raina. Pengen towel pipinya. Makin banyak aja ya Varian MPASI dari Vitalis. Rasanya juga disukai bayi-bayi.

    ReplyDelete
  30. wah aku baru denger nih soal tepung gasol untuk MPASI, kalo cerelac risenutri iya tau hehe, tapi oke juga nih jadi menu sehat si kecil dalam masa MPASI nya

    ReplyDelete
  31. Waktu anakku kecil, belum ada nih varian cerelac yang risenutri, jadi anakku aku kasih nya gasol dan itu cuma sekali doang, karena anakku kurang suka:(

    ReplyDelete
  32. Wah, makin beragam aja ya mpasi instan buat anak. Bikin ibu gak buntu ide dalam ngasi mpasi selangan dari mpasi home made sendiri. Aku dulu bingung banget deh.

    ReplyDelete
  33. Aku pakai Cerelac nih mbak, lebih simple dan bisa dipakai masak apa aja. Asin atau manis gampang!

    ReplyDelete
  34. murah meriah ya bubur cerelac ini. Tapi kayaknya saya belum pernah nemu di kota saya. Pernah coba cerelac varian lain aja. Kalau tepung gasol malah belum pernah nyoba nih buat si kecil

    ReplyDelete
  35. cara bikinnya gampang ya.kalau sepraktis ini jg jd gak mikir kalau siapain yg baik untuk anak itu gak ribet dan gak lama

    ReplyDelete
  36. Mpasi udah makin bervariasi aja yah, kemasannya juga srmakin menarik, dedeknya lahap makannya gemes liatnya

    ReplyDelete
  37. Ohhh, gini ya kalau udah jadi Ibu-ibu.
    Dari anak yang rewel sampai variasi makanan juga dipikirin.
    Makasih sharingnya Mba, catatan dulu buat saya sebelum nanti ngalamin sendiri. Heheh

    ReplyDelete
  38. Bisa jadi macem2 ya bund, Raina pasti seneng banget ini saat mpasi

    ReplyDelete
  39. wah cerelac bisa dikreasikan lagi ya, dulu saya bikin cuma ya gitu aja diairin hehe mau ah nanti coba kalau anak saya yang kecil udah 6 bulan

    ReplyDelete
  40. Jadi kangen masa-masa menyiapkan MPASI untuk anakku nih, dulu aku selalu bikin menu untuk seminggu biar gak bingung ceritanya.

    ReplyDelete
  41. MPASI sekarang ini sudah banyak variasinya. Jadi bisa di ganti menu setiap harinya. Biar ga bosan si kecil

    ReplyDelete
  42. Dengan banyaknya pilihan kita bisa makin memanjakan anak dengan menu yang sehat dan bergizi. Kesehatan anak lebih berharga daripada kepraktisan

    ReplyDelete
  43. Raina gemol banget sih.
    Bikin gemes aja...
    Sehat terus ya cantik

    ReplyDelete
  44. Dulu saya buat homemade MPASI dari gasol, tapi kalau bepergian selalu bekal cerelac hehe

    ReplyDelete
  45. Duh jadi ingat masa masa dulu bikin MpAsi rajin banget. Hehhehe. Apapun, kita pasti berikan yang terbaik buat anak kita

    ReplyDelete
  46. Aku pernah coba gasol nih mom tapi anakku ngga suka sama sekali huhu. Kalo cerelac pernah coba juga .tapi emang dasarnya si bayi lebih suka homemade banget XD

    ReplyDelete
  47. Wah Rasia gemes deh pengen nyubit pipinya. Endut banget karena makan Cerelac ya. Lebih praktis bikin Cerelac ya. Aku belum pernah nyobain tepung gasol.

    ReplyDelete
  48. Anakku juga dulu konsumsi dua duanya tapi pengalaman dia malah kurang suka gasol karena terlalu hambar kali ya

    ReplyDelete
  49. Cerelac ini kesukaan si kecil mbak, apalagi rice nutri, boleh juga ya kalau dicampur dengan buah naga.

    ReplyDelete
  50. Aku dulu pakai tepung gasol pada saat awal2 MPASI anak. Cerelac yang aku beli yang ada variant rasanya :)

    ReplyDelete
  51. Kandungan nutrisi dari tepung gasol ini bagus sekali, kenapa ga kepikiran ngasi makan aleaha dengan ini ya...terimakawih mba informasinya

    ReplyDelete
  52. Dedenya lucu n gemesin banget. sehat² ya de, makan makanan bergzi, perpaduan cerelac & gasol pasti disukai anak

    ReplyDelete
  53. Cerelac emang bagus buat MPASI dan buat si bayi yah kak

    ReplyDelete
  54. Jaman sekarang MPASI.mudah banget yah. Cerelac bisa dicampur dengan bahan lain juga.. Wah bayi pasti suka nih. Duh gemesh deh dedeknya..cantik montok hehhehe..

    ReplyDelete
  55. Kandungan nutrisinya pas untuk tumbuh kembang anak ya mba. Semoga anaknda selalu sehat ya mba.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Bermain Kartu UNO